Serundeng Kelapa Parut

Minggu ini mama sedang senang memasak di dapur, sementara aku sedang error-errornya. Bagaimana tidak, mau bilang beli agar merek swallow malah seger snow. Ya kali itu mah merek pelembab alias haslin. Mau bilang kelapa parut malah kepala parut. Alhasil sukses membuat mama mengerutkan kening sekaligus ngikik. Anak perempuannya makin hari semakin aneh.

Kemarin aku belajar membuat surundeng (serundeng) kelapa parut  bertabur suuk (kacang tanah) bersama mama. Bahannya dua butir kelapa yang sudah di kupas, kacang tanah, 3 siung bawang merah,  2 siung bawang putih, 1 sendok teh ketumbar, garam, gula pasir dan penyedap rasa secukupnya.

Cara membuatnya sangat sederhana. Kelapa diparut kasar, di cuci sampai bersih kemudian di sangrai dengan api sedang hingga kecokelatan. Kemudian tiriskan.




Haluskan bawang merah, bawang putih dan ketumbar dengan cara di ulek. Bisa juga di blender. Goreng kacang tanah kemudian tiriskan. 


Masak bumbu yang telah dihaluskan kemudian masukan parutan kelapa yang sudah berwarna kecokelatan beserta kacang tanah. Tambahkan garam, gula pasir dan penyedap rasa secukupnya. Aduk hingga merata.Tunggu sampai matang kemudian matikan api. Serundeng pun siap dihidangkan. Cocok sebagai lauk nasi. Rasanya manis dan gurih.


Biasanya campuran serundeng buatan mama itu adalah kacang kedelai. Namun di protes bapak, kemudian diganti oleh kacang tanah. Lebih enak lagi kalau di campur suwir daging ayam atau sapi. Serundeng ini bisa bertahan selama satu bulan, dengan catatan di masukkan ke dalam toples atau wadah tertutup rapat lainnya.

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

5 comments:

  1. ditabur di nasi anget tambah uenak ya mbak, mau bikin ah, tengkiu resepnya ya mbak, kayaknya gampil nij

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba sama nasi anget mah jadi paduan yang sempurna hehe. di camilin juga. gampil mba cuma pegel aja sedikit pas kelapanya di sangrai hihi

      Delete
  2. Wiiiihh mantep banget nih...
    suka ngemilin ini nih di rumah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D samaan aku juga suka nyamilin ini.

      Delete
  3. suka disanguin serundeng kalo pas balik ke kos sama mamak. Cuman biasa mamakku pake suwiran ayam.

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)