Bisnis Online Cocok Untuk Pemalu dan Pemula


Aku seseorang yang memiliki sifat pemalu. Yang karenanya sering mengalami kesulitan dalam berinteraksi, dan berkomunikasi dengan orang lain secara langsung. Aku bahkan tak pernah berani mengeluarkan pendapat di hadapan orang banyak. Berhadapan dengan banyak orang membuatku selalu gugup, dan bingung harus memulai pembicaraan dari mana. Untuk itu, berbisnis rasanya menjadi hal yang mustahil untuk diwujudkan. Bagaimana aku bisa menjelaskan kepada pembeli secara lisan jika aku gugup, dan kalimatku terbata-bata? Yang ada pembeli bisa kabur duluan.

Tapi, dengan adanya internet yang bisa menghubunganku sampai ke pelosok negeri ini, bahkan ujung dunia, tentu tak ada yang mustahil. Aku bisa turut memeriahkan keberagaman bisnis online. Ya, aku memang pemalu jika berhadapan secara langsung dengan pembeli. Tapi jika melalui sosial media, aku berani. Karena aku berbicara melalui tulisan, tanpa perlu menatap matanya. Dan tentu saja, selain cocok untuk seseorang yang pemalu seperti aku, bisnis online pun cocok untuk pebisnis pemula. Karena bisnis online tak melulu harus ada tokonya secara nyata. Bahkan tanpa mengeluarkan modal pun bisa. Ya, menjadi reseller atau dropshipper dari toko milik orang lain. Hanya saja, memang lebih nyaman dan aman berbisnis menggunakan modal sendiri.

Dengan modal nekad, beberapa lembar rupiah, dan hobi baru ... aku pun memulai bisnis online yang baru. Karena sebelumnya aku berjualan pulsa secara online, hanya saja tak berlangsung lama karena satu dan lain hal. Aku memulai bisnis online kembali dengan menjual buket bunga yang terbuat dari kertas, diawal tahun ini.


Aku tahu, bisnis online buket bunga kertas ini sudah banyak, dan ada di mana-mana. Tapi tak ada salahnya mencoba bukan. Aku memasarkannya melalui akun instagram baru, sosial media lainnya dan blog. Hasilnya memang belum seberapa, belum sebanyak toko online buket bunga kertas lainnya, tapi untuk seorang pemalu dan pemula sepertiku ... tentu saja menggembirakan. Karena pada akhirnya aku bisa berbisnis.


Kenapa aku tidak turut memasarkannya di online shop atau e-commerce yang terpercaya, yang biasa kupakai berbelanja? Yang lebih aman dari penipuan pelanggan dan bisa menjangkau pelanggan lebih banyak lagi? Jawabannya karena aku belum tersentuh untuk turut memasarkan bisnisku ini melalui e-commerce. Karena aku ingin merasakan pahit manisnya berjualan online melalui usaha memasarkan sendiri, dan meyakinkan konsumen bahwa tokoku bisa dipercaya. Malah, dibanding memasarkan melalui e-commerce, yang lebih aku butuhkan adalah belajar digital marketing. Karena dalam bisnis online, selain produk dan harga yang ditawarkan, digital marketing pun memegang peranan penting.

Di mana belajar dan kursus digital marketing yang terpercaya? Ada di DUMET School. Melalui kursus digital marketing di DUMET School aku akan belajar teknik Lead Creation. Teknik Lead Creation adalah cara meningkatkan pengunjung website dan membuat mereka tertarik dengan produk yang  dijual. Cocok sekali bukan, untuk aku yang pemalu dan pemula.

Nah, aku punya sedikit tips nih, untuk kamu yang mungkin punya permasalahan yang sama seperti aku. Ingin punya bisnis tapi pemalu. Ya, bisnis online saja, cocok deh buat kamu yang pemalu plus pemula. Karena kamu berinteraksi dengan pembeli tanpa harus bertatap muka. Tak punya modal? Jadi reseller dan dropshipper teman atau orang yang kamu kenal dengan baik. Atau bisnis onlinenya bisnis jasa keterampilan yang kamu miliki. Entah membuat artikel, sticker, template blog, banner blog dan banner lainnya, vector dan masih banyak lagi.

Dan yang harus diperhatikan terkhusus kamu yang berjualan barang adalah :
1. Tetapkan aturan cara pemesanan. Karena dalam bisnis, tak ada teman ataupun saudara. Semua sama, semua pembeli. Ini bisa meminimalisir pembatalan pembelian.
2. Jujur tentang detail barang
3. Pastikan rekening untuk menerima pembayaran bisa diakses secara m-banking dan e-banking untuk menghindari penipuan melalui bukti transfer palsu.
4. Packing barang serapi dan seaman mungkin untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan selama proses pengiriman.
5. Pastikan memilih jasa pengiriman yang terpercaya dan bertanggung jawab.
6. Terus pantau nomor resi pengiriman. Jika dinyatakan sudah tiba di tujuan, hubungi pembeli untuk memastikan pesanan sudah tiba dan tidak rusak.
7. Selamat mencoba berbisnis online wahai pemalu sekaligus pemula. Karena tanpa dicoba kamu tak akan pernah tahu hasilnya.

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

3 comments:

  1. Waaa semoga sukses ya bisnisnya

    -M.
    http://www.inklocita.com/2017/04/yantra.html

    ReplyDelete
  2. Waahhhh semoga sukses yaaa bisnisnya.... :)

    ReplyDelete
  3. Ya kalo saya sih intinya mending maen drpship aja di marketplace hehe

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)