10 Nov 2017

Kondisi Tubuh dalam Pesawat Saat Penerbangan

kondisi tubuh dalam pesawat saat penerbangan
sumber gambar : pixabay
Bepergian menggunakan pesawat masih menjadi favorit bagi sebagian orang dibandingkan bepergian menggunakan moda transportasi lainnya. Walaupun perjalanan menggunakan pesawat bisa dikatakan aman, namun ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kondisi tubuh dalam pesawat saat penerbangan menjadi bereaksi tidak seperti biasanya. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, salah satunya tentu karena tekanan udara di pesawat saat berada di ketinggian 35.000 kaki di atas permukaan tanah.

1. Oksigen Rendah
Tekanan kabin barometrik memang sudah diatur agar bisa sesuai dengan kondisi tubuh dalam pesawat, namun terkadang masih bisa menimbulkan reaksi minor seperti sakit kepala ringan maupun kantuk. Pada ketinggian tertentu, seperti saat di pesawat, intensitas oksigen menjadi berkurang, artinya konsumsi untuk tubuh juga berkurang. Saat berada di dalam pesawat, terjadi penurunan oksigen sekitar 4%, bagi yang rentan bisa mengalami hipoksia yang ditandai dengan sakit kepala ringan. Hal ini juga menjadi catatan tersendiri bagi yang memiliki masalah paru-paru dan jantung. Sebagai pencegahan agar tidak mengalami sakit kepala, penumpang pesawat bisa minum air putih yang cukup serta menghindari kafein dan alkohol. 

2. Penggumpalan Darah di Kaki
Salah satu kondisi kesehatan yang sering muncul saat di pesawat adalah DVT atau Deep Vein Thrombosis, yaitu penggumpalan darah yang biasanya terjadi di daerah kaki karena darah tidak dapat beredar dengan baik. Hal ini biasa terjadi pada penerbangan jauh yang biasanya memakan waktu lama. Saat penerbangan semacam ini, kondisi kaki yang lama tidak bergerak dan posisi duduk yang menekan aliran darah ke kaki menimbulkan kaki bengkak dan juga kram.

Tips agar tidak mengalami hal ini adalah dengan melakukan peregangan pada bagian kaki atau bisa juga dengan mencoba berjalan-jalan sebentar di area kabin untuk menormalkan aliran darah. Orang yang rentan mengalami DVT adalah mereka yang berusia di atas 40 tahun, hamil atau baru saja melahirkan, penderita obesitas, serta penderita penyakit serius. 

3. Dehidrasi
Kondisi tubuh dalam pesawat yang paling umum terjadi adalah kekurangan cairan. Kondisi dehidrasi ini disebabkan oleh udara di dalam pesawat yang sangat kering. Dehidrasi bisa menimbulkan rasa lelah terutama bila tekanan udara di dalam kabin juga turun. Untuk mencegah hal ini terjadi, minum lebih banyak air, bahkan sebelum naik ke pesawat. Untuk mata kering, bisa dengan mencoba meneteskan obat tetes mata. 

4. Telinga Berdengung 
Ketika pesawat tinggal landas, terjadi perubahan tekanan udara yang cukup drastis. Perubahan ini menyebabkan rasa tidak nyaman di dalam telinga berupa rasa sakit dan juga dengungan. Untuk mengurangi kondisi ini, penumpang pesawat bisa mencoba mengunyah permen karet. Sebaliknya, ketika pesawat akan mendarat, tekanan udara menjadi naik. Untuk mengatasi masalah pada telinga bisa dengan melakukan gerakan menelan atau bebaskan saja jika terasa ingin menguap. Cara lainnya adalah dengan menutup mulut dan hidung sehingga udara bisa dikeluarkan lewat telinga. 

5. Jet Lag 
Kondisi ini sering dialami mereka yang terbang ke daerah dengan zona waktu berbeda. Biasanya tubuh memerlukan adaptasi sekitar satu jam untuk bisa kembali kepada siklus normalnya. Kondisi tubuh dalam pesawat yang terbang jauh memang bisa menyebabkan banyak reaksi. Namun apabila mengalami jet lag, tidak perlu takut, hal ini terbilang normal, kecuali memang memiliki kondisi penyakit yang serius. Untuk itulah jangan lupa untuk meminta rujukan dokter agar lebih yakin ketika akan bepergian menggunakan pesawat.

