13 Jan 2016

Tren Blogger Indonesia 2016

tren blogger Indonesia 2016

11 Januari 2016, babak duel pekan pertama LBI 2016 dimulai dan postingan bertemanya tentang : Tren Blogger Indonesia 2016. Tema yang membuatku duduk dipojokan dan ingin lambaikan tangan ke kamera. Tapi masa iya harus kalah sebelum perang? Masa belum dicoba udah nyerah duluan? Malu sama kucing meong, meong, meong.

Perkembangan internet dari waktu ke waktu semakin pesat. Informasi apa pun kini bisa didapatkan dengan mudah kapan saja dan di mana saja hanya dengan sekali klik. Bukan hanya informasi, bahkan kebutuhan sehari-hari bisa didapatkan dengan mudah dan harga yang lebih murah dengan hadirnya toko online. Selain itu, media sosial pun semakin beragam. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Path, Google + yang memudahkan blogger untuk berbagi dan tentunya mampu meningkatkan popularitas blognya.

tren blogger Indonesia

Dengan perkembangan internet yang semakin pesat, didukung jaringan internet terbaru 4G LTE serta gadget terbaru tentu saja kegiatan blogging menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Apalagi dengan semakin banyaknya komunitas-komunitas blogger, tentu sangat membantu bagi pemula sepertiku untuk sedikit demi sedikit belajar blogging dengan benar dari blogger-blogger berpengalaman.

Melalui komunitas blogger, pemerintah dan perusahaan-perusahaan besar mengundang beberapa blogger perwakilan komunitas untuk menghadiri event-event yang diselenggarakan. Mulai dari launching produk terbaru sampai akhirnya melakukan promosi di blog serta sosial media masing-masing. Ada beberapa perusahaan yang memberi syarat blogger yang hadir dalam event mereka harus blogger yang menggunakan top level domain.

Selain syarat hadir dalam beberapa event, beberapa penyelenggara lomba blog pun memberikan syarat yang sama untuk pesertanya. Jadi aku menarik kesimpulan, tahun ini yang menjadi salah satu tren blogger adalah mengupgrade blog gratisan menjadi top level domain. Tentu saja nantinya harus ditunjang dengan konten berkualitas yang penuh kreatifitas tanpa batas agar pengunjung blog semakin meningkat. Dengan begitu rezeki pun akan mulai berdatangan.
Perkembangan internet pun berpengaruh pada platform blog yang semakin beragam, mulai dari blogspot, wordpress, tumblr, blogdetik, kompasiana, bahkan facebook notes. Sayangnya fitur dari facebook notes masih terbatas, belum lengkap seperti platform blog pendahulunya.

Blogger itu ada banyak macamnya, dari mulai blogger personal yang suka curhat dan lain-lain sampai blogger-blogger bertema khusus yang membahas seputar jalan-jalan (tempat wisata), makanan, teknologi, kesehatan, fashion, kecantikan, gaya hidup, review buku sampai pola asuh anak.

Selain daripada tren pindah dari fasilitas domain gratisan ke top level domain, prediksiku yang akan menjadi tren blogger 2016 adalah semakin populernya travel blogger, food blogger, lifestyle blogger, fashion blogger. Apalagi beberapa waktu lalu salah satu fashion blogger ternama beberapa kali tampil di layar kaca. Siapa hayo? Yang nonton tivi pasti tau. Fashionnya unik, orangnya cantik, dan punya bisnis sepatu. Fashion blogger ini juga setia dengan fasilitas domain gratisnya. Nah rezeki mah nggak pernah ketuker ... bisa datang dari mana saja kan? sekalipun domainnya masih gratisan. Jadi masih mau upgrade ke top level domain nggak? *nanya diri sendiri.

Tidak hanya tren travel blogger, food blogger, lifestyle blogger, dan fashion blogger sepertinya tahun ini beauty blogger, parenting blogger dan blogger buku akan turut serta meramaikan tren blogger Indonesia 2016. Seiring dengan banyaknya perusahaan produk kecantikan yang mengandeng beauty blogger dalam mereview produknya (setuju dengan prediksi mahmud Nunik K R). Kemudian penulis baru maupun berpengalaman yang memperkenalkan bukunya melalui program blog tour (setuju dengan prediksi Umi Marfa) dan banyaknya emak kece berpengalaman serta mamah muda yang memberikan pengetahuan seputar pola asuh anaknya.

Jadi kamu mau pilih tren yang mana? Aku sih masuknya personal blogger yang tulisannya gado-gado. Kualitas artikelnya masih biasa saja bahkan banyak yang di bawah standar, kebanyakannya curhat. Masih dalam proses menemukan gaya penulisan yang original. Masih belajar sambil berjalan, mungkin kelak berjodoh dengan salah satu tren yang sesuai dengan passion dan kepribadian. Atau bisa jadi tetap bertahan sebagai personal blogger. 

Ini cuma prediksi lho, jadi jangan terlalu dianggap serius ya.

47 comments

  1. Bagi saya personal blogger dan lifestyle blogger sama karena itu yang saya jalani... hehehe...

    @amma_chemist

    ReplyDelete
  2. Kalo saya sih belum ada niat mengikuti trend yang ada karena saya hanya #mengakublogger

    @masirwindotcom

    ReplyDelete
    Replies
    1. calon judul film baru "Mengaku Blogger" hehehe

      Delete
  3. Hidup gadooo-gadoo...
    :D

    @ahliahcitra

    ReplyDelete
  4. Kalau saya gado-gado aja deh tapi menunya overgreen content. Mau tau apa iti overgreen content gan, simak ulasannya nanti di blog ku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau dong. Siap, nanti mampir ke sana biar ilmuku bertambah :)

      Delete
    2. Sip udah selesai mbak, silahkan mampir di blog terkait evergreen content

      Delete
  5. Gado-gado tapi tetep rame. Aamiin :)

    ReplyDelete
  6. Blog ku masih gado gado full :-D

    ReplyDelete
  7. Blog gado-gado tapi yang berkarakter.. :)

    ReplyDelete
  8. Tetep review produk bakalan merajalela...

    @kening_lebar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, perusahaan butuh media promosi dan blogger bisa mendapatkan produknya secara gratis juga uang dari hasil reviewnya. Baik job review ataupun menang lomba review. Kecuali reviewnya sukarela, nggak dapet apa-apa kan? tapi memberi manfaat kepada perusahaan pembuat produk dan pengetahuan kepada orang lain.

      Delete
  9. Aku personal blogger yang gado-gado aja gimana?

    ReplyDelete
  10. Saya juga masih menjalankan Blog Personal dengan tulisan yang gado..gado.. Yang penting belajar konsisten dulu,, kedepannya blogger semakin kece..:)

    ReplyDelete
  11. gratisan juga ga papa mbak. ada juga kok yang berjaya dengan blog gratisan. tapi mereka memang all-out dalam mengelola blog.

    blog gado-gado asyik lho. bisa ikut macem-macem lomba. hehe

    @diahdwiarti

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mba, bisa ikutan lomba tema apa aja ya hehe

      Delete
  12. Sama masih blog gado-gado, menulis mengikuti passion dan apa yg disukai itu lebih nyaman yg pernting tetap update & perbaiki content :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih aku mah apa atuh masih jarang update hehehe

      Delete
  13. Btw, Mbak.. Ilustrasi gambarnya keren.. Bisa gambar sendiri gitu.. #GalFoks :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaak jadi malu. Masih hancur gitu ilustrasinya. Masih belajar gambar :D

      Delete
  14. Hahaha aku juga masih blog gado-gado, isi blog nya masih rada absurd. Random banget wkwk xD

    Keep blogging \:D/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pa-pa random dan absurd, yang penting nulisnya hepi :D

      Delete
  15. Saya juga personal blogger, padahal pengen banget jadi beauty blogger atau fashion blogger, tapi pribadi aja nggak mencerminkan itu hikss.. @rin_mizsipoel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa tahu ke depannya bisa mba :) semangat!!

      Delete
  16. salam dari sesama personal blogger gado-gado :D
    @aleksdejavu

    ReplyDelete
  17. ha, itu dia mau jadi blogger yang bagaimana ya di 2016, aku pun bingung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dikin bingung, di jalanin dulu aja. Siapa tahu sambil jalan nemu mau jadi blogger yang seperti apa :)

      Delete
  18. aku masih dengan blog campur-campurku hehhehee..

    ReplyDelete
  19. Karena gado-gado enak, kuputuskan blogku juga gado-gado...mueheheh

    @onlykharisma

    ReplyDelete
  20. travel blogger donk, tapi ya tetap aja di campur adukan dengan dan lain lain (curhat misalnya :D)

    @iniyuha

    ReplyDelete
  21. aku juga masih blog gado-gado kakak. gpplah, yg pnting happy nulisinnya :))
    iih pengn bngt tukar domain jadi TLD haha #curcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, yang penting happy *kayak judul lagu :)
      sama, aku juga pengen

      Delete
    2. Hhahah lagu emang kebnyakan diambil dari kehidupan XD

      Delete
  22. hm banyak ya prediksinya
    maaf baru baca twitternya hehe jadi mampir deh, tulisannya bagus.

    gado=gado? sama dong? ehehehe

    @guru5seni8

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mampir mba :) asyik samaan :)

      Delete
  23. Resolusi 2016...
    Dotcom... hehehe

    @witri_nduz

    ReplyDelete
  24. kalau aku personal blog aja kayaknya

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon