12/31/2015

Terima kasih 2015, Terima kasih Untuk Hadiahnya

 
sumber gambar dari sini

Halo, kalau Desy Ratnasari mah tak sengaja lewat depan rumahmu, kumelihat ada tenda biru. Kalau kalian yang tak sengaja lewat, tersasar dan jadinya baca postingan di blogku pasti mbosen kan. Seringkali postingannya tentang ikutan giveaway :D. Harap maklum namanya juga pencinta gratisan. Kali ini aku akan membahas apa yang kulalui di 2015 beserta ucapan terima kasih kepada para pemberi hadiah. 
tjie, udah akhir 2015 nih. Hayo pada ke mana? aku sih seperti biasanya jalan-jalan di rumah. Lha kok jalan-jalan di rumah? Jalan-jalan itu keluar rumah. Buatku sih di rumah juga bisa jalan-jalan, jalan-jalan ke blognya orang maksudnya. Nah mulai deh out of topic. 

Selalu Menjadi Putri Kecil Mama

Hari Ibu memang jatuh pada tanggal 22 Desember, namun untuk mengungkapkan rasa sayang kepada Ibu bisa dilakukan setiap hari bukan? Entah dalam jarak yang dekat sambil memeluknya erat ataupun melalui sambungan telepon dan pesan singkat jika jarak kita berjauhan dengannya.

 
Foto bersama Ibu : yang kupanggil Mama

Begitu banyak hari yang dilewati bersama Mama, bahkan segala aktifitas di luar rumah nyaris selalu dilakukan bersama Mama, terkecuali pergi sekolah. Begitu banyak hal yang sulit untuk dilupakan bahkan sebagian masih bisa dirasakan.

12/29/2015

Cantik versi Gilang

Sebelum mendefinisikan cantik versi gilang, sebelumnya mau curhat dulu seputar masa lalu yang berhubungan dengan melakukan perubahan secara fisik.

Apabila cantik dikategorikan secara fisik dengan rincian seperti tinggi, langsing, berhidung mancung, kulit putih bersih, jemari lentik, rambut panjang lurus kinclong, alis tebal, bibir mungil tipis maka aku tidak akan bisa masuk ke dalamnya. Why? Cantikku biasa saja, cantik karena berjenis perempuan. Cantik karena Mama bilang begitu.

Melihat beberapa tahun ke belakang, tepatnya kelas tujuh (1 SMP) dengan postur tubuh pendek, berat badan yang selalu dibilang gendut (sampai jadi gemuk beneran), hidung pesek, rambut ikal. Tak ada cantik-cantiknya kan kalau kecantikan dinilai dari fisik *dulu nggak pedean orangnya. Sekarang? masih kok *gubrak.

12/27/2015

Si Pencuri Hati, Oppo R7s

Dia telah mencuri hatiku, membuatku jatuh cinta lagi. Tapi apakah mungkin cintaku padanya akan bersambut … aku tak tahu. Karena aku tidak memiliki cukup uang untuk membawanya pulang saat ini. Tapi ijinkanlah aku untuk bercerita tentangnya, Oppo R7s ... pencuri hati yang cocok untuk menyambut tahun baru 2016.

Sebelumnya cek dulu via video official unboxing Oppo R7s :

12/22/2015

Muara Rasa Karya Devania Annesya


Judul                   : Muara Rasa
Penulis                : Devania Annesya
Penyunting         : Katrine Gabby Kusuma
Penerbit              : Ice Cube
Cetakan              : Pertama, Mei 2015
Jumlah Halaman : vii + 186 hlm
ISBN                   : 978-979-91-0857-9 

Blurb : 

“Karen mau datang, dia ingin kenalan sama kalian.”

“Karen? Siapa lagi?” Ravi mengerutkan kening.

“Pacarnya Val,” jawab Flo sembari tersenyum.

Tapi Ravi dapat membaca pedih di balik senyuman itu.

Ketika liburan semester dimulai, Flo dan Ravi yang kuliah di luar kota pulang ke rumah mereka di Surabaya untuk berkumpul lagi dengan sahabat mereka, Val. Tapi “pulang” tidaklah selalu menyenangkan. Terutama jika ada banyak rasa yang belum terungkap. Ravi diam-diam mencintai Flo, sementara Flo menyimpan rasa terhadap Val yang hanya menganggapnya sebagai adik kecil. Selama ini mereka selalu mengutamakan persahabatan di atas segala-galanya. Supaya mereka bisa selalu bersama. Supaya mereka tidak lagi mengalami kehilangan. Supaya mereka merasa berada di rumah. Namun setiap rasa pada akhirnya membutuhkan muara. Akhir dari perjalanan panjang. Akhir dari segala rasa sakit.

12/20/2015

DIA Tak Ingin Kau Menangis

Sebelumnya buku ini adalah salah satu buku yang kutulis sinopsisnya untuk mengikuti Giveaway Buku Inspirasi satu bulan yang lalu. Bisa di cek di sini Saatnya Hijrah Hati di Senja Copacabana Karena DIA Tak Ingin Kau Menangis.Tapi rasanya kurang afdol kalau tidak di posting terpisah.


Judul                   : DIA Tak Ingin Kau Menangis
Penulis            : Anang Sujana & Muhammad Syafi'ie el- Bantanie
Penyunting          : Radindra Rahman
Penerbit               : Wahyu Qolbu
ISBN                    : 979-795-990-2
Jumlah Halaman : xii + 164 hlm
    
DIA Tak Ingin Kau Menangis karya Anang Sujana, Muhammad Syafi’ie el-Bantanie, Dkk. Merupakan buku kumpulan kisah-kisah inspiratif yang ditulis berdasarkan kisah nyata.

12/18/2015

Tentang Mama

tentang mama

// Walau tak dapat slalu ku ungkapkan
   Kata cintaku tuk Mama
   Namun dengarlah hatiku berkata
   Sungguh ku sayang padamu // Kenny - Cinta Untuk Mama

Ya, seperti potongan lirik lagu di atas. Aku memang tak dapat mengungkapkan kata cintaku pada Mama. Terlebih memberikan sesuatu yang di sukai Mama. Ya ... lagi-lagi karena alasan klise : masih menganggur. Tapi akhirnya bisa memberikan seperangkat produk untuk solusi dari masalah rambut yang dialami Mama secara gratis satu bulan yang lalu.


Mama ...

Harus dari manakah aku memulai cerita tentangnya? Sungguh, satu-satunya tema tulisan yang selalu membuatku nyaris kehilangan kata-kata adalah tema tentang 'Ibu.' Karena bagiku, sosok Mama dan segala pengorbanannya begitu sulit diungkapkan ke dalam kata-kata apalagi dengan adanya jumlah batasan halaman dan maksimal kata. Untungnya giveaway mba Rosi Meilani ini adanya jumlah minimum. 

12/13/2015

Hilangkan Stress Bersama SUCA Indosiar


Setelah cukup lama iklannya berseliweran di Indosiar, akhirnya Stand Up Comedy Academy atau disingkat SUCA ini resmi tayang pertanggal 05 Oktober 2015 dengan tagline : "Lucunya Tuh Di sini Gerrrr ...." SUCA tayang dari hari senin-kamis mulai pukul 20.00 WIB. Terdiri dari 24 peserta, 5 mentor, 5 juri (tetap dan tamu) serta 3 host.

Sebelum tayang, sebagai salah satu program televisi terbaru di Indosiar tentu saja SUCA ini menuai pro dan kontra. Bahkan di cap kurang bagus bagi segelintir orang yang berkoar-koar di beberapa forum media sosial. Karena mereka terlanjur memberikan cap Indosiar sebagai televisi khusus tayangan Dangdut. Lha emang kenapa kalau dangdut? Lha terus kalau menayangkan Stand Up bakal dangdutan juga? Belum nonton kok udah sebel duluan. Gak asih ah. Tonton dulu gih sekarang di vidio.com baru deh komentar.

12/12/2015

Resolusi, Hujan dan Kebersamaan

Desember itu bulan kedua belas atau terakhir dalam satu tahun. Di mana penantian dan harapan baru di tahun berikutnya akan segera dimulai. Di mana flashback kegiatan dalam satu tahun harus dilakukan. Sejauh mana resolusi yang dibuat benar-benar tercapai. Kemudian, intensitas curah hujan pun mulai meningkat. Yup ... hampir setiap hari hujan di daerah tempat tinggalku. Mengakibatkan inspirasi menulis datang secara bertubi-tubi. Selain daripada itu, Desember merupakan bulan yang ditunggu-tunggu untuk berkumpul bersama keluarga selain liburan idul fitri.

Bicara seputar resolusi sebenarnya aku termasuk orang yang seringkali tidak konsisten atas apa yang telah tertulis pada sticky notes yang kemudian ditempel di ranting pohon pada awal tahun. 

resolusi hujan dan kebersamaan

12/09/2015

Jalan-jalan ke Pasar

Orang lain itu posting jalan-jalan keliling Indonesia, ke luar negeri, ke pantai, nah sementara aku mah malah posting jalan-jalan ke pasar. Harap maklum aku mah jarang jalan-jalan ke tempat-tempat indah yang ngehits.

jalan-jalan ke pasar
Sumber gambar : fokusjabar.com

Jalan-jalan di pasar itu sesuatu, selain dapat menyebabkan isi kantong terkuras ... jalan-jalan di pasar juga dapat menyebabkan sesak nafas, dan alas kaki kotor. Ah siapa bilang? Nggak bikin sesak nafas dan alas kaki kotor kok ... asal perginya ke pasar super moderen atau super market. Sama-sama pasar kan, bedanya harga sudah ditetapkan dan tidak bisa ditawar. Bisa belanja murah kalau ada diskon. Kalau belanjanya di pasar tradisional sih masih bisa tawar menawar harga. Tapi ya itu ... kalau hujan jalanannya tambah becek dan kalau masih pagi harus ekstra hati-hati. Agak berdesak-desakan. Kalau kata Cinta Laura mah "Mana ujan gak ada ojek ... becek, becek." Tenang-tenang, sekarang sudah ada pasar-pasar moderen kok, lebih tertata dan tidak perlu becek-becekan lagi.

12/08/2015

Koala Kumal Karya Raditya Dika


Judul                       : Koala Kumal
Penulis                    : Raditya Dika
Editor                      : Windy Ariestanty
Penerbit                  : Gagas Media
Tahun terbit           : 2015, Cetakan kesembilan
ISBN                        : 979-780-769-X
Jumlah Halaman  : x + 250 hlm

Sinopsis / Blurb   :

Selain main perang-perangan, gue, Dodo dan Bahri juga suka berjemur di atas mobil tua warna merah yang sering diparkir di pinggir sungai samping kompleks. Formasinya selalu sama : Bahri dan gue tiduran di atas kap mobil, sedangkan Dodo, seperti biasa, agak terbuang, di atas bagasi.


Kadang kami tiduran selama setengah jam. Kadang, kalau cuaca lagi sangat terik, bisa sampai dua jam. Kalau cuacanya lagi sejuk dan tidak terlalu terik, kami biasanya sama-sama menatap ke arah matahari, memandangi langit sambil tiduran. Kalau sudah begini, Bahri menaruh kedua tangannya di belakang kepala, sambil tiduran dia berkata, 'Rasanya kayak di Miami, ya?' 'Iya,' jawab gue. 'Iya' jawab Dodo. Kami bertiga gak ada yang pernah ke Miami.


Koala Kumal adalah buku komedi yang menceritakan pengalaman Raditya Dika dari mulai jurit malam SMP yang berakhir dengan kekacauan sampai bertemu perempuan yang mahir bermain tombak. Seluruh cerita di dalamnya berasal dari kisah nyata.


12/07/2015

Berawal Dari Sebuah Rasa Penasaran

http:ligabloggerindonesia.blogspot.co.id

Liga Blogger Indonesia atau disingkat LBI ini pertama kali saya ketahui bulan lalu. Seseorang membagikan URL blog LBI pada salah satu komunitas blogger di mana saya baru saja bergabung menjadi salah satu anggotanya. Untuk saya yang pemula dalam hal ngeblog tentu saja tertarik untuk mengunjungi lamannya. Akhirnya saya membaca laman "Tentang LBI," dan mendapatkan jawaban atas rasa penasaran saya.

LBI sudah ada sejak tahun 2012 tetapi kompetisinya dimulai 2013 kemudian berlanjut ke tahun-tahun berikutnya dan tahun depan memasuki musim ke-4. Membuktikan kalau saya memang kudet, Yup baru tertarik belajar ngeblog beneran dua bulan lalu. Isi postingannya pun baru curhat-curhat dan postingan untuk mengikuti giveaway dari blogger lain yang sudah lama malang melintang di dunia perbloggeran.

