Mari Berkenalan Dengan Salah Satu Startup Asal Bandung


Beberapa tahun belakangan ini, bisnis startup di Indonesia mengalami peningkatan. Banyak startup-startup baru yang bermunculan setiap tahunnya. Mulai dari e-commerce, jasa angkutan, game, portal berita sampai aplikasi edukasi. Mereka berlomba-lomba untuk menjadi yang paling diminati user. Buat aku pribadi, kehadiran startup yang makin beragam dan user friendly di Indonesia sekarang ini, sangat membantu bahkan memudahkan aktivitas sehari-hari.

Ya, salah satu startup e-commerce favoritku dengan model bisnis marketplace (Tokopedia), memudahkanku untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan tanpa perlu keluar rumah. Tanpa perlu takut ditipu online shop abal-abal. Belum lagi jasa ojek online dan taksi online yang siap 24 jam buat nganter ke tempat tujuan, membuatku nggak pusing lagi kalau dikejar waktu ataupun nggak tau persis tempat yang mau dituju. Atau pengen belajar sama tenaga pendidik yang berkualitas, bisa langsung komunikasi dan foto soalnya di aplikasi ruangguru.

Menurutku, stratup di Indonesia akan semakin berkembang dan bermunculan setiap tahunannya seiring perkembangan teknologi informasi dan pembangunan smart city. Di Bandung sendiri ada banyak startup yang bermunculan. Beberapa di antaranya adalah alumni dari Bandung Digital Valley (BDV).

Bandung Digital Valley (BDV) merupakan salah satu tempat inkubasi dan co-working space untuk publik terpopuler di Indonesia yang biasa dihuni oleh para pelaku startup dan pekerja kreatif lainnya. Para peserta yang terjaring dalam seleksi Indigo Incubator setiap tahunnya (angkatan pertama dimulai tahun 2014) akan menghuni BDV selama kurang lebih tujuh bulan.

BDV ini lokasinya ada di lantai empat gedung R & D Centre Telkom Indonesia di jl. Gegerkalong Hilir No.47, Sukarasa, Sukasari, Bandung, Jawa Barat. Nggak jauh lah dari lampu merah gegerkalong. Buat yang mau kepo-kepo lebih lanjut, nanti official websitenya aku tulis di bawah ya.


Sebagai calon emak di masa depan kelak, #yaelahnikahajabelum #yaelahcalonnyaajabelumada eh malah tjurhat #sekip, dan setelah searching-searching startup asal Bandung yang jumlahnya buanyak. Aku akhirnya memutuskan, startup asal Bandung yang paling menarik perhatianku adalah Kakatu. Kakatu ini salah satu startup alumni BDV - peserta Indigo Incubator tahun 2014. Kakatu ini membuat aplikasi parental kontrol khusus android. Aplikasi ini ditujukan untuk menyeleksi, membatasi dan mengawasi aplikasi yang diakses oleh buah hati. Foundernya itu Robi Tanzil Ganefi, lulusan UNIKOM Bandung.


Jadi para emak dan abah sekalian bisa memilih aplikasi apa saja yang boleh diakses oleh buah hati, terus mengatur waktu berapa lama boleh diaksesnya. Setelah waktu habis aplikasi yang sedang diakses tersebut akan tertutup dengan sendirinya. Dalam aplikasi ini adalah pilihan usia anak, 3 , 7 ,12 . Cara daftarnya mudah kok. Tapi tetep aja ya, emak sama abah harus lebih pinter soal teknologi dibanding anaknya. Biar tahu aplikasi mana yang cocok atau nggak sama buah hatinya. Tapi aplikasi ini juga bisa memilah mana yang cocok buat anak mana yang nggak. Ngebantu ya buat jagain anak dari aplikasi-aplikasi yang mengandung konten berbahaya.

Tapinya, untuk bisa mengakses semua fitur yang ada di Kakatu ini, emak dan abah harus berlangganan layanan premium dengan harga yang terjangkau. Untuk 30 hari cuma 15.000 kok, beda sedikit lah ya sama langganan karaoke #gagalfokus. Tenang, Kakatu juga ngasih layanan premium secara gratis selama 14 hari. Jadi bisa dicobain dulu di gadget anak. Kalau cocok, kan bisa tuh langganan nantinya. Ada pilihan bahasanya juga lho, ada bahasa Indonesia, Melayu dan Inggris.

Sumber terkait :
- http://id.techinasia.com
- http://telkom.co.id
- http://bandungdigitalvalley.com
- http://kakatu.web.id

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

6 comments:

  1. Ternyata selain aplikasi bawaan smartphone, Startup lokas juga ada yang ciptain aplikasi macam kids mode juga.. Daebaks! *download trial-nya*

    ReplyDelete
  2. Wah benar juga, jaman sekarang anak-anak sudah ber-smartphone. Aplikasi seperti ini bisa bermanfaat. Nice review n sharing :-) @ge1212y

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen download kakatu... tapi ntar aja kalau udah punya anak :))

    ReplyDelete
  4. wah nyinggung smart city, kira2 manusianya bisa segera smart ga ya? hehe...

    ReplyDelete
  5. iya, aplikasi kakatu ini salah satu aplikasi utk meminimalisir/filter konten pd gadget sehingga anak-anak terlindung dr konten yg belum saatnya

    ReplyDelete
  6. Ternyata langganan karoke cuma 15 rb yah hihi

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)