Selalu Ada Munggahan di Setiap Tahunnya

Hallo, mepet banget ini membuat blogspotnya, beberapa jam menjelang deadline dan beberapa menit menjelang bedug magrib. Pekan 21 ternyata temanya tentang tradisi puasa di kotaku. Tapi aku mah bukan orang kota, aku mah orang kabupaten, udah gitu kecamatannya yang paling ujung #apainimalahcurhat #okesekip.

Dok. Pribadi
Di tanah sunda, termasuk Bandung dan sekitarnya, ada yang namanya tradisi munggahan sebelum puasa. Munggahan itu berasal dari kata munggah = naik, yang maknanya peningkatan atau perubahan. Dengan kata lain, udah siap secara lahir batin untuk memasuki bulan ramadhan alias bulan puasa. Munggahan dilakukan beberapa hari menjelang puasa atau sehari sebelum puasa.

Dok. Pribadi
Munggahan biasanya diisi dengan kegiatan ziarah (sekaligus bersih-bersih) makam, ataupun makan bersama (botram) sekeluarga besar, atau sama teman-teman. Biasanya juga ada yang botramnya sambil liburan. Ke kebun binatang, kawah, pemandian air panas, kebun teh, dan masih banyak lagi. Dan, kalau di daerah tempat tinggal aku mah, biasanya munggahan teh, sehari sebelum puasa. Jadi, selain makan rame-rame, masaknya juga rame-rame. Pasar juga jadi rame banget saat munggahan.

Tapi tergantung daerahnya juga sih, terkadang ada kegiatan unik lainnya saat munggahan. Seperti tahun ini, misalnya. Di Cileunyi ada permainan sepak bola api, terus di Sekeloa Atas ada pagelaran Seni Sunda Giri Karta 05. Pengin tahu kegiatan lengkapnya. Nanti kutulis linknya di bawah ya.

Nah, kalau di kotamu ada tradisi apa menjelang puasa atau saat puasa? Share yuk di kolom komentar.

Sumber informasi :
1. prfmnews.com
2. infobandung.co.id
3. http://m.ayobandung.com/read/20170526/70/19993/
4. republika.co.id

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

4 comments:

  1. Beti (beda tipis) sama megengan, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, hehe *setelah membaca postingannya mba amma

      Delete
  2. Oh neng teh orang Cileunyi, deket lah sama aku mah di riung bandung hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sanes teh, aku mah orang Nagreg hahaha

      Delete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)