21 Mar 2017

Apa Itu Menulis Kreatif?

Tantangan LBI pekan sebelas ini menurutku berat. Berat karena topiknya menulis kreatif dan harus membuat video. Selain kamera ponsel yang kurang mendukung, aku nggak bisa editing video, dan anaknya suka gugup kalau disuruh ngomong lewat video. Tadinya kepikiran membuat video stop motion aja, tapi karena satu dan lain hal, jadinya begini saja. Oh ya, maafkan ekspresi dan nada bicara yang nggak bisa dikondisikan ini karena belasan kali gagal ambil video. Salah sendiri sih nggak ditulis dulu apa yang mau diucapkan.



Menulis. Menurutku semua orang bisa menulis. Tapi ada yang secara spontan, ada juga yang memakai teknik-teknik tertentu untuk mencapai suatu tujuan. Semacam agar disukai orang lain. Secara spontan itu misalnya ketika update status. Ya, kita hanya sekedar menuliskan apa yang dirasakan saat itu. Terserah orang lain mau suka atau nggak. Seperti aku update blog, isinya cuma curhat seperti ini. Jadi pengunjungnya dikit deh. Kalau yang memakai teknik-teknik itu semacam menulis cerpen, novel, artikel, blogger profesional yang memakai teknik SEO dan lain sebagainya.

Sementara menulis kreatif, nggak semua orang bisa atau mampu melakukannya. Karena menulis kreatif itu butuh imajinasi, daya cipta tinggi dan tentu saja kreatif, berbeda dari yang lain. Bisa mengambil tema yang out of the box. Selain itu, kalaupun mengambil tema yang biasa, yang sudah sering ditulis orang lain. Dia bisa mengolahnya menjadi berbeda, menarik, nggak membosankan dibaca sampai akhir.

Kalau penulis itu macam Raditya Dika. Sebenarnya kan temanya udah biasa, lazim ditulis. Tapi karena bang Radit mampu mengolahnya menjadi unik. Lucu, menghibur tapi ada sisi inspiratifnya. Masih banyak sih penulis lain yang tulisannya kreatif, punya ciri khasnya sendiri.

Maafkan blogpost yang nggak kreatif ini.

10 comments

  1. Diriku aja yang udah nulis script, tetep aja hasilnya kacau di kamera. Haha...

    ReplyDelete
  2. Cerita yg endingnya tak tertebak, menurutku itu salah satu tulisan kreatif yg kereeeeen, penulisnya sukses menyajikan cerita dengan misterius secara smooth

    ReplyDelete
  3. Keren Mba, diawal gpp lah. Kan nanti kedepannya bisa diperbaiki. Salam kenal ya..

    Bermanfaat nih :)

    ReplyDelete
  4. Saya termasuk yang gemar menulis spontan itu :-)
    Bagus video dan sharing nya. Semangat. @ge1212y

    ReplyDelete
  5. Aku gabisaaa ngomong depan kameraaaa :( Matanya kemana mana hahaha

    ReplyDelete
  6. Bagus kok Mbak Gilang videonya. Karena sama dengan menulis, saat ngomong di depan kamera pun kalau isinya berasal dari pikiran sendiri hasilnya bakal bagus. Menurut aku ya ...

    ReplyDelete
  7. Bagus kok Mbak Gilang videonya. Karena sama dengan menulis, saat ngomong di depan kamera pun kalau isinya berasal dari pikiran sendiri hasilnya bakal bagus. Menurut aku ya ...

    ReplyDelete
  8. Bagus kok Mbak videonya. Isinya berdasarkan pemikiran sendiri.

    ReplyDelete
  9. Kreatif ko Gil, semangat menulis kreatif^^

    ReplyDelete
  10. Huaaahh, aku pengen ikut tantangan kayak gini, tapi aku engga pernah join LBI ._.'

    Aku bisa menulis spontan, tapi seringkali engga puas sama hasil tulisan tersebut. Huhu

    Aku play videonya, hihi. Jadi pengen ngomong depan kamera kayak gitu, tapi gabisa. Gak pede:')

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon