Nyaman dan Sesuai Fungsinya

Dikutip dari  Wikipedia mukena adalah busana perlengkapan shalat untuk perempuan muslim khas Indonesia.

Sebagai busana perlengkapan shalat untuk perempuan muslim, tentu harus memilih bahan yang nyaman saat dikenakan. Bahan apa yang nyaman digunakan? Tentulah mukena berbahan kain sutra yang paling nyaman. Namun tentu saja harganya sesuai dengan kualitas. Selain daripada itu, alternatif lain yang nyaman digunakan untuk bahan pembuatan mukena adalah kain katun, parasut, spandex, jersey dan yang terbaru katun jepang.

Dari sejak kecil sampai sekarang ini, jujur saja saya belum pernah membeli mukena sendiri. Saat duduk dibangku sekolah dasar bahkan masih sering menggunakan kain sarung (ala-ala ninja) dan sesekali menggunakan mukena terusan milik mama dan almarhumah nenek. Kemudian dibuatkan ukuran yang pas oleh nenek menggunakan mesin jahitnya. Mukena terusan sederhana berwarna putih, polos tanpa hiasan apapun berbahan kain katun. Bahannya kuat, halus, mampu menyerap keringat dan cukup elastis.



Setelah mengikuti program kemandirian saat duduk di kelas V (lima) SD selama satu bulan di Cisurupan, Garut ... saya mendapatkan mukena baru sebagai kenang-kenangan. warnanya putih tulang berenda pink di ujungnya. Bahannya kain parasut. Terasa sejuk dan ringan saat dikenakan. Dapat dilipat dan dimasukkan ke dalam tas kecil. Selalu terlihat kusut, cocok untuk saya yang kurang rapi. Saat di cuci pun mudah kering.

Kelas 10 mukena berbahan parasut itu sudah terlihat lusuh dan terlalu pendek. Akhirnya mama memberikan mukena baru. Mukena berbahan kain katun berwarna putih tulang dengan bordiran berwarna ungu. Tapi bordirannya sedikit kasar, tidak nyaman saat bergesekan dengan kulit lengan.


Tahun 2011 ... memasuki bangku perkuliahan dan kembali menjadi anak kost, mama membelikan mukena baru masih dengan bahan dasar kain katun. Warnanya putih dengan renda biru muda dilengkapi tas. Dengan tujuan agar tidak perlu repot membawa mukena saat pulang ke rumah.


Tahun 2014 tepat sebelum bulan ramadhan. Saya kembali mendapatkan mukena baru perpaduan hijau muda dan hijau tua. Bahannya kain spandex, lebih halus, sejuk dan lebih jatuh saat dikenakan. Kainnya pun lebih tebal. Mencerminkan mukena masa kini dengan warna dan corak yang beragam.


Berbicara mengenai mukena. Toko Online Ahza D'Toko memproduksi serta menjual berbagai motif mukena masa kini berbahan dasar katun jepang. Baru dilihat dari gambarnya saja sudah terlihat cantik dan membuat saya tertarik.  





Apalagi jika mencobanya secara langsung. Sudah pasti menyenangkan. Yuk, yang membutuhkan mukena segera cek di Toko Online Ahza. Selain mukena ada juga gamis-gamis cantik masa kini.


Saya sendiri sudah lama tidak membeli gamis dan update informasi seputar gamis. Terakhir membeli saat masih SMP. Warnanya ungu dengan model sederhana.

Ternyata sekarang modelnya semakin beragam dan cantik. Ini dia model gamis yang saya sukai dari Toko Online Ahza D'Toko


Bagi saya sendiri, baik mukena ataupun gamis itu tidak terlalu mementingkan seberapa bagus bahan yang digunakan serta seberapa mahal harganya. Yang terpenting adalah masih layak dipakai, enak di pandang, nyaman digunakan dan tentu saja sesuai dengan fungsinya, selalu dipakai untuk melaksaakan kewajiban sebagai muslimah (sholat) bukan sering tersimpan rapi di dalam lemari.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway Toko Online Ahza D'Toko

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

13 comments:

  1. Setujuuu... Yang penting bersih, suci, layak dipakai dan nyaman ya :D

    ReplyDelete
  2. ngg ikut give away juga gak ya, kalau dapet gak bisa dipake sendiri, dilema :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. giveawaynya udah mas Puput :D, ya kalau dapet kan bisa disumbangkan ke orang lain, ke aku gitu misalnya ahaha

      Delete
  3. Saya suka mukena langsung tampa potongan dari kain katun, kuno banget ya. tapi praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak kuno kok mak, malah sekarang ngetrend lagi tapi bahannya parasit dan warna warni hihihi. lagipula mukena terusan kan jadinya gak takut ketinggalan bawahannya kalau ke mesjid :))

      Delete
  4. saya juga suka mukena berbahan katun, lebih adem :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, saya juga paling suka yang berbahan katun :)

      Delete
  5. mukena katun jepang warnanya cantik cantik ya Tante...

    ReplyDelete
  6. Sudah pengumuman, say ... Kamu menang gak?

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)