6/30/2017

SWEET 20 VS MISS GRANNY

Antara satu ibu dengan ibu lainnya pasti punya cara mendidik yang berbeda. Tapi, kepahitan yang dialami di masa lalu saat berjuang untuk membesarkan anaknya seorang diri hingga sang anak menjadi orang sukses, pasti membuat sebagian besar ibu merasa didikannya lah yang paling benar. Itu juga yang terjadi di Sweet 20. 


Nenek Fatma yang berusia 70 tahunan selalu cerewet dan mendikte menantunya. Kalau masak ini harus begini, kalau mendidik anak itu harus begitu yang akhirnya membuat menantunya nggak nyaman dan sering tertekan hingga masuk rumah sakit. Selain itu nenek Fatma itu nenek berjiwa preman.

Dari sanalah ceritanya dimulai, menantunya nggak pengin nenek Fatma ada di ruang rawatnya. Terus saat pulang ke rumah, anaknya dan kedua cucunya sedang berdiskusi tentang memasukan nenek Fatma ke Panti Jompo. Juna jelas menolak (iyalah, yang selama ini mendukung dia untuk terus ngeband kan neneknya). Sementara anaknya, Aditya (bingung). Nenek Fatma yang mendengar itupun merasa sedih. Padahal sebelumnya udah membangga-banggakan anaknya yang dosen itu pada para manula yang setiap hari belajar menari bersama. Termasuk pada nenek Rahayu ( yang centil dan rempong, gila Widyawati yang biasanya kalem jadi nenek-nenek centil muahaha). Bahwa anaknya nggak mungkin tega memasukannya ke Panti Jompo.

Nenek Fatma yang sedih pun pergi jalan-jalan, hingga menemukan studio foto yang klasik. Di sana, dia berniat membuat foto untuk kenang-kenangan. Dia bilang ke tukang fotonya kalau dia kepengin terlihat cantik dan muda seperti artis idolanya Mieke Wijaya. Eh si kakek tukang foto pun bilang, dia akan membuat nenek Fatma terlihat 50 tahun lebih muda, yang dianggap nenek Fatma sebagai guyonan untuk menghibur dirinya. Cekrek, nenek Fatma nggak sadar kalau dirinya sudah berubah. Jadi gadis berusia 20 tahunan. Dan begitu sadar dia mengaku sebagai Mieke. Walau awalnya sempat bingung dan panik, akhirnya nenek Fatma happy jadi Mieke. Karena bisa mewujudkan mimpinya, juga cucunya.

Endingnya ... aku nangis, salut sama keputusan yang diambil nenek Fatma.

Film komedi romantis, adaptasi dari film korea Miss Granny ini menurutku, yang buta soal dunia perfilman, cocok ditayangkan saat lebaran. Karena apa? Karena bisa ketawa berjamaah. Dan cocok untuk semua umur.


Yang membuat film ini lucu itu jelas perubahan nenek Fatma (Niniek L Karim) jadi Tatjana Saphira. Bayangin aja saat dia lari mengejar bus. Yang lari emang Tatjana Saphira, tapi yang terlintas di kepala ya itu masih Niniek L Karim. Dan kegiatan-kegiatan lainnya yang dilakukan pun jadi kocak abis. Bayangkan, dua anak muda, seorang produser televisi (Alan) dan Juna, cucunya, naksir nenek-nenek 70 tahun yang kebetulan berkesempatan kembali ke usia 20. Keren lah itu Tatjana gerak-geriknya sama intonasi suara bisa mirip Niniek L Karim.

Selain bayangan nenek Fatma, pemilihan pemeran pendukungnya pun pas #menurutaku. Dari mulai Lukman Sardi, Slamet Rahardjo, Cut Mini, Alexa Key, Morgan Oey, Tika Panggabean, Ardit Erwanda, Widyawati, dkk. Terus cameo macem Vicky Nitinegoro, Febby Rastanti, Karina Nadila, dkk. Ada yang ganjel sih satu, Kevin Julio (Juno). Lha iya, agak gagal paham waktu nenek Fatma bilang Juno tambah kurus #dikeplakpanci.

Selain terhibur dengan alur cerita, pilihan lagu-lagu lawas yang dinyanyikan ulang oleh Tatjana pas. Film ini tuh bisa banget ngebolak-balik perasaan. Ya kocak, ya ada sedihnya. Banyak pesan moralnya juga. Ini film adaptasi lho ya, bukan asal ngejiplak #eh. Orang Starvision kerjasama langsung kok dengan CJ Entertainment (Korea) nya.

Kalau kamu yang udah nonton Miss Granny (Korea) pasti udah tahu dari satu scene ke scene lainnya. Tapi tetep ada perbedaanya lho. Ya, diunsur lokal dan beberapa settingnya. Di Sweet 20 ini, cerita dimulai dari hari lebaran, terus ada dangdutannya juga. Pertemuan antara Alan dan Mieke pun beda tempat. Terus, kalau di Miss Granny, si nenek bekerja di cafe manula di sini bukan. 


Dan setelah lihat Miss Granny, eh iya, aku lihat Sweet 20 dulu sebelum Miss Granny. Karena emang nggak ada rencana buat nonton Sweet 20. Awalnya cuma mengikuti ajakan teman. Eh ternyata aku puas. Lucunya nggak dibuat-buat. Unsur lokal yang Indonesia banget dan lebih lucu daripada yang Korea adalah saat nenek Fatma dan kakek Hamzah nonton sinetron favorit mereka. Itu sinetronnya ala-ala sinetron Indonesia banget. Terus adegan Alan menerobos hujan saat mendengar Mieke nyanyi. Slow motionnya Indonesia banget, apalagi pas Miekenya kabur, masa malah nggak mau nerobos hujan wkwkwk.

