SUKER Antologi 8 Fiksi

Sekedar informasi : Twitter @bukukalian bagi-bagi buku gratis, buku terbitan lama dalam kondisi baru dari @UNIVERSALNIKKO dan @mayokoaiko lho. Gih cepetan follow. Aku udah dapet nih salah satu bukunya "SUKER Antologi 8 Fiksi. Dan beruntung banget dapetin buku ini.


Judul                    : SUKER Antologi 8 Fiksi
Penulis                 : Donatus A. Nugroho, dkk
Penyunting           : Shinta Handini, Astuti J. Syahban
Penerbit                : Universal Nikko
Jumlah Halaman  : vi + 154 hlm; 13x19 cm
Tahun Terbit         : Cetakan Pertama, Januari 2012
ISBN                    : 978-602-9458-05-3


Donatus A. Nugroho, Divin Nahb, Erry Sofid, Putra Gara, Agus Linduaji, mayokO aikO, Nimas Aksan, dan Dela BungaVenus adalah delapan tokoh penting dalam grup facebook Diskusi Fiksi.Menulis Fiksi.Membaca Fiksi (Universal Nikko+mayokO aikO). Mereka disebut sebagai Suker (Suhu Keren) karena kontribusinya di dalam grup dan kreatifitas menulisnya.

Peringatan : Jika ingin membaca antologi ini dalam sekali duduk diharapkan jangan makan apa pun. Bisa-bisa mual mendadak di cerpen ketiga. Antologi ini pun menurutku cocoknya untuk usia dewasa, paling muda 18 tahun ke atas.

Donatus A. Nugroho dengan cerpen berjudul SAKSI MATA
Aku tertipu oleh cerpen pembuka ini. Kukira Nice Bus kecelakaan ternyata terkena pembajakan. Tokoh utamanya seorang gadis bernama Tafrie, seorang saksi mata. Yang bisa membaca gerak bibir dari kejauhan. Yang akhirnya memberanikan diri untuk memberikan kesaksian kepada polisi.

Erry Sofid dengan cerpen berjudul MALAM INI ADA YANG MATI DISANTET
Kalau aku jadi Widya mungkin aku sudah frustasi atau malah bunuh diri karena di teror bayi gaib selama berhari-hari. Dari percakapan Widya dan Dea di sebuah cafe tentang kehamilannya, ketika Dea berkata : "kamu nggak mungkin melakukannya dengan sesama perempuan kan?" ketebak dong kalau Widya itu penyuka sesama jenis. Tapi tidak menduga kalau endingnya seperti itu.

Agus Linduaji dengan cerpen berjudul MATA
Aku paling suka cerpen yang ini. Ketika Sarwosuko, para staffnya dan pak Wicak menderita penyakit mata yang aneh. Warna hitam di mata mereka menghilang, kebayang dong seperti apa jadinya kalau mata putih tanpa kornea tapi anehnya masih bisa melihat. Sementara Suker, pesuruh di kantor mereka tidak mengalami hal yang sama ... membuat mereka heran. Suker menyimpan sebuah rahasia yang membuat matanya tak berubah seperti mereka.

Nimas Aksan dengan cerpen berjudul ARYABUAYA
Sudah ketahuan kan kalau ini pasti menceritakan tentang ARYA yang buaya, panggilan yang dibuat oleh Drupadi, teman kuliah Arya. Gimana Arya nggak buaya kalau Drupadi menilai Arya sebagai perpaduan antara Keanu Reeves dan Andhika Pratama. Duh, ya pantes jadi buaya. Drupadi berniat untuk membalas dendam kepada Arya yang membuat sepupunya ... Elisa patah hati. Sementara Arya selalu rela melakukan apa pun demi Drupadi. Arya bilang dia mencintai Drupadi sejak lama. Drupadi tak percaya, tapi semakin lama justru mulai jatuh cinta pada Arya. Endingnya bikin nyesek abis, padahal Drupadi udah rela datang dan berdandan cantik.

Dari delapan cerpen di dalam antologi ini, empat cerpen itu yang paling kusukai. Uniknya lagi enam dari delapan cerpen selalu ada tokoh bernama Suker. Mulai dari Kapten Polisi, lelaki yang mencoba menolong korban kecelakaan, suami yang kejam, bapak yang over protective, pesuruh di kantor, dan pelukis. Kecuali di cerpennya mayokO aikO dan Nimas Aksan. Aku menemukan adanya typo di beberapa bagian dan di cerpen kedua, kurang mengerti maksud dari ceritanya. Kalau cerpen yang terakhir, endingnya serasa di gantung. Antologi ini lebih di dominasi kisah percintaan orang dewasa yang tidak berakhir bahagia alias sad ending. Tapi secara keseluruhan aku suka antologi ini. Terlebih bukunya gratis.

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

4 comments:

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)