Begitu membaca persyaratan LBI yang memudahkan saya sebagai pemula untuk bergabung, saya pun tertarik untuk mencobanya. Mengisi form dan kemudian tibalah pada babak kualifikasi sekarang ini. Pesertanya ada 85 blogger, dan dibagi menjadi 3 grup. Banyak sekali bukan dan nantinya hanya akan dipilih 10 blogger dari setiap grup. Saya sendiri termasuk ke dalam grup B di mana hanya ada satu blogger yang baru saya kenal namanya "Mba Siethi Nurjanah," kebetulan bulan lalu saya mengikuti giveaway-nya. Sementara 27 orang lainnya saya belum mengenalnya sama sekali. Di antara 28 orang blogger ini banyak blogger yang sudah handal dan bahkan salah satunya menjuarai LBI tahun 2013. Ngeri-ngeri gimana gitu tapi berusaha optimis.

Kenapa saya mengikuti LBI?
Alasan serta tujuan pertama adalah menuntaskan rasa penasaran saya seputar Liga Blogger Indonesia ini. Sementara alasan lainnya sama persis dengan apa yang tertulis dalam artikel yang diposting LBI. Sebagai blogger pemula saya ingin mendapatkan pengalaman baru yang menantang sekaligus mengembangkan blog untuk menjadi lebih baik lagi, seperti tantangan mengerjakan postingan dengan tema dalam jangka waktu tertentu. Kemudian menumbuhkan semangat blogging dan mendapatkan teman baru.

Harapannya dengan mengikuti ajang ini semoga saya bisa lebih baik dan disiplin lagi untuk mengupdate blog. Dan mendapatkan pengalaman serta ilmu baru saat membuat postingan sesuai tema yang telah ditentukan. Harapan lainnya semoga saya bisa lolos ke babak selanjutnya *benar-benar berharap ini mah.

Hadiahnya apa? Untuk saya pribadi yang masih baru dalam hal ngeblog, diijinkan untuk mengikuti ajang ini saja sudah merupakan hadiah. Kemudian mendapatkan teman-teman baru serta pengalaman-pengalaman barupun merupakan hadiah yang sangat besar. Apalagi jika berkesempatan melaju ke babak selanjutnya, itupun merupakan hadiah yang besar. Sementara hadiah lainnya berupa plakat, uang ataupun gadget menurut saya adalah bonus tambahan.

Harapan Untuk LBI. Semoga ajang ini terus berlanjut sampai tahun-tahun berikutnya dan meraih kesuksesan yang sama bahkan lebih dari musim-musim sebelumnya. Semoga LBI 2016 berjalan dengan lancar dan sukses. 

Saran untuk penyelenggara LBI. Semoga ke depannya blog LBI mempunyai domain .com agar terlihat lebih professional dan lebih banyak lagi yang tertarik untuk mengikuti ajang ini. Kemudian melakukan lebih banyak lagi promosi tentang ajang ini di berbagai media sosial dan menggaet sponsor / donasi dengan cara yang lebih menarik.

Dan sebagai penutup, saya ingin mengucapkan terima kasih karena sudah diijinkan bergabung dalam ajang ini dan mengikuti babak kualifikasi. 

12/02/2015

Ketika Modem Terserang Demam


Pertama kali mengenal alat bernama modem itu sekitar tahun 2009, saat dibelikan seperangkat komputer oleh mama. Mereknya vodafone, jaringannya GSM dan dibelikan oleh kakak. Harganya masih cukup mahal saat itu, sekitar Rp. 850.000,- Kartunya memakai indosat im2, paketnya seharga Rp. 150.000.- Koneksinya lumayan cepat tapi jaringan kurang stabil. Maklum tinggal di pedesaan. 


11/30/2015

Bukan Sekadar Permainan

Bukan sekadar permainan ini kuikutkan dalam rangka mengikuti giveaway SanWa aku memilih topik gaming.Menulis fiksi, membaca buku, papercrafting, handycraft, gaming, berkebun. Semuanya aku suka, aku suka. Tapi yang paling disukai adalah bermain game.

bukan sekadar permainan

Kenapa suka bermain game? Seperti definisi yang dikutip dari wikipedia, permainan atau gim merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. 

Aku menyukai dua jenis permainan, tradisional dan moderen(digital). Permainan tradisional jelas memiliki lebih banyak sisi positifnya. Seperti permainan engkle, kelereng, lompat tali, bulu tangkis, tenis meja, bola bekel, congklak, petak umpet, sepak bola, dan masih banyak lagi jenis lainnya. 

11/28/2015

Aku Memilih Sendiri Dulu

Kalau Fatin memilih untuk setia, aku lebih memilih untuk sendiri dulu dan setia menyandang status sebagai jomblo-wati. Walau nyatanya aku bukan jomblo sejati alias jomblo sejak lahir yang nantinya berakhir di pelaminan setelah menemukan pasangan sehidup-semati, senasib sepenanggungan … selalu bahagia walaupun makan sepiring berdua dan masih numpang di rumah mertua *peace.  

Aku sendiri jomblonya hanya 14 tahun + 2 bulan + 6 bulan + 2,5 tahun = 17 tahun 1 bulan sisanya ya begitulah. *dihitung karena kurang kerjaan.

 

 Mau temenin adek nggak bang? suatu hari nanti *kode

Jomblo, jom-blo, j-o-m-b-l-o ... terdiri dari dua suku kata dan enam huruf. Seringkali dipandang sebelah mata bahkan tak jarang dianggap sebagai makhluk tak kasat mata kalau kebetulan jalan bareng sama yang punya pasangan. Padahal udah mati-matian bilang "I'm here! please look at me!"

11/20/2015

Mukena Nyaman dan Sesuai Fungsinya

Dikutip dari  Wikipedia mukena adalah busana perlengkapan shalat untuk perempuan muslim khas Indonesia.

Sebagai busana perlengkapan shalat untuk perempuan muslim, tentu harus memilih bahan yang nyaman saat dikenakan. Bahan apa yang nyaman digunakan? Tentulah mukena berbahan kain sutra yang paling nyaman. Namun tentu saja harganya sesuai dengan kualitas. Selain daripada itu, alternatif lain yang nyaman digunakan untuk bahan pembuatan mukena adalah kain katun, parasut, spandex, jersey dan yang terbaru katun jepang.

Dari sejak kecil sampai sekarang ini, jujur saja saya belum pernah membeli mukena sendiri. Saat duduk dibangku sekolah dasar bahkan masih sering menggunakan kain sarung (ala-ala ninja) dan sesekali menggunakan mukena terusan milik mama dan almarhumah nenek. Kemudian dibuatkan ukuran yang pas oleh nenek menggunakan mesin jahitnya. Mukena terusan sederhana berwarna putih, polos tanpa hiasan apapun berbahan kain katun. Bahannya kuat, halus, mampu menyerap keringat dan cukup elastis.

11/16/2015

DAE-HO'S Delivery Service Karya Pretty Angelia


Judul                 : DAE-HO'S Delivery Service
Penulis              : Pretty Angelia
Editor                : Cicillia Prima
Desainer Kover : Margaretta Devi & Ivana PD
Ilustrator Isi       : Miko Prasetya
Penata Isi          : Yusuf Pramono
Penerbit             : PT. Grasindo, Jakarta 2015
ISBN                  : 978-602-375-164-8
Cetakan             : Pertama, Agustus 2015
Harga                 : Rp. 48.000,-

Han Dae – Ho, memutuskan tinggal sendiri di Seoul setelah ia mengetahui bahwa ia bukanlah anak kandung dari kedua orang tua yang ia sayangi. Dua bulan setelah menetap di Seoul, Dae – Ho mendapatkan pekerjaan sebagai pengantar surat. Dae – Ho akhirnya tahu ia bukanlah pengantar surat biasa. Choi Hyun – Ki, bosnya, menyuruhnya menjamin bahwa si penerima surat membaca surat itu. Karena surat – surat itu adalah surat yang tidak pernah disangka akan didapatkan si penerima.

11/14/2015

Hijrah Hati, DIA Tak Ingin Kau Menangis

Jujur saja jika ditanya buku apa yang menginspirasi? tentu saja ada banyak ... banyak! Tapi kali ini aku akan mengulas tentang dua buah buku yang baru-baru ini kubaca dan menjadi bahan renungan serta pembelajaran untukku. Pertama ada "Hijrah Hati di Senja Copacabana," kedua ada "DIA Tak Ingin Kau Menangis."

hijrah hati di senja copacabana

Hijrah Hati di Senja Copacabana karya Dini Fitria merupakan lanjutan novel Scappa Per Amore. Novel yang menceritakan kehidupan Diva, seorang jurnalis di salah satu televisi yang baru kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan liputannya di Eropa. 

Di antara rasa lelahnya, Diva harus menerima kenyataan bahwa ibunya mengalami koma. Selain itu ia harus kembali bertemu dengan pria di masa lalu yang sangat di bencinya,pria yang telah membuat keluarganya terluka ... ayahnya. Sebelum Diva berangkat ke Eropa, ibunya menyatakan bahwa kesehatannya sudah membaik … menegaskan bahwa ia tak ingin memadamkan impian serta kesempatan yang dimiliki Diva.

11/13/2015

Kau Hadir Dalam Setiap Tetesnya

kau hadir dalam setiap tetesnya

Iya, bahagia! Asalkan bukan hujan angin di sertai petir yang menggelegar. 

Kalau begitu sih, jangankan mengenangmu, yang ada malah sembunyi di dalam selimut sambil komat-kamit baca mantra do'a.

Apakah kau ingat? ah tentu saja tidak. Karena ini bukan sesuatu yang spesial bagimu. Sore itu di bulan November... enam tahun lalu, aku berkesempatan untuk menumpang motormu. Rasanya seperti sebuah mimpi yang berubah menjadi nyata. 

Meskipun kita hanya terdiam sepanjang perjalanan dan kau lebih sering menengok kaca spion untuk melihat dia ... seseorang yang kau inginkan, tapi aku tetap bahagia.


Dalam setengah perjalanan kita (mereka, kau dan aku) untuk menjenguk seorang guru ... hujan turun cukup deras, membuat kita basah kuyup setibanya di sana. Semakin lama hujan turun semakin deras, seolah mengerti bahwa aku masih ingin memandangimu dari jarak dekat dan menghalangi niat kita untuk pulang.

Hari menjelang malam saat hujan berubah menjadi gerimis. Diluar dugaanku ... kau beserta dua senior lain mengantarkanku pulang sampai ke rumah. Sungguh perjalanan panjang yang membuatku tersenyum sepanjang hari.

Kau tahu, sekalipun aku tak bisa memilikimu, setidaknya aku selalu bahagia setiap kali hujan turun ... karena di sanalah, kau dan kenangan hari itu masih tetap hidup hingga detik ini.

ket : 198 kata termasuk judul

Tulisan ini diikutsertakan Giveaway November Rain  presented by “Keina Tralala” 

https://keinatralala.wordpress.com/2015/11/06/keina-tralala-second-birthday-giveaway/

11/05/2015

12 Cara Mengisi Waktu Luang

Holla, selamat malam yang cantiks dan ganteng. Diriku kembali lagi menuliskan sesuatu di blog ini. Harap maklum beberapa hari kemarin sibuk di dunia nyata, bantuin emaks ngerjain laporan. Semalam hujan turun tapi nggak begitu deras, sekarang juga lagi hujan ... etapi cukup membuat diriku galau merana. November telah tiba begitupun dengan musim hujan yang artinya hampir mendekati penghujung tahun 2015.

2015 hampir habis dan diriku belum juga mendapatkan pekerjaan yang pas di hati. Pinginnya pekerjaan tetap dan pekerjaan yang cuma dipikirin di tempat kerja nggak harus kepikiran bahkan dikerjain di rumah. Dan yang pasti nggak matok tinggi badan dengan berat ideal. Diriku kan pendek dan sedikit tumbuh ke samping he-he-he.

Seperti halnya jodoh (pasangan) menurut diriku jodoh (pekerjaan) juga ada. Sengotot-ngototnya diriku ngelamar sana-sini, berdo'a, dan lain sebagainya. Kalau belum berjodoh alias belum rezekinya ya mau bagaimana lagi. Dari awal tahun mencari pekerjaan, ikut tes, bahkan sampai ditawarin masuk kerja di sebuah pabrik dengan membayar sejumlah uang (gak tertarik) *ups hasilnya masih tetap nihil.

Well, tak perlu disesali karena Tuhan selalu memberikan yang terbaik di saat yang tepat. Seperti halnya tahun lalu diberikan kesempatan bekeja di perusahaan yang diinginkan di Garut, meskipun cuma sebentar ... tapi lihatlah efeknya jika tidak di sana diriku tahun lalu ... apa yang akan terjadi padaku saat itu dan setelahnya.

Menjadi seseorang yang belum mendapatkan pekerjaan tentulah tidak enak, terlebih diriku yang berasal dari keluarga biasa ... Mulai dari tidak punya uang sendiri, rasa jenuh, malu terhadap lingkungan sekitar, berat badan yang sulit dikontrol karena malas berolahraga, dan sedikit iri melihat teman yang sudah sukses duluan. Tapi bukan iri yang diiringi dengki lho ya, nanti jadinya mendoakan yang bukan-bukan. 

