15 Dec 2017

Memperbaiki Diri dan Mengatur Waktu

Lembar demi lembar kertas berukuran cukup besar yang tergantung di salah satu sudut rumah terbuka. Lembarannya penuh dengan angka, tak banyak, hanya dalam rentang angka 1 sampai 31 ada yang dicetak merah dan ada yang hitam. Di atasnya tertulis nama-nama bulan. Kau tahu, aku termenung dibuatnya, ketika lembaran yang kulihat adalah lembaran terakhir. Rasanya baru kemarin aku menggantinya. Kini, sudah akan berganti lagi? Ya, waktu berjalan dengan cepat, sementara aku berjalan lebih lambat daripada siput.

memperbaiki diri dan mengatur waktu

Aku bahkan tak mampu menghitung berapa banyak detik, menit, jam, hari, minggu dan bulan yang kulewatkan begitu saja. Terbuang percuma tanpa kegiatan yang produktif. Dan jika dipikirkan ulang akan membawaku ke dalam penyesalan. Tapi nggak, aku nggak boleh memikirkan yang sudah lewat. Menyesal apalagi sampai berlarut-larut pun nggak akan ada gunanya, malah akan membuatku semakin nggak produktif dan payah. Jadi, aku memutuskan untuk meneruskan apa yang telah tertunda dan menambah satu sampai dua poin baru sebagai resolusi 2018. Move on dari 2017 yang sebentar lagi berakhir. Saatnya kembali memperbaiki diri dan menggunakan waktu sebaik mungkin di tahun depan dengan mencapai hal-hal ini :

1. Mendapatkan pekerjaan baru dan sekolah lagi
Ini salah satu resolusi yang dilanjutkan dari tahun sebelumnya karena belum juga pecah telor. Ku sudah lelah sebenarnya. Bukan, bukan lelah mencari pekerjaan dan setiap kali tes berujung belum berhasil. Lebih lelahnya mendengar pertanyaannya beberapa orang yang selalu ingin tahu aku bekerja di mana tapi saat kujawab belum bekerja, maka langsung disarankan untuk melamar ke perusahaan A, B, C ... ya kali ah merek kecap sama saus. Terus akunya jadi bawa perasaan, merasa disindir secara nggak sengaja mungkin setiap kali mereka membanggakan anak-anaknya yang sudah bekerja.

Tapi meskipun lelah, aku nggak mau menyerah. Aku akan terus berusaha untuk mendapatkan pekerjaan baru yang jam kerjanya rutin setiap hari, yang pekerjaannya sesuai dengan harapanku. Yang gajiannya pun rutin setiap bulan supaya bisa membantu perekonomian keluarga yang sedang berada di titik lemah. Setelahnya tentu saja, aku ingin sekolah lagi dengan biaya sendiri. Dan nggak ada yang nggak mungkin kan untuk mendapatkan keduanya sekaligus tahun depan? Ya, satu tahun ada duabelas bulan. Dan selama itu, kita nggak akan tahu apa yang akan terjadi, apa yang akan diberikan oleh Tuhan.

2. Menyelesaikan naskah dan mengirimkannya ke penerbit
Ini bikin geleng-geleng kepala dan ketawa guling-guling sebenarnya. Iyalah. Kamu, di rumah bertahun-tahun, dikasih titel pengangguran kegiatannya ngapain aja sampai naskah nggak selesai-selesai. Katanya pengin punya novel yang terbit di penerbit Mayor, tapi kok kamu begini Gilang? 

mulai menulis lagi
Begini lho, ternyata aku itu kurang bisa memanfaatkan waktu yang luangnya banyak dengan baik. Selalu ada alasan "ah masih ada besok," terus aja gitu, padahal besok belum tentu masih ada di dunia ini. Terus, beberapa naskah terhenti di tengah jalan karena akunya malah kepincut dengan kegiatan lain. Tapi tahun 2018 aku nggak mau terus-terusan begini. Nggak mau buang-buang waktu dengan percuma. Pokoknya aku mau dan harus menyelesaikan naskah yang banyak mengendap di folder komputer, lalu yang sudah tayang di platform menulis dan mengirimkannya ke penerbit. Pokoknya tahun depan harus ada minimal satu novel yang terbit. Titik.

3. Memperbaiki kualitas tulisan dan membenahi blog
Tuhan mungkin belum merestui aku mendapatkan penghasilan dari pekerjaan rutin, tapi selalu ada jalan lain untuk setidaknya mulai cukup menghidupi kebutuhan sendiri. Ini salah satunya, melalui blog ini. Aku sudah mendapatkan banyak hal sejak tahun 2016 - 2017 dari blog ini. Termasuk mendapatkan kenalan baru, teman baru yang bahkan dulu aku mengira jika nggak mungkin deh penulis yang sudah menerbitkan banyak buku mau berteman dengan aku. Nyatanya jangan berprasangka buruk sebelum mengenal seseorang lebih jauh.

Karena hal-hal baru dan tak terduga bermula dari sini, maka tahun depan aku ingin memperbaiki kualitas tulisan di sini, membenahi tampilan dan lain sebagainya yang berkaitan dengan aktivitas ngeblog. Biar blognya bisa bagus dan keren seperti blogger yang lain. Dan semakin banyak teman dari ngeblog.

4. Menghidupkan kembali akun jualan buket bunga kertas di instagram

jualan buket bunga kertas

Aku tertarik membuat bunga kertas, kemudian kecanduan, dan akhirnya memutuskan berjualan dengan memasarkannya melalui instagram di awal tahun kemarin. Tapi, beberapa bulan terakhir mati suri, aku jarang memperbaharui instagramnya karena, karena satu dan lain hal alias jurus ngeles seribu alasan. Dan tahun depan, menghidupkannya kembali menjadi salah satu resolusiku. Laku nggak laku pokoknya dihidupkan kembali. Rajin diperbaharui, atau sekalian membuat tutorial cara membuatnya juga. Ada yang mau? Padahal aku pun belajar dari tutorial yang tersebar di mesin telusur.

5. Rutin olahraga
Dalam tiga tahun terakhir ini, berat badanku naik drastis sementara turunnya tipis dan nggak mudah. Itu karena aku jarang olahraga dan sering males gerak. Selain itu, aku jadi mudah cape kalau beraktivitas lebih banyak dari biasanya dan bepergian jauh. Dan yang paling parahnya adalah mudah terserang penyakit. Oke. Kita, ehm aku aja deh, emang nggak bisa menolak untuk nggak sakit dan maunya sehat sentosa selama-lamanya.Tapi nggak bisa karena itu kuasa Tuhan. Maka dari itu, setidaknya aku pengin kalau sakit jangan lama-lama. Kalau lama kan jadi menganggu aktivitas.

Kayak kemarin tuh, waktu aku sakit flu, badan meriang-meriang, aku mencari jalan alias ikhtiar buat sembuh dengan pergi ke dokter dan mengkonsumsi vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Supaya cepat sembuh dan bisa melanjutkan pekerjaan yang tertunda. Lalu, vitamin apa yang kupilih? Theragran-M.

the ragran-m

Theragran-M ini adalah produk multivitamin dan mineral dari PT. Taisho Pharmaceutical Indonesia, Tbk dan di bawah pengawasan Taisho Pharmaceutical Co., Ltd, Jepang. Dalam satu stripnya terdiri dari 4 tablet salut gula. Bisa didapatkan di toko obat dan apotik terdekat. Harganya pun terjangkau, kemarin aku beli di apotik terdekat harganya 21.000 rupiah. Vitamin yang bagus untuk masa penyembuhan, sekaligus vitamin yang bagus untuk masa pemulihan. Ya, aku sudah merasakan khasiatnya sendiri kemarin. Membantu mempercepat masa penyembuhan dan pemulihan dari sakit karena kandungan vitamin dan mineral yang ada pada Theragran-M ini. Selain itu, produk ini halal lho. Ada label halal dari MUI nya di bagian depan kemasan strip ini.

Mau tahu nggak ada kandungan vitamin dan mineral apa aja dari setiap satu tablet salut gulanya? Sini aku bisikin. Dalam satu tablet salut gula Theragran-M ini mengandung sepuluh vitamin dan enam mineral ini lho :

