Tiga Dari Sepuluh Seri Mini Novel Panji (Untuk Dikenang, Merapal Rindu, Rumah Cinta)

Good morning everyone, as usual ... I'll come back and always come back to write something on my blog before i get a new job. 

So pake bahasa inggris padahal masih acak adut begitu ngoahaha. Okey ... Aku kembali lagi dalam rangka curhat sekaligus berpendapat tentang 3 seri mini novel dari 10 seri mini novelnya penerbit Panji. Karena kemarin siang diantarkan dengan selamat oleh pak Pos yang sama, yup ... Pak pos yang dua kali nganterin voucher dari AIP. Pak Pos yang ngomong Sunda tapi logatnya Jawa, medok banget. Kenapa cuma tiga? Karena eh karena aku ini kan pengangguran, jadi sisa uang yang ada harus di hemat , supeer hemaat. Orang beli buku di Gramed aja nunggu voucher gratisan dulu ngihihi. Malu dong kalau mau beli buku masih minta ke Mama. 

Balik ke topik utama. Aku membeli mini novelku sendiri, ya namanya juga penerbit indie ... Jadi nggak ada sampel gratisnya. Selain membeli mini novelku sendiri. Aku pun membeli dua novel lain, pertama punyanya mbak Hastira Soekardi dan kedua punya Hasvirah Hasyim Nur yang kebetulan terbit duluan. Sebenarnya sih pengen beli juga karya DeeDee yang judulnya "Amoris Iter," cuma nunggu postingan terbitnya lama banget, jadilah aku pesen dua buku lainnya bukan tiga.

Pertama, aku ulas tentang sertifikat cetaknya. Baiklah, ini untuk pertama kalinya aku dapet sertifikat cetak dan gratis. Aku bahagia tiada terkira sampai hampir teriak-teriak kaya orang gila, untungnya nggak jadi. Sertifikatnya unyu-unyu berwarna biru muda bertuliskan nama penaku yang udah aku patenkan "GE MAULANI" terkesan niru nama kakak yang cakep nan lucu yang kini tayang di sitkom NET TV berjudul "The East" siapa hayo? Yaitu kakak "GE PAMUNGKAS" tapi sungguh nggak berniat niru loh, karna aku sendiri terinspirasi dari nama twitter sendiri @GeMaulani, maaf khilaf malah promosi. Aku berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak penerbit. Pertama karena memilih karyaku jadi sepuluh besar padahal saingannya kece-kece, cetar membahana badai, kedua karena membuatkan cover yang salah satunya aku pilih ini, ketiga karena memenuhi permintaanku supaya bukunya dikirim via pos saja. Entah kenapa aku lebih percaya aja sama kantor pos, karena selalu dianter sampai rumah tanpa alasan. Intinya kecewa sama jasa pengiriman lain di tahun 2014. Mentang-mentang rumahku di desa, paketnya kudu diambil ke kantor terdekat. Keempat aku berterima kasih karena ternyata di dalamnya ada sertifikat cetak. Big thanks pokoknya. Meskipun ada typo-nya ihihiy (tanha)


Kedua, aku akan bahas tentang mini novelku sendiri. Soal isinya, aku nggak bisa komentar apa-apa. Loh kenapa yang nulis nggak bisa ngomentarin tulisannya? Begini ya, aku sendiri nggak yakin ini tulisan di dalemnya bagus apa nggak karena sebelum diikutkan lomba aku nggak punya pembaca pertama. Yang sebenernya aku butuh banget untuk mengoreksi ulang. Tapi akhirnya nekat aku kirimkan dan abrakadabra berhasil lolos. Akhirnya ada satu korban juga sih yang rela baca setelah naskah ini lolos. Siapa dia? Aku sering panggil dia mba Upi. Seorang programmer cantik berasal dari Banyuwangi. Dan aku seneng banget pas dia ngasih komentar supaya alurnya diperbaikin biar nggak loncat-loncat. Ok, soal EYD pastinya diriku ini masih berantakan, ditambah narasi dan dialog yang banyak nggak nyambungnya menurutku. Semoga yang membeli karyaku yang ini memaklumi. Oh ya, novel mini ini sebenarnya tergolong mahal. Rp. 36000,- belum termasuk ongkir. Tapi kan setiap penerbit punya hitungan sendiri baik yang indie maupun mayor. Tapi soal kualitas cetakannya sih nggak kalah oke sama buku-buku yang beredar di toko buku.

Judul             : Untuk Dikenang
Penulis           : Ge Maulani
Penerbit         : Panji Publisher
Editor             : Wahyu Suhandi
Tata Letak       : Bayuari Wicaksono
Layout Isi       : Panji Kreatif
Desain Sampul : Panji Kreatif
Tebal             : vi+100 hlm; 13 x 19 cm
Tahun Terbit   : Cetakan Pertama, Maret 2015
Harga           : Rp. 36000,- (belum termasuk ongkir)

Isinya tentang cinta pertama dan cinta pada pandangan pertama semasa putih biru. Jika tertarik silahkan membeli via link berikut Untuk Dikenang atau hubungi penerbitnya di Penerbit Panji

Ketiga tentang mini novel karya Hasvirah Hasyim Nur. 

