Jajanan Enak Murah Meriah

No Comments

Photo of author

By Gemaulani

Aku adalah seseorang yang kurang suka makan tapi doyan jajan, udah gitu timbangannya gampang naik dan jelas bikin panik. Sekuat tenaga menahan diri supaya nggak lirik pedagang kaki lima, tetep aja nggak bisa kalau ketemu sama lima makanan ini. Terlanjur udah pas di lidah, bikin kenyang dan pas di kantong. Walaupun dua dari lima makanan ini hanya bisa dibeli kalau pergi ke daerah jalan raya. Dan suka lupa untuk memfoto jajanannya.



1. SEBLAK BASAH

jajanan enak murah meriah
sumber gambar : http://resepmasakanpedia.com/wp-content/uploads/2015/01/seblak-basah.jpg

Jajanan kaki lima berbahan dasar kerupuk merah mentah yang direndam dalam air panas terlebih dahulu sebelum dicampur dengan bumbu dan bahan-bahan lainnya. Rasanya gurih, pedas. Bisa ditambahkan telur, brokoli, jamur, bakso, sosis. Harganya berkisar antara Rp. 3.000,- sampai Rp.10.000,- untuk yang spesial. Sebenarnya bisa dibuat sendiri di rumah. Tapi yang dibeli di tempat langganan rasanya tetap lebih enak. Mungkin ada rahasianya. Dan seblak basah yang tak terlupakan adalah seblak basah dengan toping brokoli di depan Puskesmas Sarijadi, Bandung yang buka dari pukul 17.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB itupun kalau belum habis.

2. BANDROS

bandros jajanan murah enak
sumber gambar : http://www.pariwisatabandung.info/
Jajanan kaki lima berbahan dasar tepung terigu dan parutan kelapa, rasanya gurih. Biasanya di cocol saus atau ditaburi gula pasir. Tapi aku lebih suka yang dicocol saus. Harga satuan biasanya Rp. 500,- Ada juga pedagang yang menjualnya percetakan (per-enam potong) dengan harga Rp. 4.000 – 5.000,- Penjualnya sering berkeliling. Kalau di daerah Sarijadi ada di depan Puskesmas Sarijadi sekitar pukul 10.00 WIB atau di dekat lampu merah Geger Kalong pukul 07.30 WIB.
3. CILOK
cilok setiabudhi
 Cilok kukus, sumber : http://baksoguide.blogspot.co.id/2016/03/bakso-cilok-goreng-setiabudi-cilok.html
Cilok yang katanya singkatan dari aci dicolok ini adalah jajanan kaki lima terfavoritku di urutan ketiga. Teksturnya kenyal dan lembut. Paduan antara cilok dan bumbu kacangnya melumer di mulut. Gurih dan ada sedikit rasa manisnya. Harga satuannya Rp. 500,- Tapi di jalan Setiabudi Bandung, depan Borma ada yang namanya Cilok Goreng. Sekali coba dijamin ketagihan. Harganya Rp. 1.000,- pertusuk. Bisa pakai bumbu kacang atau bumbu kering seperti bumbu cimol.
cilok goreng jajanan enak murah meriah 
4. TAHU HOT JELETOT
jajanan murah enak hot jeletot
 sumber gambar : http://resepmasakanalternatif.blogspot.co.id/2013/07/resep-gehu-pedas-goreng-renyah.html

Tahu berbalut tepung terigu yang di goreng dengan isian berupa sayuran yang dicampur cabe rawit. Harganya mulai dari Rp. 1.500 – 2.000,- per-potong. Bisa dijumpai di mana-mana. Di depan Alfamart dan Indomaret biasanya ada.
5. ES POTONG
es potong jajanan enak murah
 gambar milik pribadi
Kalau panas terik menyinari di siang hari enaknya nyari yang seger-seger. Nah biasanya aku nyari tukang es potong. Paling suka rasa alpukat. Satu potongan kecilnya Rp. 1.000,- tapi kalau nggak mau di potong juga nggak pa-pa, harganya Rp. 2.000,-  tapi megangnya ribet … kepanjangan. Biasanya lewat di depan rumah.
“Tulisan ini diikutsertakan dalam Advencious dan JengSriFirst Giveaway”

Leave a Comment