Warna-Warni di Kota Dino - Eugenia Rakhma


Judul : Warna - Warni di Kota Dino
Pengarang : Eugenia Rakhma
Ilustrasi : Nita Darsono
Penyunting : Alf. Yogi S.
Redesain : Siechara Stephen
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP)
Tahun Terbit : Cetakan Pertama, 2017
ISBN : 978-602-394-878-9

***
Blurb/ Sinopsis di belakang cover :

Kota Dino semarak dengan warna-warninya. Penghuninya pun ramah sekali. Hari itu Dimi membantu Dilo membereskan barang dan menata rumah. Dilo si Diplodocus baru datang ke kota Dino. Dilo harus pindah karena kota Purba, tempat tinggalnya dulu terkena banjir. Di saat baru mengenal kota ini, Dilo banyak menemukan warna-warni yang unik.

***

Dalam buku seri cerita dan aktivitas Warna - Warni di Kota Dino ini, sesuai dengan judul bukunya, si kecil akan diajak untuk mengenal banyak warna, aktif menunjukan warna-warna tersebut dalam berbagai bentuk benda dan mewarnai.

Ceritanya ringan dan mengajak si kecil untuk berbuat kebaikan. Dari mulai berkenalan dan berinteraksi dengan sesama sampai membantu sesama.

Tidak hanya soal warna, si kecil pun diperkenalkan dengan jenis-jenis dinosaurus. Beberapa profesi dalam kehidupan nyata pun turut diperkenalkan di sini.

Selain itu, buku ini pun bisa melatih si kecil untuk menambah keterampilannya dalam memecahkan masalah. Melatih keterampilan motorik halus dan mengembangkan kemampuan kognitifnya.

***
Kalau menurut aku, buku ini tuh 3 in 1 (untuk anak usia 1-6 tahun (PAUD)).
Nggak sekadar buku cerita bergambar yang menghibur dan memancing anak untuk menuntaskan keinginan tahuannya hingga akhir. Tapi ada pengetahuan, ajakan untuk berempati pada sesama dan tentu saja ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan anak di dalamnya.

Ada pengetahuan tentang jenis-jenis dinosaurus (berikut profesinya dalam buku cerita ini), yang aku sendiri sampai terbengong-bengong. Ini asli dinosaurus banyak banget jenisnya. Aku kan tahunya tyrex doang.

Tenang aja ya bu ibuk, dinosaurus di sini lucu-lucu nggak seperti aslinya. Aslinya dinosaurus kan serem ya. Ditambah warnanya di sini warna-warni tapi nggak akan membuat mata lelah. Apa bahasanya ya, warnanya cerah tapi nggak menyolok mata.

Dan, dalam buku ini, seperti yang aku paparkan di atas, bisa melatih keterampilan motorik halus anak dengan cara merobek dan menempel kemudian mengembangkan kemampuan kognitifnya (berpikir urut). Tapi bukan bukunya lho ya yang dirobek.

Salah satu aktivitas di dalamnya : mewarnai
Aku juga yakin dedek-dedek gemas usia 1-6 tahun akan semakin bahagia dengan buku cerita ini karena di dalamnya bakal diajak mewarnai, melingkari, dan membuat garis. Coba jaman aku kecil dulu dikasih buku kayak begini sama ibuk, pasti bahagia sekali.

Secara keseluruhan bagian-bagian dari buku ini menyenangkan dan aman untuk anak. Hanya saja, sedikit bahkan kecil sekali kekurangannya. Terasa ketika cerita dibaca dengan bersuara. Ada beberapa kalimat yang terlalu panjang, kurang tanda bacanya. Dan beberapa tanda baca yang kurang tepat. Tapi nggak terlalu menganggu kok.

Jadi, untuk bu ibuk yang mencari buku bacaan dengan banyak manfaat di dalamnya buku seri cerita dan aktivitas : Warna-Warni di Kota Dino ini cocok untuk dipilih. Eh ya, ada seri Piknik dan Hutan Huruf juga lho. 

*mohon maaf kalau banyak kekurangan dalam review ini. Soalnya, baru pertama kali mereview buku cerita anak :)

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

10 comments:

  1. Wahhhh ilustrasinya cakeppp, jadi pengen beli nanti^^ tfs ya neng

    ReplyDelete
  2. Keren di dalemnya ya, Teh. Buat anak kecil pasti suka banget nih..

    ReplyDelete
  3. gambarnya lucuu~ jadi keinget udah lama banget aku nggak ngewarnain gambar :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba lucu ini dinonya, ceritany juga seru :)

      Delete
  4. mauuu bukunya anakku pasti suka xixi makasi reviewnya mba 🙏🏻👍

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)