Vitamin :
A (Retinol Acetate)
merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan dalam jumlah kecil oleh manusia untuk menjaga fungsi normal sistem penglihatan, pertumbuhan dan perkembangan sel dan organ tubuh, memelihara sistem reproduksi, serta menjaga daya tahan tubuh.
B1 (Thiamine Mononitrate)
berperan sebagai koenzim dalam proses metabolisme serta memiliki fungsi penting pada sistem saraf. 
B2 (Riboflavin)
Ada yang mengalami sakit tenggorokan, bibir pecah-pecah mulut kering hingga daya tahan tubuh menurun. Itu diakibatkan kekurangan vitamin B2 lho. Vitamin B2 sendiri fungsinya mencegah kepekaaan mata terhadap cahaya, menjaga kesehatan kulit serta membantu pertumbuhan jaringan pada tubuh.
B3 (Nicotinamide)
fungsi dari vitamin B3 itu untuk membantu sistem syaraf, mencegah penurunan nafsu makan, membantu pengolahan makanan menjadi energi serta mencegah datangnya penyakit pellagra.
B5 (Calcium Pantothenate)
Yang sulit tidur ngacung? aku suka sulit tidur nih akhir-akhir ini, padahal nggak mengonsumsi kopi. Ternyata sulit tidur bisa diakibatkan karena kekurangan vitamin B5. Vitamin B5 ini fungsinya membantu tubuh dalam pemenuhan nutrisi makanan, memproduksi senyawa berupa asam lemak serta menjaga komunikasi antara otak dan sistem syaraf.
B6 (Pyridoxine Hydrochloride)
Mudah lelah adalah gejala dari kekurangan vitamin B6, karena vitamin B6 ini memiliki manfaat untuk metabolisme tubuh, dan juga berperan dalam pengaturan hormone steroid.
B12 (Cyanocobalamin)
mencegah datangnya penyakit anemia, membantu tumbuh kembang anak serta menjaga kesehatan sistem syaraf.
C (Sodium Ascorbate)
vitamin yang paling kaya akan manfaatnya nih. Karena berperan penting dalam proses metabolisme tubuh, meningkatkan penyerapan zat besi, anti-oksidan yang mampu menangkal radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan berbagai penyakit. Vitamin C juga membantu pertumbuhan dan pemulihan tubuh.
D3 (Cholecalciferol)
mengembalikan kadar kalsium dan fosfat tubuh ke level normal, serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.
E (dl-Alpha Tocopheryl Acetate)
vitamin larut lemak yang berperan penting sebagai anti oksidan dari serangan radikal bebas.

Mineral :
Iodium (Potasium Iodide)
komponen penting pada hormon tiroid yang berperan dalam regulasi pertumbuhan serta aktivitas sel Iodium dan bersumber dari rumput laut, hasil laut (ikan, cangkang ikan), daging, susu, telur, cereal, buah serta sayuran.
Besi (Ferrous Fumarate)
Bukan besi tiang listrik lho ya. Maksudnya di sini adalah Zat Besi. berperan dalam membawa oksigen ke seluruh organ tubuh sehingga berperan dalam pembentukan energi didalam sel tubuh serta pembuatan hemoglobin (darah).
Tembaga II (Copper Sulfate)
erperan dalam proses metabolisme, menjaga kesehatan kardiovaskular, tulang, saraf otot, dan pembuluh darah, serta penyerapan zat besi. Tembaga bersama zat besi membantu sistem pernapasan dan sintesis hemoglobin. Selain itu, Tembaga juga berperan dalam menghasilkan pigmen melanin bagi kulit, rambut dan mata.
Mangan II (Manganese Sulfate)
mineral alami dalam tubuh yang jumlahnya kecil. Mangan juga merupakan zat antioksidan kuat yang mampu mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh, menjaga kesehatan tulang, membantu penyerapan vitamin dan membantu fungsi hati. Mungkin bisa sangat berguna buat yang fungsi hatinya digunakan untuk membenci dan menyakiti orang lain.
Magnesium (Magnesium Carbonate)
berperan dalam proses mineralisasi tulang, metabolisme tubuh dan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang terhadap serangan berbagai penyakit. Ngeri lho, kekurangan magnesium bisa mengakibatkan depresi.
Zinc (Zinc Sulfate)
berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh,mempercepat penyembuhan luka serta membantu regulasi sel tubuh maupun sistem saraf.

Tuh, lengkap bukan kandungan vitamin dan mineral dari Theragran-M ini, vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit. Ibarat menulis buku yang amunisinya dimulai dengan membaca buku, maka Theragran-M ini adalah amunisiku untuk menjaga daya tahan tubuh dan kalau pun diberi nikmat sakit, sakit jangan kelamaan ya, biar bisa memenuhi resolusi 2018 aku yang cukup banyak di atas. Padahal di catatan kecil sih lebih banyak lagi. Dan juga memperbaiki diri serta menggunakan waktu sebaik mungkin di tahun depan. Mengingat begitu banyak waktu yang terbuang begitu saja di tahun ini bahkan tahun-tahun sebelumnya.

Nah, kalau kamu punya resolusi apa tahun depan? Ayo cepat ditulis biar lebih semangat mewujudkannya. Dan jangan lupa jaga kesehatan ya. Rajin olahraga dan konsumsi multivitamin dan mineral Theragran-M satu tablet sehari setelah makan atau sesuai anjuran dokter. Sampai jumpa di blogpost selanjutnya ya.
 
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.

Sumber informasi tambahan :
1. Situs theragran.co.id
2. Situs www.evenzero.org

31 comments

  1. Wah mba Gilang ada usaha membuat buket bunga ya mba. Smoga tahun depan makin aktif membuat ya mba :). Semoga tahun depan kita semakin produktif ya mbaa :)

    ReplyDelete
  2. semoga tahun 2018 lebih produktif yaa.
    cantik banget mawar kertasnya. ayo, bikin lagi yg banyak :)

    ReplyDelete
  3. Mantafff, sukses ya dan semoga menang!

    ReplyDelete
  4. Semoga terwujud,mbak.Amin... Salam Musik Indonesia...Telah dirilis Single terbaru dari REGI WEKING (Ex-Vocalist GARUDA FORCE Band) yang berjudul “MANIEZ” (MANIS) ber-genre POP Ballad https://itunes.apple.com/album/id1304637464 (sudah ada juga di SMULE) Terimakasih

    ReplyDelete
  5. Olahraga. . Samaaa aku juga 2018 mau nyoba rutin. Hihi
    Moga kesampaian ya wishnya. Keren smangat sekolah lagi ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik. Toss dulu mba. Hehehe. Aamiin. Makasih mba

      Delete
  6. Menyelesaikan naskah itu loh yang banyak banget godaannya hiks. Semangat ya neng πŸ’ͺ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul betul betul. Siap teh. Makasih 😚

      Delete
  7. Wiih lengkap banget ya mba kandungan theragran M. Semoga resolusinya tercapai yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba lengkap theragran-M ini :). Aamiin terima kasih.

      Delete
  8. Jadi teringat kalau saya juga punya buku yang harus direvisi. Aaaakkkkk mana deadline bentar lagi! Hadeh

    Anw, sama sih kayaknya, untuk hal revisi dan naskah, saya juga selalu begitu, ah esok juga masih bisa. Ah besok aja deh. Akhirnya, ya gini, nggak jadi jadi hahaha

    “Every Night we go to bed, with no assurance of waking up the next morning, but we still make plans for tomorrow… That’s Hope” - Anonymous

    ReplyDelete
  9. Semua resolusinya keren, semoga bs terwujud semuanya ya Mbak Gilang.. Amin
    Walaupun blm dpt pekerjaan di perusahaan tp punya keahlian untuk bikin buket bunga cantik..itu keren loh. Sapa tau kalo lbh di kembangkan jd bisa punya usaha sndiri gak perlu melamar kerja kesana kemari lagi ^_^ tetap semangat & salam kenal

    ReplyDelete
  10. Semua resolusinya keren..semoga semuanya bisa segera tercapai ya Mbak Gilang
    kalo saya yang paling susah biasanya rutin olahraga hahahahaha

    ReplyDelete
  11. Duh, dari dulu cuma bisa pengen pengen dan pengen. Pas mau eksekusi. Malah gak pernah bisa. Susah banget ya mau nulis di wattpad aja :(

    ReplyDelete
  12. Selamat Tahun Baruuuuu... Semoga resolusi kita terlaksana dan bermanfaat. Aamiin..Sehat-sehat terus yaaa

    ReplyDelete
  13. Sehat selalu dan smangat untuk resolusinya ditahun ini ya mbk :)

    ReplyDelete
  14. Semangat untuk semua impiannya mbak. Semoga trwujud. Ayo kelarin nulis bukunya, pengen baca hehe

    ReplyDelete
  15. Amin untuk semua resolusinya yaaa semoga tercapai. Salam kenal Mbak. Mampir blogku jg yuk πŸ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Terima kasih mba April. Salam kenal juga. Sudah mampir dan aku suka sama artikel-artikel di blognya mba April. Keren-keren *jempol

      Delete
  16. SEmangatt mbak, jadi saya juga belum bikin resolusi ini di tahun 2018. semoga semua terlaksana dengan baik..

    ReplyDelete
  17. Resolusinya sama gi.. Pengen cepet kerja 😒. Bismillah ya semoga thn ini keberuntungan untuk kita. AamiinbπŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kamu juga cepet dapet kerja ya fi. Aamiin :)

      Delete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon