8 Jun 2016

Cara Sehat Datang Bulan, Kiranti

Kali ini aku mau bahas soal cara sehat datang bulan. Soalnya aku kalau haid suka gampang emosian, perutnya terasa sakit/kram dan males ngapa-ngapain apalagi olahraga. Bawaannya cuma pengen tengkurep di kasur. Hayo siapa yang sama kayak aku. Udah deh ngaku aja pasti ada yang sama kek aku #maksa. Soalnya menurut survei yang dilakukan oleh Frontier menyatakan bahwa  62,7% dari wanita Indonesia mengalami nyeri yang mengganggu pada saat menstruasi dan menjadi kendala bagi wanita dalam beraktivitas

yoga with emak2blogger

Mau tahu kenapa saat menstruasi kita mengalami hal-hal itu.Itu dikarenakan pada saat menstruasi biasanya diawali dengan pelepasan hormon prostaglandin oleh tubuh yang merangsang kontraksi otot rahim dan kemudian menyebabkan terjadinya peluruhan lapisan dinding rahim. Selama proses ini muncul berbagai efek pada tubuh wanita seperti: rasa nyeri/kram dan keputihan. Sedangkan menurunnya kadar hormon estrogen dan progesteron selama menstruasi,juga mempengaruhi kondisi psikis yang ditandai dengan berubah-rubahnya mood atau mood swing.

Baca Juga : Menstruasi? Gunakan Pad i-Free

Untuk meredam rasa nyeri itu biasanya aku minum Kiranti. Kiranti adalah minuman sehat wanita yang terbukti berkhasiat mengatasi masalah wanita dan memelihara kesehatan wanita sejak tahun 1994. Kiranti terbuat dari 100% bahan-bahan alami pilihan seperti, kunyit, asam jawa, jahe, kayu manis, dan gula jawa. Dalam proses produksinya, Kiranti menggunakan teknologi modern untuk menjaga higienisitas dan keamanan produknya. Udah 22 tahun lho menemani dan dipercaya wanita Indonesia.
yoga datang bulan kiranti

Di usianya yang beda setahun sama aku, Kiranti meluncurkan kampanye ‘Stay Fresh and Healthy with Kiranti’, supaya wanita Indonesia tidak menjadikan menstruasi sebagai halangan dan tetap segar dalam menjalani aktivitas hariannya, yaitu dengan kembali kepada bahan-bahan alami dan rutin melakukan yoga. Soalnya, Yoga ini adalah salah satu olahraga yang tak hanya bisa dilakukan saat mestruasi, tapi juga bisa menjaga kekebalan tubuh dan mencegah anyang-anyangan jika dilakukan secara teratur.

Yoga In The Air With Kiranti


Rooftop Paris Van Java Mall Bandung, 04 Juni 2016 pukul 07.00 WIB. Dan ini adalah pengalaman yoga pertamaku. Ngoahaha. Ketahuan deh baru pertama kali yoga. Semua peserta yoganya kompak pake dresscode kuning dari Kiranti. Dipandu oleh instruktur yoga berpengalaman yang telah mengajar lebih dari 10 tahun, teh Yenny Christine. Dalam acara Yoga In The Air ini, teh Yenny mengajarkan gerakan-gerakan yoga sederhana untuk mengatasi rasa nyeri saat datang bulan.

gerakan yoga saat haid
Salah satu gerakan yoganya, doc. Kiranti

Salah satu gerakan yoga pencegah nyeri haid yang bisa dilakukan yaitu Janu Sirsasana (head to knee pose). Gerakan yoga ini dimulai dengan posisi awal duduk dengan satu kaki lurus ke depan dan kaki yang satunya dilipat menyentuh paha kaki sebelahnya. Kemudian, sentuh bagian kaki yang diluruskan ke depan dengan menggunakan tangan dan kepala hingga menyentuh lutut. Setelah itu, ulangi gerakan tadi pada kaki sebelahnya.

gerakan yoga saat menstruasi
gerakan-gerakan lainnya, sumber : IG @DiaryKiranti

Kata teh Yenny, setiap gerakan yoga memiliki efek terapis yang berfungsi untuk memperlancar peredaran darah di seluruh tubuh. Selain fokus pada postur tubuh, yoga juga mampu menenangkan pikiran dan membuat kita masuk kepada fresh moment, dimana emosi kembali dapat teratur. Nah, mulai sekarang kalau lagi datang bulan jangan males-malesan ya, tapi harus tetap berolahraga, salah satu pilihannya yoga ini karena sehat tak bisa dibeli. Udah gitu olahraga kan bisa menjaga berat bada juga. Pengingat banget buat aku yang malas gerak dan juga punya bobot berlebih.

Talk Show dan Review Kiranti Orange


Setelah selesai ber-yoga ria, ada sesi talk shownya juga lho bareng teh Yenny, pak Michael Bliss selaku Public relations OT dan pak Donny selaku Managing Director Kiranti. Pak Michael menjelaskan bahwa Kiranti telah mendapatkan sertifikasi CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik dan Benar) dan Obat Herbal Terstandar (OHT). Dengan adanya sertifikasi OHT, berarti Kiranti telah melalui uji pra klinis dan bahan baku serta proses produksinya telah distandarisasi dan terbukti higienis. Sertifikasi ini tentu membuktikan bahwa Kiranti adalah pilihan yang sehat dan aman untuk mengurangi masalah-masalah menstruasi. Untuk mendapatkan khasiatnya, Kiranti Sehat Datang Bulan sangat dianjurkan untuk diminum 3 hari sebelum, saat menstruasi dan 3 hari setelahnya.

talkshow kiranti bandung
ki-ka: MC, Public Relations OT Michael Bliss, instruktur yoga Yenny Christine, dan Managing Director Kiranti Donny. doc, Kiranti
Dari talk show ini, aku jadi tahu kalau Kiranti ini aman juga lho untuk di minum kaum pria.Kiranti juga meluncurkan Kiranti Sehat Datang Bulan Plus Juice. Berbeda dengan Kiranti Sehat Datang Bulan Original yang mengunakan air mineral sebagai pelarut bahan alami, Kiranti yang varian ini menggunakan satu buah jeruk asli sehingga memiliki rasa yang segar, tidak pahit, dan lebih dapat diterima kalangan yang tidak suka rasa jamu Setelah aku cobain sendiri kiranti orange ini, rasanya asli enak, enggak kerasa jamunya dan segar. Selain itu, aku meminumnya beberapa hari sebelum haid, dan saat haid jadi enggak ada drama nyeri berlebihan lagi deh. Seneng banget.

sehat datang bulan
Asli seger dan nggak pahit

Saat ini, Kiranti tersedia dalam 3 varian yaitu, Kiranti Sehat Datang Bulan Original dan Kiranti Sehat Datang Bulan Plus Juice (berfungsi untuk membantu melancarkan haid dan mengatasi berbagai keluhan haid), serta Kiranti Pegal Linu (aman diminum kapan saja dan berfungsi untuk membantu mengatasi pegal linu, keletihan, meringankan sakit pada persendian serta menghangatkan tubuh).


Baca Juga : Rindu Mata Pelajaran Olahraga 

Selain Yoga In The Air dan Talk show, acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada satu orang yang bisa menjawab pertanyaan, pemenang foto dari twitter dan instagram. Kemudian penarikan doorprize, dan cover dance. Seneng banget aku dapet doorprize, biasanya enggak pernah beruntung. Terima kasih Kiranti, aku triple happy nya. Acarapun ditutup dengan pelepasan balon dan melakukan toast Kiranti.

sehat datang bulan toast kiranti
Doc. Kiranti
Nah sekarang udah tahu kan kalau lagi datang bulan itu harus ngapain biar nggak gampang emosi dan nggak kerasa nyeri. Iyes, minum Kiranti dan melakukan yoga. Stay Fresh and Healthy with Kiranti, Menstruasi jadi no worry lagi deh

10 comments

  1. Ini juga pertama kalinya aku nyoba yoga... Ternyata fun juga ya, dan banyak manfaatnya. Kiranti baru nyoba yang plus juice jeruk, seger juga yaa :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu teh hehe. Iya yoganya seru. Yg orange juice emang segeer gak kerasa pait jamunya

      Delete
  2. Yeay dapet voucher, ayo belanja #eh
    Asik ya tau gerakan yoga ini jadi tau yang harus dilakukan saat datang bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo #eeh
      Iya teh, jadi kalau datang bulan bisa dipraktekkin gerakannya hihi

      Delete
  3. aahhh haloo gilang,ketemu lagi di sini..

    Seru ya yoganya, bikin kita selalu fresh meskilagi menstruasi dateng,soga usah khawatir kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ada teh nchie, selamat datang teh :)

      Iya teh, jadi pengen lagi hehe. Iyes nggak usah khawatir lagi deh sekarang kalo mens

      Delete
  4. Gilaaang, tenang aja. Ada temen kok yang baru pertama kali Yoga, aku huehehe... Duh beneran, Kiranti itu bikin nyaman body selama mens. Keasikan ikutna yoga bikin aku juga lupa istilah-sitilah yang dikasih Teh Yenni kecuali Janu Sirsasana itu. Enakeun meski rasanya otot tubuh kayak ketarik-tarik gitu, ya. Yoga lagiii yuk!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe toss dulu teh :)
      Iya, dan sekarang tambah nyaman karena tau beberapa gerakan untuk mengurangi rasa nyeri lewat yoga hihi. Iya teh enakeun. Hayuu teh yoga lagi hehe

      Delete
  5. Hahah Mari Tos kiranti yeeeyyyyy

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon