Kartu Memori Rusak!


Nggak ada yang lebih sweet dari kehadiran gambar kartu memori yang ada tanda serunya di notifikasi saat menyalakan ponsel. Ditambah sebaris kalimat kartu SD rusak, sepertinya blablabla. Ujung-ujungnya minta format. Lebih sweetnya lagi kalau terjadi di pagi hari pas mau berangkat. Mana itu data di kartu memori belum disalin ke laptop. Bimbang kan? Kalau mau langsung klik format, data-datanya langsung bye maksimal termasuk aplikasi yang penyimpanannya di kartu memori.

Akhirnya mau nggak mau, matikan lagi ponselnya, keluarkan kartu memorinya, masukan ke card reader atau modem yang ada slot micro sd nya terus colokin ke komputer. Iyes, data-datanya masih lengkap, tinggal di salin. Tapi menyalinnya itu lho butuh wakti satu jam. Karena kartu memori aku harganya cuma puluhan ribu, kecepatan transfer datanya cuma 500-866 kb/second. Mana yang mesti disalin sekitar 5 gb. Butuh waktu satu jam.

Setelahnya, format deh. Dan yang paling nggak aku suka dari format kartu memori ataupun flashdisk adalah, tiap di format, besaran memorinya berkurang. Memformat mah sebentar, tapi menyalin dari laptop ke kartu memori lebih lama lagi. Cuma 501kb/second. Perlu dua jam lebih buat menyalin semuanya. Mau pergi jadi kesiangan deh. Mau gimana lagi, si ponsel udah jadi kebutuhan utama. Kalau langsung format, semuanya bye maksimal dan mesti download aplikasi lagi satu persatu. Hayolah, sayang kuota. Terus percakapan di aplikasi chat pun hilang semua.

Jadi, udah empat bulanan si kartu memori baik-baik aja. Nggak minta format, jadi aku anteng-anteng aja nggak nyalin data. Tahu-tahu tadi sore setelah dimatikan karena banyak petir, eh kartu memorinya minta format. Tapi jadi warning lagi sih buat aku. Harus sering-sering duplikat data di laptop. Jadi pas kejadian begini tinggal langsung format terus salin lagi. Lumayan kan mengurangi durasi sejam.

Kalau minta format sih masih mending ya. Iya, bisa disalin dulu di laptop datanya. Kalau nggak minta format tapi semua data jadi 0 byte, itu bikin nangis bombay deh. Apalagi kalau yang kena draft tulisan yang udah ditulis siang dan malam selama berbulan-bulan.

Jadi, jangan lupa buat sesering mungkin duplikat datanya di komputer ya biar gak menyesal #ngomongkedirisendiri

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

No comments:

Post a Comment

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)