5/23/2020

5 Gulai Ikan Patin Cocok Untuk Lebaran

Lebaran sebentar lagi ya, buat yang kurang suka makanan berbahan daging, bisa kali mencoba membuat menu gulai ikan patin. Kuahnya tidak akan kalah enaknya ketika dicampur dengan ketupat. Ada tujuh yang aku mau bahas kali ini. Bahan-bahannya pun tergolong mudah didapatkan dan memasaknya juga pun bisa dilakukan sendiri di rumah. 

gulai ikan patin
sumber gambar : cookpad moentisari

Sebelum membahas jenis sayur berkuah santan ditambah bumbu tertentu hingga teksturnya lebih kental dan dicampur ikan patin ini, boleh dong aku mau bahas dulu kenapa ikan patin paling pas untuk dibuat menu ini dibandingkan jenis makhluk yang hidup di air dan bernapas dengan insang ini. 

Kenapa Ikan Patin Cocok Untuk Digulai


Jenis ikan yang masuk ke dalam kelompok ikan berkumis dan salah satu ikan asli perairan Indonesia ini enak untuk dijadikan gulai karena dagingnya tebal namun teksturnya tetap lembut. Lalu, ia tidak memiliki sisik pada kulitnya. Selain itu, bisa memenuhi kebutuhan harian karena mengandung protein, lemak essensial, EPA dan, asam lemak omega-3. Ia mempunyai nama ilmiah, yaitu Pangasius. Dan, Pangasius yang ada di perairan Indonesia pun tidak hanya satu jenis saja, ada beberapa jenis seperti berikut ini. Dari mulai Pangasius pangasius atau pangasius jambal, nasutus, humeralis, lithostoma, polyuranodon, dan niewenhuisii.

Baca Juga : 7 Sajian Pindang Enak

5 Gulai Ikan Patin yang Wajib Dicoba


1. Gulai Patin Bumbu kuning
Kalau sudah ada kata bumbu kuning berarti salah satu bahannya menggunakan kunyit dong tentunya. Gulai yang satu ini kuahnya berwarna kuning dan kental. Selain kunyit tentunya ada rempah-rempah lain yang turut digunakan. Yang menampah cita rasanya menjadi semakin sedap untuk dijadikan hidangan saat berlebaran.

2. Gulai Patin Bumbu asam pedas
Pencinta pedas bisa mencoba ikan patin dengan bumbu asam pedas khas melayu. Di mana gulainya akan berwarna jingga atau bahkan kemerahan dan menggoda selera makan. Dari resep yang banyak beredar di internet, bagian kunyit yang ditambahkan hanya selembar daunnya saja. Karena lebih mengutamakan bawang putih, bawang merah dan cabai yang banyak dan perasan air jeruk nipis. Susah move on deh kalau kamu penyuka pedas mencoba yang ini.

3. Gulai Tempoyak Ikan Patin
Walaupun menghasilkan warna gulai yang sama, namun gulai tempoyak ini tidak perlu dipakaikan santan, hanya perlu ditambahkan kemiri, teksturnya sudah kental dan menggoda untuk dinikmati bersama ketupat lebaran. Namun tantangannya ya harus punya tempoyak khas Jambinya.

4. Gulai Patin Daun Sirsak
Terdengar sedikit asing, namun resep ini benar-benar ada lho ya. Dan uniknya penggunaan daun sirsak dalam gulai bisa mengurangi kadar kolesterol dari santan yang digunakan. Gulainya pun tampak cantik dengan warna jingga yang dihasilkan dari percampuran berbagai bumbu rempah yang digunakan.

Baca Juga :  11 Langkah Membuat Donat Labu Tanpa Telur

5. Gulai Patin Kemangi
Pencinta kemangi. Kamu bisa mencampurkan seikat daun kemangi dalam gulainya. Sehingga membuat gulainya tak hanya lebih harum, tapi juga lezat untuk dinikmati saat hari raya idul fitri. Untuk warna gulainya sendiri adalah kuning pucat, karena penggunaan kunyitnya lebih sedikit. Gulai patin kemangi merupakan gulai khas dari Pekanbaru, Riau.

Bagaimana, sudah siap untuk membuat salah satu gulai ikan patin di atas sebagai teman ketupat atau lontong di hari raya idul fitri. Resepnya banyak berlebaran lho di internet. Jangan lupa juga untuk makan secukupnya saat lebaran besok ya, supaya ususnya tidak kaget setelah selama 30 hari tidak makan pagi atau siang karena digantikan makan sahur saat dini hari dan makan malam setelah waktu maghrib. Selamat berlebaran!

5/21/2020

On Your Wedding Day 2018, Film Korea

On Your Wedding Day ini adalah film bergenre komedi romantis dari negeri ginseng Korea Selatan yang dirilis tahun 2018. Pemeran Utamanya Park Bo-Young dan Kim Young-Kwang. Durasinya 1 jam 50 menit, hampir 2 jam lha ya. Cukup panjang tapi enggak membosankan, meskipun siklusnya ketemu, pisah, ketemu lagi, akhirnya bisa bersama tapi terakhirnya malah aku jujur aja enggak rela sama ending kisah dua anak manusia ini. Film yang alurnya mundur-maju. Iya, jadi pake metode kilasbalik.
Juni 2005,

"Hwang Woo-Yeon dari kelas 1, celanamu sobek!"

Malu enggak sih, udah ngemodus malah diingetin celananya sobek. Malu hari itu doang sih buat Woo-Yeon mah. Hari di mana seperti biasa Hwang Woo-Yeon sedang menjalani hukuman dipukul dengan rotan dalam posisi push-up di ruang guru. Hukuman yang udah jadi kebiasaan karena dia kerap balas dendam sama orang yang ngebully waktu dulu tingginya masih 160 an, sekarang kayak jerapah *eh. Tiba-tiba sesosok cewek cantik tapi rautnya judes bernama Hwan Seung-Hee memasuki ruangan. Murid baru ini langsung mencuri perhatiannya. Ibaratnya jatuh cinta pada pandangan pertama. Seung-Hee tentu aja enggak tertarik.

film on your wedding day

Asli, Seung-Hee bodo amat meskipun banyak yang naksir dia, termasuk ketua geng tukang ngebully di sekolah bernama Taek-Ki. Di sinilah Woo-Yeon berhasil mengambil kesempatan untuk lebih dekat dengan Seung-Hee. Mereka manjat tembok sekolah buat jajan kue beras, makanan kesukaan Seung-Hee. Ya walaupun Woo-Yeon sempat salah paham dengan sebuah kata yang diucapkan oleh Seung-Hee. Pokoknya Woo-Yeon perlahan berubah karena janjinya ke Seung-Hee buat enggak berantem lagi dan Seung-Hee bikin dia sadar soal masa depan. Sayangnya di saat mereka udah terlihat nyaman satu sama lain, Seung-Hee terpaksa pindah lagi bersama ibunya karena pelarian mereka ketauan sama ayahnya yang tukang mabuk.

Baca Juga : Film Kita Kita 2017

"Jika kau menyianyiakan 2-3 tahun, di umur 80-90 tahun kau akan susah. Bersenang-senanglah, tapi jangan lupa belajar."

Sedih deh, apalagi Woo-Yeon sempet ngebajak speaker sekolah buat menghibur Seung-Hee. Romantis ala anak ABG kan yhaaa, sebelumnya juga adegan mereka dikejar-kejar guru, terus Woo-Yeon megang tangan Seung-Hee biar bisa lari cepet juga romantis. Tapi mau bagaimanapun Seung-Hee jadi penyemangat Woo-Yeon buat kuliah di tempat yang sama, Universitas Hankook. Dia belajar mati-matian biar lulus masuk sana setelah melihat cewek yang disukainya terpampang di brosur iklan universitas. 

"Cinta pertama itu seperti belajar berjalan. Kau harus jatuh dulu sebelum bisa berjalan dengan benar."

Iya sih akhirnya dia bisa kuliah di sana jurusan pendidikan jasmani, terus akhirnya ketemu Seung-Hee dan ngekost di tempat yang sama. Di sanalah ketemu 2 teman barunya yang sama gilanya. Dan kebahagiaannya enggak berlangsung lama karena Seung-Hee punya pacar, keren pula. Sayangnya playboy, semua cewek digodain, dan Woo-Yeon berusaha bikin Seung-Hee sadar. Sampai bela-belain masuk klub rugby. Endingnya enggak saling sapa.

"Bagus kalau dia punya pacar, artinya sainganmu cuma satu, kau bisa menang! Kau punya kesempatan 50%" Geum-Nam

Dari situ langsung loncat ke tahun 2012, di mana teman-teman Woo-Yeon udah terbilang pada sukses, sementara dia masih ujian buat jadi guru dan sambilan kerja di tempat fitness. Tapi dia udah punya pacar sih, cakep pula. Eh enggak sengaja melihat Seung-Hee yang lagi pemotretan sebagai model paruh waktu. Gemes sih, cintanya Woo-Yeon masih belum pudar dan akhirnya malah putus sama pacarnya. Tapi salut sama pacarnya yang langsung nanya ke dia dan melepas dia. Kejadian enggak terduga pun terjadi dan bikin dia harus ngulang ujian setahun lagi.

Baca Juga : Friend Zone Thailand 2019

Mereka akhirnya bersama, iya, untuk beberapa waktu mereka sama-sama. Bahkan tinggal bareng. Mulanya sih bahagia, lama-lama Woo-Yeon mengeluhkan dirinya yang enggak ada kemajuan saat bersama Seung-Hee sementara Seung-Heenya makin sukses. Dan semua unek-unek itu dikeluarkan di hari kematian ayahnya Seung-Hee. Di mana dia ngobrol sama temennya. Seung-Hee denger. Dia marah dan sedih banget. Besoknya dia mengakhiri hubungan dengan Woo-Yeon dan mengambil pekerjaan di Belgia. Terus balik deh ke kehidupan Woo-Yeon sebagai guru olahraga. Di mana Seung-Hee datang dan menanyakan dia udah nerima undangannya apa belum. Mereka ngobrol tapi canggung. Aku gemes sendiri, ingin menangis. Enggak rela. Walau kusempat menduga kalau endingnya enggak gitu. 

Pada akhirnya sih ya, cinta pertama emang dalem, enggak bisa dilupakan begitu aja. Tapi, kalau enggak bisa sejalan ya enggak bisa dipaksakan buat bersama juga, karena yang ada malah makan hati menjalaninya. Enggak seimbang gitu. Dan kalau mau ngeluain unek-unek itu harus dipikirin dulu biar enggak menyesal kemudian. 

Ini lebih mendekati spoiler ya daripada review ehehe.

5/16/2020

2 Short Casual Dresses Cocok Untuk Liburan

Saat liburan, outfit yang nyaman tak kalah pentingnya untuk disiapkan, ladies. Untuk yang suka tampilan manis dan feminim, short casual dresses bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk dipakai saat liburan. Tentu saja dengan catatan perginya bukan ke gunung ataupun tempat sakral. Jenis pakaian terusan yang satu ini cocok untuk digunakan saat berjalan-jalan di pantai, belanja di pasar oleh-oleh dan mengunjungi tempat-tempat di kawasan wisata terpadu misalnya.

Selain tampil manis dan feminim, menggunakan baju terusan pendek, apalagi yang tanpa lengan, pun bisa membuat kamu terlihat lebih segar seperti eonni di drama Korea. Baju terusan sungguh bisa menunjang untuk membuatmu semakin imut, menarik dan memesona. Apalagi jika dipadupadankan dengan aksesoris yang pas. Dari mulai sepatu atau sandal, tas, dan juga perhiasan. Selama padupadannya tidak berlebihan ya.


Berbicara tentang dress pendek, tentunya ada banyak jenis atau model yang beredar di pasaran. Dari mulai yang polos hingga bercorak bunga-bunga ataupun strip. Untuk liburan, apalagi di musim panas, baju terusan polos entah itu berwarna ataupun tidak, rasanya lebih cocok dijadikan pilihan. Biar apa coba, biar kamu yang suka foto-foto tak perlu mengkhawatirkan hasilnya terlalu ramai ketika background atau pemandangan di sekitar kamu punya banyak kombinasi warna ataupun dekorasinya tergolong melibatkan banyak objek.

Untuk model yang lebih spesifik, ada dua baju terusan pendek yang menarik perhatianku. Selain bahannya yang terkesan tidak menerawang, sepertinya tidak akan membuat kamu yang suka baju terusan ini merasa gerah ketika menikmati masa liburan setela pandemi berakhir nanti. Pasti beberapa di antara kamu sudah ada yang merencanakan untuk pergi liburan setelah karantina selesai kan. Nah, berikut ini dua model baju terusannya :

2 Baju Terusan yang Membuatmu Bebas Bergerak


short casual dresses vintage

Untuk kamu yang ingin terlihat manis dan ada sentuhan seksi, pilihan gaun pendek dengan model v-neck dan ditunjang warna vintage dan kain beludru adalah pilihan yang tepat. Selain bisa memperlihatkan bagian lehermu yang jenjang, warnanya yang tak mencolok dan lebih elegan. Selain untuk menunjang penampilan selama liburan, bisa juga digunakan untuk pergi ke pesta pernikahan teman yang mengusung tema pesta pantai ataupun digunakan dalam keseharian. Soalnya jenis v-neck dress paling cocok digunakan di setiap waktu.

Baca Juga : 6 Sepatu Untuk Terlihat Lebih Tinggi

2. Tulle dress
Untuk kamu yang suka tampil menawan setiap saat meskipun sedang berjalan-jalan di pantai, bisa pilih baju terusan jenis tulle. Tulle dress berlengan tiga perempat atau sampai sikut dengan warna putih polos seperti gambar di bawah ini bisa membuatmu lebih nyaman dan cantik ketika berjalan-jalan di pantai. Selain cantik, lebih leluasa untuk bergerak ke sana kemari juga dong pastinya. Selain jenis tulle ini, tentu masih banyak pilihan summer dress for beach vacation lainnya yang tidak kalah menawan.


short casual dresses tulle summer beach


Gimana, ada yang sama sepertiku, menyukai kedua jenis baju terusan pendek di atas. Atau kamu punya pilihan yang lain, yuk share di kolom komentar. Siapa tahu jadi inspirasi buat yang lainnya. Yang cocok buat ke pesta dan kegiatan sehari-hari selain yang model v-neck. Siapa tahu kan bisa jadi inspirasi untukku dan untuk yang lainnya.

5/11/2020

Manfaat Kuaci Biji Labu Untuk Kesehatan

Seminggu yang lalu aku membuat kuaci biji labu. Yang mana ternyata isi buah waluh ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung banyak nutrisi. Menyesal aku sebelum ini sering membuangnya begitu saja. Mana bisa dibuat jadi camilan favorit yang enggak mengenyangkan, malah bikin pegel kalau dipikir-pikir. Tapi ya tetep aja aku suka sama makanan favoritnya hamster ini. Walau ya hamster mah makannya yang dari bunga matahari.

kuaci biji labu sehat
Kandungan nutrisi isi buah waluh : Karbohidrat, serat, protein, lemak, vitamin K, fosfor, mangan, magnesium, zat besi, seng, tembaga, potasium, vitamin B2, antioksidan, vitamin E dan folat

Wuih banyak banget kan kandungan nutrisinya. Nah, untuk membuat isi buah dari waluh ini menjadi biji kering, caranya gampang banget lho. Enggak pakai ribet, cuma sedikit lama aja kalau dikeringkannya dengan cara dijemur. Tapi percayalah, setelah jadi, kamu akan merasa bahagia. Bahagia banget bisa punya camilan murah meriah selain donat labu tanpa telur. Tapi ya, sebelum aku membagikan cara membuat kuacinya, aku ingin memberitahukanmu manfaat isi buahnya ini terlebih dahulu.

