Aplikasi Ucapan Nasi Kotak

Jadi, tanggal 15 Mei 2017, aku benar-benar punya keponakan (asli dari kakak). Nah, tanggal 25 Mei digelarlah aqiqahan. Sama seperti acara lainnya, selalu ada perjuangan dibaliknya. #mulaicurhat #mutermuterkayakgasing.

Jadi, sebelum acara aqiqahan anaknya kakak, ada tahlilan satu tahunnya nenek dan syukuran empat bulanannya sepupu, jadi, otomatis bala bantuan (saudara plus aku dan mama) sibuk dari dua hari sebelumnya. Oleh karena itu, aku yang udah dititipin pesan sama kakak ipar buat bikin ucapan di nasi kotak (dusnya) jadi keteteran. Akibat suka nunda pekerjaan karena badan sama mata udah nggak bisa dikondisikan. Iya, kalau udah lelah, mana bisa dipaksa. Nggak cuma itu sih, nulis artikel pun keteteran, jadi telat dikirimnya. #mulainggaknyambung #disekipajabagianini.

Akhirnya, aku milih jalan pintas. Iya, karena nggak ada ide buat bikin sendiri di Ms.Word apalagi photoshop (masih amatir banget), akupun mengandalkan mesin telusurnya google. Ketemulah thread di kaskus yang ada link download ke playstore. Nama aplikasinya Ucapan Nasi Kotak dari prabudroid. Dan asli Sukaregang, Garut. 


Aplikasi ini ringan, ukurannya cuma 6 mb. Gratis dan nggak perlu akses internet untuk penggunaannya. Dan, cara menggunakannya pun mudah. Dalam lima menit, langsung jadi. Akupun happy, pas dikirim contohnya via whatsapp ke kakak ipar, dia langsung setuju.


Di aplikasi nasi kotak ini, aku tinggal mengubah putra/putri yang keberapa, masukan foto, nama, hari lahir beserta tanggal, terus nama ayah dan ibunya. Tersedia beberapa font yang bisa dipilih sesuka hati dan ukurannya. Bingkai pun pilihannya cukup banyak. Lalu, ucapan apa aja sih yang bisa dibuat di sini? Ini dia :


Cukup lengkap, bukan? Cuma nih, kekurangannya itu, pertama watermark yang terlalu dekat ke bingkai. Coba posisinya diturunkan dikit gitu supaya kelihatan lebih indah #sekadarsaran. Terus, kalimat harapan dan doanya, akan lebih memuaskan lagi kalau bisa di edit juga. Nah, kan di sini ada fasilitas tema standar dan tema penuh. Tema standar itu tampilan seperti yang aku pakai di atas. Sementara yang penuh, kalau pakai foto, fotonya akan menjadi latar dari tulisan. Tapi, tampilannya kurang pas gitu, dempetan sama kalimat nih. Kurang jaraknya.


 

Keterangan : Gambar dan hasil screenshoot merupakan dokumentasi pribadi

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

9 comments:

  1. ih lucu teh Gilang hahaha bisaan searching dan nemu yang beginian :) bolehla dicoba kalau aku punya hajat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan lagi berjodoh sama mesin telusur teh hehehe

      Delete
  2. hihi aplikasi nasi kotak. baru dengar mbak. Makasih ya mbak sharingnya, bermanfaat nih. Bisa dicoba :D

    ReplyDelete
  3. jadi pengen punya anak lagi, biar bisa pake aplikasi ucapan nasi kotak aqiqahan *eh

    ReplyDelete
  4. Sengaja sedekat itu biar gak di crop. Hahahaha

    ReplyDelete
  5. ini yang bikin idenya keren banget ya, kepikiran aja gitu teh bikin yang kaya gini :)

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)