Wisata Edukasi Berlian di Indo Wisata Permata (IWP)

 

Kamu pasti udah tahu kalau Bandung punya tempat wisata alam dan wisata kuliner yang keren dan enak-enak. Tapi, udah tahu belum kalau di Bandung juga ada tempat wisata edukasi berlian. Namanya Indo Wisata Permata (IWP) yang bertempat di Dago, Bandung. Aku mah baru tahu minggu lalu lho #tutupinmuka. Nah, kalau sebelum-sebelumnya cuma lihat si cantik yang berkilau ini di layar televisi aja, minggu lalu aku bisa melihatnya secara langsung, proses pengolahan intan menjadi berlian. Dan pastinya GRATIS. Iya, saat ini nggak pakai biaya lho untuk berwisata di IWP. Cocok deh buat menghabiskan masa libur lebaran atau libur sekolah bersama keluarga.

Cincin berlian dengan harga puluhan juta, iya, itu belakangnya tambahin tiga digit nol
Dalam wisata edukasi berlian ini, kita dipandu mba Dian selaku PR Manager IWP dan timnya yang mengedukasi tentang proses pembentukan intan, yang ternyata ada yang berasal dari asteroid dan meteor, di ruangan tertutup. Dan diputarkan juga video singkat tentang kekayaan intan dari daerah Kalimantan, Martapura dan kawan-kawannya.

Timnya mba Dian sedang menjelasakan dari mana intan yang akan diproses menjadi berlian itu berasal

Setelah video singkat selesai diputar, kita menuju ke ruangan berikutnya. Ruang pemrosesan di mana intan berubah menjadi berlian yang cantik dan bernilai tinggi. Jadi, kita bisa melihat dari dekat, bagaimana kelima ahli (satu dari Indonesia, empat dari India) sedang mengolah intan menjadi berlian di ruangan yang disekat kaca, antara yang sedang bekerja dan pengunjung.  

Rame-rame emang lebih seru
yang ini orang Indonesia




yang ini dari India
Eh ya, proses pengolahan intan menjadi berlian di IWP ini hanya dalam hitungan jam lho. Keren ya. Tapi dalam satu hari, IWP punya batasan produksi sendiri. Dan semua berlian di IWP ini terjamin keasliannya. Soalnya, dari informasi yang diberikan mba Dian, berlian palsu akan hancur ketika melalui proses laser. Iyalah, berlian yang asli mah, merupakan material batu mulia paling kuat. IWP pun yang pertama di Asia dan satu-satunya di Indonesia juga Asia Tenggara yang memerlihatkan proses pengolahan dari intan menjadi berlian ini.

Dari intan yang sebesar itu jadi berlian sekecil ini.
Eh ya, berlian itu kualitas dan harganya dinilai dari 4C. Color, Clarity, Carat dan Cut. Warna, Kejernihan, Karat (satu karat berlian itu sebesar 0,2 gram) dan potongan. Semakin jernih dan presisi potongannya, semakin mahal lho harganya. Di sini cuma proses pengolahan dari intan menjadi berlian aja ya, kalau untuk dibentuk dan dipasangkan menjadi mata cincin dan kawan-kawannya, tempatnya terpisah, bukan di ruangan ini.

 

Selesai melihat proses pengolahan berlian, langsung deh disambut ruangan dengan etalase kaca yang penuh dengan kilauan berlian dan mba-mba cantik yang siap melayani para pengunjung. Jangan khawatir soal harga berlian di galeri berlian IWP ini. Iya, awalnya jujur aja aku udah melabeli kalau berlian pasti mahal banget. Padahal, di galeri berlian IWP ini ada yang harganya terjangkau di kantong aku kalau mau memiliki cincin berlian yang ratusan ribu dan jutaan. Kalau yang paling mahal? Ada yang miliaran. Tinggal disesuaikan sama isi kantong.

dipilih-dipilih

Di galeri berlian ini ada cincin, liontin, gelang, anting, biji berlian yang cocok buat investasi, apalagi yang bersertifikat internasional. Macam di gambar yang di bawah ini. Kalau hilang bisa bikin ketar-ketir ini mah.


Selain yang sudah tersedia di etalase, di sini bisa pesan sesuai keinginan lho bentuknya. Atau mau pesan cincin berlian buat tunangan atau nikahan? Bisa banget, dateng aja ke sini. Buka setiap hari kok kalau galerinya dari jam 10.00 WIB sampai 17.00 WIB. Tapi, kalau ingin lihat prosesnya jangan datang di hari senin. Hari senin libur.

Dicoba aja dulu shay, siapa tahu jodoh

Selain melihat berlian yang berkilau-kilau, saat ini, di gedung IWP ini pun ada art gallery nya lho. Kebetulan, yang sedang di pajang kemarin adalah lukisan-lukisan karya Tjutju Widjaja yang bertajuk "No Hear Evil, No See Evil" (Solo Exhibition). Aku nggak ngerti seni lukisan sih, tapi happy bisa melihat lukisan-lukisan yang terpajang di sini dan tentu bisa berfoto juga di sini.


Sudah puas berwisata edukasi berlian dan melihat koleksi art gallery dan perut jadi keroncongan? Tenang, nggak usah panik dan bingung mau makan di mana. Karena di lokasi yang sama, ada Skylight Cafe Resto & Lounge. Skylight ini ada dua versi. Iya, versi siang dari jam 10.00 WIB sampai 17.00 WIB, yang buka adalah bagian bawah. Tepat di sebelah kanan pintu masuk gedung IWP. Banyak pilihan menu yang bisa dicoba dan harganya pun terjangkau. Mulai dari puluhan hingga ratusan ribu. Dari menu lokal (Indonesia) sampai westren (barat) ada di sini.

 

Untuk Skylight cafe yang berada di lantai tiga, bukanya dari jam 17.00 WIB sampai 22.00 WIB. Nah, di atas sini pemandangannya indah dan ada beberapa spot yang instagramble deh, termasuk tangganya.


Dan, kalau pengin dinner romantis sama pasangan. Pas banget nih datang ke skylight. Ehm bagian ini, kata teh Desti percuma romantis kalau pasangannya belum halal #kemudianakukeselek. Nggak akan rugi deh datang ke IWP mah, ya dapet edukasi tentang berlian, ya bisa lihat-lihat lukisan, dan nggak perlu susah mencari tempat untuk mengenyangkan perut.

Skylight di malam hari - sumber : indowisatapermata.com
selfie dengan salah satu lukisan Tjutju Widjaja
Hayu atuh, ada yang mau berwisata ke sana dan mengajak aku? Dengan senang hati aku temani. Apalagi kalau sekalian dibelikan cincin berlian #ngayal. Mumpung lagi gratis lho masuknya dan masih libur lebaran nih. Tapi kalaupun bayar, nantinya bisa jadi potongan biaya beli cincin berlian atau voucher makan di Skylight cafe. Untuk yang nggak pakai kendaraan pribadi, santai aja. Pokoknya naik angkot yang jurusan Dago, yang berhenti di terminal Dago, lanjut naik ojek pangkalan. Walaupun jaraknya nggak terlalu jauh dari terminal Dago, tapi nggak aku sarankan untuk jalan kaki. Kenapa? Jalananya nanjak mudun (tanjakan dan turunan), nagreg aja kalah tanjakannya. Atau pengin praktis mah pakai transportasi online aja.

Indo Wisata Permata
www.indowisatapermata.com
Komplek Citra Green Dago, Blok N 1-10 – Bandung
info@indowisatapermata.com
Telp 02220450588
Buka setiap hari (senin libur wisata edukasinya, tapi galeri tetap buka)
10.00 - 17.00 WIB

Skylight Cafe, Resto & Lounge
Komplek Citra Green Dago
Blok N 1-10, Bandung
Buka : 10.00-22.00

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

2 comments:

  1. Duh, kalau ke sini bisa-bisa langsung ngiler pengen punya berlian mba. Tapi ya apa daya ya. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kujuga pengin mba, berliannya cantik-cantik :D

      Delete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)