Manfaat Biji Labu Kuning Untuk Kesehatan


1. Melancarkan dan menjaga kesehatan sistem pencernaan hingga menurunkan berat badan.
Yuhu, tingginya serat dalam isi buah waluh ini membuatnya mampu membantu melancarkan BAB dan juga menjaga kesehatan sistem pencernaan. Sehingga bisa menurunkan resiko terkena penyakit wasir, masalah kandung kemih dan penyakit di usus besar. Kandungan seratnya sendiri mencapai 5,2 gram dalam 28 gram kuaci ini. Cocok buat diet dalam rangka menurunkan berat badan gengs. Diet yang enak ya, masih bisa ngemil.


2. Menurunkan kadar gula dalam darah
Kandungan serat yang ada dalam isi buah waluh ini mampu menurukan kadar gula dalam darah sehingga bisa mencegah diabites tipe 2.

3. Mengurangi resiko penyakit jantung
Bagus juga untuk mengurangi resiko penyakit jantung karena kandungan antioksidan, lemak, magnesium dan seng.

jemur biji kering

4. Meningkatkan kualitas tidur
Siapa yang suka kurang atau susah tidur, bisa deh cobain makan biji labu ini. Soalnya, dia juga mengandung triptofan. Sejenis asam amino yang bisa membuat tidur lebih nyenyak.

5. Meningkatkan kualitas sperma
Kandungan seng yang tinggi dalam isi buah yang satu ini pun membuatnya bisa meningkatkan kualitas sperma lho.

Tuh kan banyak banget manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Makanya mulai hari ini kalau mengolah labu kuning, jangan lupa bijinya diolah juga. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita membuat kuacinya dengan mempersiapkan alat serta bahan yang dibutuhkan.

Bahan Membuat Kuaci

1. Isi buah waluh yang sudah dibersihkan dan dicuci sekitar 100-150 gram (aku nakarnya di kira-kira pake perasaan, enggak punya timbangannya)
2. 1 sdm garam
3. Air 2 gelas belimbing

labu kuning kuaci

Cara Membuat

1. Masukan biji labu, garam dan air ke dalam panci, aduk sebentar.
2. Nyalakan kompor dengan api sedang supaya tidak mudal (ini mudal bahasa Indonesianya apa ya). Pokoknya biar airnya enggak mudah naik dan keluar dari panci.
3. Aduk sesekali dan biarkan airnya menyusut.
4. Angkat dan tiriskan biji yang sudah dimasak tersebut.
5. Tempatkan ke dalam wadah yang cukup lebar, jangan biarkan ada yang menumpuk banyak.
6. Jemur di bawah sinar matahari selama kurang lebih 4 hari atau sampai benar-benar kering.
7. Jika sudah kering warnanya akan jadi krem nyaris putih (kalau dijemurnya lebih lama lagi atau kering banget pasti jadi putih banget sih) dan bisa dibuka dengan mudah.
8. Kuaci pun siap dinikmati.

Mudah banget kan dan sederhana bahan juga alatnya. Tapi kalau ingin cepat kering, sekarang kan masih musih hujan, eh lebih tepatnya cuaca tak menentu. Kadang panas, langsung tiba-tiba mendung dan turun hujan. Kadang juga hujan panas. Maka, untuk cara kilatnya, kamu bisa menyangrainya atau bisa juga memanggangnya di oven. Caranya ada kok aku lihat di cookpad.

Eh ya, gara-gara ngemil biji kering dari waluh ini setiap hari. Efeknya merasa tidur lebih nyenyak lho. Bukan nyenyak lagi sih tapi ngebo. Sampai tahu-tahu udah waktunya sahur aja. Udah gitu ya, aku juga merasakan pencernaan jadi lebih lancar. Bahagia banget pokoknya. Saking bahagianya jadi ingin cerita di sini. 

5/08/2020

3 Tipe Orang yang Butuh Asuransi Jiwa

Siapakah yang butuh asuransi jiwa di antara Spiderman, Batman, Fred The Flinstones, dan Bart Simpsons. Pertanyaan itu muncul di sela-sela talkshow pentingnya mengatur keuangan. Karena perlindungan jiwa ini penting sebagai bagian dari perencanaan keuangan di masa yang akan datang. Jadi, siapakah di antara merekan yang membutuhkan asuransi jiwa. Bukan, jawabannya bukan Superman, Batman maupun Bart Simpsons. Fred the Flinstones lah yang membutuhkannya.

Kenapa Fred, karena Fred masuk ke dalam 3 tipe orang yang membutuhkannya, bukan Spiderman, Batman apalagi Bart Simpsons. Karena Spiderman seorang yatim piatu, tak punya tanggungan, maupun hutang. Pun Batman, dia kaya raya dan Bart Simpsons masih anak-anak, juga punya orang tua. Sementara Fred the Flinstones, dia seorang kepala keluarga, punya istri, anak, dan dinosaurus sebagai hewan peliharaan sekaligus menjadikannya tulang punggung keluarga. Sejalan dengan pengertian asuransi jiwa.

Pengertian Asuransi Jiwa


Asuransi jiwa adalah sebuah program perlindungan antara perusahaan asuransi dengan pemegang polis (tertanggung). Perlindungannya ini berbentuk pengalihan resiko pengalihan ekonomis atas meninggal atau hidupnya orang yang dipertanggungkan. Bisa dianalogikan sebagai pelampung ketika kamu berada di pesawat atau kapal, maupun payung di atas rumahmu. Perlindungan ini dapat diandalkan jika terjadi sesuatu yang tak pernah diinginkan maupun terpikirkan sebelumnya.

tipe orang butuh asuransi jiwa

Siapa yang butuh asuransi jiwa?


1. Pencari nafkah utama
Seperti halnya Fred the Flinstones, siapapun yang menjadi pencari nafkah utama di dalam keluarganya, sudah seharusnya mempunyai perlindungan yang satu ini. Jadi tidak terpaku pada yang sudah berkeluarga dan punya anak saja, tapi kamu yang masih lajang, namun bertindak sebagai tulang punggung keluarga bagi kedua orangtua pun membutuhkannya. Sehingga ketika sewaktu-waktu kamu mengalami hal yang tak diinginkan (sampai meninggal dunia), ahli waris akan mendapatkan uang pertanggungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Ya, walaupun uang tak bisa menggantikan adanya dirimu, setidaknya kehidupan mereka akan terjamin.

2. Resiko pekerjaan tinggi
Selain tulang punggung keluarga, kamu yang bekerja di sektor dengan resiko kecelakaan tinggi saat bekerja pun membutuhkannya. Seperti misalnya,  pilot, tentara, pelaut, basarnas, bekerja di proyek pembangunan, bersinggungan dengan mesin pabrik, dan lain sebagainya.

3. Punya cicilan besar
Kamu mungkin posisinya bukan seorang anak yang menjadi tulang punggung keluarga, namun kamu mulai mencicil banyak hal, termasuk mengambil KPR dengan jumlah besar. Jika suatu hari ada sesuatu tak terduga menimpamu, kamu tidak kau kan cicilan tersebut jadi membebani keluarga atau orangtuamu sebagai ahli waris. Maka dari itu sering kali saat mengambil KPR, disarankan mengambil asuransi juga. Jadi saat kamu sudah tiada di dunia, hutang atau cicilan KPR nya dilunasin oleh pihak asuransi ke bank.


10 Pilihan Asuransi Jiwa dari Prudential


Tentunya ada begitu banyak perusahaan asuransi di negeri ini, salah satunya adalah Prudential dengan tagline nya yang always listening, always understanding. Bagaimana tidak, Prudential terus berinovasi dalam menawarkan hal atau produk baru yang disesuaikan dengan kebutuhan penerima polisnya. Berikut ini adalah 8 pilihan perlindungan jiwa dari Prudential yang bisa kamu pilih :

1. PRUCinta
PRUCinta ini adalah asuransi jiwa syariah tradisional yang menyediakan perlindungan komprehensif selama 20 tahun masa kepesertaan terhadap resiko meninggal dunia ataupun meninggal karena kecelakaan.