Itulah kondisi-kondisi tubuh dalam pesawat. Semoga menjadi perhatian Anda untuk mempersiapkan kondisi tubuh terbaik agar penerbangan Anda selamat, aman, dan nyaman.

21 comments

  1. Yang paling kerasa itu telinganya ga enak, katanya rasa makanan juga bisa terpengaruh sama tekanan udara yg berbeda di pesawat lho :3

    ReplyDelete
  2. Jet lagi itu biasanya bila penerbangannya jauh ya, Mbak...

    ReplyDelete
  3. Pengetahuan nih, ga pernah naik pesawat he... katrok

    ReplyDelete
  4. Gw mah kalau bisa traveling kemana mana pake kereta, gw milih pake kereta. Aslik walau dah bolak balik naik pesawat sana sini tetep aja stress kalau harus pergi pake pesawat.

    ReplyDelete
  5. Sakit kepala kekurangan oksigen kayak gua banget hehe,

    ReplyDelete
  6. Point nomor 4 'telinga berdengung' saat naik pesawat pernah aku rasain,kak.
    Saat itu setelah pesawat mulai take off .. kedua telingaku sangat sakit.
    Kucari cara kututupin pake tangan ngga mempan, akhirnya cuma duduk ngga nyaman bolak balik pindah posisi nahan sakit banget.

    ReplyDelete
  7. Dengung nyeri kadang gitu heheheh tapi untunglah ya hanya sebentar.

    ReplyDelete
  8. Yg paling aku ga suka itu telinga berdengung, ga nyaman banget

    Folback blogku yah beb, thank you.

    Meta,
    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
  9. kondisi paling bagus adalah tidur.. :D
    sementara kondisi paling tidak baik adalah takut ketika pesawat begetar saat masuk awan.. :D

    ReplyDelete
  10. kalo yang soal dehidrasi itu, rasanya dehidrasi liburan nih hha, jadi jarang jalan jalan jadi dehidrasi :v

    ReplyDelete
  11. Mungkin disini saya aja kali yang belum pernah naik pesawat he he jadi belum bisa merasakan tubuh dalam penerbangan

    ReplyDelete
  12. Yg plg kerasa buatku itu telinga :)

    ReplyDelete
  13. Wah, menarik bgt informasinya, udah lama ga naik pesawat...

    ReplyDelete
  14. Usually, I never comment on blogs but your article is so convincing that I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job Man. Best article I have ever read

    Keep it up!

    ReplyDelete
  15. Paling sering telinga berdengung sih. Pernah sekali sampe berasa sakiiit banget. Aku jg ga tau kenapa bgitu. Biasanya hanya seperti sensasi budeg sesaat.

    Kalo kaki pegel, itu pas aku naik pesawat lebih dari 15 jam.. Waduuuh udh ga betah banget mba,, rasa2 mau kluar :p. Pas pesawat landing, itu kaki udh kayak abis lari jauh :p. Makanya walo aku suka banget traveling, tp tetep aja penerbangan jarak jauh bikin aku sebel kadang :p

    ReplyDelete
  16. Gara2 naik pesawat selama 16 jam mukaku parah jerawatannya. Yup karena dehidrasi, jetlag dan ternyata karena udara di kabin pesawat lebih banyak mengandung bakteri dibanding ruangan biasa

    ReplyDelete
  17. Wah ibu saya juga sering kena yang no. 2 mbak kalo lagi perjalanan jauh naik mobil yang berjam-jam gitu. Pas sampe rumah kakinya udah bengkak :(

    ReplyDelete
  18. Telinga berdengung ini yang paling sering. Apalagi kalau naik pesawat murmer. Itu parah, beberapa jam masih kerasa sakitnya.

    ReplyDelete
  19. Jet leg itu kaya apa sih mbak? Sering denger tapi ngva yakin kaya gimana yang dirasain

    ReplyDelete
  20. Kl aku sering nutup Idung terus berusaha keluarin nafas nanti kupingnya kebuka gitu deh

    Aku sering banget kakinya bengkak kl kelamaan duduk selama perjalanan entah naik pesawat, mobil, bus 😂

    ReplyDelete
  21. aku selalu pake tutup kuping krna ga tahan berdengingnya :(

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon