Musiknya Hidupku Semakin Asyik Bersama Langit Musik

Di manapun kalian berada
Kuucapkan terima kasih
Untuk warna dalam hidupku
Dan banyak kenangan indah
Kau melukis aku
(Tulus - Monokrom)


Dengan sengaja aku mencetak foto kalian secara hitam putih. Menatanya di atas meja sembari memutarkan lagu Monokrom dari Tulus sebagai soundtrack-nya. Lagu yang pas untuk menemaniku, mengingat kalian, warna baju kalian, dan memori bersama kalian kala itu. Melalui lagu ini, Tulus telah mewakiliku yang ingin berterima kasih. Atas pelukan hangat, atas warna dalam hidupku dan semua kenangan indah yang kulewati bersama kalian. 

Jujur, bukan hanya lagu-lagu Tulus saja yang menemaniku kala aku mengingat kalian. Lagu dan musik serupa, selalu berhasil membangkitkan memori tentang kalian, tentang mereka, tentang dia, tentang kamu, dan tentang kehidupan di masa lalu. Karena layaknya film, ftv, dan sinetron, hidupku yang penuh warna dan hal-hal ajaib ini membutuhkan soundtrack di dalamnya. Membutuhkan musik di setiap harinya. Entah bahagia, sedih, rindu, gelisah galau merana ataupun marah. Siang dan juga malam, musik selalu setia menemani dan membuat hidupku lebih asyik di manapun dan kapanpun. Karena musik selalu membuat perasaanku lebih baik, dan memunculkan ide untuk menulis cerita.


Dan yang lebih asyik, aku menemukan aplikasi yang memiliki lebih dari enam juta lagu di dalamnya. Dari yang lama sampai terbaru. Dari musisi lokal sampai internasional. Dari lagu daerah, lagu pop, rock dan lainnya. Aku sendiri tak bisa membayangkan, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memutar semuanya. Jadi nggak perlu dibayangkan, mari dinikmati saja. New Aplikasi Langit Musik namanya, aplikasi musiknya hidup kamu eh hidup aku.

langitmusik.co.id
Sejak diluncurkan pertama kali di tahun 2010, kerjasama antara Telkomsel dan MelOn Indonesia ini terus berkembang dan memperbaiki kualitas layanannya. Logonya pun sudah berubah, semakin kece.


Tidak hanya diakses melalui situs langitmusik.co.id, kini pengguna ios dan android bisa mengunduh aplikasi Langit Musik melalui app store dan playstore. Melalui aplikasi ini kamu bisa streaming lagu dari penyanyi favorit kamu dan mengunduhnya. Dan pastinya legal dong. Selain itu aku bisa memutar lagu secara offline. Syaratnya mudah kok buat jadi anak Langit Musik. Kamu harus punya nomor Telkomsel untuk masuk ke New Aplikasi Langit Musik. Happy-nya lagi, kamu bisa streaming dan download secara gratis selama akses Langit Musiknya pakai kartu Telkomsel dan bisa memutar lagu favorit kamu secara offline dengan berlangganan Langit Musik premium. Murah kok langganannya, 22.000/30 hari dan 6.600/7 hari. Harganya sudah termasuk ppn. Untuk New Aplikasi Langit Musik untuk perangkat android sendiri, harus ponsel android minimal versi 4.4 ya. Jadi, pastikan versi androidmu minimal 4.4. Lebih boleh, kurang jangan.

Nih, aku bisa mendengarkan lagu secara offline. Ini serius, nggak bohong, nggak di edit (lagi pula aku nggak bisa ngedit se kecil itu). Lihat deh dibagian signal. Nggak ada tanda akses datanya kan.


Dalam New Aplikasi Langit Musik (versi 4.0.3), aplikasi musiknya hidup kamu eh hidup aku ini banyak fitur-fitur yang memudahkanku untuk menikmati musik yang kusuka. Mau tahu apa aja? Yuk disimak.


Fitur Pencarian dengan kata kunci alias keywords yang lengkap. "artis, lagu, album, playlist bahkan teman."

Eh iya, lupa. Di aplikasi Langit Musik ini ada dua bahasa lho. Ada bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Aku yang bahasa Inggrisnya masih ya begitulah sih lebih milih bahasa Indonesia. Memilihnya bisa saat log in /masuk atau setelah masuk, ada di pengaturan.

Jelajah

Hasil screenshoot pribadi
Fitur yang pertama kali muncul saat masuk ke aplikasi Musik. Baik banget lho, aku disapa dari pagi, siang, sore sampai mau tidur di malam hari. Bebas deh aku mau pilih musik dengan kategori yang mana. Aku juga bisa melihat top hits, top artis, lagu yang sesuai mood, atau menjelajah lagu sesuai alirannya. Terus, pas klik tab cari, aku bisa melihat lagu terbaru dengan klik tanda panahnya lho. Jadi nggak kudet sama musik baru deh, baik yang lokal maupun interlokal eh internasional.

#TagStation
Melalui fitur #TagStation ini, aku bisa mendengarkan lagu yang sudah dikelompokan sesuai hastagnya. Scroll aja ke bawah, banyak lho hastag yang bisa dipilih. Misal nih, aku lagi kangen masa kecil, atau di rumah bocah-bocah lagi pada kumpul. Tinggal pilih yang berhastag #family. Dari mulai lagunya Tasya - Anak Gembala sampai Twinkle-twinkle Little Star ada di sini. Nostalgia juga nih sama lagunya Sherina - Balon Udara. Salah satu lagu yang ku favoritkan saat masih kecil.
Hasil screenshoot pribadi
Sayangnya, masih ada kekurangannya nih. Iya, nggak bisa pilih lagu mana yang mau diputar terlebih dahulu. Harus diputer satu persatu sampai habis. Mungkin ke depan bisa diperbaiki nih sama Langit Musiknya.

Trending

Fitur trending ini berbentuk peta interaktif yang membuat aku jadi tahu musik posisi pertama (judul lagu dan posisinya) hingga posisi sepuluh besar dari sabang sampai merauke. Termasuk provinsi tempat tinggalku. Jawa Barat.

LaguKu
Di fitur inilah lagu yang sudah aku klik simpan berada. Tuh, sudah ada 31 lagu dari delapan belas album berbeda yang aku simpan. Selain itu, kalau sedang diakses secara streaming, akan muncul list lagu yang baru saja dimainkan dan sering dimainkan. Kalau secara offline, aku baru mengunduh sepuluh lagu yang aku favoritkan minggu ini. Kalau memori sudah penuh dan aku sudah bosan, bisa dihapus aja. Ciri-ciri lagu yang sudah berhasil diunduh itu akan muncul di tab musik offline dan ada tanda centang pada bagian judulnya.

Pemberitahuan

Hasil Screenshoot pribadi
Di fitur ini, aku bisa menampilkan update dari teman-teman yang aku ikuti, menerima pemberitahuan teman yang berbagi lagu denganku dan melihat promosi yang ada. Seperti promosi Hari Musik Nasional, lima hari lalu. Aku bisa menikmati playlist lagu dari musisi lokal yang telah dipilihkan. Termasuk pemberitahuan kalau ada pembaharuan aplikasi. Lengkap dan membuatku happy-happy-happy.

Pengaturan

Hasil screenshot pribadi
Dari mulai mengatur akun. Iya, tambahin foto biar bagus, menghubungkan facebook dan twitter, ganti password bisa dilakukan. Pilih equalizer, pilih bahasa seperti yang aku bilang tadi diawal. Sampai mengelola penyimpanan, nah di sini bisa hapus lagu semua lagu offline yang sudah tersimpan sebelumnya. Kalau aku pengen keluar dari akun pun lewat sini.

Fitur-fitur lainnya yang membuatku semakin betah pakai new aplikasi Langit musik ini adalah ... ada liriknya. Iya, jadi nggak perlu repot-repot mencari lirik di situs lain. Terus, kalaupun didengarkan secara offline, liriknya tetap ada. Iyes, lagu plus lirik terunduh sekaligus. Bisa simpan lagu sebanyak yang aku mau. Puas banget  deh puas. Bisa membagikan lagu yang aku dengarkan lewat twitter dan facebook atau copy linknya. Bisa juga follow musisi-musisi yang aku inginkan dan mengetahui profil mereka.


Selain itu, bisa mempercepat lagu macam begini.


Caranya tekan di tengah gambar piringan yang berputar terus geser-geser deh panahnya. Membantu banget kalau mau mengunduh lagu tapi belum tahu lagunya enak atau nggaknya sampai akhir.

Tapi ya, walaupun fitur-fitur ini sudah membuat aku happy. Masih ada beberapa hal yang kuharap bisa diperbaiki sama Langit Musik. Seperti melengkapi semua lagu dengan lirik. Iya, soalnya aku menemukan beberapa lagu yang berbahasa asing, macem Twinkle-twinkle Little Star, Lagu dari musisi Korea dan Jepang yang nggak ada liriknya. Kemudian fitur previous dan next nya pun bisa dikembangkan lagi terutama kalau pakai #TagStation jadi semakin memudahkan kalau mau pindah lagu dan seperti yang kuutarakan di atas, walaupun pakai hastag tapi diharapkan tetap bisa menampilkan list lagu, supaya bisa memilih mana yang mau diputar terlebih dahulu.


Mau pakai earphone, speaker ataupun langsung nggak masalah untuk menikmati musik-musik dari new aplikasi Langit Musik ini. So, buat kamu yang ingin mendukung musisi kesayangan kamu dengan tidak mengunduh lagu secara ilegal, bisa banget pakai aplikasi Langit Musik ini. Tenang, nggak makan banyak memori kok. Nggak makan kuota juga kalau diakses lewat kartu Telkomsel. Tenang, streaming pakai paket data selain telkomsel termasuk wifi juga bisa, tapi untuk masuk ke aplikasinya memang cuma bisa pakai nomor Telkomsel. 

Asyiknya jadi anak Langit Musik, kamu juga bisa ikutan kuis dan event berhadiah lainnya lho. Iya, pantengin aja twitternya @langitmusik616 . So, selamat makin happy dan pilih lagu sesuka hati di new aplikasi Langit Musik ya. Musiknya hidup kamu, hidup aku, hidup kita semua. Karena tanpa adanya musik, rasanya pasti sepi, karena nggak ada yang menemani saat kesepian. Hidup juga rasanya bakal monoton tanpa musik.


 
http://www.langitmusik.co.id/promo_detail/314

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

3 comments:

  1. Lengkap tulisannya mba Gilang. Semoga beruntung ya. Musik memang harus hadir dalam setiap langkah kehidupan. #eaaa

    ReplyDelete
  2. good luck buat lombanya yaa Mba Gilang :)

    ReplyDelete
  3. Baru sadar loh kalau logo Langit Musik udah ganti, hihi. Pantesan kayak ada yg fresh, tapi apaan yaaa...ternyata:: logo!
    Iyah, mending langganan di Langit Musik yah. Abis buka priceza.co.id dan cek harga kaset serta CD original terbaru dari para musisi...ckck bisa buat tahunan berlangganan Langit Musik.

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)