12 Feb 2016

Membuat Animated Gif, Photoscape

Aku mengenal aplikasi Photoscape ini sejak kenal Apri. Yup, dia mah Photoshop aja jago ding. Photoscape ini aplikasi edit photo yang mudah menurutku. Dan selain untuk edit photo, aplikasi ini mempunyai kegunaan lain, salah satunya membuat slide photo atau photo bergerak formatnya Gif. Aku masih menggunakan versi v 3.62 entah sekarang terbaru versi berapa. Belum sempat update karena kuota tipis.

Langkah pertama kita buka aplikasi photoscapenya, kemudian akan menampilkan tampilan seperti di bawah ini, kemudian pilih animated Gif, cukup klik satu kali.

membuat animated gif photoscape

Selanjutnya klik add untuk memasukkan foto-foto yang diinginkan.


Tapi kalau ingin lebih mudah kita langsung drag drop saja foto-foto yang sudah kita pilih dari folder tertentu. Bisa sebanyak-banyaknya. Kalau bisa format landscape semua atau potrait semua supaya enak dipandang.


Foto-foto yang dipilih akan mulai bergerak dengan cepat, kurang dari 60 detik, 0,60 sec.


Untuk mengubah kecepatan pilih change time di layar sebelah kanan. masukkan misalnya 80, atau 100. Bisa semua frame bisa per-frame kecepatannya berbeda. klik ok.
 

Selain kecepatan kita juga bisa mengatur ukuran gambarnya. Paling kecil rationya 10% paling besar 333 % . Semakin besar prosesnya menyimpannya semakin lama.


Jika sudah selesai langsung klik save, tunggu sampai proses convertingnya selesai dan muncul tampilan save dengan ukuran sekian. klik ok.


Di layar sebelah kanan pun tersedia effect yang bisa dipilih selain effect bawaan. Di antaranya effect gulir ke kiri dan layar hitam setiap kalian pergantian photo. Tapi jika menggunakan effect selain effect bawaan, ukuran filenya pun akan bertambah besar.

Berikut ini tampilannya.


Effect gulir ke kiri.


Effect jeda berwarna hitam.

Mudah bukan menggunakan aplikasi ini? Selamat mencoba.

9 comments

  1. Kucingnya lucu... Mirip kucing saya, hihi.

    ReplyDelete
  2. Yeay! Aaaa... Kucingnya lucuuuu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba kucingnya lucu, sayang udah nggak ada huhuhu

      Delete
  3. Ooh..ya ampun udah lama punya photoscape baru kali ini tau info dan fitur2nya.Noted, thanks your post

    @siethi_nurjanah

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo dipakai lagi photoscapenya mba Sie-thi :) you're welcome

      Delete
  4. kucingnya motif batik. saya pingin punya yg kayak gitu.

    ReplyDelete
  5. kuciiiing~~ <3 aih aku make photoscape dari jaman kapan tapi ga pernah bisa buat GIF lho hahaha makasih ya postingannya,pingin coba buat kapan-kapan ^^

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon