12/31/2015

Terima kasih 2015, Terima kasih Untuk Hadiahnya

 
sumber gambar dari http://www.happynewyeargreetings2016.com/

Halo, kalau Desy Ratnasari mah tak sengaja lewat depan rumahmu, kumelihat ada tenda biru. Kalau kalian yang tak sengaja lewat, tersasar dan jadinya baca postingan di blogku pasti mbosen kan. Seringkali postingannya tentang ikutan giveaway :D. Harap maklum namanya juga pencinta gratisan. Kali ini aku akan membahas apa yang kulalui di 2015 beserta ucapan terima kasih kepada para pemberi hadiah. 
tjie, udah akhir 2015 nih. Hayo pada ke mana? aku sih seperti biasanya jalan-jalan di rumah. Lha kok jalan-jalan di rumah? Jalan-jalan itu keluar rumah. Buatku sih di rumah juga bisa jalan-jalan, jalan-jalan ke blognya orang maksudnya. Nah mulai deh out of topic. 

Selalu Menjadi Putri Kecil Mama

Hari Ibu memang jatuh pada tanggal 22 Desember, namun untuk mengungkapkan rasa sayang kepada Ibu bisa dilakukan setiap hari bukan? Entah dalam jarak yang dekat sambil memeluknya erat ataupun melalui sambungan telepon dan pesan singkat jika jarak kita berjauhan dengannya.

 
Foto bersama Ibu : yang kupanggil Mama

Begitu banyak hari yang dilewati bersama Mama, bahkan segala aktifitas di luar rumah nyaris selalu dilakukan bersama Mama, terkecuali pergi sekolah. Begitu banyak hal yang sulit untuk dilupakan bahkan sebagian masih bisa dirasakan.

12/29/2015

Cantik versi Gilang

Sebelum mendefinisikan cantik versi gilang, sebelumnya mau curhat dulu seputar masa lalu yang berhubungan dengan melakukan perubahan secara fisik.

Apabila cantik dikategorikan secara fisik dengan rincian seperti tinggi, langsing, berhidung mancung, kulit putih bersih, jemari lentik, rambut panjang lurus kinclong, alis tebal, bibir mungil tipis maka aku tidak akan bisa masuk ke dalamnya. Why? Cantikku biasa saja, cantik karena berjenis perempuan. Cantik karena Mama bilang begitu.

Melihat beberapa tahun ke belakang, tepatnya kelas tujuh (1 SMP) dengan postur tubuh pendek, berat badan yang selalu dibilang gendut (sampai jadi gemuk beneran), hidung pesek, rambut ikal. Tak ada cantik-cantiknya kan kalau kecantikan dinilai dari fisik *dulu nggak pedean orangnya. Sekarang? masih kok *gubrak.

12/22/2015

Muara Rasa Karya Devania Annesya


Judul                   : Muara Rasa
Penulis                : Devania Annesya
Penyunting         : Katrine Gabby Kusuma
Penerbit              : Ice Cube
Cetakan              : Pertama, Mei 2015
Jumlah Halaman : vii + 186 hlm
ISBN                   : 978-979-91-0857-9 

Blurb : 

“Karen mau datang, dia ingin kenalan sama kalian.”

“Karen? Siapa lagi?” Ravi mengerutkan kening.

“Pacarnya Val,” jawab Flo sembari tersenyum.

Tapi Ravi dapat membaca pedih di balik senyuman itu.

Ketika liburan semester dimulai, Flo dan Ravi yang kuliah di luar kota pulang ke rumah mereka di Surabaya untuk berkumpul lagi dengan sahabat mereka, Val. Tapi “pulang” tidaklah selalu menyenangkan. Terutama jika ada banyak rasa yang belum terungkap. Ravi diam-diam mencintai Flo, sementara Flo menyimpan rasa terhadap Val yang hanya menganggapnya sebagai adik kecil. Selama ini mereka selalu mengutamakan persahabatan di atas segala-galanya. Supaya mereka bisa selalu bersama. Supaya mereka tidak lagi mengalami kehilangan. Supaya mereka merasa berada di rumah. Namun setiap rasa pada akhirnya membutuhkan muara. Akhir dari perjalanan panjang. Akhir dari segala rasa sakit.