Masa kepesertaannya bisa diperpanjang  hingga usia 90 tahun tanpa ada pemeriksaan kesehatan, ditambah manfaat jatuh tempo berbentuk uang tunai atas beban nilai dana di akhir masa kepesertaan.

2. PRUTotal dan Permanent Disablement
PRUTotal dan pemanent disablement merupakan produk asuransi tambahan dari Prudential yang memberi manfaat tambahan kalau-kalau tertanggung utama mengalami cacat total dan tetap yang disebabkan oleh penyakit ataupun kecelakaan. Pertanggungannya sampai usia 70 tahun.

3. PRUTotal dan Permanent Disablement Syariah
Pada dasarnya PRUtotal dan permanent disablement syariah ini sama dengan yang biasa, hanya saja santunannya disesuaikan dengan prinsip-prinsip syariah.

4. PRULife Cover
Yang satu ini merupakan produk yang memberikan perlindungan kalau meninggal sebelum masa akhir perlindungan atau menderita cacat total dan tetap sebelum usia 60 tahun. Selain itu ada pilihan masa pertanggungan sampai usia 99 tahun dan masa pembayaran premi hingga 20 tahun.


5. PRUMy Child
Ini adalah produk asuransi jiwa yang inovatif dan pertama di Indonesia. Di mana menyediakan perlindungan jiwa terkait investasi untuk anak, sejak ia masih dalam kandungan. Perlindungannya komprehensif hingga dewasa kelak. Perlindungan kesehatan, finansial dan pendidikan, semua ada di dalamnya. 

6. PRUSafe Guard
Produk yang memberikan perlindungan kalau meninggal sebelum akhir masa perlindungan, termasuk berbagai manfaat lain berupa penyakit khusus, kecelakaan saat bekerja, juga meninggal di transportasi umum. Preminya terjangkau, bisa dikembalikan di akhir masa perlindungan. Masa pembayaran premi selama 10 tahun dengan perlindungan selama 15 tahun. 

7. PRUPersonal Accident Death & Disablement
Merupakan perlindungan tambahan kalau-kalau tertanggung utama mengalami kecelakaan dan mengalami cacat total, tetap, atau meninggal akibat kecelakaan.

8. PRUPersonal Accident Death dan Disablement Plus
Kenapa ada plusnya, karena perlindungan tambahan untuk kecelakaannya secara menyeluruh. Tidak hanya cacat saja tapi luka bakar, patah tulang, bahkan penggantian  biaya rawat jalan darurat akibat kecelakaan pun ada di dalamnya.

Eh ya, untuk pilihan perlindungan tambahan ini pun terdapat pilihan syariahnya. Jadi ada 10 pilihan. Selain 3 kategori orang di atas, saat ini asuransi jiwa pun ada yang bisa dibeli polisnya untuk anak, dan ada di Prudential juga tentunya. Ini bisa dijadikan sebagai investasi untuk pendidikan anak dan juga perlindungan kalau-kalau kamu punya riwayat penyakit yang bisa menurun pada anak. Sampai jumpa di blogpost selanjutnya dan jangan lupa jaga kesehatan ya!

5/05/2020

3 Jenis Perusahaan Jasa Logistik di Indonesia

Ada begitu banyak jenis perusahaan di Indonesia, pun di bidang pengiriman. Kamu pasti sudah akrab dengan beberapa di antaranya. Apalagi jika sering mengirimkan atau menerima barang berukuran kecil, sedang dan tidak terlalu berat dari dan ke seseorang nun jauh di sana. Untuk mengirimkan dan menerimanya pun bisa dilakukan dari rumah dengan layanan antar jemput tanpa minimal berat dan ukuran barang yang akan dikirim. Namun, jika kamu membutuhkan pengiriman logistik ataupun benda yang lebih besar dengan biaya lebih murah, tentunya tidak bisa mengandalkan pengiriman biasa.

jasa logistik

Untuk pengiriman dalam jumlah besar bisa dilakukan melalui perusahaan jasa logistik. Jika melakukan pengiriman dengan cara ini, maka akan dikenakan biaya lebih hemat karena berat barang yang kirim ada jumlah minimal yang harus dipenuhi. Di Indonesia sendiri ada 3 kategori perusahaan pada bidang cargo ini.

Lead Service Provider (LSP)
Sebagai kategori paling dasar, jenis perusahaan pengiriman barang cargo di sini hanya memiliki atau menyediakan satu layanan saja. Entah itu hanya pengelolaan warehouse atau gudang penyimpanan atau justru menyediakan jasa kurir saja

Lead Logistics Provider (LLP)
Jika jenis perusahaan LSP  ciri-cirinya adalah perusahaan dengan menyediakan satu layanan aja, lain lagi dengan LLP. Lead Logistics Provider ini adalah perusahan logistik tunggal, di mana seluruh proses distribusi dilakukan oleh satu perusahaan saja. 

Three Party Logistics (3PL)
Terakhir, ada kategori perusahaan Three party logistcs atau disingkat 3PL. Merupakan kategori perusahaan logistik yang lengkap. Soalnya, dalam kategori ini, perusahaan mempunyai layanan warehouse dan freight forwarding yang juga bekerja sama dengan perusahaan transportasi. Baik itu transportasi darat, laut, maupun udara. Sehingga proses pengiriman, penyimpanan dan pengelolaan gudang barang menjadi lebih mudah.

Untuk bentuk dan berat bendanya pun tidak terbatas, asalkan memenuhi kriteria minimal berat yang ditentukan oleh perusahaan yang bersangkutan. Jadi, selain melayani pengiriman untuk dokumen dan paket dengan ukuran yang besar, perusahaan jasa logistik pun melayani pengiriman barang berat yang ukurannya terlalu besar untuk dikirimkan melalui layanan kargo biasa.

Salah satu perusahaan jasa logistik end to end yang terpercaya di negeri ini adalah SERA. SERA, atau nama lengkapnya PT. Serasi Autoraya. SERA yang merupakan bagian dari anak perusahaan Astra Internasional ini sudah dikenal luas sebagai satu layanan transportasi dan logistik di Indonesia melalui brand SELOG. Dari mulai contract logistics, shipping services, shipping agency, freight forwarding, warehouse dan yard management, dan courier services, semua ada di sana.

Tips Menerima Paket Saat Pandemi COVID dari SERA


Berbicara tentang SERA, di masa pandemi COVID-19 ini, PT. Serasi Autoraya sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang transportasi dan logistik ini memiliki beberapa tips aman saat menerima paket. Ada 6 langkah yang harus kamu lakukan.

1. Meminta kurir untuk meletakkan paketnya di luar. Jadi, kalau ada kurir yang datang itu jangan ditemui secara langsung.

2. Membiarkan paket di bawah sinar matahari atau terpapar sinar matahari dalam waktu minimal 30 menit.

3. Jika di rumah tersedia cairan desinfektan, maka semprotlah paketnya terlebih dahulu. Namun, bila tidak mempunyainya, kamu bisa menggantinya dengan cara cuci tangan pakai sabun.

4. Buka paket dan cuci barang-barang dari dalam paketnya menggunakan air sabun ataupun lakukanlah disinfeksi pada permukaan barang. Eh tapi lain ceritnya kalau barang eletronik ya.

5. Segera buang sampah atau pembungkus paketnya. Jangan lupa lakukanlah pemilihan. 

6. Jika sudah selesai, maka cuci tanganlah menggunakan sabun antiseptik kembali agar kuman, bakteri maupun virus yang mungkin masih menempel atau tertinggal di pembungkus paket terlepas dari tangan kamu.