Prediksi Tren Konten 2017

Sejak negeri api menyerang  dunia nyata menyita hampir seluruh waktu, sejak saat itulah, aku jadi deadliners lagi. Ini udah diujung pekan kedua lho LBI nya dan aku baru membuat postingan tema #jurusseribualasan.


Jadi, tren konten tahun 2017, apakah yang akan booming? Aku sudah jalan-jalan ke beberapa postingan tema peserta yang lain. Cuma belum meninggalkan jejak. Iya, karena di dunia nyatanya lagi sibuk, jadi kalau melihat postingan baru. Paling buka-baca-close. By the way ada beberapa postingan yang aku suka, salah duanya (karena lebih dari satu) yaitu ... mba Elisa dan mba Ririe. Dalam beberapa pembahasan aku menemukan soal pembahasan tren om telolet om, masuk akal sih. Saking boomingnya ini ... Udah ada lagunya. Maju-mundur cantik aja jadi kelelep #eh. Ada juga yang bahas soal tren marketing, tren niche blog, tren vlog dan tren-tren lainnya. 

Kalau merujuk ke clue yang diberikan oleh pihak LBI, setelah berselancar di mesin pencari. Artikel yang muncul di halaman pertama tentang tren konten ini, artikel dalam bahasa Inggris. Dan mengarah ke tren konten marketing. Dan prediksi konten marketing yang akan laku di pasaran, salah satunya adalah video marketing dan live streaming video. Ya, ya, ya ... setuju ... karena video yang menarik, penampilan gambar bergerak yang mengagumkan ditunjang audio yang oke akan lebih mudah dilirik orang, apalagi anak-anak muda. Dibandingkan membayangkan dari deskripsi teks dan tampilan gambar saja. Apalagi sebagian besar pengguna internet lebih banyak mengakses internet dari smartphone daripada komputer. Banyak yang lebih suka live streaming video daripada membaca teks. Sekarang saja, beberapa lomba review menuliskan keterangan. *jika ada vlog, maka menjadi nilai tambah. Jadi menurutku, tren konten yang bakal booming itu, konten video. Baik vlog maupun video tips dan tutorial seperti yang pernah ada. Jadi, blogger yang memasang konten video menarik di postingannya, bisa jadi akan kebanjiran pengunjung. Bisa jadi nanti banyak blogger buku yang mereview pake video. Seperti tantangan tema LBI tahun lalu, ada yang promosi buku dan review film pake video.

Untuk blogger sendiri, konten itu number one. Memegang peranan penting. Baik dari segi tulisan, gambar, infografis, dan yang terbaru vlog. Tentunya konten yang menjual, yang akan dilirik oleh brand. Nah ini bagian di mana aku belum akan dilirik brand manapun karena kontennya masih acak-acakan bin amburadul #tepukjidat.

Ada salah satu artikel yang menarik menurutku. Jika dalam menulis cerpen dan novel ada istilah show don't tell. Dalam artikel yang satu ini, untuk membuat konten yang akan disukai itu, ada teach don't tell. Selengkapnya bisa dilihat di sini. Tentu saja, konten yang menarik, up to date, nyata dan SEO friendly yang akan mendatangkan banyak pengunjung. 

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

7 comments:

  1. Buat blogger, konten video bisa jadi bahan untuk melengkapi tulisannya.

    ReplyDelete
  2. Ya dong, harus menarik. biar ada daya tarik. #eh

    ReplyDelete
  3. Ayo gilang bikin vlog.... Aku sih masih belum cukup kapasitas mau edit edit atau dokumentasi videonya.. Terlalu sok cibuk ��

    ReplyDelete
  4. Doodle-nya cantik euy... ajarin dunk supaya konten blog makin mantap

    ReplyDelete
  5. konten blog ini katanya masih acakadul? sama dong... hahaha.. tos...

    ReplyDelete
  6. Eh, ada namaku disebut-sebut neh. *langsung jumpalitan kegirangan*.

    Sebenarnya kalau trend konten yang mengerucut pd VLog sudah mulai terlihat dari pertengahan tahun kemarin. Tren lainnya, menurutku sih masih merupakan lanjutan trend sebelumnya yg lebih spesifik utk improvement.

    ReplyDelete
  7. Wih masih ikut LBI ... mantappp banget dahhhh

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)