Tapi kalau scene yang membuat terenyuh, Miss Granny lebih juara sih. Jadi, kalau kamu udah nonton Miss Granny tapi penasaran sama Sweet 20 ya ditonton aja. Kalau aku sih nggak akan nyesel. Tapi kalau kebetulan belum nonton Miss Granny, lebih baik nonton Sweet 20 dulu biar pas nonton ya nonton aja, nggak terpaut dengan scene per-scenenya Miss Granny.

6/28/2017

Indo Wisata Permata, Wisata Edukasi Berlian

Indo wisata permata 

Kamu pasti udah tahu kalau Bandung punya tempat wisata alam dan wisata kuliner yang keren dan enak-enak. Tapi, udah tahu belum kalau di Bandung juga ada tempat wisata edukasi berlian. Namanya Indo Wisata Permata (IWP) yang bertempat di Dago, Bandung. Aku mah baru tahu minggu lalu lho #tutupinmuka. Nah, kalau sebelum-sebelumnya cuma lihat si cantik yang berkilau ini di layar televisi aja, minggu lalu aku bisa melihatnya secara langsung, proses pengolahan intan menjadi berlian. Dan pastinya GRATIS. Iya, saat ini nggak pakai biaya lho untuk berwisata di IWP. Cocok deh buat menghabiskan masa libur lebaran atau libur sekolah bersama keluarga.

berlian cincin
Cincin berlian dengan harga puluhan juta, iya, itu belakangnya tambahin tiga digit nol
Dalam wisata edukasi berlian ini, kita dipandu mba Dian selaku PR Manager IWP dan timnya yang mengedukasi tentang proses pembentukan intan, yang ternyata ada yang berasal dari asteroid dan meteor, di ruangan tertutup. Dan diputarkan juga video singkat tentang kekayaan intan dari daerah Kalimantan, Martapura dan kawan-kawannya.

asal muasal berlian
Timnya mba Dian sedang menjelasakan dari mana intan yang akan diproses menjadi berlian itu berasal
IWP Dago Bandung

Setelah video singkat selesai diputar, kita menuju ke ruangan berikutnya. Ruang pemrosesan di mana intan berubah menjadi berlian yang cantik dan bernilai tinggi. Jadi, kita bisa melihat dari dekat, bagaimana kelima ahli (satu dari Indonesia, empat dari India) sedang mengolah intan menjadi berlian di ruangan yang disekat kaca, antara yang sedang bekerja dan pengunjung.  

rombongan wisata edukasi
Rame-rame emang lebih seru
pekerja indonesia
yang ini orang Indonesia




pekerja india di iwp
yang ini dari India
Eh ya, proses pengolahan intan menjadi berlian di IWP ini hanya dalam hitungan jam lho. Keren ya. Tapi dalam satu hari, IWP punya batasan produksi sendiri. Dan semua berlian di IWP ini terjamin keasliannya. Soalnya, dari informasi yang diberikan mba Dian, berlian palsu akan hancur ketika melalui proses laser. Iyalah, berlian yang asli mah, merupakan material batu mulia paling kuat. IWP pun yang pertama di Asia dan satu-satunya di Indonesia juga Asia Tenggara yang memerlihatkan proses pengolahan dari intan menjadi berlian ini. 


proses berlian
Dari intan yang sebesar itu jadi berlian sekecil ini.
Eh ya, berlian itu kualitas dan harganya dinilai dari 4C. Color, Clarity, Carat dan Cut. Warna, Kejernihan, Karat (satu karat berlian itu sebesar 0,2 gram) dan potongan. Semakin jernih dan presisi potongannya, semakin mahal lho harganya. Di sini cuma proses pengolahan dari intan menjadi berlian aja ya, kalau untuk dibentuk dan dipasangkan menjadi mata cincin dan kawan-kawannya, tempatnya terpisah, bukan di ruangan ini.

belanja berlian 

Selesai melihat proses pengolahan berlian, langsung deh disambut ruangan dengan etalase kaca yang penuh dengan kilauan berlian dan mba-mba cantik yang siap melayani para pengunjung. Jangan khawatir soal harga berlian di galeri berlian IWP ini. Iya, awalnya jujur aja aku udah melabeli kalau berlian pasti mahal banget. Padahal, di galeri berlian IWP ini ada yang harganya terjangkau di kantong aku kalau mau memiliki cincin berlian yang ratusan ribu dan jutaan. Kalau yang paling mahal? Ada yang miliaran. Tinggal disesuaikan sama isi kantong.

toko berlian
dipilih-dipilih
indo wisata permata

Di galeri berlian ini ada cincin, liontin, gelang, anting, biji berlian yang cocok buat investasi, apalagi yang bersertifikat internasional. Macam di gambar yang di bawah ini. Kalau hilang bisa bikin ketar-ketir ini mah.

berlian kecil

Selain yang sudah tersedia di etalase, di sini bisa pesan sesuai keinginan lho bentuknya. Atau mau pesan cincin berlian buat tunangan atau nikahan? Bisa banget, dateng aja ke sini. Buka setiap hari kok kalau galerinya dari jam 10.00 WIB sampai 17.00 WIB. Tapi, kalau ingin lihat prosesnya jangan datang di hari senin. Hari senin libur.

Baca Juga : Mau Liburan Ekonomis? Cek Tiket Pesawat Online

cincin berlian
Dicoba aja dulu shay, siapa tahu jodoh
art gallery

Selain melihat berlian yang berkilau-kilau, saat ini, di gedung IWP ini pun ada art gallery nya lho. Kebetulan, yang sedang di pajang kemarin adalah lukisan-lukisan karya Tjutju Widjaja yang bertajuk "No Hear Evil, No See Evil" (Solo Exhibition). Aku nggak ngerti seni lukisan sih, tapi happy bisa melihat lukisan-lukisan yang terpajang di sini dan tentu bisa berfoto juga di sini.

tjutju widjaja

Sudah puas berwisata edukasi berlian dan melihat koleksi art gallery dan perut jadi keroncongan? Tenang, nggak usah panik dan bingung mau makan di mana. Karena di lokasi yang sama, ada Skylight Cafe Resto & Lounge. Skylight ini ada dua versi. Iya, versi siang dari jam 10.00 WIB sampai 17.00 WIB, yang buka adalah bagian bawah. Tepat di sebelah kanan pintu masuk gedung IWP. Banyak pilihan menu yang bisa dicoba dan harganya pun terjangkau. Mulai dari puluhan hingga ratusan ribu. Dari menu lokal (Indonesia) sampai westren (barat) ada di sini.

skylight cafe 

Untuk Skylight cafe yang berada di lantai tiga, bukanya dari jam 17.00 WIB sampai 22.00 WIB. Nah, di atas sini pemandangannya indah dan ada beberapa spot yang instagramble deh, termasuk tangganya.

cafe instagramable skylight

Dan, kalau pengin dinner romantis sama pasangan. Pas banget nih datang ke skylight. Ehm bagian ini, kata teh Desti percuma romantis kalau pasangannya belum halal #kemudianakukeselek. Nggak akan rugi deh datang ke IWP mah, ya dapet edukasi tentang berlian, ya bisa lihat-lihat lukisan, dan nggak perlu susah mencari tempat untuk mengenyangkan perut.

skylight di malam hari
Skylight di malam hari - sumber : indowisatapermata.com
selfie dengan salah satu lukisan Tjutju Widjaja
Hayu atuh, ada yang mau berwisata ke sana dan mengajak aku? Dengan senang hati aku temani. Apalagi kalau sekalian dibelikan cincin berlian #ngayal. Mumpung lagi gratis lho masuknya dan masih libur lebaran nih. Tapi kalaupun bayar, nantinya bisa jadi potongan biaya beli cincin berlian atau voucher makan di Skylight cafe. Untuk yang nggak pakai kendaraan pribadi, santai aja. Pokoknya naik angkot yang jurusan Dago, yang berhenti di terminal Dago, lanjut naik ojek pangkalan. Walaupun jaraknya nggak terlalu jauh dari terminal Dago, tapi nggak aku sarankan untuk jalan kaki. Kenapa? Jalananya nanjak mudun (tanjakan dan turunan), nagreg aja kalah tanjakannya. Atau pengin praktis mah pakai transportasi online aja.

Indo Wisata Permata
www.indowisatapermata.com
Komplek Citra Green Dago, Blok N 1-10 – Bandung
info@indowisatapermata.com
Telp 02220450588
Buka setiap hari (senin libur wisata edukasinya, tapi galeri tetap buka)
10.00 - 17.00 WIB

Skylight Cafe, Resto & Lounge
Komplek Citra Green Dago
Blok N 1-10, Bandung
Buka : 10.00-22.00

6/27/2017

Sekeping Kenangan di Asep Stroberi Nagreg


Jadi, tanggal 20 Juni 2017 lalu, aku ikut buka bersama bersama segelintir alumni SMPN 1 NAGREG (ESSAN) 2008 kelas tujuh dan sembilan F. Iya da waktu kelas delapan mah kelasnya beda-beda. Acara udah direncanakan entah sejak kapan, yang pasti kalau nggak salah #yabener mah sekitar seminggu sebelumnya aku di WA sama Donat (Dini) dikabari kalau mau mengadakan buka bersama gitu di Liwet Pak Asep Stroberi (Asstro) Nagreg (Limbangan). Terus di e-mail Arip yang nanya nomor kontak yang aktif. Nggak aku bales da udah dimasukin ke grup WA akunya sama Donat.


Jadi nih, aku nggak menjanjikan mau datang apa nggak. Udah kebanyakan janji euy, ini juga lagi berusaha ditepati satu persatu. Ya jadinya aku menyimak aja di grup WA. Di obrolan grup WA sih banyak yang katanya mau datang. Sampai hari h tiba satu persatu hilang bahkan katanya keluar dari grup. Eh, masalah keluar dari grup aku pernah bahas bareng masalah unfollow gitu di tulisan sebelumnya. 

Paginya aku habis ngantri di bank, mau nuker uang niatnya. Eh udah ngantri 30 antrian pas maju uang barunya habis. Terus kalau mau katanya kudu ke cabang Majalaya aja. Sakit hati eneng, mana nggak diumumin coba kalau stok uang barunya habis. Akhirnya setelah nyimpang (mampir) sebentar (jam 2 baru pulang) dari rumah kakak ipar, aku sampai rumah jam 3. Terus gogoleran aja hoream nanaon. Dan grup WA sepi nggak seheboh hari-hari sebelumnya.


Jam setengah empat, barulah muncul lagi notifikasi. Dan berlanjut sampai mereka tiba dilokasi janjian. Nah di situ aku masih setengah hati antara mau ikut atau lanjut gogoleran aja sambil baca WA. Lagi pula belum mandi. Ya udah, akhirnya jam lima kurang dikit, tergerak buat mandi dan ambil resiko naik angkot Limbangan aja. Da udah pada tuluy (pergi/berangkat) ke Asstro.

Eh rejeki mah nggak ke mana da, Arip muncul di grup WA terus bilang mereka (Arip, Ridwan (Uwong), Cecep dan Elvin masih di depan Ponyo dan bawa mobil dan masih bisa nebeng #gratisanmodeon. Karena aku lama mamang ojek lama muncul angkot lama. Jadilah setengah enam (kurang lebih) baru sampai di Asstro dan parkirnya jauh banget. Udah penuh coba, masa.

 

Sebelumnya, Donat sama Memed (Dian Armed) udah booking tempat gitu di Asstro. Lha iya lagi musim bukber (buka bersama) mah harus kudu wajib booking dulu di manapun tempatnya, biar nggak kecewa teu kabagean tempat. Dan yang dateng sepuluh orang aja (belum termasuk aku dan satu anaknya Enden) dan orangnya masih yang itu-itu aja kalau ngumpul, nambah Enden sama Elvin sih, alhamdulillah. Dan tempat yang di booking Donat sama Mamed itu lesehan dan luas (bisa muat 20 orang) di situ ada kolam kecil terus ada kursi buat nongkrong yang pemandangannya gunung.

 

Selain booking tempat, Donat sama Memed juga udah pesen dua paket liwet ayam yang sepaketnya terdiri dari satu kastrol kecil nasi liwet, ayam lima potong, tahu, mendoan, asin peda, sambal dan lalapan dengan harga 200 lupa kemarin nggak nyatet (dibagi lima orang, terjangkau dong). Dan maaf aku motoin alakadarnya. Hape eneng nggak berdaya kalau diluar ruangan lewat magrib. Terus kita pesan lagi paket liwet gurame

 

Ini foto pake hapenya Memed dan pake timer karena nggak ada yang bawa tongsis. Minta di fotokeun ke salah satu waiter eh malah ngeblur parah tiga kali pula.

  

Eh ya, sepaket nasi liwet pun udah plus teko kecil air teh dan gelasnya, tentunya. Tapi masing-masing pada pesan jus. Aku pesan jus wortel. Yang denger langsung pada kerung (mengernyit). "Emang enak?" "Gilang diet?" Aku iya-kan saja aku diet. Padahal mah boro-boro diet. Apa ya, pengin aja jus wortel. Harusnya sih jus stroberi ya, kan pagi di Asstro, biar serasi sama nama tempatnya. Tapi ya, kalau ada menu jus wortel, aku kekeuh pengin jus wortel.

 

Harganya 17.500 kalau nggak salah. Jus lain pun sekitaran segitu. Jus wortelnya sama seperti di tempat bukber SMK tahun lalu di Garut tapi yang ini nggak zonk. Warnanya oren seperti wortel, lebih kental dan rasa manisnya asli, manis wortel. Suka deh. Liwetnya juga enak. Tapi sambalnya nggak pedas sama sekali kalau menurut aku mah dan kurang banyak (sambalnya nggak pake terasi gengs, tomat sama cabe aja terus ada potongan jeruk nipisnya). Sambal terfavorit di restoran mah, masih tetep sambal c**i** #menurutaku.

Untuk saung lesehan, di Asstro Nagreg ini banyak pilihannya dari yang kecil unyu gemesin, sedang dan besar. Bisa disesuaikan sama kebutuhan. Ada yang pake atau disekat dinding (bilik), ada yang blung blong (nggak ada dindingnya) seperti yang dipilih Donat.


Seperti biasanya, kalau ngumpul itu suka ngobrolin apa aja. Dari masa lalu sampai masa kini. Dan nggak lupa, iseng satu sama lain. Di foto dengan kondisi lagi nggak banget. Eh ya, kata mereka aku nggak berubah, diem mulu kalau lagi ngumpul, terus kata Jamil (Rahmat) beda sama di sosmed, aku riweuh. Eh iya, asli aku riweuhnya di sosmed aja.

Begitu mau pulang, Desi datang bareng suami dan anaknya. Jadi ngobrol lagi deh sebentar, Nur sama Enden udah pulang duluan). Nah, sebelah aku ada Desi.


Di Asstro ini ada musholanya juga kok, jadi bisa sholat magrib di sana. Dan nggak cuma lesehan, ada juga saung yang romantis lho, kalau kamu mau romantis-romantisan sama babangnya (babang yang halal dong ya). Seperti yang ini nih, kita numpang foto. Depannya ada air mancur kecil gitu.


Dan kita pulang jam kurang lebih sih jam delapan. Aku dianter pulang dong sama (Elvin, Arip, Cecep, Uwong (Ridwan) sampai rumah. 


Sampai berjumpa di lain kesempatan gengs. Terima kasih untuk sekeping kenangan bukber di Asstro 20 Juni lalu. Semoga saat berjumpa lagi, jumlahnya bertambah bukan berkurang  dan nggak cuma itu-itu aja.

6/18/2017

Es Krim Kacang Merah, Walls Dung Dung


Kurang dari dua jam lagi udah waktunya berbuka puasa. Nah, biasanya pas buka itu suka kepengin yang manis-manis gitu kan, sebelum makan menu utamanya. Dan paling enak kalau minum es. Es jeruk, es campur, es kelapa muda atau es krim. Iya, aku paling nggak tahan godaan es krim. Apalagi kalau pas kebetulan nonton tipi, iklannya muncul terus.

Setelah mengeluarkan Dung Dung rasa Kacang Hijau, Walls juga mengeluarkan rasa Kacang Merah. Serius ini kacang merah dijadikan es krim. Seperti apa coba rasanya? Biasanya kan, kacang merah itu dibuat sayur sama emak, di goreng buat camilan atau dibuat dodol kacang merah yang legit. Ya udah, karena penasaran, aku nyari aja di minimarket terdekat.

Tadaaaa ... ini dia penampakan Walls Dung Dung Kacang Merah yang masih terbungkus. Kemasannya agak keungu-unguan gitu.


