50 : 50 - Nulis Dan Ngeblog Pake Ponsel


Hallo, masih adakah yang melek? Aku mau ngasih tahu, mulai hari ini bakal ada label/kategori baru di blogku. Ya, siapa tahu ada silent reader yang setia mampir ke sini padahal blogpostnya absurd. Terima kasih ya buat kamu, iya kamu yang udah setia mampir dan baca walau habis satu kalimat langsung di close.

Jadi di 50:50 ini, bukan mau ngomongin kuis wants to be a millionare ya. Aku ulang lagi ya, di 50:50 ini aku bakal ngebahas, curhat, sekaligus berpendapat dari sudut pandang dan pengalaman sendiri tentang enak-gak enaknya suatu hal. Tentang untung sama ruginya. Kelebihan dan kekurangan.

Nah, untuk permulaan aku bakal bahas tentang nulis dan ngeblog pake hape. Sekalian mau pamer kemarin habis muncul di #dotsCHAT nya @dotsemarang. Pasti kamu pengen bilang, halah gitu doang pamer, norak deh! Iya, aku emang norak, jadi biarin aja yaa. Jujur, pas dikasih pertanyaan secara langsung apalagi menjelaskan tentang sesuatu. Aku teh suka gerogi, belibet kalau mau menjelaskan, terus typo. Lalalala. Typo-nya bikin pengen tarik selimut terus bobo seharian #malutauk. Jadi mohon maaf sebesar-besarnya karena jawaban yang kurang-kurang-kurang dan juga typo. Selain itu, kemaren deg-degan karena sinyal internet yang timbul tenggelam.


Nulis, apalagi ngeblog lewat ponsel itu punya kelemahan dan kelebihannya. Mau tahu apa aja? Aku bakal jelasin sesuai pertanyaannya ya.

Pertanyaan 1 :


Jawaban 1 :

Nah, jawaban pertama aja, aku mah udah typo #tutupmuka. Harusnya *saja bukan *sana. Maklum, jempol sama jarinya kegedean. Jadi, kenapa aku bilang ngeblog lewat ponsel itu asyik? Gak cuma ngeblog sih, nulis juga. Asyiknya karena bisa nulis plus ngeblog kapan saja dan di mana saja. Sambil ngantri tiket kereta lokal tuh, kan lumayan. Atau sambil gogoleran cantik di kasur, kemudian ketiduran.

***
Pertanyaan 2 plus jawaban :


Jadi, aku ngeblog lewat ponsel itu sejak awal tahun 2016. Pas ikutan LBI tahun lalu tuh. Terus ikutan #30HariMenulisSuratCinta. Terus sering bangetnya per-oktober 2016 sampai sekarang. Ini aja blogpost perdana label 50:50 dibuat pake ponsel.

***
Pertanyaan 3 plus jawaban :


Iyes, alasan utama karena laptop hampir rusak. Kenapa hampir, seperti curhatan di blogpost berjudul perihal chemistry, kipas laptop kesayangku kadang muter, kadang nggak. Mau ganti, belum punya do it. Kalau ada yang mau nyumbang do it, laptop, ponsel baru. Aku gak bakal nolak kok. Sini, kirim :D

***
Pertanyaan 4 plus jawabannya :


Hampir mirip jawaban pertanyaan nomor 1. Keuntungan ngeblog pake ponsel itu yaa ... bisa memanfaatkan waktu luang dan bisa dilakukan di mana saja. Nggak perlu meja atau tempat yang luas buat selonjoran mangku laptop. Sambil bobo-boboan biar gak pegel. Tapi gak boleh sering ya, karena merupakan aktivitas yang ngerusak mata.

***
Pertanyaan 5 plus jawabannya :



Nah kelemahannya itu, ya ... banyak typo bertebaran. Jangankan nulis blogpost. Ngetweet sama bikin caption aja suka typo karena layar ponsel aku cuma 4 inch. Terus kalau artikelnya panjang, prosesnya jadi lama ketimbang nulis di laptop. Iyalah, secepet-cepetnya ngetik di ponsel gak akan secepet ngetik di laptop atau komputer. Terkhusus ngetik sendiri di ms word, suka beda jumlah halamannya lho kalau dibuka di laptop, pun sebaliknya. Pas ngedit blogpostnya juga kudu sabar bin hati-hati. Salah-salah malah kehapus. Hayati lelah tauk udah nulis panjang-panjang, gegara gak sabar dan jempol kegedean ... mau klik publish malah delete.

***
Pertanyaan 6 plus jawabannya :


Kriterianya minimal OS Android versi kit kat, iya soalnya yang aku pake itu dan cukup nyaman, kalau versi jelly bean dan RAM 512 mb ... lemotnya bikin pengen guling-guling *pernah pake buat nulis. Jadi RAM minimal 1 GB yaak. Layar minimal 4 inch, masih kurang nyaman sih. Harus hemat daya juga kalau bisa ya. Terus yang pasti mah bikin kamu nyaman nulisnya.

***
Pertanyaan 7 :

Jawaban :


Karena blogpost aku mah yaa isinya curhatan. Yang ngedraft dulu mah paling ya itu kayak jawaban yang aku sebutin. Itu typonya memalukan. Ms word harusnya bukan ms world. Jadi kesannya miss dunia :D. Ini curhatan nih, jadi gak di draft dulu. Beberapa giveaway aku draft dulu buat ngitung jumlah kata abis itu di copy. Contohnya giveaway pokemon teh nuniek ft bang roll tahun lalu aku bikinnya pake ponsel. Mau baca? Nih linknya Nostalgia Soal Pokemon
Yang giveaway hujannya agung rangga pun pake ponsel dan di copy di 5 menit sebelum deadline. Mau baca juga?   Kau dan Hujan Memang Berbeda   Tapi Bipponya belum sampai ke tanganku #curhatkodeterselubung

***
Pertanyaan 8 plus jawabannya:


Aplikasi khusus buat ngeblog. Ada dong buanyak. Blogger sendiri udah pernah pake cuma punten suka blog not found sama aplikasi telah terhenti. Akhirnya menjatuhkan pilihan pada Blog It! Kenapa Blog It! ? Karena simpel dan nggak makan memori. Maklumin aja, ponsel aku mah apa atuh memori internalnya cuma 2GB.

***
Pertanyaan 9 :


Jawaban lanjutan :

Maafkan kalau tipsnya rada-rada. Tuh liat, typo lagi si ms word jadi miss world :D Ini tipsnya buat yang pake blogger.com ya. Soalnya gak tahu kalau blog it! Bisa buat selain blogger.com atau ngga. *belum nyoba. Untuk perataan kiri kanan, rata tengah buat gambar dan link hidup biasanya aku edit di mozilla firefox versi BETA. Kenapa mozilla? Karena menurutku yang tampilan mobilenya paling real, gak acak adul, dan bisa di zoom ya mozilla.

***
Pertanyaan 10 :


Jawaban :


Pilih dua-duanya dong. Karena ponsel sama laptop punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Disesuaikan aja sama sikon dan kebutuhan.

Jadi ya, kalau kamu gak punya laptop. Jangan dijadikan alasan buat gak bisa nulis dan ngeblog. Kamu punya smartphone kan? Iyalah, kalau gak punya itu akses sosmed semacam instagram sama path mana bisa pake ponsel jadul. Nulis dan ngeblognya di smartphone aja ya. Jangan males. Aku maksudnya yang pemalas. Tulis aja dulu cerpennya di smartphone terus kalau udah fix edit di laptop temen kek minjem sebentar atau ke warnet. Sejam cukup pan buat ngebenerin format sesuai persyaratan. Cukuplah asal gak sambil streaming drakor mah :D. Pokoknya nulis mah bisa pake apa aja. Pake kertas dulu juga bisa, nanti disalin.

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

2 comments:

  1. Wah keren Mbak Gilang. Saya mah susah sekali bisa ngeblog via hape. Sekarang masih sering ngandelin laptop. Jadinya ya ketergantungan gitu.

    ReplyDelete
  2. Aku paling ga bisa ngeblog di-HP. Pusing euy, belum lagi masukin gambarnya. Kebiasaan di laptop. hehe.

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)