Bagi Saya, Sebuah Penghargaan Itu Sangat Penting

http://sodexoevent.com/blog-contest

Jika ditanya "seberapa penting sebuah penghargaan bagi kamu?" Bagi saya sebuah penghargaan itu penting, bahkan sangat penting. Karena dengan mendapatkan sebuah penghargaan, maka saya akan lebih bersemangat dalam melakukan berbagai hal atau pekerjaan. Misalnya, ketika saya mengikuti sebuah perlombaan menulis cerpen, kemudian cerpen tersebut dinyatakan lolos. Maka mendapatkan sebaris ucapan selamat dalam lampiran pengumuman merupakan penghargaan yang luar biasa mengembirakan. Apalagi di kemudian hari cerpen saya menjelma menjadi sebuah buku antologi bersama penulis lainnya, yang sebagian besar merupakan penulis berpengalaman. Terlebih jika pihak penyelenggara lomba memberikan bonus berupa sertifikat digital kepada para kontributor. Tentu saja ada rasa haru dan kebanggaan tersendiri pada diri saya. Saya merasa dihargai, dan ...

Contoh penghargaan berbentuk sertifikat
Penghargaan tersebut mampu menambah semangat saya untuk menghasilkan karya-karya lainnya. Bahkan sekalipun mengalami kegagalan dalam perlombaan, maka ucapan "terima kasih telah berpartisipasi dalam lomba yang kami selenggarakan, silahkan mencoba kembali di lain kesempatan" merupakan sebuah penghargaan atas kerja keras saya dalam menghasilkan sebuah karya. Dan membuat saya tidak takut untuk kembali mencoba.

Karena bagi saya, penghargaan tidak selalu berupa hadiah dan berbentuk materi. Piala, uang, sertifikat, barang berharga lainnya hanyalah sebagai pelengkap alias bonus. Penghargaan yang paling utama itu, dapat ditunjukkan melalui ucapan selamat dan terima kasih. Bahkan sekedar pujian atas kinerja terbaik yang diberikan kepada sebuah perusahaan pun dapat dikategorikan sebagai penghargaan. Menunjukkan betapa perusahaan atau atasan di kantor menghargai hasil kerja keras pegawainya. Membuat pegawai tersebut semakin bersemangat untuk berkontribusi memajukan perusahaan tersebut. Apalagi kalau penghasilan pun turut naik. Bagi saya, mendapatkan uang lembur tepat waktu pun merupakan sebuah penghargaan atas kerja yang lebih keras dibandingkan hari biasanya. Dibandingkan dengan pegawai lainnya yang tidak melakukan kerja lembur. Jika diingat-ingat kembali, setiap perusahaan atau instansi yang berhubungan langsung dengan pelayanan publik secara tidak langsung memberikan penghargaan kepada pengunjung. Seperti memberikan ruang tunggu yang nyaman, serta pelayanan yang ramah. Dan atas penghargaan itu, kita bisa membalasnya dengan hal sederhana, tersenyum dan mengucapkan terima kasih.

Sebuah penghargaan sederhana lainnya adalah ketika apa yang kamu lakukan di lingkungan sekitarmu dihargai. Seperti di lingkungan keluarga kecil, ketika memasak dan masakanmu disukai oleh keluargamu. Melihat mereka makan dengan lahapnya, itu merupakan penghargaan yang diungkapkan melalui tindakan dan mampu membuatmu tersenyum bahagia, merasa dihargai. Disadari atau tidak, setiap aktifitas positif yang dilakukan penuh ketulusan, sekecil apa pun itu ... selalu mendapatkan penghargaan. Baik yang terucap secara lisan, tindakan maupun hanya berakhir di dalam hati seseorang.

Sebenarnya sebuah penghargaan dapat diberikan oleh diri sendiri. Dimulai dari menyayangi dan menghargai diri sendiri. Setelah lelah bekerja seharian, maka penghargaan yang harus diberikan kepada seluruh anggota tubuh kita adalah beristirahat yang cukup. Ketika merasa jenuh dengan pekerjaan yang menguras waktu, tenaga dan pikiran, maka penghargaan untuk diri kita adalah melakukan aktifitas lain yang menyenangkan, seperti berlibur, berkutat dengan hobi dan aktifitas yang disukai. Dengan mengapresiasi atau memberikan sebuah penghargaan kepada diri kita sendiri, maka kita tidak perlu merasa kecewa ketika tidak mendapatkan sebuah penghargaan dari orang lain. Karena penghargaan dari diri sendiri lebih penting dibandingkan penghargaan dari orang lain. Kamu bisa memberikan penghargaan sebanyak-banyaknya dan tentu saja tulus dari dalam lubuk hati.
http://sodexoindonesia.co.id

Saya sangat menyukai penghargaan dalam bentuk voucher, terutama Voucher Belanja Sodexo ... seperti yang sering saya dapatkan dari sebuah situs survey online. Karena Merchant Sodexo terdiri atas 267 merchant dan 14.170 outlet. Lumayan banyak kan, bisa puas deh mau beli apa, mau makan di mana. Ada beberapa macam pass voucher dari sodexo. Food pass, Gift pass, Reward pass, Discount pass, Electronic pass dan favorit saya adalah sodexo Gift pass.

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

6 comments:

  1. Replies
    1. Hhaha kek kamera hape langsung autofokus

      Delete
  2. menurut saya juga penghargaan itu sangat penting seperti dulu waktu SMP saya mendapat banyak penghargaan yang sungguh membanggakan membuat saya ingin terus bersekolah setiap harinya walaupun sedang sakit :)wah itu saya bagi dong vocher dari sudexo nya mba :)

    ReplyDelete
  3. Inget waktu itu waktu masih sekolah mah pada murah mau beli vocher, gk gk gk tapi kalau sekarang mah pada mahal mahal mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. voucher apa? pas sekolah sih saya tahunya voucher pulsa xixixi

      Delete
  4. Wihhhh~ Selamat ya kemenangannya, bisa dapat voucher jugaa. Mau liat tulisannya dong yg cerpen itu hha

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)