3/31/2018

Ditinggal Pas Lagi Sayang-sayangnya

Hai, maafkan aku yang belum berkunjung balik ke blog mba-mba dan mas-mas. Akan kulakukan sesegera mungkin. Tapi sekarang mau curhat dulu padahal tiap bikin blogpost baru juga curhat. Tentang ditinggal pas lagi sayang-sayangnya. Oke tolong, kamu jangan ketawa duluan apalagi sampai kegeeran. Ini bukan mau ngomongin kamu.


Jadi, waktu baca artikel beberapa hari lalu, tentang Uber yang diakuisisi sama Grab, aku kaget gila nggak pake ng. Oh kenava ini harus terjadi. Kutak rela. Dan tentunya bukan berita bohong karena artikel itu dari situs berita yang nggak menebar kebohongan.

Timbulah luka yang nggak berdarah, tapi sakitnya lebih parah waktu Uber mengirim surel resmi perihal digabung sama Grab. Terus dikasih tata cara jadi pengguna Grab. Iya, udah tahu kok caranya, orang aku udah pake Grab aku selingkuh di dua kota yang belum ada Uber nya. Sekarang malah nggak bakal ada ya.

Berawal dari awal tahun 2017 di mana mau pergi ke suatu acara tapi nggak tahu lokasinya di mana. Blank. Buka google maps pun malah tambah puyeng. Nyari rute angkot pun nggak nemu. Jadilah aku memutuskan untuk pake transportasi daring. Dan aku pilih Uber. Karena berminggu-minggu sebelumnya liat mas-mba kece yang foto bareng pengemudi Uber terus diunggah di instagram. Dan jaketnya biru di Bandung nyatanya yang aku pesan nggak pake jaket biru. Karena ekspekstasi tak selalu sesuai dengan realita. Tapi paham sih kenapa nggak pake.

Selain itu aku pilih Uber karena aplikasinya lebih ringan daripada yang lain. Iya smartphone eneng memorinya sedikit dan ramnya hanya segiga. Kala itu pertama kalinya pesan Uber aku dapet pengemudi yang ramah, sopan, kalem tapi cepat dan hapal rute tentunya. Oh, kujadi paham kenapa banyak yang beralih ke transportasi daring. Nyaman. Walau sekarang banyak berita kriminalnya juga.

Satu kali nyaman, berikutnya jadi ketagihan. Nggak gitu juga sih. Kebetulan aja nggak tahu tempatnya. Kalau yang udah familier kayak BIP, Ciwalk, Simpang Dago, Alun-alun, Sarijadi, PVJ, Setiabudhi, dll dan nggak terburu-buru, ku masih tetap ngangkot kok.

Nah setiap kali pesan Uber. Aku baru pakenya Uber motor dan UberX. Seringnya Uber motor. Kalau UberX baru 3 kali itupun yang dua kali pas hujan deras di Bandung. Terakhir pas pesan dari jalan Gudang Selatan akhir februari. Dan alhamdulillah pengemudinya pada baik dan ramah semua. Apalagi yang pengemudinya pak-bapak, duh berasa diantarkan sama ayah idaman. Tapi satu dua kali kaget karena plat nomor sama jenis motornya beda, tapinya juga pengemudi mengemukakan alasannya. Ada yang bilang motornya hilang, ada juga yang bilang lagi di bengkel. Nggak masalah sih selama baik mah. Diantarkan ke tujuan tanpa kekecewaan. Kalau dikecewakan pas baru pesan sih beberapa kali waktu di Jaktim. Yang kepo bisa baca di Besok Pake Nama Samaran Aja Ya

Masalah tarif sih nggak beda jauh ya. Kadang Uber juga bisa langsung melesat mahal banget pas jam-jam sibuk dan kemacetan di mana-mana. Tapi yang bikin aku terlanjur sayang sama Uber selain selalu dapet pengemudi yang baik, aplikasinya itu sederhana, tapi yang kubutuhkan ada di sana. Iya, kayak ngecek rute dari titik A ke titik B plus ongkos dan jarak tempuhnya bisa di ketik, di cari dari jauh gitu. Itu sih itu membekas banget aplikasinya buat aku. Mudah dipahami sama aku yang mana orangnya suka kurang peka.

Tapi ah ya sudahlah. Toh aku juga udah mulai belajar pake layanan Grab bike duluan sebelum mendapatkan berita mengejutkan ini. Terima kasih sudah hadir selama ini, terutama di Bandung. Terima kasih sudah meninggalkan aku pas lagi sayang-sayangnya, terlanjur sayang banget malah. Semoga dengan masuknya Uber ke Grab, Grab makin maju. Dan pengemudi Ubernya pindah semua ya biar ketemu lagi pas pesen.

Kamu pernah ditinggalkan pas lagi sayang-sayangnya juga nggak gaes? Coba sini bisikin di kolom komentar

3/20/2018

Menu Piring Gizi Seimbang Untuk Hidup Sehat

menu piring gizi seimbang

Jujur aja aku baru belajar masak sendiri bulan lalu, saat ibu sakit DBD hampir sebulan penuh. Yuhu, biasanya ya tinggal comot-comot langsung makan. Atau cuma bantu potong-potong sayuran, dan kawan-kawannya kemudian duduk manis melihat ibu meracik bumbu dan memasaknya sampai matang. Tanpa pengin tahu kalau masak ini harus gimana, masak itu harus gimana. Dan sungguh masak itu nggak mudah untuk aku yang lebih suka makannya aja tapi nggak mau repot. Apalagi mengolah makanan sumber protein dan memenuhi kebutuhan gizi harian.

Untuk sumber protein yang paling mudah mengolahnya ada telur, tahu, dan tempe. Diolahnya yang paling mudahnya ya tinggal di goreng aja. Tapi ya lama-lama bosen juga. Mau ikan, ayam, udang? Ish aku anaknya nggak mau ribet membersihkannya. Tapi, untungnya ada So Good dong yang bisa memenuhi protein hewani. Iya lho, nggak cuma sosis, bakso, nugget, karage, otak-otak, dimsum, dan lainnya, sekarang ada ayam potongnya juga. Udah siap olah pula. Sungguh membahagiakan sekali. Tapi kali ini jelas aku nggak milih ayam potong dulu. Karena cari yang praktis tapi kepengin higienis. Yang nggak bertulang, jadi makannya santai nggak belepotan.

chicken katsu menu piring gizi seimbang

Ok, kali ini aku pilih So Good Chicken Katsu yang original. Penginnya sih mengolah yang chicken spicy, tapi apa daya perut sedang kurang baik. Jadi ngerem dulu makan makanan yang pedas. Dan ini pertama kalinya beli katsu. Biasanya aku beli nugget. Iya, aku fans beratnya nugget. Ada yang sama juga nggak? suka nugget banget. Eh ya, dalam kemasan yang 400 gram ini terdiri dari tujuh potong chicken katsu yang ukurannya sedang (Kira-kira dua kali ukuran nugget) dan satu ukuran kecil. Bisa buat tujuh kali makan, eh salah, bisa dibagi buat tujuh orang (masing-masing satu) atau dua orang dalam sehari (tiga kali makan) Terus, aromanya setelah di goreng, ya ampun, menggoda sekali pemirsah. Wangi dan yummy.

piring gizi seimbang so good
sumber gambar : https://bloggerperempuan.co.id/piring-gizi-seimbang/

Nah, sumber proteinnya udah ada kan. Tinggal ditambah dengan sumber karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan air untuk memenuhi kebutuhan gizi harian, sesuai dengan menu piring gizi seimbang. Yang mana penting sekali untuk metabolisme tubuh. Untuk mencapai seratus persen, pembagiannya adalah 35 % Karbohidrat, 15 % protein, 35 % sayur dan 15 % buah. Dan aku pun yang baru belajar masak ini, mencoba membuat menu piring gizi seimbang seperti foto di bawah ini.

menu piring gizi seimbang favoritku

Untuk sumber karbohidratnya, aku memilih nasi putih (kalau bosan bisa diganti nasi merah, gandum, kentang, jagung, singkong, dan umbi-umbian lainnya), Lalu, potongan So Good Chicken Katsu Original tentunya sebagai sumber protein. Sayurannya aku pilih menumis wortel campur kol dan kacang buncis. Sementara buah-buahannya, kali ini aku pilih setengah buah jambu biji merah dan tiga buah rambutan kecil. Buah yang kebetulan sedang berbuah di halaman belakang. Nah sederhana dan mudah bukan aku membuat piring gizi seimbangnya. Yang penting mencakup kebutuhan gizi seimbang hariannya. Namanya juga baru memulai kan, jadi yang mudah-mudah saja dulu ya, yang penting aku suka dan tentunya enak.

