Jajanan Yang Pas di Kantong

Aku adalah seseorang yang kurang suka makan tapi doyan jajan, udah gitu timbangannya gampang naik dan jelas bikin panik. Sekuat tenaga menahan diri supaya nggak lirik pedagang kaki lima, tetep aja nggak bisa kalau ketemu sama lima makanan ini. Terlanjur udah pas di lidah, bikin kenyang dan pas di kantong. Walaupun dua dari lima makanan ini hanya bisa dibeli kalau pergi ke daerah jalan raya. Dan suka lupa untuk memfoto jajanannya.

1. SEBLAK BASAH

sumber gambar dari sini


Jajanan kaki lima berbahan dasar kerupuk merah mentah yang direndam dalam air panas terlebih dahulu sebelum dicampur dengan bumbu dan bahan-bahan lainnya. Rasanya gurih, pedas. Bisa ditambahkan telur, brokoli, jamur, bakso, sosis. Harganya berkisar antara Rp. 3.000,- sampai Rp.10.000,- untuk yang spesial. Sebenarnya bisa dibuat sendiri di rumah. Tapi yang dibeli di tempat langganan rasanya tetap lebih enak. Mungkin ada rahasianya. Dan seblak basah yang tak terlupakan adalah seblak basah dengan toping brokoli di depan Puskesmas Sarijadi, Bandung yang buka dari pukul 17.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB itupun kalau belum habis.

2. BANDROS

sumber gambar dari sini

Jajanan kaki lima berbahan dasar tepung terigu dan parutan kelapa, rasanya gurih. Biasanya di cocol saus atau ditaburi gula pasir. Tapi aku lebih suka yang dicocol saus. Harga satuan biasanya Rp. 500,- Ada juga pedagang yang menjualnya percetakan (per-enam potong) dengan harga Rp. 4.000 - 5.000,- Penjualnya sering berkeliling. Kalau di daerah Sarijadi ada di depan Puskesmas Sarijadi sekitar pukul 10.00 WIB atau di dekat lampu merah Geger Kalong pukul 07.30 WIB.

3. CILOK
 Cilok kukus, sumber gambar dari sini

Cilok yang katanya singkatan dari aci dicolok ini adalah jajanan kaki lima terfavoritku di urutan ketiga. Teksturnya kenyal dan lembut. Paduan antara cilok dan bumbu kacangnya melumer di mulut. Gurih dan ada sedikit rasa manisnya. Harga satuannya Rp. 500,- Tapi di jalan Setiabudi Bandung, depan Borma ada yang namanya Cilok Goreng. Sekali coba dijamin ketagihan. Harganya Rp. 1.000,- pertusuk. Bisa pakai bumbu kacang atau bumbu kering seperti bumbu cimol.

 

4. TAHU HOT JELETOT
 sumber gambar dari sini

Tahu berbalut tepung terigu yang di goreng dengan isian berupa sayuran yang dicampur cabe rawit. Harganya mulai dari Rp. 1.500 - 2.000,- per-potong. Bisa dijumpai di mana-mana. Di depan Alfamart dan Indomaret biasanya ada.
5. ES POTONG

 gambar milik pribadi

Kalau panas terik menyinari di siang hari enaknya nyari yang seger-seger. Nah biasanya aku nyari tukang es potong. Paling suka rasa alpukat. Satu potongan kecilnya Rp. 1.000,- tapi kalau nggak mau di potong juga nggak pa-pa, harganya Rp. 2.000,-  tapi megangnya ribet ... kepanjangan. Biasanya lewat di depan rumah.

"Tulisan ini diikutsertakan dalam Advencious dan JengSri First Giveaway"


Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

29 comments:

  1. Ooooooooohhh itu namanya bandros toh...
    Gue sering beli, tapi gak pernah tau namanya apa. Sama gue suka sagurangi. Udah pernah cobain itu belom? Enak loh. Kenyal-kenyal manis gitu lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di sini sih namanya itu. kalau di tempat lain ngga tau juga hoho. Nah namanya aja baru denger, nanti mau di search dulu. thanks rekomendasinya Ran

      Delete
  2. Oh yg nomor 2 namnya andros toh beda y kalo ditempat saya
    Ditempat saya itu namanya..
    Namanya
    Hmmm
    Apa y lupa lagi saya
    Emng seblak enak ya? Abang pernah nyobain, aneh2 gitu rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiaah lupa lagi dia. Enak tau. Tapi mungkin balik lagi ke penjualnya yang mengolahnya sama selera lidah masing-masing

      Delete
  3. Jajanan
    Jadi ingat sarapan
    Atau sore-sore ingin makan
    Rasa makanan ringan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba Anisayu, apa aja bisa jadi puisi. Keren :) (y)

      Delete
  4. Replies
    1. iya, di sini pun penjualnya juga sudah sedikit. Ngga sebanyak dulu

      Delete
  5. Waw muantappp tuh kayanya kalau bandros sama tahu hot jeletot di gabungkan wow rasanya pasti muantappp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah belum pernah aku coba makannya digabungin. Takut kekenyangan :D Tapi sepertinya ide bagus nih jadi perpaduan gitu.

      Delete
  6. aku pernah beli seblak instan pas ada acara pameran UKM nasional di kota Medan. katanya makanan khas Bandung, aku dkk pun semangat beli. begitu dicoba, kok yang berasa cuma pedes doang hahhaa.. akhirnya nggak habis deh itu seblak. mungkin kalau seblak di kota aslinya enak kali ya. atau mungkin emang lidahnya beda, jadi nggak terbiasa :D

    @Penovediah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah aku malah belum coba yang instan mba. Soalnya penjual seblak di sini banyak. Ya mending yang langsung di bikin dadakan hehe. Tapi iya sih balik lagi ke selera.

      Delete
  7. Aku suka semua makanannya yang di atas, murah meriah n gampang ditemui. Kalo di tempatku bandros namanya rangin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay, toss mba :) Nah suka gitu kan, beda daerah kadang beda namanya tapi bentuk sama rasanya sama

      Delete
  8. Kalau aku suka bandros apalaggi kalau pakai taburan gula :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. manis gurih gimana gitu kan mba rasanya? hehe. Tapi aku lebih suka pake saos

      Delete
  9. seblak lagi hits di pekanbaru..apalgi seblak ceker.. whuuzzz endeeuus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih di sini juga lagi hits seblak ceker. Tapi aku kurang suka ceker, jadi jarang beli :D

      Delete
  10. Waaah cemilan kesayangan semua iniii..huhuuuuu laverr

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayoo mba Nunik laveeer, beli sekarang juga :D

      Delete
  11. kue yang no. 2 (bandros) itu kalo di daerahku disebut broncong Mbak :)
    rasanya enak dan gurih, apalgi dmakannya pas hangat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan beda lagi namanya :D iya emang enaak mba apalagi pas anget-anget :)

      Delete
  12. aduh.. bikin ngiler..
    apalagi gambar yang pertama belum nyobaiin kyaknya..

    ReplyDelete
  13. ini mah saya belum rasa semua tuh masakan nya -_- , tapi potonya itu mengunggah selera :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ayoo segera dicoba biar tau rasanya :D

      Delete
  14. Paling suka bandros dan cilok! Mantap. Ada satu lagi jajanan kaki lima yang saya suka di Bandung. Awug namanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba emang mancaap. Nah aku juga suka, tapi susah nemunya. Harus ke pasar kalau di daerah Cicalengka sini.

      Delete
  15. tukang jual es potong itu gampang dicari ya?

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)