Tapi tentu saja ada hikmah dibalik semua ini, diriku yang dulunya tidak sabaran berubah menjadi penyabar. Kalau tidak lolos seleksi belajar untuk ikhlas meskipun bisa galau sampai beberapa hari dan menghilang dari peredaran dunia maya maupun nyata (menyepi di dalam kamar) tapi kemudian bangkit lagi. Bisa lebih dekat dengan mama seperti dulu lagi, bisa lebih fokus terhadap hobi dan keinginan yang sempat tertunda. Jadi untuk kalian yang mengalami hal serupa dengan diriku, bersabarlah dan tetap semangat untuk mendapatkan sebuah pekerjaan.

Oke skip curhatnya, nanti malah semakin berlarut-larut. Kali ini diriku akan memberikan beberapa tips untuk menggunakan waktu luang selama menunggu panggilan kerja tiba. Khususnya bagi para perempuan. 

10/31/2015

Sekali Mendayung, Dua Tiga Pulau Terlampaui

Jum'at, 23 Oktober 2015

Pagi ini aku memulai hari nyaris seperti akan berangkat kerja. Mulai dari mandi pagi, siap-siap ... hanya saja perginya bukan ke tempat kerja. Lalu  ke manakah aku? Aku ke POLRES Soreang ... bersama Mama.   Duileh, udah 22 masih aja di temenin Mama. Ha-ha-ha-ha bodo amat! Daripada aku sendirian kayak anak ilang, di kantor polisi pula. Lagipula sudah perjanjian kalau ini yang terakhir kalinya minta ditemenin Mama.

Kami berangkat pukul 06.00 WIB supaya tiba di Soreang pukul 08.00 WIB saat loket pendaftaran dibuka. Rumah kami di Nagreg, sebuah kecamatan yang selalu eksis di musim libur lebaran atau liburan panjang lainnya. Eksis karena macet bro ... Jalanannya jangan di tanya, berkelok-kelok, menanjak dan menurun. Oleh-oleh khasnya ada ubi Cilembu. Tunggu ... kok malah ngomongin Nagreg? Oke, skip karena rumahku juga bukan di sebelah situ. Rumahku di kampung yang dari jalan raya jaraknya 2 km, dengan catatan pake jalan pintas. Otomatis untuk menghemat waktu tapi tidak menghemat uang harus naik ojek. Ojeknya yang biasa, bukan Go-Jek.

Menurut aku ya,  Nagreg itu berada di ujung sebelah sini dan Soreang berada di ujung sebelah sana. Jadi kalau mau ke POLRES itu semacam dari ujung mau mencapai ujung yang lain ... jauhnya buset dah. Selain itu moda transportasinya harus pake elf jurusan Leuwi Panjang. Yang kebetulan pagi itu nggak muncul-muncul. Malah elf jurusan St. Hall yang lewat banyak banget, padahal biasanya elf jurusan ini yang susah banget dapetnya. Entah mengapa aku sering merasa, sesuatu yang kita butuhkan justru sering menghilang disaat yang sama dan sesuatu yang tidak kita butuhkan justru muncul disaat kita tidak membutuhkannya. Semacam tukang sol sepatu. Giliran ditungguin gak muncul, nggak ditungguin eh teriak-teriak.

Akhirnya pukul 06.25 munculah elf-elf Garut-Leuwi Panjang. Tapi nggak asal naik dong. Harus pilih-pilih nama. Kenapa? Ya, seringkali kenek atau sopir elf tertentu memasang tarif luar biasa. Pernah beberapa kali pas pulang agak malem dari jalan Moch. Toha tuh sendirian. Udah ngetemnya lama eh masa dari situ ke Nagreg tarifnya Rp. 35.000,- ya kali aku bisa ikut ke Garut sekalian. Mulai hari itu aku cap sama rata deh elf dengan nama xxxxx tersebut. Sebodo amat nggak bakalan mau naik lagi. Gini kan nih, satu bikin ulah yang lain kena getahnya. Saran aja ya kalau pulang paling aman naik elf yang jurusan Tasik. Kenapa? Karena paling mahal diminta ongkos Limbangan Rp. 15.000,-

Kami pun naik elf xxxx yang kebetulan nggak ada keneknya. Menurutku naik elf itu sama kayak naik roaler coaster di Dufan. Jadi yang punya penyakit jantung mending jangan naik. Apalagi kalau udah ketemu temennya beuh makin menjadi-jadi roaler coasternya. Kek roaler coasternya Trans Studio, itungannya perdetik. Keluar pintu tol Moch. Toha cuma perlu waktu 15 menit. Sisanya kena macet sebelum lampu merah.

10/29/2015

Beradaptasi Dengan Lingkungan Baru

Sabtu, 02 Agustus 2014


Handphone-ku berdering, menampilkan sederet angka telepon rumah dengan kode khas kota Garut. Dengan cemas diriku segera menerima panggilan itu ... benar saja, telepon dari kantor cabang perusahaan jasa pengiriman surat dan paket yang kukirimkan surat lamaran awal bulan Juli kemarin. Berbeda dengan telepon-telepon dari beberapa cabang sebelumnya, kali ini diriku langsung diberikan pertanyaan siap atau tidak untuk bekerja sebagai tenaga PHL (Pekerja Harian Lepas) dengan kontrak 3 bulan untuk menggantikan pekerjaan karyawan yang akan cuti bersalin. Diriku yang berbulan-bulan menjadi pengangguran akut dan menginginkan pekerjaan di perusahaan tersebut sejak awal masuk kuliah pun jelas menyatakan siap tanpa memperdulikan UMR (Upah Minimun Regional) kota Garut yang terbilang kecil dengan jarak tempuh satu jam dari rumah (kalau nggak macet dan blablabla).

Senin, 04 Agustus 2014

Wawancara pagi itu bersama manager SDM dan kepala kantor menyatakan bahwa aku diterima bekerja sebagai Staff SDM. Dan ternyata karyawan yang akan menjalani cuti bersalin itu adalah ibu manager SDM-nya. Diriku panik, apa yang harus kukerjakan nanti, apakah diriku bisa melakukannya? Sementara tadi saja diriku menahan takut setengah mati saat bertanya letak ruangan SDM kepada pak satpam berwajah sangar yang berjaga di depan. Dan orang-orang seperti apakah yang akan diriku hadapi. Jawaban dari semua pertanyaan itu akan terjawab esok, karena aku akan memulai semuanya mulai esok pagi.