Dan, untuk mulai membiasakan hidup yang sehat, nggak cuma menu piring gizi seimbangnya aja lho yang harus diperhatikan. Tapi pola hidup sehatnya juga. Ku harus rajin minum air putih delapan gelas perhari lagi. Iya nih akhir-akhir ini payah, paling empat gelas, padahal biasanya paling rajin minum air putih. Terus sebelum makan jangan lupa cuci tangannya pakai sabun biar kuman-kuman terhempas. Rajin olahraga juga dan rajin menimbang berat badan. Padahal aku paling males menimbang berat badan, bawaannya takut aja jarumnya geser ke kanan. Tapi untuk pola hidup sehat, aku akan mulai membiasakan kegiatan pendukung dari menu piring gizi seimbang.

Nah, kalau kamu punya menu piring gizi seimbang apa? Share juga yuk!

3/15/2018

Rindu Mata Pelajaran Olahraga

Gara-gara facebook sering mengingatkan momen-momen baik foto maupun status di masa lalu, aku pun jadi rindu pada mata pelajaran olahraga di kelas 10 dan 12. Yang mana waktu itu adalah mata pelajaran yang paling berat buatku. Dan nilai olahraga paling nggak banget nangkring di buku rapot saat kelas 10. Angka 60 nangkring di mata pelajaran olahraga. Dan masuk semester dua masih harus berjuang buat remedial nilai. Aslinya di hitungan rata-rata yang diberikan pak R nilai aku masih 50 dong. Dan bukan cuma aku yang mengalami hal ini. Hampir sekelas.

mata pelajaran olahraga

Selain jenis olahraganya yang cukup banyak : senam lantai (rol depan belakang dan pakai mlenting rol depannya (bokong nggak boleh nempel ke matras). Rol belakang kalau nggak bisa sampai berdiri minimal kakinya lurus melewati kepala. Lompat jauh, lompat tinggi (harus mlenting juga melewati tali yang di pasang), lari estafet, lempar cakram, basket, voli (ini yang paling ku tak suka).

Tahu nggak boro-boro bisa mlenting itu pas kelas 10. Rol depan aja aku suka ngagaleong ka gigir. Tapi lama-lama sih akhirnya, akhirnya bisa juga dapet nilai 65 pas kelas 12. Itu udah bahagia banget. Lha iya, nilai aku paling tinggi di lompat tinggi dapet 68. Itupun setelah mencoba sampai 5 kali. Aku menolak diberi nilai 60 sama pak R, jadi nyoba terus sampai nggak sadar akhirnya berhasil lompat, melewati talinya dan mlenting. Jatuhlah aku di atas matras yang empyuk eh empuk.

Pak R : "hayang nilai sabaraha?"
Aku cuma melongo, bingung, nyengir kuda.
Temen-temen : "70 pak, 70!"
Pak R : "acan 70 mah, 68 weh!"

Nyahaha asem. Tapi alhamdulillah. Basket pun cuma 65. Voli 60. Itu pas kelas 12 lho ya. Kelas 10 mah babak belur nilainya. Apalagi voli. Paling inget momen di mana kedua tangan dipasangin kayu dan diikat. Karena apa coba, karena pas nyobain pasing (tapi bolanya cuma dipantul-pantul lurus ke atas), kebetulan sikutku pas nggak lurus pas pak R lihat. Jadi kayak robot lha itu, di tonton sama yang jajan di kantin pula.

Jadi, pak R ini, nggak peduli kamu mau mantulin bola voli ke atas 100 kali pun kalau cara yang benar yang diajarkan bapaknya nggak diikuti, ya nggak akan dapet nilai bagus. Pun olahraga yang lainnya. Kayak basket, mau kamu masukin banyak bola ke dalam ring, kalau dribel, cara bawa bolanya pas lari tekniknya salah. Ya nggak akan dinilai.

