FinTech? Apaan Tuh?


Holla! Minggu lalu tema LBI aku nggak mengerjakan lho #siapayangnanya. Selain nggak punya uang, kondisi badan juga lagi drop dan hidung nggak bisa dikondisikan. Berair mulu, takutnya kalau nekad pergi ke tempat makan, malah membuat orang lain jijay. Eh tema pekan ini temanya langsung ke masalah keuangan. Ciaat, berat.

FinTech atau kalau di mesin telusur mah Fintech. FinTech merupakan singkatan dalam bahasa Inggris dari. Financial Technology. FinTech merupakan inovasi teknologi di bidang keuangan. Seperti mobile banking dan e-banking yang kita gunakan dalam memudahkan transaksi perbankan. Selain itu FinTech pun semakin berkembang dan menjadi ladang bisnis online baru di Indonesia.

Keberadaan FinTech bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses produk-produk keuangan, transaksi keuangan, dan meningkatkan literasi keuangan. Dan, perusahaan-perusahaan FinTech Indonesia didominasi oleh perusahaan startup.

FinTech Indonesia punya banyak jenis seperti startup pembayaran, peminjaman (lending), perencanaan keuangan (personal finance), investasi ritel, pembiayaan (crowdfunding), remitansi, riset keuangan.

FinTech di Indonesia jumlahnya ada banyak. Iya, untuk yang tergabung di situs fintech.co.id aja ada 64 lho jumlahnya. Dan tentu saja dengan beragam jenis di atas. Belum lagi dari ulasan FinTech di id.techinasia.com. Dari banyaknya FinTech yang ada, yang aku tahu sih ada Doku, CekAja, KitaBisa dan UangTeman. Karena ketiganya sering seliweran iklannya di internet. Teus yang dua, pernah mengadakan lomba blog kalau gak salah #yabener. Dan baru tahu juga kalau Tokopedia, Bukalapak, dan Go-pay masuk dalam kategori FinTech.

Selain yang kusebutkan, FinTech lainnya yang ada di Indonesia, terus asli Indonesia adalah Modalku.co.id. Modalku menyediakan platform untuk mendukung pertumbuhan pengusaha dan bisnis kecil, serta mendirikan alternatif investasi yang menarik dan terpercaya untuk pemberi pinjaman. Termasuk dalam kategori FinTech Lending.

Iyes, modalku mendukung pertumbuhan UKM. Belum pernah nyoba sih aku mah. Da aku mah apa atuh masih bingung mau usaha apa. Bahaya kan nantinya kalau pinjem modal tapi nggak tahu buat usaha apa.

Nah sementara kalau butuh perencanaan keuangan (belum butuh aku mah, nggak punya penghasilan gede sih) bisa tuh nyobain finansialku.com. Atau mungkin kamu tertarik untuk mencoba salah satu startup FinTech di atas (semuanya). Sok mangga, silahkan.

Sumber gambar, referensi & informasi :
1. www.modalku.co.id
2. goodcall.com
3. www.finansialku.com
4. id.techinasia.com

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

2 comments:

  1. Karena tema LBI ttg Fintech ini, akhirnya jadi tahu kalau mobile banking ternyata salah satu bentuk produk fintech juga

    ReplyDelete
  2. Zaman skrg, fintech emang berkembang bgt ya

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)