Saat Mitos Jadi Fakta = Kebetulan?

Dari kecil, hal-hal yang disebut mitos sering terdengar, eh ralat. Selalu terdengar. Dari mulai kalau telat bangun subuh katanya dikeukeupan  (dikelonin) si dubil, sering jatuh bakal punya adik, masakan keasinan yang masak pengin nikah, kupu-kupu cokelat masuk rumah mau ada tamu, sampai kalau sisiduen (cegukan) bilang maok (mencuri) cikur. Mitos itu bikin percaya nggak percaya sih. Kadang bikin aku kepo pengin lihat paririmbon *ngahaha. Kebetulan di rumah ada paririmbon dari jaman dahulu kala. Udah lusuh banget. Dan setelah buka primbon, biasanya lebih banyak bikin was-was ketimbang bahagia.


SALAH SENDIRI, KENAPA KEPO. PADAHAL PERCAYA AJA SAMA ALLAH SWT BUKAN SAMA MITOS. Tapi kadang-kadang ada mitos yang suka kejadian. Ya, saat mitos jadi fakta. Itu kebetulan? Mungkin iya,  kebetulan pas sama jalan cerita yang dibuat sutradara sealam semesta, pemilik alam semesta berikut isinya. Ah tapi nggak ada sih sebenarnya yang namanya kebetulan. Karena segala sesuatunya udah diatur oleh-Nya.

Nah, di blogpost ini aku mau bahas mitos yang sering banget aku alami dan kejadian. Jadi sebenarnya isi blogpost kali ini cuma curhat doang. Eh tiap nulis di blog juga da aku mah hampir semuanya curhat *naon sih Gilang. 

1. Kedutan mata kanan
Katanya kalau seseorang mengalami kedutan mata kanan itu bakal nangis. Iya nangis. Nah, aku suka kesel dan kadang takut duluan, suka mikir yang nggak-nggak kalau kelopak mata kanan kedutan. Soalnya tiap mengalami kedutan kelopak mata kanan, ada aja hal yang bikin aku nangis. Entah dibentak abah. Diomelin emak (iya, emak jarang ngomel, jadi sekalinya diomelin emak kumerasa sangat sangat sangat tidak berharga), kecewa sama sesuatu atau pengin marah tapi nggak bisa mengeluarkan kemarahan. Akhirnya nyesek sendiri, kesel sendiri dan berujung dengan nangis.

2. Tangan kanan atau kiri kekerenyedan (kedutan)
Ngahaha, aku paling suka kalau tangan kiri kekerenyedan. Karena mitosnya bakal dapet rejeki. Dan suka pas aja beberapa saat kemudian atau besoknya dapet rejeki. Dan nggak melulu uang. Kadang buku, dan barang-barang lainnya.

Kalau tangan kiri aku suka, kalau tangan kanan kekerenyedan aku nggak suka. Karena mitosnya bakal mengeluarkan uang atau barang. Barang sih aku belum pernah, kalau uang sih beberapa kali kejadian. 

3. Kagegel (kegigit) lidah, bibir, dinding mulut.
Hal paling menyebalkan ketika sedang mengunyah dan menikmati makanan adalah kagegel. Apalagi sampai berdarah. Mitosnya kalau kagegel itu bakal makan daging. Dari kecil sugestinya begitu. Kalau kata emak mah biar anaknya gak nangis. Da apa coba hubunganya kagegel sama makan daging. Apalagi pas kagegelnya lagi makan daging. Tapi ya, tiap kagegel emang suka tiba-tiba aja ada yang ngirim daging *ngahaha. Ini aneh tapi nyata.

Nah, kamu punya cerita soal mitos tapi jadi fakta nggak? Bisikin atuh ke aku. Siapa tahu kita jodoh #bercanda #jangandimasukinkehati.

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

No comments:

Post a Comment

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)