Yang bikin kesal lagi, mau kamu sakit kek, ijin kek, di daftar hadir bapaknya, statusnya alfa. Terus kalau olahraga, bapaknya suka ngasih gembok ke km. Jadi kelasnya di gembok gitu pas mata pelajaran olahraga. Dan suka motong jam pelajaran matematika. Iyalah, harusnya 40 menit sebelum istirahat udahan, eh ini olahraga sampai bel istirahat bunyi. Hasilnya ibu S (guru matematika) nggak bisa berbuat apa-apa kecuali air mukanya agak masam begitu melihat kami yang baru balik dari lapangan.

Eh ya bapaknya udah sepuh lho dulu itu tapi masih bugar. Bapaknya nggak galak sih, tapi tegas. Pokoknya harus kuat mental gitu. Kabar terakhir katanya udah nggak ada (meninggal).

Dan sekarang betapa rindunya aku sama pelajaran olahraga beliau. Sama masa-masa SMK yang .........

3/11/2018

Ketangguhan Televisi Panasonic

sumber gambar : situs pixabay
Televisi merupakan salah satu perabotan yang wajib dimiliki oleh semua orang di rumahnya. Hal tersebut dikarenakan televisi merupakan salah satu benda yang mampu memberikan berbagai macam informasi dan hiburan yang murah meriah dan bisa dinikmati oleh seluruh anggota keluarga dikala waktu senggang. Alat elektronik ini juga menjadi salah satu benda yang biasanya kita prioritaskan ketika memiliki sebuah rumah atau pindah ke tempat yang baru. Dengan fungsinya yang sangat vital, televisi juga saat ini hadir dengan berbagai macam jenis dan bentuk yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan kita masing-masing. salah satu brand atau produsen televisi ternama yang ada di dunia yaitu Panasonic, menawarkan berbagai macam jenis televisi yang menggunakan teknologi yang sangat canggih. Selain itu brand ternama dunia ini juga menghadirkan TV murah tetapi dengan kualitas yang sangat baik.

Apabila kita mengikuti perkembangan teknologi televisi saat ini, jenis dan bentuk televisi kini semakin beragam. Sebelumnya kita hanya mengetahui bahwa televisi itu memiliki bentuk tabung, layar cembung dan memiliki bobot yang cukup berat, pada saat ini bentuk televisi lebih tipis, ramping dengan layar datarnya serta dengan berat yang lebih ringan. Semua itu bisa menjadi kelebihan tersendiri karena dengan bentuk dan teknologi tersebut maka kita akan semakin mudah menempatkan televisi yang kita miliki.

televisi masa kini, sumber gambar : situs pixabay
Selain itu, saat ini kualitas gambar yang dihadirkan oleh sebuah televisi juga semakin canggih dan modern, kita akan memiliki kenyamanan tersendiri saat menonton sebuah acara di televisi. Karena kualitas gambar yang semakin baik dan ketajaman yang sangat hidup, kita akan menikmati tontonan yang disuguhkan berbeda dengan yang kita rasakan sebelumnya.

Panasonic merupakan salah satu produsen televisi yang mampu memberikan itu semua. Dengan menggunakan televisi Panasonic kita akan memiliki sebuah televisi dengan teknologi yang sangat canggih serta gambar yang sangat berkualitas. Panasonic menghadirkan berbagai macam varian TV murah berkualitas yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.

3/09/2018

Prive Uri-cran | Cara Alami Mencegah Anyang-Anyangan

Aku ini termasuk tipe orang yang udah tahu kalau x itu nggak boleh, membuat sakit, ya masih aja dilakukan. Kayak apa coba, kayak stalking mantan gebetan. Tapi kali ini sih mau bahas gara-gara nahan pipis. Makanya di awal tahun ini jadi kena lagi deh kok jadi kayak acara tv tahun berapaan gitu. Iya, awal tahun ini, tepatnya di awal Januari, aku kena yang namanya anyang-anyangan lagi. Gara-garanya nahan pipis alias buang air kecil setiap malam selama tiga hari berturut-turut.


