Tips Supaya Nggak Pingsan Saat Berburu Baju Lebaran

Dulu, dulu banget, saat melihat orang pingsan aku suka bertanya-tanya dalam hati dan pengin merasakannya juga. Yang kemudian aku sesali karena detik-detik menjelang dan setelah pingsan itu nggak enak. Apalagi pingsannya saat sedang berburu baju lebaran. Udahlah nggak enak banget. 


Jadi, sebelum kakak punya teman hidup, aku sama kakak dan teman-temannya suka berburu baju lebaran, sehari sebelum lebaran. Lha iya, kakak kan kerjanya diluar kota, baru libur di saat macet-macetnya arus mudik dan arus manusia yang sama-sama berburu baju lebaran. 

Di hari nahas itu, setelah dari Ciwalk, kami menuju ke Plaza Parahyangan yang kondisinya lagi kebanjiran pengunjung. Udara di dalam panas banget, jalan juga berdesak-desakan. Aku udah nggak mood buat milih kaos yang lucu-lucu. Jadi cuma berdiri sambil melihat kakak yang sibuk memilih celana jeans. Di situ badan rasanya udah meriang, nggak enak banget, keringat dingin mulai keluar, ditambah mulas dan mual, tapi tetap memaksakan berdiri.

Ketika kakak mengajak ke toko yang lain, dia berjalan di depanku, dan penglihatan mulai kunang-kunang, kemudian menguning. Aku juga nggak bisa mendengar apa yang dikatakan kakak. Alih-alih mengikuti kakak, aku berjalan menuju ke pintu keluar, maksudnya pengin mencari tempat duduk. Eh sebelum sampai, semuanya menghitam. Aku nggak bisa lihat apa-apa. Malah, beberapa kali menabrak orang yang berjalan di depanku sebelum akhirnya terduduk di lantai. Dan baru sadar saat udah digendong pak satpam ke pintu keluar. Ya, aku pingsan lagi.

Ruginya bukan cuma gagal berburu baju lebaran aja lho, tapi harus membatalkan puasa juga. Iyalah, harus minum air atau air teh supaya nggak dehidrasi. Nah, karena udah sering mengalami pingsan, dan tahu tanda-tandanya, aku punya tips nih supaya kamu nggak pingsan saat berburu baju lebaran. Iya, kalau kamu tetap keras kepala belanja di akhir ramadan. Karena pingsan bisa dialami oleh siapapun dan kapanpun.

1. Pastikan minum yang cukup saat sahur, supaya kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Ditambah minum cairan penambah ion tubuh, itu lebih bagus lagi

Sumber gambar : pixabay

Karena belanja di hari terakhir ramadan itu butuh perjuangan banget, desak-desakan, rebutan, macet-macetan. Pastikan kamu nggak dehidrasi ya. Karena salah satu faktor yang membuat seseorang pingsan adalah dehidrasi.

2. Segera duduk kalau badan mulai terasa pegal dan meriang. Kalau bisa sih keluar aja, ke tempat yang luas
Pingsan juga bisa karena faktor kelelahan dan kekurangan oksigen. Kalau berdesak-dekan terlalu lama di antara lautan manusia, udah pasti oksigennya jadi kurang dan kamu bisa pingsan. Jadi jangan ditunggu sampai pingsan, segeralah selamatkan dirimu. Minimal dengan duduk, kalau tetap pingsan pun nggak terlalu sakit. Tapi bukan berarti bisa duduk sembarangan ya!

3. Kalau udah bisa keluar, tenangkan diri. Hirup oksigen sebanyak-banyaknya
Tarik napas, keluarkan, tarik, keluarkan. Pokoknya harus tenang, jangan panik. Pejamkan mata juga supaya penglihatan kembali normal. Nggak kunang-kunang, goyang, menguning atau hitam semua.

4. Belanjanya dari rumah aja
Nah, sekarang aku lebih suka begini, berburu baju lebaran dari rumah. Dijamin nggak akan pingsan deh kecuali pas bayar tagihannya. Karena semuanya pengin dibeli. Seperti macam-macam pilihan baju lebaran di zalora  yang cantik-cantik, lucu-lucu dan diskonnya juga menggoda. Mana tahan kalau cuma beli satu. Dan, setelah dibayar, tinggal tunggu kurir datang deh. Nggak perlu macet-macetan, desak-desakan, rebutan baju dan antri di kasir. Eh, ini tips paling ampuh lho! Selamat mencoba! Selamat berburu baju lebaran!

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

10 comments:

  1. Ya ampun ada yang pakai pingsan segala ya gara-gara berburu baju lebaran. Hehhee. Tapi aku pernah ama teman-teman ke tanah abang pas puasa wuih banyak banget. Temnaku akhirnya 'nyerah' pada sebotol es teh dingin. Hahhaaa. Aisk kalau belanja online ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mbak hehehe *malu *tutupmuka. Setuju mah, asyik kalau belanja online. Karena keasyikan kadang nggak sadar udah masukin ke keranjang belanjanya banyak :D

      Delete
  2. aduh mbak, jangan pingsan lagi yaa. Jaga kesehatan dong. btw, aku belum pernah pingsan

    www.borusiallagan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah nggak kok mba, itu dulu hihihi. Jangan sampai mengalami pingsan deh mba, nggak enak :)

      Delete
  3. makasih tipsnya :D memang kalau berburu baju pas puasa butuh perjuangn termasuk butuh stamina. Diantara lautan ibu-ibu yang kalap dan ke-pengapan itu bikin aku kapok hunting baju di bulan puasa. salam kenal ya!

    suika-lovers.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mba, semoga membantu hehe. Salam kenal juga, terima kasih sudah mapir di sini :)

      Delete
  4. Sama amat gilang, aku pas sma liat temen pingsan malah penasaran, rasanya kayak apa ya...lah dikau masih mending akunpingsan lebih ga elegan lagi dong, masa pingsan pas ngater ibu di stasiun, pake acara muntah trus abis itu biduran. Kan eek hahahhaaha..
    Iya ya, stok hidrasi kudu diperhatikan nih klo pas lagi rungseb rungsebnya belanja jelang lebaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas ngerasain ternyata nggak enak banget ya mba Nita hihihi.

      Delete
  5. belanja di rumah adalah solusi terbaik. Saat saat ini adalah saat terpadat di mal mal di seluruh indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, setuju. apalagi kalau kondisi tubuh kurang fit :)

      Delete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)