Bukan Sekedar Permainan

Menulis fiksi, membaca buku, papercrafting, handycraft, gaming, berkebun. Semuanya aku suka, aku suka. Tapi yang paling disukai adalah bermain game. Jadi untuk mengikuti giveaway SanWa aku memilih topik gaming.

www.loop.co.id

Kenapa suka bermain game? Seperti definisi yang dikutip dari wikipedia, permainan atau gim merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. 

Aku menyukai dua jenis permainan, tradisional dan moderen(digital). Permainan tradisional jelas memiliki lebih banyak sisi positifnya. Seperti permainan engkle, kelereng, lompat tali, bulu tangkis, tenis meja, bola bekel, congklak, petak umpet, sepak bola, dan masih banyak lagi jenis lainnya. 

ritapamungkas.wordpress.com

Selain mengajak kita untuk berkeringat, permainan ini juga membutuhkan teman bermain yang nyata. Otomatis semakin mempererat jalinan pertemanan. Tidak menimbulkan gangguan kesehatan, paling lecet-lecet sedikit saja kalau terjatuh. Bermain sekaligus berolahraga. Bisa tertawa bersama-sama dan gratis, membutuhkan kerjasama untuk menang. Akan tetapi membutuhkan waktu khusus untuk melakukannya. Logikanya tidak mungkin kan dimainkan tengah malam.

Sementara bermain game digital itu fleksibel, bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Terlebih semenjak kemunculan telepon selular bersistem operasi java, symbian dan kini android. Sangat membantu untukku yang B.A.B nya cukup lama *biar gak bosen cuma nepokin nyamuk. 

Dimulai dari game gimbot dan game yang tersemat dalam televisi berwarna. Kemudian bermain tamagochi. Bermain tamagochi sama dengan memelihara hewan. Bila terlambat memberi makan, membersihkan kotoran dan terlalu banyak tidur jelas akan menyebabkan kematian. Game yang mengajarkanku untuk bertanggung jawab. Sekarang ada tamagochi modern, Pou namanya. Ini dia Pou-ku yang mirip mafia.

 
Kemudian mencoba game super mario bros menggunakan alat bernama playstation. Game ini kemudian aku temukan kembali saat masuk SMP, terinstall di komputer sekolah. Game ini membutuhkan konsentrasi dan  harus menyusun strategi untuk menghadapi berbagai rintangan. Fakta dari game ini : Aku belum pernah memainkannya sampai tamat.


Zuma, kenal dong dengan game bola warna-warni yang jalurnya bermacam-macam. Permainan ini butuh konsentrasi dan harus tepat sasaran. Jujur baru menamatkan tahun kemarin.


 Ada juga plants vs zombie, dinner dash (siapa tahu di masa depan bisa jadi pengusaha restoran), nanny's mania (bisa belajar jadi ibu rumah tangga yang multitasking), cake mania (siapa tahu di masa depan punya toko kue yang enak banget), Cooking academy (Belajar masa secara digital), Jojo Fashion Show (Belajar mix and match pakaian dan accesoris), Photo mania (Untuk yang ingin punya studio foto tapi belum kesampaian, bisa coba dulu ini), Spa Mania (Untuk yang ingin punya tempat spa, bisa coba dulu ini) dan masih banyak lagi.

Semakin berkembangnya teknologi semakin menjamur pula berbagai jenis game. Seperti game bounce yang tersemat di beberapa ponsel nokia jadul yang sudah berwarna. Game ini ada kodenya lho biar nggak game over


Setelah memiliki ponsel bersistem operasi java dan symbian, aku bisa mendownload game yang kusukai dari situs gratisan seperti wapttrick. Di antaranya adalah super sonic, prince of persia, sepak bola, balapan.

Di media sosial facebook satu-satu game yang pernah kucoba adalah perjuangan semut. Hits di tahun 2012. Game ini memerlukan banyak strategi dalam menghadapi musuh. Bisa diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Kalau cara ke satu gagal, harus ada cara kedua, ketiga dan seterusnya sampai berhasil.


Dan sekarang, semenjak sistem operasi berbasis android serta ios merajalela, game pun semakin banyak macamnya. Bukan hanya untuk mengisi waktu luang atau sekedar bersenang-senang tapi bisa menjadi media pembelajaran dan menghasilkan uang atau barang. Game online di komputer juga pernah menghasilkan uang untuk Top Ittipat (Pengusaha camilan rumput laut "Tao Kae Noi" asal Thailand)

Hay Day, game online yang bisa dimainkan pada media bersistem operasi android dan ios. Game ini dimainkan perorangan tapi bisa meminta bantuan jika membutuhkan beberapa barang. Game yang mengajarkan tanggung jawab dan menumbuhkan jiwa seni.


Game pokopang, line pop 2 dan lets get rich. Lets get rich adalah permainan monopoli digital dan berbasis online. Untuk versi desktop sebelumnya muncul di facebook namanya moodo marble. Bisa dimainkan dua orang, tiga orang, empat orang dan berpasangan. Dengan game ini aku bisa keliling dunia kapan saja, bermain dengan lawan dari berbagai belahan dunia, beli rumah di mana saja, naik pesawat, kereta api dan juga masuk penjara. Game ini mengajarkanku untuk tidak sombong, karena saat dadu terlempar semuanya berputar. Membernarkan statement yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin. Dan yang kaya bisa jadi miskin begitupun sebaliknya. Bisa jadi di masa depan tertarik bisnis properti dan menjadi pengusaha properti sukses di seluruh dunia. Tentu saja dengan kerja keras dan cerdas bukan dengan main game dan mengkhayal.


Game cumaceban.com (baru available untuk android). kalian tahu timezone? Nah cumaceban ini mirip timezone yang lebih modern. Aturan mainnya sama, ada beberapa mini games yang harus dimainkan dengan nyawa (kalau timezone pake koin atau kartu isi ulang) dan setiap kali berhasil memperoleh poin kita akan mendapatkan timbal balik berupa tiket. Tiket yang terkumpul bisa ditukarkan dengan hadiah. Timezone banget kan? Tapi jangan salah, game ini hadiahnya luar biasa. ada uang, ada gadget, ada aksesoris, ada e-voucher, pulsa, domba, dan yang terkini menawarkan uang 500 k untuk yang berhasil mencapai high score urutan pertama di seluruh mini games.

cumaceban.com

Tap N Grow dari Tetra Pak. Game ini bisa dimainkan tanpa koneksi internet kecuali saat submit score. Cocok untuk semua umur. Mengajarkan bagaimana caranya mendaur ulang/recyle. Game ini butuh ketelitian, konsentrasi, kecepatan, ketepatan, kesabaran. Bisa dimainkan lebih dari satu orang dengan catatan layar gadgetnya lebar. Game ini memberikan rewards untuk score tiga teratas setiap minggunya bahkan pernah mengadakan kontes foto selfie dengan score tertinggi, hadiahnya samsung k-zoom. Aku nangis karena scorenya kecil waktu awal-awal main. Gak bisa bawa pulang samsung k-zoomnya.

tapngrow.com

Ada juga game bernama petualangan boci karya Rolling Glory, developer asal bandung. Game ini bisa menjadi media pembelajaran untuk anak usia 2-6 tahun. 

petualanganboci.com

Selain manfaat dan kesenangan yang di dapat, game digital juga mempunyai banyak sisi negatif jika dimainkan secara berlebihan. Membuat lupa waktu, asik dengan dunianya sendiri, boros biaya (kalau main di warnet dan rental playstation), boros kuota internet, dapat menyebabkan mata minus, obesitas, linglung, gangguan kesehatan lainnya.

Intinya aku suka bermain game karena setiap game memiliki keunikannya, kerumitan dan pembelajaran tersendiri. Dan tidak merugikan jika dimainkan sesuai dengan porsinya alias tidak berlebihan.

http://www.sanwajourneys.com/2015/10/20/sanwa-comeback-giveaway/

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

12 comments:

  1. oh aku karena emak-emak gak doyan game seperti itu, hi,hi bingung biar sdh diajarin anak-anak tetep saja gak bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak pa-pa mak, kan kesukaan orang beda-beda. mamaku aja cuma suka game uler-uleran di hapenya. Tapi kemarin sempet ketagihan juga sih waktu diajak main Tap N grow :D

      Delete
  2. Saya kadang2 main game. Mainnya candy crush, soda crush sama Hay Day :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah ada yang samaan main hay day juga hehehe

      Delete
  3. aku heran, betapa asyiknya mereka yang main game. Zuma aku pernah coba tapi bosen, mungkin memang belum suka kali ya main game.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pribadi sih suka main game karena gamenya cocok buat aku. Iya, zuma memang agak membosankan karena setiap level sama gitu-gitu aja beda jalur sama kecepatannya aja. Gak pa-pa belum suka atau nggak suka game. kan kesukaan setiap orang beda-beda :)

      Delete
  4. saya suka main game onet mbak, zuma juga kadang-kadang tapi karena waktunya terlalu lama jadi cepat bosan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. zuma emang agak bosenin hehehe. Game onet? waah aku kudet nih belum nyoba game onet hihihi. coba ah

      Delete
  5. Replies
    1. aku pernah main subway surf juga tapi karena sering not responding dan ngeclose sendiri, langsung deh aku uninstall ngihihi

      Delete
  6. Jaman kuliah suka banget main gamehouse sampe ngga tidur, Zuma udah sampe bosen trus meningkat lagi jadi The Sims. Pas udah kerja baru main game hape, dari fashion story, onet, candy crush sampe pokopang. Sekarang lg seneng main Duel Otak, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss mbak aku juga seneng game house jaman kuliah dulu, malah sering main di kelas kalau materi dosennya mbosenin ehehe *kebetulan suruh nyalain laptop buat praktek. aku belum coba onet nih *berasa kudet. duel otak mau download belum jadi-jadi hehe

      Delete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)