Menyiapkan Acara Reuni Dengan Merchandise Kreatif


Jika perpisahan telah terjadi, maka hal yang diinginkan adalah bertemu kembali di lain kesempatan. Kesempatan itulah yang biasanya dinamakan reuni. Tapi reuninya jangan berdua sama mantan aja ya! Nanti kamu malah galau. Baik itu reuni bersama teman sekolah, teman kuliah, teman organisasi atau komunitas maupun reuni akbar ... biasanya sudah dirancang jauh-jauh hari oleh sekelompok orang yang dinamakan panitia. Panitia lah yang menentukan tema, tempat, dan rangkaian acara. Namun tak jarang peserta reuni yang datang hanya seperempat dari total keseluruhan.

Kenapa bisa kayak gitu? Apa panitia kurang gencar mempromosikan acara reuninya? Lokasinya yang terlalu jauh? Rangkaian acara yang kurang menarik? Atau waktu yang tidak tepat? Sejauh yang pernah aku alami biasanya karena waktu yang tidak tepat dan panitia hanya berpromosi di sosial media juga lokasi masa lalu (sekolah/kampus) Sedangkan tidak semua makhluk hidup berjenis manusia ini aktif di sosial media, dan jarang mengunjungi lokasi masa lalu. Dan inilah langkah-langkah menyiapkan acara reuni dengan merchandise kreatif.

1. Membuat spanduk

http://www.custombagus.com/cetak-spanduk-murah/dp/WkZyv1LP?rel=category_thumbnail_caption&bc=omZGoZw4

Karena menyebarkan poster digital di sosial media hasilnya kurang maksimal dan sebar undangan sungguh sangat tidak memungkinkan. Mengingat tidak semua orang rela memberitahukan alamat tempat tinggalnya saat masih bersama di lingkungan yang sama. Spanduk merupakan cara efektif dan maksimal dalam mempromosikan acara reuni. Desain spanduk semenarik mungkin dengan huruf berukuran besar pada tulisan "REUNI AKBAR SMK A," misalnya serta pemilihan warna yang cerah. Dan pasanglah di tempat-tempat yang strategis.

2. Menata lokasi atau ruang berlangsungnya acara senyaman mungkin

Reuni yang cukup besar belum tentu diadakan dalam kurun waktu satu tahun sekali. Kalaupun diadakan satu tahun sekali, belum tentu peserta yang datang akan sama. Jadi panitia wajib menata lokasi atau ruangan senyaman dan semenarik mungkin supaya menimbulkan kesan akrab dan tak terlupakan. Pasanglah spanduk di depan lokasi berlangsungnya acara supaya peserta reuni tak tersesat dan tak tahu arah jalan pulang.

http://www.custombagus.com/jual-balon-promosi/dp/kpL665L5?rel=category_thumbnail_caption&bc=kVRo2LKa

Berikan hiasan berupa pita warna-warni dan beberapa balon yang sudah di desain sesuai keinginan agar acara semakin semarak. Siapa tahu ada peserta yang membawa serta anak-anaknya. Dengan adanya balon, tentu bisa sedikit membantu agar dedek-dedek menggemaskannya tidak terlalu rewel.

3. Memakai kaos dengan desain yang sama


Kurang seru dong kalau acara reuni bajunya warna-warni dengan beragam corak. Dan cuma panitia yang bajunya kompakan! Lebih seru kalau ke acara reuni tapi bajunya sama semua. Biar apa? biar nggak ada yang terlihat wah dan membeda-bedakan antara satu dan lainnya. Biar nggak salah kostum juga tentunya. Jadi sebelum hari-h, peserta reuni wajib mengambil kaos di tempat yang telah ditentukan. Kalau berhalangan hadir kan bisa dititipkan kepada teman terdekat. Selain itu kaosnya bisa jadi kenang-kenangan.

4. Mengadakan permainan seru berhadiah plakat

Kalau acara reuni cuma datang, kumpul dengan segelintir peserta, ngobrol ngalor-ngidul, makan, melihat suguhan pengisi acara, foto kemudian pulang, kan monoton banget kesannya. Biar nggak monoton alias membosankan dan bikin nguap-nguap sambil berlinang air mata, maka dari itu panitia wajib mengadakan permainan. Permainannya yang sederhana aja, nggak usah kuda lumping karena aku pribadi nggak doyan bahkan nggak bisa makan beling. 

Misalnya tantangan ber-stand up comedy, bernyanyi, cerdas cermat, joget berkelompok di atas selembar kertas koran yang semakin lama dilipat semakin kecil, dan lomba foto selfie.


Sebagai apresiasi, para pemenang diberikan plakat yang sudah di desain khusus. Misalnya peserta terlucu, suara paling merdu, peserta paling cerdas, kelompok terkompak, dan foto terbaik.

5. Menyiapkan goodie bag

http://www.custombagus.com/tote-bag/dp/WkZyeZPj

Nah kalau sudah datang ke acara reuni dan melakukan hal-hal yang mengasyikan selama seharian, nggak lengkap rasanya kalau pulang dengan tangan hampa. Hanya membawa selembar foto, dan kenangan. Biar lebih manis dan berkesan, buatlah goodie bag dengan pemilihan tote bag sebagai bungkusan luarnya. Sementara dalamnya bisa terdiri dari mug, pin, buku agenda, stiker dan gantungan kunci.


Semuanya di custom sesuai keinginan. Misalnya tote bag-nya memakai gambar kalian yang diubah jadi kartun (untuk reuni skala kecil) atau logo nama grup / sekolah / kampus. Nah tote bag-nya kan bisa kalian pake kemana aja dan jelas ramah lingkungan dong. Mugnya bertuliskan "friends forever," misalnya. Cover buku agenda depan dan belakang di desain dengan foto terbaik kalian disertai nama lengkap. Bisa juga berupa logo dengan tambahan keterangan tahun reuni dan grup di sosial media. Di dalamnya tambahkan lembar yang sudah terisi, isinya nama, nomor hape, alamat, alamat e-mail dan sosial media.

Gimana? Asyik dong kalau reunian pulangnya bawa goodie bag, apalagi plus plakatnya!

Apa? kalian bingung membuat merchandise keren dengan kualitas supernya? Tenang, solusinya ada di www.custombagus.com.

http://www.custombagus.com

Produknya lengkap, dari mulai kaos, jaket, tote bag, plakat, mug, balon sampai stiker. Ngga usah khawatir soal kuliatas dan harga. CustomBagus menyediakan pilihan bahan-bahan berkualitas dengan harga terjangkau. Dan semakin banyak yang di pesan maka harga yang kalian dapat bisa semakin murah. Dan kalian akan semakin happy karena gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Untuk luar jabodetabek, ada ketentuan pembelian minimalnya.


Sekarang kalian bingung apa lagi? Nggak ada yang bisa desain logonya? Cuma bisa mengutarakan ide? Tenang ... tenang, di CustomBagus ada layanan konsultasi dan desainnya lho. Dan semuanya GRATIS-TIS-TIS.

 

Jadi tunggu apalagi? Buruan cek www.custombagus.com biar reuni kalian semakin asyik dan berkesan.

Lomba Blog: Inovasi Produk Bersama CustomBagus

Keterangan tambahan :
*Sumber gambar dan informasi dari http://www.custombagus.com
*Sticker by Line

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

8 comments:

  1. Seru dungs kalau reuni ada merchandise seperti itu, mba. Pasti bakalan sering reunian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya mba. Aku juga bakalan sering dateng ketimbang absen hehe

      Delete
  2. Replies
    1. Karena aku bingung pilih ide yang mana yang mau dieksekusi. Akhirnya ikut dua mba muehehe

      Delete
  3. Rencana buat acara keren semacam reuni memang harus gokil juga biar makin berkesan.. Asli itu bkal jadi agenda nostalgia paling menyenangkan. Tenkiu Gilang

    ReplyDelete
  4. Terima kasih tipsnya bagus tuk acara reunian sekolah ni...
    Harga Sunblock | pure skin oriflame | Lipstik Matte

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)