Bolu Susu Lembang : Satu Lagi Yang Manis, Lembut Dan Bikin Kangen Dari Bandung

Malam menjelang ketika aku tiba di rumah. Aku segera mengeluarkan dua kotak karton berbentuk persegi panjang dengan berat 550 gram dari dalam tasku di ruang tengah. Perlahan-lahan karena takut merusak isi di dalamnya. Pertama kubuka kemasan dengan perpaduan warna biru dan coklat yang mengkilat, memberikan kesan mewah saat memandangnya untuk pertama kali.


Kemasan kartonnya ternyata kuat, isi di dalamnya masih mulus. Tak ada aroma harum yang kuat dan menggoda, tapi begitu kukeluarkan dari dalam sana dan di potong perlahan, maka kutemukan coklat utuh tipis yang memisah layer Bolu Susu Lembang rasa susu coklat. Perlahan aku mulai mengunyah, merasakan paduan susu dan coklat ditambah parutan keju yang menggunung dalam potongan bolu kukus. Sepotong, dua potong, tiga potong dan rasa manisnya masih tersisa dilidah serta kelezatannya terekam dalam ingatan.


Itu baru yang varian susu coklat. Ketika aku nekad membuka kemasan susu vanila, kemasan yang sepenuhnya putih itu sudah memiliki magnet yang kuat bahkan ketika aku baru melihatnya dalam bentuk gambar. Dan saat melihatnya dalam bentuk nyata, tepat dihadapanku. Oh jelas, aku nggak bisa menolak. Apalagi saat kubuka kemasan kartonnya, aroma harum vanila bercampur susu dan keju menyeruak. Menggoda hidung dan mengucapkan, "udah sih, nggak usah diet. Ini aku di hadapanmu lho. Yakin deh, kamu nggak akan menyesal mencoba aku!"


Selain aromanya yang menggoda dengan kuat, ternyata asli deh yang susu vanila ini memang pas banget dilidahku. Manisnya pas, paduan antara susu, vanila dan serutan keju di atasnya itu jadi satu kesatuan utuh yang susah dilupakan dan bikin kangen. Selain itu tekstur Bolu Susu Lembang (BSL) ini pas banget. Lembut, empuk, tapi nggak lembek. Juara deh.

Eh ya, selain rasa susu coklat dan susu vanila, BSL pun punya varian original, yang mana layernya terdiri dari dua warna. Atas putih, bawah coklat. Tapi aku belum mencobanya, karena kebetulan kemarin kutukar dengan rasa susu vanila dari kang Hilman (maksa banget pengin yang susu vanila). Tapi dengan dua rasa yang kucoba, aku yakin, yang original pun nggak kalah lezatnya. 

Aa tahu nggak, eneng beruntung lho bisa jadi salah satu orang yang mendapatkan dan mencoba Bolu Susu Lembang (BSL) ini di hari Grand Launching Bolu Susu Lembang di Ciwalk Mall, Bandung pada hari Minggu, tanggal 17 Desmber 2017 lalu. Di mana di sesi pertama dari jam 10.00 WIB sampai 12.00 WIB telah terjual 1000 box Bolu Susu Lembang. Keren nggak tuh. Saat jeda penambahan stok BSL, pengunjung pun dimanjakan dengan musik akustik yang asyik. Bikin adem di tengah terik matahari siang itu.

Dan sebelum dibuka sesi penjualan kedua jam 13.00 WIB, yang mau beli udah meriung ( berkumpul), padahal matahari terik, cuacanya hareudang (panas). Bahkan ketika aku bersama dua teteh lainnya dari BloggerBDG sedang berpose di depan wall of fame Grand Launching Bolu Susu Lembang, banyak ibu-ibu dan teteh-teteh yang ngolo (merayu) supaya BSL nya dijual aja ke mereka. Satu kotak aja, begitu katanya. Tuh kan membuktikan kalau banyak yang penasaran sama Bolu Susu Lembang. Tapi mohon maaf eneng kekeuh nggak tergoyahkan untuk menjualnya. 


Gimana nggak penasaran dan tergoda coba, soalnya saat Grand Launching BSL ini banyak banget bonus dan kegiatan menariknya lho A. Pertama harga untuk bolu susu lembang yang spesial ini hanya Rp. 29.000,- udah gitu ada promo beli satu gratis satunya. Ditambah diberikan nomor undian yang pemenangnya diumumkan di akhir acara. Doorprizenya itu ada satu sepeda motor, satu kulkas, satu televisi, satu mesin cuci, blender, setrika dan lima puluh voucher belanja bolu susu lembang.

Selain itu, pada sesi pertama diadakan lomba mewarnai untuk anak usia TK sampai kelas 1 SD. Ini dia nih adek-adek juara 1-3 yang hasil mewarnainya kece.


Di sesi dua ada apa? Ada antrian panjang yang mau beli bolu susu lembang, padahal belum dibuka. Sekitar jam 12.30 WIB, nomor antrian untuk ditukarkan dengan pembelian satu bolu dapat satu sudah habis lho. Antusias warga Bandung luar biasa deh sama BSL ini. Bahkan ada seorang bapak yang sudah menjinjing dua kresek bolu susu lembang di tangannya tapi masih menunggu di dekat antrian. Oh mungkinkah ada keluarga yang tengah mengantri lagi?