Tadinya, aku mau sekalian beli sama yang kacang hijau. Iya, soalnya belum nyobain. Da aku mah apa atuh, anaknya nggak terlalu suka sama makanan atau minuman yang rasa kacang hijau. Tapi pengin membandingkan antara walls dung dung kacang hijau sama kacang merah. Eh stoknya kosong. Ya udah kacang merah aja jadinya. Mungkin dung dung kacang hijau nggak mau dibanding-bandingkan. Iya, karena dibanding-bandingan itu bikin sakit hati #yakalieskrimpunyaperasaan.


Bentuknya mirip es potong. Es krim walls dung dung kacang merah ada di dalamnya, terbalut coklat yang nggak tebel-tebel amat. Cuma mau ngasih tahu aja, takutnya kamu membayangkan si coklatnya ini mirip produk walls yang lain. Dan nggak ada kacang almondnya ya. Lha iya, ini walls dung dung kacang merah #gilangmulaisalahfokus. Tapi coklatnya tetep kriuk kok #yakalikerupukkriuk.


Maaf, yang satu udah cair tanpa disengaja. Soalnya jarak dari minimarket terdekat ke rumah itu sekitar 2 km paling dekat. Dan butuh waktu 10-15 menit sampai rumah (kalau naik ojek). Rasanya gimana ya. Ya enak. Ada paduan rasa kacang merah, santan, bintik-bintik biji kecil banget kacang merahnya dan coklat yang renyah. Baunya juga khas kacang merah. Cuma, terlalu manis untuk aku yang nggak terlalu suka manis. Astaga Gilang, terus kenapa kamu suka es krim kalau nggak suka manis #lawak. Ih, es krim kan ada yang nggak manis-manis amat gitu. Tergantung rasanya kan. Ada yang pahit-pahit khas coklat, terus manisnya rasa susu vanila, dan ada juga yang asem-asem buah.

Terus ya, aku saranin, kalau makan es krim walls dung dung kacang merah ini jangan dipisah antara coklat sama kacang merahnya, rasanya aneh aja kalau di makan terpisah. Kurang pas. Jadi di makannya, digigit bareng aja.

6/14/2017

Tips Hindari Pingsan Saat Beli Baju Lebaran

Dulu, dulu banget, saat melihat orang pingsan aku suka bertanya-tanya dalam hati dan pengin merasakannya juga. Yang kemudian aku sesali karena detik-detik menjelang dan setelah pingsan itu nggak enak. Apalagi pingsannya saat sedang berburu baju lebaran. Udahlah nggak enak banget. 


Jadi, sebelum kakak punya teman hidup, aku sama kakak dan teman-temannya suka berburu baju lebaran, sehari sebelum lebaran. Lha iya, kakak kan kerjanya diluar kota, baru libur di saat macet-macetnya arus mudik dan arus manusia yang sama-sama berburu baju lebaran. 

Di hari nahas itu, setelah dari Ciwalk, kami menuju ke Plaza Parahyangan yang kondisinya lagi kebanjiran pengunjung. Udara di dalam panas banget, jalan juga berdesak-desakan. Aku udah nggak mood buat milih kaos yang lucu-lucu. Jadi cuma berdiri sambil melihat kakak yang sibuk memilih celana jeans. Di situ badan rasanya udah meriang, nggak enak banget, keringat dingin mulai keluar, ditambah mulas dan mual, tapi tetap memaksakan berdiri.

Ketika kakak mengajak ke toko yang lain, dia berjalan di depanku, dan penglihatan mulai kunang-kunang, kemudian menguning. Aku juga nggak bisa mendengar apa yang dikatakan kakak. Alih-alih mengikuti kakak, aku berjalan menuju ke pintu keluar, maksudnya pengin mencari tempat duduk. Eh sebelum sampai, semuanya menghitam. Aku nggak bisa lihat apa-apa. Malah, beberapa kali menabrak orang yang berjalan di depanku sebelum akhirnya terduduk di lantai. Dan baru sadar saat udah digendong pak satpam ke pintu keluar. Ya, aku pingsan lagi.

Ruginya bukan cuma gagal berburu baju lebaran aja lho, tapi harus membatalkan puasa juga. Iyalah, harus minum air atau air teh supaya nggak dehidrasi. Nah, karena udah sering mengalami pingsan, dan tahu tanda-tandanya, aku punya tips nih supaya kamu nggak pingsan saat berburu baju lebaran. Iya, kalau kamu tetap keras kepala belanja di akhir ramadan. Karena pingsan bisa dialami oleh siapapun dan kapanpun.

1. Pastikan minum yang cukup saat sahur, supaya kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Ditambah minum cairan penambah ion tubuh, itu lebih bagus lagi

Sumber gambar : pixabay

Karena belanja di hari terakhir ramadan itu butuh perjuangan banget, desak-desakan, rebutan, macet-macetan. Pastikan kamu nggak dehidrasi ya. Karena salah satu faktor yang membuat seseorang pingsan adalah dehidrasi.

2. Segera duduk kalau badan mulai terasa pegal dan meriang. Kalau bisa sih keluar aja, ke tempat yang luas
Pingsan juga bisa karena faktor kelelahan dan kekurangan oksigen. Kalau berdesak-dekan terlalu lama di antara lautan manusia, udah pasti oksigennya jadi kurang dan kamu bisa pingsan. Jadi jangan ditunggu sampai pingsan, segeralah selamatkan dirimu. Minimal dengan duduk, kalau tetap pingsan pun nggak terlalu sakit. Tapi bukan berarti bisa duduk sembarangan ya!

3. Kalau udah bisa keluar, tenangkan diri. Hirup oksigen sebanyak-banyaknya
Tarik napas, keluarkan, tarik, keluarkan. Pokoknya harus tenang, jangan panik. Pejamkan mata juga supaya penglihatan kembali normal. Nggak kunang-kunang, goyang, menguning atau hitam semua.

4. Belanjanya dari rumah aja
Nah, sekarang aku lebih suka begini, berburu baju lebaran dari rumah. Dijamin nggak akan pingsan deh kecuali pas bayar tagihannya. Karena semuanya pengin dibeli. Seperti macam-macam pilihan baju lebaran di zalora  yang cantik-cantik, lucu-lucu dan diskonnya juga menggoda. Mana tahan kalau cuma beli satu. Dan, setelah dibayar, tinggal tunggu kurir datang deh. Nggak perlu macet-macetan, desak-desakan, rebutan baju dan antri di kasir. Eh, ini tips paling ampuh lho! Selamat mencoba! Selamat berburu baju lebaran!

6/13/2017

Bandung Itu Kota ...

Setelah pekan lalu kebagian libur, rasanya pekan ini pun pengin libur aja *eh. Karena lagi gelisah menunggu e-mail pengumuman. Eh, tapi udah nggak gelisah lagi, karena e-mailnya yang ditunggu udah ada. Efeknya bahagia plus deg-degan, semoga aja besok koneksi internet baik-baik aja dan nggak mati listrik kayak sekarang. Doain ya, besok mau ujian online *ting. #curhatanterselubung.


Tema pekan 23 ini, membahas soal branding kotaku. Ahelah, aku  tinggal di kabupaten sih bukan kota. Tapi, dulunya Bandung itu satu kabupaten aja, baru di tahun 1800 an ada kotanya. Nah, dari dulu Bandung sudah terkenal dengan sebutan kota kembang dan Paris Van Java. Kenapa kota kembang? karena dulunya Bandung adalah kota yang dinilai sangat cantik dengan banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga yang tumbuh di sana. Sekarang pun tetap cantik kok dengan adanya taman-taman kota yang kembali terawat. Selain itu Bandung dahulunya disebut juga dengan Parijs van Java karena keindahannya yang mirip kota Paris di Prancis

Selain itu kota Bandung juga dikenal sebagai kota belanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak tersebar di kota ini, dan saat ini berangsur-angsur kota Bandung juga menjadi kota wisata kuliner. Dari beberapa artikel yang kutemukan melalui mesin telusur, Bandung juga disebut sebagai City of Heritage dan Kota Pramuka. Tuh, banyak ya sebutan untuk kota Bandung ini.

Dok Pribadi - 2015
Yang paling diingat dari kota Bandung, yang pasti ada Gedung Merdeka dan Museum Konferensi Asia Afrika, Gedung Sate, Alun-alun kotanya yang enak buat nongkrong dan foto-foto, Ditambah sekarang banyak tempat wisata yang kece-kece.

Gedung Sate - Dok. Pribadi - 2012
Nah, nah, itu kota Bandung ya, kalau aku mah tinggalnya di Nagreg, kabupaten Bandung yang ibukota kabupatennya ada di Soreang nun jauh di sana. Kenapa aku bilang jauh? karena dari Nagreg ke Soreang butuh waktu yang lama dan ongkos yang lumayan (kalau nggak pake kendaraan pribadi). Kabupaten Bandung sendiri punya tempat wisata yang udah terkenal di hati para wisatawan, di antaranya Kawah Putih, Situ Patenggang, Glamping Lakeside Rancabali, Taman Love dan masih banyak lagi sih. Silahkan cari di mesin telusuratau instagram ya.

Sumber informasi :
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Bandung

6/09/2017

Soal Keluar Dari Grup dan Unfollow


Hmm, pengin nulis ini udah dari lama banget, tapi penyakit males lebih kuat ketimbang keinginan pengin posting. Jadi, nih, akhir-akhir ini aku sering unfollow orang, baik di facebook, twitter maupun instagram. Kebanyakan sih yang aku unfriend dan unfollow, itu yang user facebooknya bukan nama asli, aneh (dulu ku juga pernah begitu) dan nggak kenal. Asli, kalau dulu pas abegeh penginnya pertemanan full walaupun nggak kenal, eh sekarang malah risih. Penginnya sih bikin facebook baru, twitter baru, tapi udah terlanjur daftarin ke komunitas blogger, nanti susah lagi dong kalau harus daftar dari awal.

Selain itu, aku juga ngeunfriend dan unfollow user yang nggak aku kehendaki karena suka share info-info hoax, SARA, mengandung unsur kebencian, dan terlalu sering memuji-muji panutannya. Dan pada akhirnya ada beberapa akun mantan yang aku unfriend dan unfollow juga karena bikin status galau mulu #padahalsendirinyaseringbikinstatusgalau. Ya udah sih, akupun kena unfriend beberapa orang. Iya, pas mau komentar kolomnya nggak ada. Lha aku cuma mengikuti doang jadinya nggak berteman gitu. 

Selain unfriend dan unfollow, aku juga keluar dari beberapa grup termasuk di WA. Bukan karena yang ngemasukin ke grupnya siapa tapi soal isi chat grupnya yang kadang bikin nggak nyaman. Pengin minta maaf sih sebenernya plus jelasin ke orang yang ngemasukin aku ke grup kenapa pas dia masukin aku ke grup, aku langsung keluar. Tapi akunya males ah. Takut malah bikin salah paham, dikira yang nggak-nggak, kemudian dikomentarin yang nggak-nggak. Kapok sih, tag foto di IG aja udah aku hapus. Nggak cuma ke orang itu aja sih, ke semuanya. Takut ganggu #anaknyamulaiperasalagi. 

Dan sebagai manusia yang seringnya bikin status galau plus share info giveaway sama produk gratisan, aku siap kok di unfriend sama di unfollow. Kalau pada akhirnya perilaku aku di media sosial bikin orang lain bosan, jengkel dan ilfeel.

Eh ya, satu lagi, sekarang aku super egois, karena kalau yang ngirim permintaan pertemanan dan follownya blogger, langsung aku terima dan follow balik, sementara yang lainnya, kutunda-tunda #kemudiandidemoorangyangkenal. Terus akun online shop yang tetiba follow pasti kubiarkan dulu semingguan. Da apa atuh, kalau langsung di follow, akunya di unfollow gitu #baper #laper

6/08/2017

Heavenly Blush TummYogurt - Hidup Sehat

"Keringat dingin mulai membasahi sekujur tubuhku. Kupastikan saat ini mukaku sangat pucat. Sembari menahan mual dan mulas yang menyiksa, aku bersusah payah untuk turun dari kendaraan umum yang membawaku menuju Bandung sejak satu jam yang lalu. Kucoba mempercepat langkah menuju angkot jurusan Sarijadi, demi bisa kembali duduk dan cepat sampai ke tempat tujuan. Kutahan hasrat ingin ke toilet supaya bisa cepat sampai ke tempat kost. Rasanya aku pengin pingsan, detik itu juga, apalagi disapa kemacetan di sekitar pasteur."

Itu sepenggal cerita ketika aku masih mengkonsumsi obat pencahar demi melancarkan pencernaan. Iya, aku sering iri pada mereka yang bisa buang air besar setiap hari. Sedangkan aku, bisa tiga sampai empat hari kemudian baru bisa buang air besar. Itupun kondisinya udah nggak enak banget. Perut terasa sangat penuh, dan kadang susah mengeluarkannya. Dibantu obat pencahar pun jatuhnya lebih sering mulas aja di perut dan reaksinya sering telat dan nggak tepat, yang akhirnya membuatku tersiksa seperti penggalan cerita di atas.

Ya, sejak menjadi anak kost beberapa tahun silam, aku memang jarang mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, karena lebih memilih menu makanan yang itu-itu aja dan tempat membelinya nggak jauh. Kalau buah-buahan sih biasanya beli rujak atau jus di kampus. Selain jarang mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, akupun sering begadang yang otomatis makanan lebih lama diprosesnya dalam tubuh. Belum lagi konsumsi mi instan, kopi, soda dan junk food. Udah kelihatan banget kan kalau makanan dan minuman itu lama diprosesnya.

Untunglah, aku punya ibu kost (almarhum) yang peduli banget sama anak-anak kostnya dan kebetulan aku sewa kamar kost yang letaknya bersatu dengan rumahnya. Mungkin, melihat aku yang sering bolak-balik kamar mandi dengan wajah kusut, sekusut jemuran yang baru diangkat setelah tiga hari kehujanan dan suka lama banget di kamar mandinya (minimal 30 menit). Sukses bangetlah membuat tiga orang penghuni lain kadang gedor-gedor nggak sabar pengin ke kamar mandi juga. Ibu kost menawarkan aku untuk mencoba yogurt.


Kenapa ibu kost menyarankan mengkonsumsi yogurt? Karena yogurt merupakan salah satu sumber makanan terbaik yang dapat menyehatkan pencernaan, membantu menurunkan berat badan, mencegah tekanan darah tinggi, mencegah jantung koroner, dan menurunkan kolesterol, serta sumber kalsium yang aman dikonsumsi oleh penderita lactose intolerance sekalipun.

Agak ragu sebenarnya saat pertama kali mencobanya kembali, karena sebelumnya pernah mencoba yogurt yang asamnya nggak ketulungan. Yogurt rumahan yang kupilih dari kulkas ibu kost itu rasa anggur. Cara mengkonsumsinya pake sendok. Sebelum itu sendok sampai ke dalam mulut, aku udah merem duluan, ngeri membayangkan rasa asamnya. Eh ternyata rasanya enak, aku jadi ketagihan. Sering beli lewat ibu kost sebelum beliau sakit. Saat ibu kost sakit dan nggak ada stok yogurt lagi, akupun mulai mencari di minimarket. Ada berbagai macam produk yang kucoba, tapi beberapa mengecewakan karena terlalu cair dan nggak terasa efeknya kecuali Heavenly Blush yogurt yang kental, low fat dan fresh yogurt, dibuat tanpa bahan pengawet. Favorit aku strawberry dan blackcurrant.

Tanpa bahan pengawet, exp dalam 5 bulan
Nah, sekarang ini Heavenly Blush nggak cuma fruit yogurt aja, tapi ada fruit & veggie yogurt yang high fiber dengan kemasan botol. High-­fiber dapat membuat pencernaanmu lebih sehat. Namanya Heavenly Blush TummYogurt Drink dengan tiga varian rasa Blueberry Redbeet, Mango Carrot, dan Raspberry Broccoli. 

Heavenly Blush TummYogurt Drink
Blueberry Redbeet warnanya ungu muda, dan rasanya lebih dominan ke blueberrynya. Kalau yang Mango Carrot warnanya kuning muda, dan lebih dominan rasa mangganya, wortelnya nggak berasa sama sekali lho, padahal aku suka jus wortel juga dan berharap terasa rasa wortelnya. Nah, yang Raspberry Broccoli juga sama, warnanya merah muda, cuma sukanya aku ke Raspberry Broccoli ini nggak sebesar rasa suka ke Blueberry Redbeet dan Mango Carrot, mungkin karena dasarnya emang kurang suka broccoli.

manfaat masing-masing varian rasa TummYogurt Drink
Ketiganya merupakan yogurt drink kental tinggi serat (high fiber) dengan buah dan sayur yang bisa memperlancar pencernaan. Selain kental, Heavenly Blush TummYogurt pun asamnya pas dan kemasan botolnya ini praktis, bisa di minum hingga tetes terakhir. Jadi minuman favorit karena Heavenly Blush TummYogurt Drink kini tersedia di Indomaret seluruh Indonesia. Oke, satu masalah dalam hidupku terpecahkan. Iya, masalah pencernaan. Karena saat pencernaan bermasalah itu bikin hidup jadi nggak enak, uring-uringan bahkan pengin marah-marah nggak jelas macem lagi datang bulan.


Tapi, nggak cuma masalah pencernaan sih, aku juga punya masalah sama berat badan. Iya, anaknya kelebihan berat badan gitu. Bahkan sejak kelas lima SD udah terkenal dengan julukan gendut. Padahal aku nggak gendut deh, aku itu gemuk #pembelaanmacamapaini. Iya, soalnya gendut itu yang perutnya buncit, aku kan nggak, kecuali pas pencernaan nggak lancar, baru deh buncit. Udah mencoba diet dengan berbagai cara, termasuk rajin olahraga, rela menahan lapar dan pernah minum obat diet juga. Dan kapok banget deh sama yang namanya obat diet. Soalnya saat pantangannya dilanggar, berat badan malah melebihi berat sebelum turun. Iya, turun 4kg naiknya 6kg. Sedih banget kan. Tapi sekarang nggak lagi sih.

Iyalah, selain melancarkan pencernaan, TummYogurt drink pun rendah lemak (low fat) dari 180 ml ini cuma mengandung 150 kkal untuk Raspberry Broccoli dan Mango Carrot, terus 100 kkal untuk Blueberry Redbeet. Dan kandungan seratnya yang tinggi itu, selain bisa membuat pencernaan sehat, serat juga bisa membuat kenyang lebih lama, sehingga membantu menurunkan berat badan dan program diet. Harganya Rp.10.500 di Indomaret (beda wilayah kemungkinan beda harga). Heavenly Blush Hi Fiber Tummy Yogurt drink, good for your tummy.

Tapi, tantangan terbesar dari diet itu, aku nggak bisa jauh-jauh dari yang namanya camilan, dan nggak cukup kalau cuma nyamil buah-buahan, pengennya snack kering gitu, apalagi kalau lagi stress, bisa dua kali lipat pengin ngunyah snack. Berulang kali mencoba aneka snack sehat yang bisa membantu kenyang lebih lama, tapi nggak suka sama rasanya. Eh, baru-baru ini malah ketemu Heavenly Blush TummYogurt Bar. Unik ya, Yogurt Bar.

Heavenly Blush TummYogurt Bar
Heavenly Blush TummYogurt Bar ini punya dua varian rasa, Berries dan Lime. Alternatif snack sehat yang mengandung multigrains. Multigrains pada yogurt bar meliputi Chia Seed, Pumpkin Seed, Sunflower Seed,Black Sesame, White Sesame. Karena tinggi serat, Heavenly Blush ini bisa membantu kenyang lebih lama. Ini nih yang aku butuhkan, nyamil tapi nggak perlu merasa berdosa sama mulut dan perut, soalnya enak. Perpaduan antara oat dan buah-buahannya pas. Dengan berat yang 25 gram ini cuma mengandung 90 kkal aja untuk Berries dan 100 kkal untuk Lime. Membantu diet tanpa bikin tersiksa.

Heavenly Blush TummYogurt Bar Kiri - Berries, Kanan - Lime
Heavenly Blush TummYogurt Bar yang Berries, aromanya lebih menggoda dari yang Lime. Lebih segar gitu, lebih terasa manis dan asamnya juga sih. Tapi favorit aku yang Lime. Soalnya antara manis dan asamnya lebih seimbang gitu, bikin segar juga. Mungkin aku lebih suka yang Lime dan merasa Lime ini asamnya biasa aja, nggak lebih asam dari yang berries seperti kata sebagian orang, karena lidahku udah terbiasa sama Lime. Tapi, yang lime ini aromanya lebih dominan aroma coklat putihnya deh, aroma limenya nggak begitu kuat. Harganya berkisar antara 7000-8000 rupiah Terjangkau ya buat alternatif snack sehat mah. 
Heavenly Blush TummYogurt Bar Berries dan Lime
Setelah kurang lebih satu bulan mengkonsumsi TummYogurt bar ini, efeknya terasa banget lho. Apalagi pas puasa. Kenyang lebih lama, bahkan kalau nyamil habis tarawih, besoknya nggak makan sahur, tetap kenyang dan kuat puasa seharian lho. Udah gitu, berat badan pun terjaga. Nggak takut lagi liat timbangan karena jarumnya nggak geser ke kanan tapi ke kiri. Tentu saja sambil diimbangi dengan olahraga dan makan buah, juga sayur sesekali. Oh ya, Heavenly Blush TummYogurt Bar bisa didapatkan di Starbucks Coffee, Food Hall, dan Farmers Market. Sementara Heavenly Blush TummYogurt Drink Bisa didapatkan di Carrefour, Papaya, Indomaret, All Fresh, Food Hall, dan Farmers Market.


Nah, dengan rutin mengkonsumsi Heavenly Blush TummYogurt Drink dan Bar ini, tiga masalah dalam hidupku teratasi. Dari mulai masalah pencernaan, masalah menjaga dan menurunkan berat badan, dan masalah kesehatan. Iya, udah nggak ada keluhan darah tinggi lagi dan kulit pun terasa lebih lembap dan cerah.
 
Sumber informasi lainnya :
1. http://www.heavenlyblush.com/node/
2. Instagram @heavenlyblushyogurt