Sajian Bakmi Mewah Ala Restoran Di Rumah

Sebelum mulai, mari kita tebak-tebakan soal mie dulu. "Mie apa yang susah buat dilakukan?" Mienta maaf. "Mie apa yang bikin gelisah galau merana?" Miekirin kamu yang php-in aku kuota internet yang mau habis tapi nggak punya uang. "Mie apa yang aromanya enak, daging ayamnya asli dan mie nya kenyal?" Yup, BAKMI MEWAH #maafkeun ketidak nyambungan ini.


Yuhu, sekitar tiga hari yang lalu aku masak plus makan bakmi mewah, sehari dua kali #maruk. Dan hanya berselang satu jam saja nya neng gotik dari icip bakmi yang pertama. Alasannya, karena godaan aroma bakminya, kekenyalannya dan dagingnya yang lembut dan enak. Belum puas kalau cuma icip satu. Bakmi yang pertama aku buat apa adanya. Yang kedua dibuat sate lilit. Sekali-kali sate bahannya mie eh bakmi dong, jangan cuma daging-dagingan #apasih. Yang ngefollow di IG pasti udah lihat kan? #overpede. Yang belum lihat, sok atuh mampir ke IG aku. Follow juga boleh, nanti aku follback #malahpromosi.

Sebelum kuperlihatkan dan kubagi resep bakmi mewah ala-alanya, kubocorin dulu nih isi dari kemasan kardus bakmi mewah. Yup, dari segi kemasan aja udah beda dong ... mewah. Di dalamnya ada sebungkus bakmi, kecap, minyak, potongan daun bawang goreng, daging ayam plus jamur asli siap pakai dan sambal sebagai pelengkap. 


Aku tahu apa yang ada dipikiranmu saat ini #kayakliriklagu. Kamu penasaran kan kenapa nggak ada bumbu penyedapnya? Hayo akui saja kalau kamu memang bertanya-tanya. Jadi, bedanya bakmi mewah itu, dia juga non-MSG. Nggak ada bumbu penyedap instantnya. Rasa dan aromanya berasal dari kecap, minyak, daun bawang dan campuran daging plus jamur asli. Masa kadaluarsanya juga cuma sebentar. Dan halal. Mau tahu komposisi bahannya, ceki-ceki di link berikut ini


Bakmi mewah yang pertama aku sajikan sesuai dengan saran penyajian di tampilan belakang produk, tapi ditambah beberapa bahan pelengkap : potongan tomat, timun, wortel yang sudah direbus dan di potong dadu, rebusan toge, potongan cabe rawit, dan telur rebus yang dibuat seolah anak ayam mengintip dari balik cangkang.
*sebagian aku pisahkan untuk dicoba tanpa tambahan apa pun.
*sengaja makan pakai sumpit biar mirip seperti tampilan di kemasan belakang.

Oh ya, saat mengaduk bakmi menggunakan garpu dan sendok, menyisakan putih-putih mirip lemak. Itu lho, kalau masak daging kambing biasanya suka ada lemaknya. Bakmi tanpa tambahan apa pun, aromanya sudah menggoda. Menggedor-gedor hidung yang akhirnya membuat aku lapar. Teksturnya licin, lembut, kenyal dan nggak gampang putus kayak hubungan kita . Rasanya enak, apalagi setelah daging ayamnya dicampurkan. Dari kemasan daging ayam plus jamurnya itu kan ada airnya sedikit. Itu membuat rasanya makin nendang tapi nggak meninggalkan rasa aneh yang menganggu lidah ataupun tenggorokan. Tapi kurang suka saat ditambahkan sambal pelengkapnya #inicumasoalselera. Kelebihan lainnya dari bakmi mewah ini, saat sudah dingin ... dia nggak berubah bentuk. Beda lah pokoknya dari rasa yang pernah ada #mulaibaper.


Seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya. Bakmi mewah yang kedua, aku kreasikan menjadi sate lilit -bakmi mewah. Resepnya aku dapatkan dari berseluncur di internet. Tapi karena bahan utamanya ini bakmi mewah, bakmi ayam tanpa kuah, hasilnya jadi mew-ah. Dengan takaran bahan menggunakan feeling. Ahelah, masak aja, eneng mah, masih bawa-bawa perasaan bang #diketokpanci.

Sate lilit biasanya dari daging ayam, sapi juga ikan dan batangnya menggunakan batang serai. Kalau sate lilit mie dari resep yang kubaca, pakai lidi atau sumpit. Kalau yang aku buat, sate lilitnya dari bakmi mewah dan batangnya adalah wortel. Kenapa wortel? Sederhana aja ... aku memang suka wortel. Dan supaya bisa di makan juga. Hasilnya ada manis-manisnya gitu dari ngunyah wortel.

Bahan-bahan yang harus disiapkan :


Cara membuatnya :
Pertama, aku rebus dulu wortelnya. Khusus yang akan dijadikan batang sate lilit - bakmi mewahnya, direbus sebentar saja. Kalau untuk dipotong dadu-dadu kecil dan dicampurkan dengan bahan lain, aku rebus sedikit lebih lama.

Kedua, sambil menunggu rebusan wortel, haluskan satu siung bawang putih. Aku pakai ulekan. Karena tanggung kalau mau di blender.

Ketiga, rebus bakmi sesuai saran penyajian. Setelah ditiriskan, langsung campurkan semua bahan pelengkap, kecuali sambal.

Keempat, masukan bawang putih yang dihaluskan, potongan wortel, 4 sampai 5 sendok makan tepung terigu dan garam secukupnya. Ini yang aku bilang pake piring eh feelling. Aduk sampai rata.

Kelima, masukan telur dan aduk lagi sampai adonan bakminya bisa dibentuk.

Keenam, ambil batang wortel yang sudah di rebus, ambil sedikit adonan dan bentuk menyerupai sate lilit.

Ketujuh, goreng hingga menguning dan sedikit kecoklatan. Kemudian tiriskan.
Dan sate lilit - bakmi mewah siap untuk dihidangkan.



Catatan : hati-hati ketagihan, karena aromanya semakin menggoda setelah di goreng. Dan semakin lumer di mulut saat dicocol ke sambal bakmi mewahnya. Kali ini aku suka sama sambalnya. Dari satu bungkus bakmi mewah, bisa menjadi tujuh batang sate lilit - bakmi mewah. Bisa lebih kalau dibuat lebih ramping satenya.

Selamat mencoba sajian bakmi mewah , bakmi ayam tanpa kuah di rumah ya gaes. Dengan harga yang terjangkau, kalian bisa membuat bakmi mewah ala restoran di rumah dengan cepat. Cuma butuh waktu 2,5 menit aja. Bisa dikreasikan juga sesuai selera.

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

5 comments:

  1. Mba Gilang, aku jadi lapar nih pengen makan bakmi mewah :)

    ReplyDelete
  2. pas lihat gambarnya, ta kira itu pakai Udang lho? Ternyata pakai wortel ya? asyiikkk kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake udang juga bsa mba Ririe, biar makin mewah dan yummy

      Delete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)