Ibu manager bilang jam kerjaku dari Senin s/d Sabtu. Senin - Jum'at pukul 08.00-17.00 WIB dan Sabtu pukul 08.00 - 14.00 WIB (Dengan catatan pekerjaan sudah beres). Awal yang baru di tempat yang baru walau kotanya sudah tidak baru. Ya, tiga tahun lamanya menghabiskan masa SMK di kota kecil ini. Semuanya masih nampak sama ... hanya ada beberapa perubahan baru seperti berdirinya sebuah Mall. Diriku dipersilahkan pulang dan kembali besok pagi. Karena musim PKL (Praktek Kerja Lapangan) sempat ada seorang siswi yang memakai jasket biru dongker bertanya : "Teteh, mau PKL juga?" Diriku hanya tersenyum dan menggeleng, dalam hati "Apa salahku dikira mau PKL lagi?" 

Selasa, 05 Agustus 2014
Pagi itu semuanya terasa kembali normal. Mulai dari bangun pagi, bersiap-siap dan memiliki tujuan ke mana harus melangkahkan kaki setiap harinya. Diriku datang terlalu cepat dan akhirnya terduduk sendiri di ruangan SDM yang masih gelap. Entah saklar lampunya di sebelah mana. Tepat lima belas menit sebelum pukul 08.00 barulah suasana kantor terasa hidup. Semua ruangan sudah terisi. Pagi itu diawali dengan berkeliling seluruh bagian kantor untuk berkenalan. Pertama kami, diriku dan kak Z**** yang kebetulan diterima menjadi PHL satu bulan diajak berkenalan dengan penghuni ruangan Akuntansi dan Keuangan, ada lima penghuni di dalamnya (termasuk 2 manager). Oh ya, hari itu kebetulan manager Keuangan sedang cuti ... digantikan sementara oleh manager Keagenan. Selanjutnya kami diajak berkenalan kebagian lainnya. Ting-tong memori diriku yang hampir overload ini jelas kesusahan mengingat.  Berkali-kali mengucap mantra di dalam hati bahwa ini baru awalnya saja ... tenang, nanti juga inget!

10/18/2015

Merancang Pernikahan Impian Ala Diriku

merancang pernikahan impian

//Maukah kau untuk menjadi pilihanku
Menjadi yang terakhir dalam hidupku
Maukah kau untuk menjadi yang pertama,
Yang slalu ada disaat pagi ku membuka mata//
Maliq and The Essentials - Pilihanku. 


Kalau abang melantunkan lagu itu pasti diriku akan suka sekali sambil ngangguk-ngangguk kesenengan dengan pipi merah merona akibat kepedesan eh tersipu malu maksudnya. Diriku sudah lelah bang melamar pekerjaan tapi tak lulus-lulus ... jadi abang saja ya yang melamar diriku... Insya Allah diriku akan luluskan *mulai ngawur.

Entah kenapa diriku ini nekad ikutan giveaway-nya mbak Yasinta. Yang pasti karena temanya tentang pernikahan ... jadinya diriku merasa tertantang. Sekalian kepingin ngeluarin unek-unek.

Pernikahan, satu kata yang kuyakin diinginkan oleh semua orang. Dan pernikahan berkaitan erat dengan yang namanya jodoh (pasangan). Seperti yang mbak Yasinta tuliskan di dalam pengumuman  giveaway-nya. Tuhan itu mempertemukan kita dengan pasangan sungguh dengan cara yang unik dan diriku setuju. Kenapa? Berkaca dari pengalaman beberapa tetangga dan saudara ... ada yang mulanya berkenalan lewat sms dan telepon nyasar kemudian ketemuan, terdengar bunyi klik dari dalam hati dan ijab qobul pun akhirnya terjadi. Ada juga yang bertahun-tahun menjalani hari-hari bersama ... pada akhirnya melabuhkan hati kepada orang yang tak sama sekalipun rencana pernikahan sudah di depan mata ( eh ini sih semacam efek nonton sinetron dan baca novel ehehe maafkan). 

Takdir dan Jodoh pun tak ubahnya membuat dunia terasa benar-benar sempit. Bayangkan saja, dari berjuta-juta umat manusia di dunia tetap ada saja mantan yang menikah dengan mantan pacarnya mantan, menjalani masa pacaran sebentar ditambah gaya pacarannya hits masa kini alias long distance relationship akhirnya memutuskan untuk menikah. Selamat ... kalian membuatku percaya bahwa jodoh pasti bertemu dan bertamu pada kedua orangtua.

10/15/2015

Proses Jual Beli Tak Kasat Mata

Pulsa menjadi kebutuhan mendasar bagi pemilik telepon genggam/ponsel. Tanpa pulsa, ponsel tidak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Seiring dengan meningkatnya pengguna telepon genggam, maka berjualan pulsa bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan.

Sumber gambar : google.com

Sejak duduk di kelas 2 SMP saya, kakak serta mama memutuskan untuk berjualan pulsa berbentuk voucher fisik dan juga elektrik. Pada saat itu kami masih mengandalkan stok pulsa dari salah satu saudara mama, jadi tidak mengeluarkan modal deposit sepeserpun ... hanya mengandalkan ponsel, pulsa, sms ke nomor beliau dan meraup keuntungan dari harga yang kami naikan sedikit dari patokan harga yang ditawarkan kepada kami.




Kami tinggal di daerah pedesaan yang lumayan jauh dari jalan raya, meskipun pengguna ponsel di desa kami masih tergolong sedikit, tapi omset penjualan pulsa kami lumayan menguntungkan, ini dikarenakan baru kami saja yang berjualan pulsa. Berjualan pulsa itu terlihat mudah dan menguntungkan di mata sebagian orang padahal kenyataannya tidak semudah membalikan telapak tangan.

10/06/2015

Cara Mendapatkan Hadiah

Kak, kakak kok bisa dapet hadiah? Cara mendapatkah hadiah gimana kak? Kasih tahu dong?

Caranya ya itu tadi, lo mainin gamesnya dan kumpulin tiket sebanyak-banyak. Jadi lo bisa pilih mau dituker sama hadiah yang mana. Biar lebih jelas, gue kasih nih ilustrasinya.

Pertama di aplikasi gamesnya lo klik tombol tuker tiket yang nantinya bakal membuka halaman baru di browser.

game cumaceban

Tunggu sampai loadingnya selesai dan muncul tampilan kayak gini, lo tinggal klik tanda panahnya nextnya.

jenis hadiah cumaceban

Dan inilah isi webnya cumaceban.com. Pas di tab tepokan. Isi kemungkinan besar berbeda (sudah berubah, ini hasil ngakses beberapa hari lalu)

hadiah tepokan cumaceban

Apa itu hadiah tepokan? Hadiah yang lo menangin setelah lo nepok dengan sistem yang ada. Sistemnya apa aja emang? klik deh buletan hitam di samping gambar tepokannya. Yang aku kasih warna biru itu update-tan si mr tepokan terbanyak sementara. Kalau pake sistem yang kedua (banyak-banyakan nepok). Biasanya ada update kalau waktu nepoknya antara 2-7 hari. Kadang juga updatenya di kotak putih yang ada di bawah gambar mr ceban.

Baca Juga : Cara Jadi Agen Ceban

leaderboard

Inilah pertanyaan yang seharusnya tidak ditanyakan namun selalu ditanyakan. Maka dari itu budayakanlah membaca :

cumaceban dot com 

hadiah cumaceban


cara mendapatkan hadiah cumaceban

Kak, aku coba nepok kok nggak bisa ya? Ada tulisan sold out gitu? Itu artinya waktu tepokan udah habis dan udah keluar pemenangnya. Lihat pemenangnya di mana kak? Klik buletan hitam di samping gambar tepokan. Kalau waktu tepokan udah habis, suka berubah jadi lihat siapa yang menang.

berburu hadiah

Dulu hadiah tepokan itu cuma hadiah pilihan alias hadiah-hadiah utama dari games ini. Apa aja hadiahnya? klik tab hadiah pilihan. FYI sekarang udah masuk periode 2, tinggal Apple Watch yang belum dikeluarin. Yang paling kece ada periode 3, liat aja ada i-phone 6, samsung galaxy s6 dan DJI Drone nangkring di dalamnya. Kalau udah selesai periode 2, lo bisa pilih hadiah mana yang mau dijadikan tepokan pertama di periode 3. Yang paling banyak yang dijadikan tepokan duluan. Sekarang hadiah tepokannya lebih sering karena mister cebannya dapet banyak sponsor. Jadi jangan takut gak kebagian hadiah.

cara mendapatkan hadiah

Selain hadiah tepokan dan pilihan itu, ada yang namanya hadiah langsung. Nah yang ini lo nggak perlu cape-cape nepok berhari-hari bahkan sampai nggak tidur. Hadiah langsung itu ada tiga macem, souvenir, e-voucher dan favorit. Tapi souvenir belum jadi wkwkwk.

Di tab Favorit, hadiahnya macem-macem ... tergantung mister ceban. Gue sih udah nuker smart watch u8+mp3 beberapa minggu lalu.

hadiah favorit

Yang warnanya abu-abu dan tulisannya 0 pcs artinya barang udah habis, nggak bisa di klik lagi. Kalau abu-abu tapi tulisannya masih ada 1 pcs artinya lagi nggak di aktifin hadiahnya. Tunggu sampai aktif. Cara nukernya gimana? Gampang, klik hadiah yang lo pengenin, contoh gue klik power bank

hadiah powerbank

Bakal tampil notifikasi kayak gini :

berhasil dapat hadiah

klik tuker kalau lo mau beneran nuker, tapi pastikan tiket yang lo punya udah sesuai sama yang diminta alias 140000 tiket. Kalau gak jadi nuker ya klik tanda x di buletan hitam buat close. Hadiah ini gratis, tapi ongkir di tanggung sendiri. Kalau misalnya lo sukses nuker. Bakal ada notifikasinya, terus halaman browser bakal ngerefresh sendiri dan juga ada e-mail dari cuma ceban kayak gini.

konfirmasi hadiah mr ceban

Kirim deh data yang diminta mr ceban ke linenya. Jangan lupa tanya alamat mister dari Jakarta mana, nomor rekening buat nransfer ongkir. Cek ongkirnya di web JNE. kalau udah tahu ongkirnya, kasih tahu dulu mr ceban kalau ongkirnya sekian. Kalau kata dia ok, ya transfer deh. Bukti transfernya kirim di line dan barang akan segera dikirim sama mister ceban (sesuai pengalaman gue)

FYI, hadiah langsung cuma bisa dituker setelah jam sembilan pagi. Dan khusus hadiah favorit dibatasi 2 barang perharinya. Bisa dilihat di buletan item paling pinggir.

hadiah dibatasi

Kalau masih 0/2 lo bisa nuker hari itu juga, kalau udah 2/2 bakal ada peringatan melebihi batas penukaran hadiah perhari (bukan maksudnya lo udah pernah nuker hadiah dan gak boleh nuker lagi ) 
Buat lo yang hobi belanja-belanja online, di hadiah langsung ini ada yang namanya e-voucher dari beberapa merchant. Pilih tab e-voucher 

hadiah langsung

Ada banyak macemnya, buat liat yang lainnya lo bisa klik tombol selanjutnya. Cara nukernya sama. Lo klik di gambar e-voucher yang pengen lo ambil. Contoh gue klik Hijabenka.

hadiah e-voucher

Muncul notif kayak gini. Kalau jadi nuker ya klik tuker, kalau nggak ya close aja

tukar tidak ya

Kalau berhasil bakal ada notif seperti penukaran hadiah favorit, halaman web akan me-refresh sendiri dan cek e-mail. Mister ceban pasti kirim kode e-vouchernya di sana. Kalau nggak ada di kotak masuk, cari di spam. Kalau masih nggak ada, tanyalah ke official accountnya cumaceban

Penampakan di e-mail kayak gini nih, yang gue itemin itu nomor e-vouchernya :

cumaceban games

Cara Nambah Nyawa Dan Tiket

Kakak, aku udah maenin games cumacebannya. Kok nyawa aku gampang habis sih? Kok nyawa kakak bisa banyak gitu sih? Aku boleh minta nyawanya nggak? Kode sakti itu apa kak? Waktu sakti itu apalagi?

Kalau nyawa lo nggak mau gampang abis, ya lo nggak usah mainin gamesnya (simple). Nyawa gue bisa banyak sampai ratusan gitu karena gue maen pake waktu sakti, jadi bonus harian, di submit kode sakti sama orang, dan kode sakti gratisan dari si mr belum ke pake. Wajar kalau nyawanya banyak.

Lo nggak bisa minta nyawa orang, di dunia nyata aja gak bisa. Jadi di games kenapa harus bisa nyumbang nyawa buat orang? Kalau lo minta nyawanya dengan cara gue submit kode sih nggak masalah. Itu baru bisa.

Kode sakti adalah kode yang sama dengan kode agen. Kode sakti ini sekilas mirip pin BBM, random ada angka sama hurufnya. Kode sakti yang lo miliki dengan yang gue miliki jelas berbeda satu sama lain. Kode ini bisa lo promosikan buat di submit sama orang dengan cara klik tombol kirim kode sakti di aplikasi gamesnya :

total tiket 

Maka munculah tampilan berikut ini (kode sakti lo). Share-lah sesering mungkin.

kirim kode sakti
Di situ udah jelas, kalau temen lo masukin kode sakti lo, lo akan mendapatkan bonus 2 nyawa dan temen lo (yang masukin kode lo) bakal dapet tambahan 50 tiket. Inilah yang namanya saling membantu dan menguntungkan.

Masukin kode saktinya di mana? Lo klik tombol back (panah di buletan atas) sampai balik lagi ke tampilan utama. Setelah itu klik tombol masukin kode sakti :

masukan kode sakti

Tampilan selanjutnya bakal kayak gini, klik di kotak kosong berwarna kuningnya :

maksimal 10 kode

Selanjutnya kamu isikan kode sakti yang kamu ketahui, contoh : B5C206309, klik oke kemudian klik submit.

kode saktimu 

Kalau muncul peringatan kayak gini : loe udah pernah masukin kode ini, artinya lo udah pernah masukin kode gue. FYI, lo cuma bisa masukin satu kode sakti yang sama sekali aja di game ini.

Tenang, lo masih bisa masukin kode yang lain. Yang belum pernah lo masukin sebelumnya. Dan dipastikan berhasil :

pakai kode sakti

FYI, pemakaian kode sakti itu dibatasi setiap harinya. Maksimal submit 10x kode orang lain dan 10x di submit orang lain. Kalau mau nambah ya besoknya.
Kode sakti ini juga nggak cuma kode punya orang lain aja. Kadang si mister berbaik hati ngasih kode sakti buat nambah nyawa + tiket. Misalnya : CUMACEBANHITS. Dan ada kalanya si mister ngasih tugas sakti. Di mana lo harus upload gambar di instagram si mister / komentar di kaskus sesuai perintah si mister. Kalau tugasnya udah sesuai, lo bisa minta kodenya via line.

Selain itu lo juga bisa rate games ini di playstore dengan ketentuan, lo liat sendiri aja di aplikasi game lo. klik tombol rate. FYI, kata beberapa orang di komentar IG nya cuma ceban. Nyawanya nggak nambah meskipun udah nge-rate. Dulu sih gue nambah, tapi udah lama banget makenya.

Nggak cuma ngandelin nyawa gratisan dan di submit orang, lo juga bisa beli yang namanya waktu sakti biar nyawa lo nggak terbatas dan lo dapet bonus tiket (sedikit sih bonusnya hahaha). Mulai dari harga 5rbu sampai 100rbu. Cara belinya gampang, bisa pakai pulsa atau via ATM atau VISA. Gue sih biasanya beli pakai pulsa, jadi please jangan nanya beli via ATM atau VISA. Gue nggak bakalan ngerti.

Caranya beli waktu sakti adalah, klik gambar hati di aplikasi gamesnya :

hati nyawa

Pilih nyawa yang mau lo beli, gue sih biasanya beli yang ceban (Rp.10.000) kalau dulu pernah sekali beli yang Rp.100.000 pas mau tepokan ipad (pas dapet transferan uang pulsa juga dari tempat kerja sebelumnya) 

nyawa tak terbatas
  
Klik pulsa, ATM, maka muncul tampilan kayak gini :

pilihan pembayaran

Klik operator yang diinginkan. Gue sih biasanya beli pake indosat atau telkomsel. Tapi gue rasa operator yang manapun kemungkinan caranya sama. Tapi gue paling suka pake indosat, soalnya kalau telkomsel itu pake ppn lagi, jadi dipotongnya Rp.11.000. Karena di hape gue ada tiga aplikasi yang terindikasi sebagai browser, jadinya gue harus milih dulu salah satu. Kalau di hape lo cuma ada satu, setelah klik operator pasti langsung ngelink ke halaman browser :

terbuka di halaman browser

Isi kolom no hapenya, tapi lebih baik lo klik tulisan cara kerja dulu biar ngerti :

cara beli nyawa
Nah, kalau udah paham, isi deh tuh kolom kosongnya sama nomor hape kemudian klik lanjut.

isi nomor hape



Tampilan selanjutnya, ikuti aturannya : buka sms dari 99231 dan ketik BELI beserta 3 digit angka yang dari SMS-nya dan kirim lagi ke 99231. Nantinya bakal ada pemberitahuan kalau pembelian sukses dan pulsa sudah dipotong. Jangan close browser pembelian tadi sebelum lo kirim sms ke 99231 dan ada balesan berhasil :

pembayaran codapay

Sekarang lo boleh close halaman browsernya. Balik lagi ke aplikasi game, kalau ada tampilan kek gini lo klik oke aja :

pilih ok

Di halaman utama gamesnya, lo perhatiin gambar amplop bertuliskan angka 0 merah di atasnya. Kalau lo udah beli waktu sakti dan berhasil otomatis bakal berubah jadi angka 1, lo klik gambar amplopnya :

beli waktu sakti

Nanti akan muncul pemberitahuan seperti ini : klik ok
pilih ok

Kalau sudah begini : di close aja
selesai beli waktu sakti

Waktu sakti lo bakal bertambah dan muncul di kolom item waktu sakti (termasuk bonus tiket bakal nambah di kolom tiket) dan lo bisa maen deh selama waktu saktinya masih ada.

FYI : Kalau pembelian udah berhasil tapi amplopnya tetep 0 atau amplopnya udah berubah jadi angka 1 tapi setelah klik ok waktu saktinya nggak nambah-nambah, silahkan kalian hubungi mr ceban via line nya @cumaceban.

Waktu sakti ini bakalan berkurang saat lo mainin gamesnya dan bakalan tetep utuh kalau lo lagi nggak ngeklik mini games manapun. Jadi kalau udah ngeklik salah satu mini games dan sentuh layar, sementara lo nggak main dan nggak ngeclose aplikasi cuma cebannya. Selamat nyawa sakti lo habis semua. Gue pernah ngalamin, lupa close pas lagi main wkwkwk.

Dan itulah sekiranya tentang tambah nyawa dan tiket alakadarnya dari gue.