Jadi, sebelum tidur aku suka pipis dulu. Tapi, walaupun udah pipis, tengah malemnya atau lewat tengah malemnya pasti pengin pipis lagi. Tapinya lagi suka males aja ke toiletnya, apalagi kalau lagi sendirian di rumah. Iya, awal tahun ditinggal keluar kota. Jadinya sendirian, jadinya suka parnoan dan takut. Akhirnya pipis pun ditahan dan anyang-anyangan kembali.

Ngomong-ngomong kamu udah tahu belum anyang-anyangan ini apa? Jujur aja, dari kecil sampai awal tahun 2017, aku tahunya anyang-anyangan itu ya cara mengajak bermain teman-teman. 

"Hayu urang anyang-anyangan!" 

Eh ternyata anyang-anyangan alias rasa ingin buang air kecil terus menerus tapi sedikit ini udah sering aku alami termasuk awal tahun ini. Anyang-anyangan ini merupakan gejala awal dari infeksi saluran kemih lho. Yang mana 5 dari 10 wanita pernah mengalaminya dan risiko seorang wanita terkena anyang-anyangan ini mencapai 50 persen sepanjang hidupnya. Belum lagi sebagian besarnya mengalami kondisi ini secara berulang-ulang dan selama bertahun-tahun. Ini karena jarak antara saluran kemih (uretra) ke saluran pembuangan air besar lebih dekat, jadinya lebih rentan terkena infeksi saluran kemih. 

Eits, meskipun risiko wanita apalagi yang usianya 20 tahunan ke atas lebih besar untuk terkena anyang-anyangan, para pria dan anak-anak juga harus waspada. Karena anyang-anyangan ini bisa di derita oleh pria maupun wanita, anak-anak maupun dewasa, termasuk ibu-ibu hamil. 

Selain ingin buang air kecil terus-menerus dan sedikit, gejala lain dari anyang-anyangan adalah nyeri panggul jika terjadi pada wanita, sementara kalau pria akan timbul gejala nyeri pada anus. Terus nih, akan terasa perih atau sakit buang air kecil. Belum lagi urinenya yang lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah dan baunya menyengat. Tubuh juga akan terasa lelah dan kurang sehat kemudian mengalami demam.

Meskipun pada umumnya, penyebab anyang-anyangan ini terjadi gara-gara sering menahan buang air kecil, masih banyak lho penyebab lainnya yang kemudian menyebabkan bakteri e.coli menempel pada dinding saluran kemih.

Tapi nggak usah panik, penyebab sakit saat buang air kecil ini bisa diatasi dan dicegah dengan mengkonsumsi ekstrak buah cranberry. Karena minum air putih yang banyak aja mah nggak cukup! Buah berwarna merah tua ini mempunyai kadar vitamin c yang cukup tinggi. Selain itu kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, dan quercetin dan memiliki senyawa fitokimia.

Buah cranberry juga mengandung antioksidan proanthocyanidins yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi serta memiliki sifat adhesi yang membuat bakteri nggak menempel pada dinding saluran kemih. Dan tentunya udah teruji klinis dong.

Nah, kemarin pun aku mengatasi susah buang air kecil ini dengan mengkonsumsi jus ekstrak buah cranberry. Lha, buah cranberrynya aku dapatkan dari mana? Kan termasuknya tanaman semak-semak pendek yang biasanya tumbuh liar dan banyak ditemukannya di utara Amerika dan Kanada. Aku ke Amerika atau Kanada? Kejauhan atuh tapi kelak semoga bisa ya. Yang dekat aja, iya, aku memilih Prive Uri-cran yang mengandung ekstrak buah cranberry.


Prive Uri-cran ini ada dua jenis. Yang kapsul dan yang serbuk. Tapi, kandungan dan khasiatnya tentu sama dong. Sama-sama bisa mengatasi dan membantu memelihara kesehatan saluran kemih sehingga bakteri e-coli nggak nempel lagi. Ya kali jangan sampai kayak perangko.


Tapi, aku sendiri lebih suka yang serbuk alias Prive Uri-cran plus. Jadi, selain ekstrak cranberry, ada plusnya nih, plus vitamin C dan probiotik. Serbuknya merah muda pucat dengan bintik-bintik merah muda ini aromanya enak. Aroma buah berry gitu. Diseduh menggunakan air dingin sekitar 200 ml kalau aku. Diaduk sedikit dan diminum deh.


Dan warna merah mudah pucat serbuk pun berubah menjadi larutan berwarna merah muda. Yang kalau diminum saat panas terik atau mengantuk pasti langsung syegaar eh segar. Rasanya itu ada manis tapi tipis banget. Banyaknya asam-asam gitu. Tapi asam yang enak sih kalau buat aku. Bikin ketagihan. Bukan asam kecut kayak dicuekin gebetan. Agak mirip sama minuman jus yang sering kubeli pas SD gitu sih sebenarnya. Dan ini suplemen paling enak sih kalau buat aku, karena nggak meninggalkan rasa aneh apapun di mulut dan tenggorokan.

Nah, tadi kan aku udah bilang. Eh udah bilang belum? Kalau Prive Uri-cran ini bisa mengatasi dan mencegah anyang-anyangan dengan dikonsumsi secara rutin, 1-2 tablet atau 1-2 sachet sehari. Karena Prive Uri-cran memiliki 3 manfaat utama, yaitu :

1. Solusi alami mencegah dan mengatasi anyang-anyangan.
2. Menjaga kesehatan saluran kemih.
3. Dapat diminum kapanpun di manapun.

Tuh kan, lebih baik mencegah daripada mengobati. Karena terkena anyang-anyangan apalagi sampai infeksi saluran kemih berkelanjutan itu berat. Mungkin kamu nggak akan kuat.

Tentu saja, selain rutin mengkonsumsi Prive Uri-cran, ada cara mencegah anyang-anyangan lainnya yang juga alami dan sederhana. Minum air putih sesuai kebutuhan harian, terus jangan sering menahan buang air kecil, kalau bisa sih jangan pernah ditahan ya. Menjaga kebersihan pakaian dalam, toilet dan membasuh yang benar setelah BAB.

*sumber informasi dan gambar pendukung lainnya diambil dari situs uri-cran

3/08/2018

Solusi Logistik UMKM - Friendly Logistics

Sebagai orang yang pemalu tapi seringnya malu-maluin, bisa belanja secara daring membuatku lebih bahagia. Iyalah, mau lihat-lihat dulu atau nanya-nanya dulu aja pun nggak terlalu masalah kan kecuali nanyanya terus-terusan tapi belinya malah di toko sebelah, nggak akan merasa diperhatikan apalagi sampai diikutin ke sana-kemari saat sedang memilih. Seolah-olah aku berniat mencuri dari toko tersebut. Dan penjaga tokonya memasang wajah serius. Asli itu membuatku nggak nyaman dan biasanya langsung balik kanan menuju pintu keluar.

Selain itu, kalau mau membanding-bandingkan harga pun jadi lebih mudah. Dan bisa kembali ke toko awal tanpa diketahui udah membanding-bandingkan padahal dibanding-bandingkan teh nggak enak ya. Dan yang terpenting, mau belanja jam berapapun, di manapun bisa. Walau kadang harus ekstra sabar menunggu dikemas kemudian dikirim. Karena yang beli kan banyak tuh. Kalau nggak teliti barang belanjaannya bisa aja tertukar atau jumlahnya kurang dari yang di pesan (sering banget kejadian kalau aku beli kertas tisu) *curcol. Lalu, kecepatan sampainya bergantung pada jasa pengiriman terkait. Semakin lama imbasnya pasti terasa pada kedua belah pihak. Ya nggak. Penjual bisa diprotes terus-terusan, dituduh beginilah begitulah, dan pembeli tentu saja bisa kapok.


Nah, berangkat dari permasalahan pergudangan, pengemasan dan pengiriman itulah, JNE yang terus berkomitmen melakukan pengembangan dan inovasi supaya terus memberikan manfaat kepada para pelanggan sekaligus mendukung UMKM lokal pun akhirnya berkolaborasi dengan PT Prakasa Trada Solusi (PTS). Kenapa JNE menjalin kerjasama strategisnya dengan PTS? Karena gaes, mereka memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan peluang dan memberikan kemudahan kepada pelaku UMKM dalam melakukan proses jual-beli secara daring. Maka diluncurkanlah layanan Friendly Logistics pada hari selasa, 27 Februari 2018, bertempat di spasial 22 Bandung.

Penanda tanganan kerjasama Friendly Logistis JNE dan PTS, sumber foto : JNE
Acara peluncuran Friendly Logistics tersebut dihadiri oleh bapak M. Feriadi (Presiden Direktur JNE), Mas Dipta Imanto (CEO PTS), bapak Eri Palgunadi (VP of Marketing JNE), Mas Yukka Herlanda (pemilik Brodo sekaligus pengguna layanan dari PTS), pelaku industri kreatif & UMKM lokal, media dan BloggerBDG. Acara dimulai dengan pembacaan doa, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, sambutan dari presiden direktur JNE, berbagi kebahagiaan dengan anak-anak dari panti yatim Muhammadiyah, penandatanganan kerjasama pada doodle friendly logistics. Kemudian dilanjutkan dengan sesi bincang-bincang dan tanya jawab.


PTS sendiri punya 4 service utama, yaitu : sourcing & production, optimization, warehousing & fulfillment dan branding  marketing sebagai end to end solutions bagi pelaku bisnis UMKM di friendly logistics ini. Jadi, para pelaku UMKM bisa berfokus pada proses produksi dan salesnya aja. Nggak perlu repot lagi masalah logistiknya : pergudangan (warehousing), pengemasan (packaging) dan pengiriman. Pokoknya semua tersimpan rapi di gudang (warehouse) nya PTS yang luasnya 552 m dan pengelolaan gudangnya mencapai 9000 unit.

Dan saat ini friendly logistics mengelola lebih dari 10.000 transaksi perbulannya dari klien PTS. Ada lima tenaga profesional khusus yang menangani kurang lebih 200 pcs perhari lho gaes. Pokoknya dari mulai penerimaan pemesanan, pengambilan produk, quality control, pengemasan sampai proses penginputan resi yang dikirimkannya lewat JNE. Dan beroperasi tujuh hari dalam seminggu kayak lirik lagu siapa ya ini. Keren kan.

Dari kiri layar ke kanan - pak Eri palgunadi, Mas Dipta Imanto dan Mas Yukka Herlanda
Karena penasaran aku pun kemarin langsung mencobanya lho. Belanja baju dari brand Impromtu. Eh ya, jadi selain Brodo, brand lokal yang sudah menggunakan layanan PTS itu ada 8 lagi, termasuk Impromtu, bisa kamu kepoin deh di situsnya PTS. Waktu pembayaran selesai, beberapa menit kemudian langsung masuk pemberitahuan lewat email kalau pesanan sedang dalam proses pengemasan. Terus nggak lama setelahnya dikirim. Besoknya sampai.

mungkin ini yang namanya sedikit pamer :D
Gimana gaes? tertarik bergabung dengan friendly logistics? Kalau begitu, kamu bisa langsung menghubungi PTS melalui kontak yang ada di situsnya pts.sc. Bisa konsultasi dulu kok gaes soal layanan mana  aja yang cocok untuk bisnis kamu. Nanti disesuaikan sama kebutuhan. Yang penting syarat awalnya adalah kamu harus berkomitmen untuk serius memaksimalkan friendly logistics ini. Begitu jawab Mas Dipta di sesi tanya jawab.

Harapannya, dengan adanya friendly logistics ini, JNE dan PTS bisa menggabungkan brand-brand lokal menjadi satu kesatuan (semacam virtual departement store) dan tentunya turut serta memajukan UMKM di Indonesia hingga brand-brand lokal di Indonesia bisa berjaya di negeri sendiri bahkan bisa go intenational gaes. Menjadi solusi yang kompatibel bagi pelaku industri kreatif dan UMKM karena menawarkan manfaat pengelolaan warehousing yang dilakukan secara profesional dan terintegrasi dengan layanan last mile delivery, serta update inventory maupun shipment status secara berkala. Jadi bisa menghemat waktu dan biaya. Dan tentunya menjaga kepercayaan pelanggan ya nggak.

Setelah sesi tanya jawab berakhir, acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize dan hiburan. Tahu nggak aku seneng banget, karena pada akhirnya bisa menyaksikan Monita Tahalea yang cantik dan mendengarkan suara merdunya juga lagu-lagu terbarunya. Seolah belum cukup, ditambahin pula sama Gaby dan Bayu Risa.


Sampai jumpa diblogpost selanjutnya!