Tips Liburan Nyaman Bersama Lansia Menggunakan Kereta Api

Alangkah menyenangkan jika bisa mengajak orang tua berlibur ke destinasi wisata baru atau tempat yang diimpikannya. Namun, mengajak orang tua yang telah memasuki usia lanjut untuk melakukan perjalanan wisata memang membutuhkan persiapan khusus. Pemilihan transportasi juga perlu dipertimbangkan. Salah satu transportasi yang aman dan nyaman untuk lansia adalah kereta api. Berikut beberapa tips liburan bersama lansia menggunakan kereta :

1. Pastikan Orang Tua Cukup Sehat untuk Bepergian
Orang Tua Sehat - Pixabay
Sebelum memutuskan berangkat liburan, pastikan orang tua cukup sehat untuk melakukan perjalanan menggunakan kereta api selama berjam-jam. Perhatikan, apakah mereka terlihat bugar dan tampak kuat beraktivitas ke sana kemari; atau sebaliknya justru mengeluhkan kondisi kesehatan mereka yang semakin parah, seperti nyeri sendi yang semakin tidak tertahankan, sakit kepala terus-menerus akibat hipertensi, dan sebagainya.

2. Konsultasikan Kesehatannya kepada Dokter Sebelum Berangkat
Dokter - Pixabay
Agar lebih yakin terhadap kesiapan fisik orang tua, tak ada salahnya jika Anda mengonsultasikan kesehatannya ke dokter terlebih dulu. Mintalah pendapat dokter mengenai hal-hal khusus yang perlu dipersiapkan agar orang tua dapat melakukan perjalanan wisata dengan aman dan nyaman. Jangan lupa meminta resep obat-obatan yang kemungkinan dibutuhkan oleh orang tua selama perjalanan liburan.

3. Pilih Jadwal Keberangkatan Siang Hari
Siang Hari - Pixabay
Jika memungkinkan, pilih keberangkatan pada siang hari. Hal ini untuk mengurangi risiko mengalami kedinginan sebagaimana ketika melakukan perjalanan di malam hari. Suhu yang dingin dapat meningkatkan risiko nyeri sendi dan sakit kepala pada lansia.

Namun, untuk perjalanan ke luar kota yang cukup jauh, tidak banyak kereta api yang menyediakan perjalanan pada siang hari. Jika demikian, Anda bisa menyiapkan perlengkapan yang dapat membuat orang tua merasa hangat, seperti: jaket bulu atau sweater tebal, kaus kaki, penutup telinga, penutup mata, dan selimut tebal.

4. Pilih Kereta Api yang Durasi Perjalanannya Tidak Lebih dari 12 Jam
Kereta Api - Pixabay
Agar orang tua tidak terlalu kelelahan, lebih baik pilih kereta api yang memiliki durasi perjalanan kurang dari 12 jam. Tentunya jika Anda memesan tiket di agen travel online, Traveloka misalnya, Anda dapat langsung melihat estimasi waktu perjalanan dan jadwal keberangkatan kereta.

5. Pilih Kursi Kereta Berjajar atau Berhadapan dengan Anda
Kursi Kereta - Pixabay
Saat  pesan tiket kereta api di Traveloka, di dalam situs tersebut Anda juga bisa melihat jadwal kereta api dengan mudah. Kemudian, pilih kursi kereta yang berjajar atau berhadapan jika memungkinkan. Hal ini untuk memudahkan Anda melakukan perbincangan hangat bersama orang tua atau membantu mereka mengambil makan, minum, atau keperluan lainnya.
 
6. Pertimbangkan Cuaca dan Iklim Daerah yang Dituju
Iklim dan Cuaca - Pixabay
Saat memutuskan liburan bersama orang tua, jangan lupa mempertimbangkan cuaca dan iklim daerah yang dituju. Jika daerah yang dituju memiliki cuaca cenderung hujan atau dingin, jangan lupa membawa persiapan untuk mengatasi cuaca tersebut. Demikian juga sebaliknya, jika daerah yang akan dikunjungi cenderung panas, maka Anda perlu menyiapkan pakaian dan hal lain yang menunjang kenyamanan liburan.

7. Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari
Tiket - Pixabay
Mempersiapkan tiket kereta api jauh-jauh hari lebih menenangkan hati. Anda tidak akan kehabisan tiket pada hari keberangkatan yang Anda rencanakan, dan Anda dapat memilih kursi kereta sesuai keinginan. Sebagai saran tambahan, pilih tanggal di luar waktu liburan sekolah atau akhir tahun agar lokasi wisata yang dituju tidak terlalu penuh sesak.

8. Jangan Lupa Membawa Perlengkapan Khusus yang Dibutuhkan
Perlengkapan - Pixabay
Jangan lupa membawa perlengkapan khusus yang mungkin diperlukan oleh orang tua, seperti tongkat atau kursi roda, alat bantu pendengaran, kacamata, atau perlengkapan lainnya.

9. Bawa Perbekalan Makan yang Sesuai Dengan Selera Orang Tua
Bekal Makanan - Pixabay
Salah satu hal penting yang perlu disiapkan adalah bekal makan yang sesuai selera mereka. Pasalnya, menu makanan yang disediakan di restorasi kereta terkadang tidak cocok dengan selera lidah mereka. Jangan sampai mereka kelaparan selama perjalanan agar tidak jatuh sakit.

Selain menyiapkan makanan kesukaan mereka, Anda bisa membawa makanan ringan seperti biskuit yang lembut sebagai kudapan mereka selama perjalanan.

10. Bersiap Untuk Kondisi Darurat
P3K - Pixabay
Meskipun Anda tidak menginginkan hal buruk terjadi, tetapi Anda tetap harus siap jika sewaktu-waktu mengalami kondisi darurat, terutama saat kereta masih melaju. Jangan lupa membawa obat-obatan emergency yang sekiranya diperlukan, serta letakkan di tempat yang mudah dicari. 

11. Susun Jadwal Liburan yang Tidak Melelahkan
Jadwal Liburan - Pixabay
Jangan lupa menyusun jadwal liburan yang menyenangkan namun tidak melelahkan agar orang tua dapat menikmati liburannya. Keterbatasan fisik membuat para lansia mudah capai, maka usahakan memilih destinasi wisata yang medannya mudah dijangkau serta ramah bagi lansia.

12. Jangan Lupa Abadikan Momen Kebersamaan
Abadikan Momen - Pixabay
Terakhir, jangan lupa mengabadikan momen bersama orang tua tercinta dengan berfoto atau merekam video sebagai kenang-kenangan.

Mengajak orang tua yang berusia lanjut untuk berlibur bukan lagi menjadi perkara sulit atau mengkhawatirkan, selama Anda menerapkan tips-tips di atas. Hal yang tidak kalah penting, tunjukkan perhatian dan kasih sayang Anda agar mereka merasa tenang dan rileks.
 

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

6 comments:

  1. Wah serunya berlibur dgn keluarga naik kereta api. Saya sampai setua ini belum pernah naik KA nih.

    ReplyDelete
  2. Sering nggak tenang kalau ngajak lansia naik transportasi umum. Bermanfaat sekali tipsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  3. aku belum pernah pergi sama Lansia tapi ini tipsnya manfaat banget teh :)

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)