Judul    : Merapal Rindu
Penulis : Hasvirah Hasyim Nur
Penerbit : Panji Publisher
Harga : Rp. 35.500,- (belum termasuk ongkir) 

Sinopsis bisa dilihat di sini Merapal Rindu

Yang sepertinya paling tipis dan paling kecil. Pertama cover luarnya manis dan adem karna berwarna hijau, tapi setelah dibuka, lembar pertamanya hilang yang seharusnya berisi penulis, editor, tata letak dan blablabla. Malah langsung muncul copyan cover yang berbeda dengan cover depan. 


Dibaliknya ada kata pengantar. Ada typo sih sedikit. Nah di sini aku merasa takjub karena Hasvirah ini menyelesaikan tulisannya kurang lebih satu minggu. Ini dia yang tertera dalam kata pengantar. 


Keren! Aku sendiri nulis sampai dua minggu, setelah itu di rombak lagi sampai dua kali dan tadinya terbersit nggak akan jadi ngirim seperti halnya naskah-naskah lomba yang hanya berakhir di dalam folder komputer.

Sepertinya yang sudah dijelaskan dalam kata pengantarnya, penulis membuat mini novel ini seperti Diary, jadi tidak ada dialog di dalamnya. tapi dengan kalimat yang tentunya lebih indah dan bermakna dari sekedar Diary. Jujur, ada beberapa bagian yang membuatku sedikit bosan, hehehe. Maklum, aku lebih suka yang ada dialognya. Tapi buat kalian yang penasaran bisa di coba untuk memesan via penerbitnya. 

Inilah beberapa quotes yang aku suka di bawah judul perbagiannya. 





Mirip seperti aku yang merindukan dia, dia yang kini terbawa angin entah ke hati siapa. Tapi aku tidak seperti Na yang mencintai Tom. Oh iya, pantas saja aku menyukai qoutesnya, di halaman profil penulis ternyata penulis pernah juara satu lomba puisi di penerbit Pena House. Pokoke dua jempol deh buat dek Hasvirah Hasyim Nur. 


Tertarik? pesanlah via Penerbit Panji

Keempat tentang karyanya mba Hastira Soekardi.


Judul             : Rumah Cinta
Penulis           : Hastira Soekardi
Penerbit         : Panji Publisher
Editor            : Wahyu Suhandi
Tata Letak      : Bayuari Wicaksono
Layout Isi       : Panji Kreatif
Desain Sampul : Panji Kreatif
Tebal             : vi+100 hlm; 13 x 19 cm
Tahun Terbit  : Cetakan Pertama, Maret 2015
Harga           : Rp. 35.500,- (belum termasuk ongkir)

Sinopsis bisa dilihat di sini Rumah Cinta 
Sama janggalnya dengan copy covernya Hasvirah, luar dan dalem beda. Ini sengaja apa lupa di edit lagi?


Ibu dua anak yang super keren karena sudah lama berkecimpung di dunia tulis menulis. Kalau ada karya beliau ikut lomba cerpen atau lain-lain, pasti deh nyaliku ciut. Seperti halnya melihat mba Meykke Santoso, kak Rere Zivago, mba Lenni Ika, dan masih banyak lagi. Dari setting aku suka soal pembahasan Candi Cangkuang dan Kampung Pulo. Temanya tentang anak tunggal yang manja terus dipaksa berlibur ke rumah neneknya supaya berubah dan terkena cinlok. Aku menikmati cerita ini meskipun dari awal kata pengantar sampai profil penulis terdapat typo. Dan aku sedikit kesel sama sifatnya Nisa yang manjanya kelewatan, sampai-sampai suka ngedumel atau ngebentak orang yang lebih tua. Meskipun orang tersebut hanya seorang pembantu rumah tangga. Maklum aku terbawa suasana. Oh iya, aku seneng tuh ada masakan oseng genjer sama oncom yang dipakein leunca. Mamaku sering bikin di rumah, meskipun leuncanya suka aku singkirkan karena nggak suka. 

Ada bagian yang aku suka banget. Ini dia


Mau tahu letaknya di mana? Ya beli dong bukunya. Hahaha

Oh iya, mba Hastira ini memang produktif banget, selain sering ikut lomba menulis, beliau juga sering menulis di blog dan komunitas secara rutin. Ini dia buktinya.


Karya solonya pun udah banyak lho. Nanti pengen minta tanda tangannya ya Mba :)



Pokoke aku terinspirasi untuk terus belajar menulis, rutin menulis dan terus menulis sampai nanti menikah dan memiliki keturunan. Tertarik untuk membeli? pesan via Penerbit Panji

Sekian pendapat yang bisa kuungkapkan. Mohon maaf bila banyak kata atau kalimat yang kurang mengenakan. Selain tiga di atas ada juga seri lainnya. Yang aku pengen baca banget adalah Three Slices of Pizza My Library Prince sama Amoris Iter. Semoga aja nanti bisa beli atau penulisnya ngadain Give away ihihihi. Semoga ke depannya penerbit lebih memperhatikan lagi kualitas di dalamnya, sehingga typo, EYD dan lainnya lebih baik lagi.



Info lengkap ya ada di Penerbit Panji

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

2 comments:

  1. Wah, baru lihat reviewnya, Mbak... makasih, ya, mbak, sudah dibaca :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama. Aku seneng bacanya, soalnya kata-katanya puitis. jleb gitu. Kalau ditambah percakapan pasti lebih bagus lagi :)

      Delete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)