Piknik di Hutan Huruf Bersama Para Dinonya Kak Eugenia Rakhma


Judul : Piknik di Hutan Huruf
Pengarang : Eugenia Rakhma
Ilustrasi : Nita Darsono
Penyunting : Alf. Yogi S.
Redesain : Siechara Stephen
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer (BIP)
Tahun Terbit : Cetakan Pertama, 2017
ISBN : 978-602-394-879-6
Tebal : 48 halaman

***
Blurb :

Para Dinosaurus mau mengadakan piknik ke hutan huruf. Mereka membagi tugas untuk persiapan piknik. Ada yang menyiapkan makanan, minuman, kue, bahkan permainan di tengah serunya kesibukan mereka, banyak ditemui aktivitas mengenal huruf dari A-Z.

***
Setelah terlibat keseruan Dilo yang baru saja pindah di Warna-warni di Kota Dino, akhirnya aku berkesempatan untuk piknik bersama para Dino di Hutan Huruf. Dari mengenal berbagai warna, kini berkenalan dengan huruf a sampai z dalam berbagai benda yang menarik.

Masih dengan tebal yang sama, 48 halaman. Buku seri cerita dan aktivitas Piknik di Hutan Huruf ini ceritanya perlembarnya lebih pendek dibandingkan Warna-warni di Kota Dino. Dan seri ini pun lebih banyak aktivitas memecahkan masalahnya. Plusnya lagi, mengajarkan anak tentang bekerja sama dengan cara membagi tugas, maka suatu pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan.

Jika dalam buku sebelumnya anak diajak melatih keterampilan motorik halusnya, maka, dalam buku seri kedua ini, anak diajak untuk meningkatkan kemampuan motorik halusnya dengan cara menebalkan huruf. Dari yang tadinya garis putus-putus menjadi garis yang utuh membentuk huruf. 

Nggak hanya A,B,C sampai Z, dalam buku ini pun anak diperkenalkan dengan huruf besar dan kecil, kemudian suku kata sederhana. Iyes, jadi bisa belajar suku kata juga lho. Dan, karena fokusnya pada huruf, dalam seri ini aktivitas mewarnainya nggak banyak tapi tetap ada.

***
Aku spoiler nggak sih? Semoga nggak ya. Secara keseluruhan buku seri cerita dan aktivitas Piknik di Hutan Huruf ini juga menyenangkan dan aman untuk anak-anak. Ditunjang dengan ilustrasi yang apik, ceritanya semakin menarik. Perpaduan warna-warnanya pun akan mampu menarik minat anak usia dini (PAUD 1-6 tahun) untuk menyelesaikan cerita sampai habis dan menyebut serta menunjukkan satu persatu huruf yang ada dalam berbagai bentuk.

Kekurangannya di seri yang ini adalah, pertama, ada kesalahan ketik. Pada mulanya mereka berjanji bertemu di Stasiun AIU, tapi ternyata mereka naik bus di Halte AIU.

Mengenal suku kata lewat buku ini
Kedua, karena buku ini pun membantu mengembangkan kemampuan kognitif (berpikir secara urut), ada bagian yang agak mengganjal buat aku (kadang anak-anak pun banyak yang suka pengin dijelaskan secara lengkap. Adek sepupu aku salah satunya). Diawal mereka berjanji bertemu di stasiun  Halte AIU dengan Dino berjumlah 7. Tapi, yang berangkat menggunakan bus hanya 4. Yang 3 tiba-tiba sudah sampai di hutan huruf dan sudah beraktivitas.

Ketiga, sayang, hanya dinosaurus bernama Patty yang dijelaskan lagi jenisnya (Apatosaurus). Sedangkan yang lainnya nggak dijelaskan lagi. Jadi, kalau belinya langsung yang ini, nggak bisa tahu jenis-jenis dinosaurus seperti di seri sebelumnya dan agak bingung antara Rexa sama Trisha yang mana. Walaupun ber seri, kadang ada yang cuma milih salah satu gitu kan. Aku sih yang begitu.

Tapi, kesimpulannya. Ketiga kekurangan itu nggak terlalu menganggu jalannya cerita kok. Apalagi yang kedua dan ketiga. Karena pas baca pertama, aku pun nggak sadar kalau ada yang ganjel menurut aku itu, soalnya langsung asyik aja mengikuti cerita dan mengamati gambarnya. Pas baca kedua baru sadar ada yang ganjel. Yang ketiga pun, aku jadi membandingkan karena udah baca seri sebelumnya. Kalau belum, ya nggak akan bilang begitu.

Jadi, buat bu ibuk, oom, tante, kakak, yang pengin bermain sekaligus belajar mengenal huruf, buku ini bisa menjadi pilihannya. Jangan lupa lengkapi serinya juga ya. 

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

2 comments:

  1. Buku yang sangat menarik nih buat adek2 yang pengen belajar mengenal huruf :)

    ReplyDelete
  2. Anakku kalau tahu apalagi Dino bisa minta beliin teh Gie hahahaha makasih reviewnya masuk list beli dulu deh :p

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)