Membuat Asinan Mangga Dalam 60 Menit

Sejak tahun kemarin Mama punya hobi baru. Yup, membuat asinan berbahan dasar buah Mangga. Caranya sederhana, tapi menurutku hasilnya enak. Ya, apa pun makanan yang dibuat Mama pasti selalu terasa istimewa. Semenjak Mama sering membuat asinan buah Mangga, sejak itu juga aku jadi ingin tahu cara membuatnya.

Pertama adalah menyiapkan alat dan bahan. Alat-alatnya sederhana, cukup pisau dan mangkuk berukuran besar.

 


Bahan-bahan yang digunakan pun juga tak kalah sederhananya dan serba secukupnya : Mangga muda atau agak kekuningan, cabe rawit atau keriting, garam, gula pasir, air.
 




 
Langkah pertama adalah kupas semua mangganya, kemudian di iris tipis.
 

Setelah semuanya selesai diiris, langkah selanjutnya adalah mencucinya sampai bersih kemudian di rendam selama kurang lebih limabelas menit. Tambahkan garam secukupnya saat merendam buah mangganya.


Sambil menunggu, haluskan cabe dengan jumlah sesuai selera.

Setelah lima belas menit, cuci kembali mangga yang sudah direndam, ganti airnya. Tentu saja air matang. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Terakhir tambahkan cabe. Aduk sampai merata. Dan seperti inilah hasilnya.

 

Cocok dinikmati di siang hari saat cuaca sedang panas. Disimpan di lemari pendingin lebih enak lagi rasanya. Nah itulah 60 menit membuat asinan buah mangga yang sederhana ala Mamaku.

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

4 comments:

  1. Sepertinya mudah banget nih, btw kok bisa rapi sih potongannya? Btw nggak pake cabe rawit yah? apa harus cabe hijau aja?
    @rin_mizsipoel

    ReplyDelete
    Replies
    1. motongnya pake yanh biru itu mba jadi rata potongannya. boleh banget malah pake cabe rawit.apalagi yang merah. lebih maknyus pedesnya :)

      Delete
  2. Suegerrrrr, aku juga sukaaak asinan mangga

    @nurulrahma
    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)