Empat Dari Duabelas

Setelah hampir empat bulanan bertahan ngeblog via ponsel, akhirnya di pekan kelima LBI 2017 ini membuatku ngeblog lagi pake netbook. Iyalah, soalnya mau lihat tampilan blog peserta lain kalau via layar komputer gimana. Di ponsel kan beda. Total pesertanya 13 orang (termasuk aku) tapi blog yang sering aku kunjungin masih itu-itu aja. Sekarang pun yang masih dibahas mau yang itu-itu aja #apasih. Maklumin aja ya, anaknya pemalu. Mau namu ke blog yang lain masih malu-malu. Paling ya gitu, dibaca tanpa ninggalin jejak. 

Beberapa blog peserta LBI yang aku kunjungi punya ciri khasnya masing-masing. Artikelnya pun kece-kece, kadang suka bikin aku minder terus pengen diem dipojokan. Terus mengulang pertanyaan 'kapan aku bisa kece kayak mereka?' kayak mantra sihir. Terus kagum juga, soalnya selain jadi blogger, mereka punya aktivitas lain yang nggak kalah sibuknya. Tapi masih bisa bagi waktu buat ngeblog. Lha aku yang pura-pura sibuk malah males-malesan #dikeplakteplonemak. Tuh kan malah tjurhat, udah ya, sekip ... sekip ...

Mari aku mulai dari blog mba Elisa. Pasti udah banyak yang kenal deh sama lifestyle blogger Lamongan yang satu ini, salah satu member dari Blogger Perempuan dan Kumpulan Emak Blogger. Alamat blognya : elisa-blog.com.



Tampilan blognya mba Elisa ini simpel, hitam putih. Dan headernya juga sama kayak aku. Cuma nama blog sama sedikit deskripsi. Sidebar untuk gadget tambahan ada di bagian bawah semua. Tapi masih ada yang tumpang tindih. Di ponsel aku nggak terlalu merhatiin sih, tapi kalau bukan karena tema pekan ini pun kayaknya nggak merhatiin tampilan, soalnya lebih fokus ke artikelnya mba Elisa yang informatif. Kadang-kadang suka ada kutipan-kutipannya gitu. Terus uniknya suka pake tanda tangan digital. Dibaca via ponsel pun nyaman, tapi pas kutipan, jadi memanjang ke bawah. Mungkin bisa disetting lagi tampilan mobilenya :)


Beralih ke blognya mas Jerry Han : movielitas.com. Yup, sesuai nama blognya, bahasnya soal perfilman. Uniknya, hingga pekan keempat, diberi tema apa pun pasti disambungkan dengan sebuah film. Tampilan blognya simpel. Sidebar hanya berisi label dan arsip blog. Mau dibuka via komputer atau pun ponsel, nggak masalah. Enak bacanya. Mungkin bisa ditambahkan tentang empunya blog dan postingan terpopuler :)

Yang ketiga, aku pilih blognya : afriantipratiwi.com. Seorang mahasiswi dari Purwokerto yang senang menulis cerpen dan puisi. Puisinya kece-kece lho. Terus di setiap artikelnya suka dicantumkan titimangsa plus sehabis ngapain nulisnya. Unik ya. Tampilan blognya sederhana dan rapi. Mungkin dibagian sidebar, letak follow blognya bisa ditukar sama follow lewat G+. Sama kalau dibuka via ponsel , kalau mau komentar harus view web version dulu, nggak bisa langsung :)

 


Terakhir, aku pilih blognya mba Ririe Khayan. Juara LBI musim ke-4/2016. Alamat blognya : ririekhayan.com. Mba Ririe yang berdomisili di Yogyakarta (Aslinya Lamongan *sama kayak mba Elisa nih) ini working mom yang banyak prestasinya, sering juara. Buku antologinya pun lumayan banyak. Ciri khas dari artikelnya mba Ririe menurutku, kalau membahas sesuatu suka detail, tapi nggak bosenin. Tampilan blognya sederhana, simpel. Tapi kalau diakses via ponsel, semua artikel di halaman home nggak ada read morenya, jadi langsung ke baca semua. Terus, kalau mau lihat yang sudah komentar. Aku mesti centang dulu *minta tampilan situs desktop di browserku.


Nah, cuma itu yang bisa aku sampaikan. Mohon maaf apabila banyak sekali kekurangan dan terdapat kata-kata yang kurang berkenan.

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

4 comments:

  1. Yayy ada lagi yang berkunjung k blog saya. Terimakasih kunjungannya. Saya juga masih ngeblog pakai ponsel jadul malah, akibatnya tata bahasanya sering aneh. Jarang edit ulang :-) pokoknya do the best n semangat.
    Nice review here :-) @ge1212y

    ReplyDelete
  2. blog ane gak di ripiu juga neng ????? ehhhh bukan peserta ya hihihi

    ReplyDelete
  3. Terima kasiiih banget sdh di review Mbak.

    Iya neh, blogku klo di akses versi mobile gak muncuk readmore nya.

    #belum sempat permak blog lagi * alesan*

    ReplyDelete
  4. Weh kubaru tau blogku direview dan kubaru tau juga kalo blogku gabisa komen lewat hape :( nanti kuperbaiki deh. Thankypu kaaak wkwk

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)