12/20/2015

DIA Tak Ingin Kau Menangis - Wahyu Qolbu

Sebelumnya buku ini adalah salah satu buku yang kutulis sinopsisnya untuk mengikuti Giveaway Buku Inspirasi satu bulan yang lalu. Bisa di cek di sini Saatnya Hijrah Hati di Senja Copacabana Karena DIA Tak Ingin Kau Menangis.Tapi rasanya kurang afdol kalau tidak di posting terpisah.


Judul                   : DIA Tak Ingin Kau Menangis
Penulis            : Anang Sujana & Muhammad Syafi'ie el- Bantanie
Penyunting          : Radindra Rahman
Penerbit               : Wahyu Qolbu
ISBN                    : 979-795-990-2
Jumlah Halaman : xii + 164 hlm
    
DIA Tak Ingin Kau Menangis karya Anang Sujana, Muhammad Syafi’ie el-Bantanie, Dkk. Merupakan buku kumpulan kisah-kisah inspiratif yang ditulis berdasarkan kisah nyata.

12/18/2015

Tentang Mama

tentang mama

// Walau tak dapat slalu ku ungkapkan
   Kata cintaku tuk Mama
   Namun dengarlah hatiku berkata
   Sungguh ku sayang padamu // Kenny - Cinta Untuk Mama

Ya, seperti potongan lirik lagu di atas. Aku memang tak dapat mengungkapkan kata cintaku pada Mama. Terlebih memberikan sesuatu yang di sukai Mama. Ya ... lagi-lagi karena alasan klise : masih menganggur. Tapi akhirnya bisa memberikan seperangkat produk untuk solusi dari masalah rambut yang dialami Mama secara gratis satu bulan yang lalu.


Mama ...

Harus dari manakah aku memulai cerita tentangnya? Sungguh, satu-satunya tema tulisan yang selalu membuatku nyaris kehilangan kata-kata adalah tema tentang 'Ibu.' Karena bagiku, sosok Mama dan segala pengorbanannya begitu sulit diungkapkan ke dalam kata-kata apalagi dengan adanya jumlah batasan halaman dan maksimal kata. Untungnya giveaway mba Rosi Meilani ini adanya jumlah minimum. 

12/13/2015

Hilangkan Stress Bersama SUCA Indosiar


Setelah cukup lama iklannya berseliweran di Indosiar, akhirnya Stand Up Comedy Academy atau disingkat SUCA ini resmi tayang pertanggal 05 Oktober 2015 dengan tagline : "Lucunya Tuh Di sini Gerrrr ...." SUCA tayang dari hari senin-kamis mulai pukul 20.00 WIB. Terdiri dari 24 peserta, 5 mentor, 5 juri (tetap dan tamu) serta 3 host.

Sebelum tayang, sebagai salah satu program televisi terbaru di Indosiar tentu saja SUCA ini menuai pro dan kontra. Bahkan di cap kurang bagus bagi segelintir orang yang berkoar-koar di beberapa forum media sosial. Karena mereka terlanjur memberikan cap Indosiar sebagai televisi khusus tayangan Dangdut. Lha emang kenapa kalau dangdut? Lha terus kalau menayangkan Stand Up bakal dangdutan juga? Belum nonton kok udah sebel duluan. Gak asih ah. Tonton dulu gih sekarang di vidio.com baru deh komentar.

12/12/2015

Resolusi, Hujan dan Kebersamaan

Desember itu bulan kedua belas atau terakhir dalam satu tahun. Di mana penantian dan harapan baru di tahun berikutnya akan segera dimulai. Di mana flashback kegiatan dalam satu tahun harus dilakukan. Sejauh mana resolusi yang dibuat benar-benar tercapai. Kemudian, intensitas curah hujan pun mulai meningkat. Yup ... hampir setiap hari hujan di daerah tempat tinggalku. Mengakibatkan inspirasi menulis datang secara bertubi-tubi. Selain daripada itu, Desember merupakan bulan yang ditunggu-tunggu untuk berkumpul bersama keluarga selain liburan idul fitri.

Bicara seputar resolusi sebenarnya aku termasuk orang yang seringkali tidak konsisten atas apa yang telah tertulis pada sticky notes yang kemudian ditempel di ranting pohon pada awal tahun. 

resolusi hujan dan kebersamaan

12/09/2015

Jalan-jalan ke Pasar

Orang lain itu posting jalan-jalan keliling Indonesia, ke luar negeri, ke pantai, nah sementara aku mah malah posting jalan-jalan ke pasar. Harap maklum aku mah jarang jalan-jalan ke tempat-tempat indah yang ngehits.

jalan-jalan ke pasar
Sumber gambar : fokusjabar.com

Jalan-jalan di pasar itu sesuatu, selain dapat menyebabkan isi kantong terkuras ... jalan-jalan di pasar juga dapat menyebabkan sesak nafas, dan alas kaki kotor. Ah siapa bilang? Nggak bikin sesak nafas dan alas kaki kotor kok ... asal perginya ke pasar super moderen atau super market. Sama-sama pasar kan, bedanya harga sudah ditetapkan dan tidak bisa ditawar. Bisa belanja murah kalau ada diskon. Kalau belanjanya di pasar tradisional sih masih bisa tawar menawar harga. Tapi ya itu ... kalau hujan jalanannya tambah becek dan kalau masih pagi harus ekstra hati-hati. Agak berdesak-desakan. Kalau kata Cinta Laura mah "Mana ujan gak ada ojek ... becek, becek." Tenang-tenang, sekarang sudah ada pasar-pasar moderen kok, lebih tertata dan tidak perlu becek-becekan lagi.

12/08/2015

Koala Kumal Karya Raditya Dika


Judul                       : Koala Kumal
Penulis                    : Raditya Dika
Editor                      : Windy Ariestanty
Penerbit                  : Gagas Media
Tahun terbit           : 2015, Cetakan kesembilan
ISBN                        : 979-780-769-X
Jumlah Halaman  : x + 250 hlm

Sinopsis / Blurb   :

Selain main perang-perangan, gue, Dodo dan Bahri juga suka berjemur di atas mobil tua warna merah yang sering diparkir di pinggir sungai samping kompleks. Formasinya selalu sama : Bahri dan gue tiduran di atas kap mobil, sedangkan Dodo, seperti biasa, agak terbuang, di atas bagasi.


Kadang kami tiduran selama setengah jam. Kadang, kalau cuaca lagi sangat terik, bisa sampai dua jam. Kalau cuacanya lagi sejuk dan tidak terlalu terik, kami biasanya sama-sama menatap ke arah matahari, memandangi langit sambil tiduran. Kalau sudah begini, Bahri menaruh kedua tangannya di belakang kepala, sambil tiduran dia berkata, 'Rasanya kayak di Miami, ya?' 'Iya,' jawab gue. 'Iya' jawab Dodo. Kami bertiga gak ada yang pernah ke Miami.


Koala Kumal adalah buku komedi yang menceritakan pengalaman Raditya Dika dari mulai jurit malam SMP yang berakhir dengan kekacauan sampai bertemu perempuan yang mahir bermain tombak. Seluruh cerita di dalamnya berasal dari kisah nyata.


12/07/2015

Berawal Dari Sebuah Rasa Penasaran

http:ligabloggerindonesia.blogspot.co.id

Liga Blogger Indonesia atau disingkat LBI ini pertama kali saya ketahui bulan lalu. Seseorang membagikan URL blog LBI pada salah satu komunitas blogger di mana saya baru saja bergabung menjadi salah satu anggotanya. Untuk saya yang pemula dalam hal ngeblog tentu saja tertarik untuk mengunjungi lamannya. Akhirnya saya membaca laman "Tentang LBI," dan mendapatkan jawaban atas rasa penasaran saya.

LBI sudah ada sejak tahun 2012 tetapi kompetisinya dimulai 2013 kemudian berlanjut ke tahun-tahun berikutnya dan tahun depan memasuki musim ke-4. Membuktikan kalau saya memang kudet, Yup baru tertarik belajar ngeblog beneran dua bulan lalu. Isi postingannya pun baru curhat-curhat dan postingan untuk mengikuti giveaway dari blogger lain yang sudah lama malang melintang di dunia perbloggeran.

Begitu membaca persyaratan LBI yang memudahkan saya sebagai pemula untuk bergabung, saya pun tertarik untuk mencobanya. Mengisi form dan kemudian tibalah pada babak kualifikasi sekarang ini. Pesertanya ada 85 blogger, dan dibagi menjadi 3 grup. Banyak sekali bukan dan nantinya hanya akan dipilih 10 blogger dari setiap grup. Saya sendiri termasuk ke dalam grup B di mana hanya ada satu blogger yang baru saya kenal namanya "Mba Siethi Nurjanah," kebetulan bulan lalu saya mengikuti giveaway-nya. Sementara 27 orang lainnya saya belum mengenalnya sama sekali. Di antara 28 orang blogger ini banyak blogger yang sudah handal dan bahkan salah satunya menjuarai LBI tahun 2013. Ngeri-ngeri gimana gitu tapi berusaha optimis.

Kenapa saya mengikuti LBI?
Alasan serta tujuan pertama adalah menuntaskan rasa penasaran saya seputar Liga Blogger Indonesia ini. Sementara alasan lainnya sama persis dengan apa yang tertulis dalam artikel yang diposting LBI. Sebagai blogger pemula saya ingin mendapatkan pengalaman baru yang menantang sekaligus mengembangkan blog untuk menjadi lebih baik lagi, seperti tantangan mengerjakan postingan dengan tema dalam jangka waktu tertentu. Kemudian menumbuhkan semangat blogging dan mendapatkan teman baru.

Harapannya dengan mengikuti ajang ini semoga saya bisa lebih baik dan disiplin lagi untuk mengupdate blog. Dan mendapatkan pengalaman serta ilmu baru saat membuat postingan sesuai tema yang telah ditentukan. Harapan lainnya semoga saya bisa lolos ke babak selanjutnya *benar-benar berharap ini mah.

Hadiahnya apa? Untuk saya pribadi yang masih baru dalam hal ngeblog, diijinkan untuk mengikuti ajang ini saja sudah merupakan hadiah. Kemudian mendapatkan teman-teman baru serta pengalaman-pengalaman barupun merupakan hadiah yang sangat besar. Apalagi jika berkesempatan melaju ke babak selanjutnya, itupun merupakan hadiah yang besar. Sementara hadiah lainnya berupa plakat, uang ataupun gadget menurut saya adalah bonus tambahan.

Harapan Untuk LBI. Semoga ajang ini terus berlanjut sampai tahun-tahun berikutnya dan meraih kesuksesan yang sama bahkan lebih dari musim-musim sebelumnya. Semoga LBI 2016 berjalan dengan lancar dan sukses. 

Saran untuk penyelenggara LBI. Semoga ke depannya blog LBI mempunyai domain .com agar terlihat lebih professional dan lebih banyak lagi yang tertarik untuk mengikuti ajang ini. Kemudian melakukan lebih banyak lagi promosi tentang ajang ini di berbagai media sosial dan menggaet sponsor / donasi dengan cara yang lebih menarik.

Dan sebagai penutup, saya ingin mengucapkan terima kasih karena sudah diijinkan bergabung dalam ajang ini dan mengikuti babak kualifikasi. 

12/02/2015

Ketika Modem Terserang Demam


Pertama kali mengenal alat bernama modem itu sekitar tahun 2009, saat dibelikan seperangkat komputer oleh mama. Mereknya vodafone, jaringannya GSM dan dibelikan oleh kakak. Harganya masih cukup mahal saat itu, sekitar Rp. 850.000,- Kartunya memakai indosat im2, paketnya seharga Rp. 150.000.- Koneksinya lumayan cepat tapi jaringan kurang stabil. Maklum tinggal di pedesaan.