Selain antrian panjang, di sesi dua ini diperkenalkan lah Chef-chef dari Indonesia Chef Association (ICA). Yang kemudian dilanjutkan dengan belajar plating bolu susu lembangnya oleh salah satu chef dari ICA. Hasilnya yang di atas itu ya A, yang BSL original. Nah, nah, dengan mengandeng ICA, BSL ini nggak main-main dan berani lho, jadinya kelezatan bolu susu lembang ini emang udah nggak diragukan lagi. Emang enak sih, aku setuju. Aku ketagihan, mau beli lagi #okesekip. Secara susah lho menyamakan persepsi lezat sama lidahnya para chef dari ICA ini. Begitu yang dinformasikan mas dan mba pembawa acaranya.


Setelahnya diadakan food stylish competition dan lomba foto dan video produk hasil food stylishnya. Tapi sebelumnya, rekan-rekan media dan BloggerBDG menuju ke walk of fame untuk menggali lebih banyak informasi mengenai BSL ini dalam pers conference yang digelar. Aa kepo juga? Sini eneng bisikin informasinya. Nggak ding, simak terus ya. Dalam pers conference ini diwakili oleh pak Syafi'i, pak Faisal, Chef Anton dan pak Ruli.

Kenapa namanya Bolu Susu Lembang? Dijawab dengan sederhana oleh pak Faisal. Karena diadonannya ditambahkan susu segar, lalu ... untuk masyarakat di luar Jawa Barat, Bandung itu identik dengan Lembang dan kualitas susu segar Lembang yang sudah tidak diragukan lagi.

Eh ya, berdasarkan penuturan dari Chef Anton. Bolu Susu Lembang ini adalah bolu yang pertama kali bekerja sama dengan ICA. Dan dari berbagai produk bolu yang pernah dicoba oleh Chef Anton, BSL ini sangat moist. Teksturnya pas, tidak keras, lembut, tapi tidak lembek. Manisnya pun cukup, tidak terlalu manis. Takaran susu yang dimasukan ke dalam adonannya pun pas, jadi nggak bikin enek A. Selain itu kualitas BSL pun terjamin karena tidak menggunakan bahan pengawet. Chef Anton menuturkan jika produk yang sehat itu adalah produk yang hanya bertahan selama 4 hari.

Dari kiri ke kanan : Pak Syafi'i - pak Faisal - Chef Anton - pak Ruli

Nah, nah, BSL ini bisa bertahan selama 4 hari dalam suhu ruangan (ada tanggal kadaluarsanya kok di kemasan), 7-10 hari dalam lemari pendingin. Tapi di rumah aku sih cuma bertahan sampai sejam doang. Ludes diserbu orang serumah (padahal cuma lima orang). Habisnya enak sih ini bolu susu lembang teh. Tapi, buat yang nggak terlalu suka manis, kusarankan pilih yang susu vanila aja. Tapi kalau suka manis pilihlah yang susu coklat. Tapi kalau penasaran, yang diborong semua aja A. Secara harganya spesial Rp. 29.000,- walaupun nggak ada promo beli satu gratis satu lagi.

Untuk sementara, buat Aa, atau yang lainnya, yang pengin merasakan sendiri kelezatan, kelembutan dan manisnya BSL ini, bisa lho datang ke booth bolu susu lembang yang buka di Pintu Utara Stasiun Bandung (Jl. Kebon Kawung No. 23 Pasir Kaliki, kota Bandung) perhari ini, tanggal 23-26 Desember 2017, 30-31 Desember 2017 dan 1 Januari 2018. Atau dapatkan di mitra BSL yang ada di gambar di bawah ini :


Kedepannya, BSL pun akan membuka outlet resmi yang tidak hanya menjual produk bolu susu lembang saja. Yup, BSL akan bekerja sama dengan UKM-UKM yang ada di Kota ataupun Kabupaten Bandung. Iyes, BSL pun akan berkontribusi untuk mengangkat kearifan lokal yang ada di Bandung. Kemudian berkompetisi secara sehat dengan brand lain yang sudah lebih dulu hadir di Bandung. Dan tetap, BSL mengutamakan kualitas produk dengan harga terjangkau. Dan menyertakan informasi gizi dalam kemasan yang baru, nantinya.

Selain membuka outlet resmi, nantinya, BSL pun akan bekerja sama dengan go food, dan lain-lain, supaya bolu susu lembang bisa dipesan secara daring. Sementara lewat layanan pelanggan dulu aja ya A. Tuh ada di gambar sebelumnya. Dan juga kedepannya akan meluncurkan layanan pesan antar sendiri yang dinamakan BSL gancang di mana ongkirnya gratis. Untuk cakupan wilayahnya akan diinformasikan kemudian. Jadi, rajin di check aja sosial medianya @bolulembang ya.

FYI, Bolu susu lembang ini tidak akan membuka cabang di luar Bandung. Nah, jadi nambah satu lagi deh oleh-oleh khas Bandungnya. Jadi pastikan kalau ke Bandung beli bolu susu lembangnya ya.

- Facebook dan Instagram official : @bolulembang
- Layanan pelanggan : 0811 1500 146
- Situs : www.bolulembang.com

Gilang Maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

1 comment:

  1. Duh, sepertinya enak nih, pengen banget nyobain. Terlebih di Jogja sedang hujan nih, hujan-hujan makan bolu susu sepertinya cocok..he
    Ditambah dengan seruputan es,,he
    Ya, karena sukanya es..hehe

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)