4/22/2018

Teman Me Time, Julie's Peanut Butter

Sebagai seseorang yang belum mendapatkan kesempatan untuk bekerja di luar rumah lagi, tentu aku lebih banyak beraktivitas dan mengerjakan banyak hal dari dalam rumah. Dari mulai mengerjakan pesanan bunga-bungaan kertas, menulis (termasuk ngeblog), mendengarkan mama-bapak curhat, dan sesekali ikutan lomba atau kuis berhadiah. Pekerjaan eh aktivitasku itu lebih banyak bersinggungan dengan gawai. Tapi sesekali sih keluar rumah bertemu teman-teman yang dijadwalkan pas tanggal merah lumayan banyak. Menunggu mereka libur.


Walaupun lebih banyak beraktivitas di dalam rumah, nggak bisa dipungkiri kalau terkadang aku nggak punya waktu buat me time. Karena jadwal bekerja yang nggak teratur. Pokoknya bisa tidur dengan nyenyak tanpa dikejar deadline aja udah bersyukur banget. Tapi ya lama-lama aku masuk ke dalam fase stres sendiri, kebuntuan ide menghampiri, dan akhirnya gagal fokus, pekerjaan malah nggak selesai.


Dari situlah aku sadar, kalau me time itu penting banget dan aku harus menyediakan waktu khusus di mana nggak boleh ada yang ganggu selama beberapa jam, sekali dalam seminggu. Hanya ada aku dan aktifitas favorit yang nggak pake mikir. Kayak baca novel, buku pengembangan diri, nonton film atau acara favorit, dan mewarnai. Dan melepaskan diri dari gawai. Susah banget soalnya lepas dari gawai.


Membagi waktunya juga ternyata nggak sesulit yang dibayangkan. Iya lho, memang nggak boleh dibayangkan aja, tapi mesti dilakukan. Aku nggak pake jadwal khusus, atau hari-hari tertentu. Karena apa, karena aku bekerjanya dari rumah, belum menikah, dan belum jadi mama-mama tentunya. Jadi nggak bergantung sama akhir pekan dan bagi waktunya masih sama orangtua dan pertemanan aja.

Ini me timeku
Jadi, setiap ada waktu luang yang beberapa jam, mau hari apa pun itu, ya aku pake buat me time. Tapi kalau soal waktunya, aku biasa lebih milih siang atau sore hari. Soalnya kalau malam ya buat mendengar curahan hati orangtua sekaligus bertukar pikiran, kemudian lanjut tidur. Dan aku milih tempat me timenya di ruang tidur. Biar apa coba, biar dikira tidur biar nggak ada yang ganggu, karena ruang tidur itu sifatnya privasi, kekuasaan penuh ada di tanganku. Karena kalau melakukan me time di ruangan tamu apalagi ruang terbuka (kecuali ruang terbuka atau halamannya nggak kelihatan dari jalan) itu malah bikin aku gagal me time. Iyalah tiba-tiba ada yang datang, tiba-tiba ada yang nyapa dan ngajak ngegosip. Udahlah buyar itu me time

Nah, dalam melakukan me time ini aku juga butuh asupan minuman dan makanan ringan yang bisa bikin me time tambah sempurna. Kalau minum sih aku nggak bingung, bisa teh manis, teh susu, kopi, atau air jeruk peras. Makanan ringannya yang suka bingung. Bingung milih yang nggak bikin gemuk tapi enak terus bermanfaat juga buat tubuh. Dan pengin yang renyah, gurih dan manis gitu. Jadinya suka lama gitu kalau lagi milih-milih snack di minimarket. Sampai-sampai serasa diperhatikan sama mas-mba pekerja minimarket. 


Sampai di suatu hari tanpa sengaja , pas pengin membelikan mama snack, aku menemukan biskuit dengan kemasan berwarna jingga yang beratnya 90 gram dan harganya lagi diskon di Indomaret. Maafkan aku yang nggak bisa menolak diskon. Julie's Peanut Butter Sandwich namanya. Biskuit impor yang harganya terjangkau dan halal tentunya. Iya, walaupun belum ada logo halal pada kemasannya yang lama (yang aku beli ini), biskuit mentega kacang yang diproduksi di Malaysia ini sudah memiliki sertifikat halal dari MUI gaes. Dan kalau dilihat dari komposisi di belakang kemasan pun, bahan-bahannya aman, halal. Eh ya, di belakang kemasan, komposisi Julie's Peanut Butter Sandwichnya tertulis dalam 4 bahasa : Inggris, Melayu, China, Indonesia dan Arab.


Jujur aja, meskipun penasaran, aku agak ragu untuk mencobanya. Karena aku nggak terlalu suka sama biskuit, apalagi biskuit berselai kacang. Yang suka banget biskuit berselai kacang itu mama. Tapi, setelah mencari informasi di facebook @JuliesIndonesia (Julies Indonesia) dan instagram @julies.ind tentang manfaat Peanut butter, aku jadi semakin penasaran dan yakin buat beli nggak cuma buat mama tapi juga buat aku.


Dan ternyata, aku malah jadi suka sama Julie's Peanut Butter Sandwich ini dan jadi favorit snack buat aku me time sekaligus buah tangan penuh cintaku buat mama. Jadi favoritnya kita berdua. Karena biskuit berwarna cokelat keemasan ini selain aromanya yang menggoda, langsung menguar pas dibuka kemasannya, teksturnya yang renyah, pas digigit nggak banyak remahan yang jatuh. 

Rasa dari biskuit selai kacang ini pun bikin aku berhemat (snack gurih & manis dalam satu) sekaligus puas. Rasa gurih biskuit dan manis serta lembutnya selai kacang jadi satu kesatuan utuh yang enak dan pas. Nggak bikin eneg. Dan, kalau kata mama biskuit kacang beda dari yang biasa mama beli. Yang ini selai kacangnya nggak nempel-nempel ke gigi. Aku dan mama memang nggak bisa eh nggak terbiasa bikin kue, tapi kalau yang enak kita tahu dan satu selera. Kayak Julie's Peanut Butter Sandwich ini.

Ini lho Ma, aku nemu biskuit kacang yang enak banget
Eh, diawal aku udah bilang kan, kalau aku kadang suka ikut lomba atau kuis. Kamu suka juga nggak? Jangan-jangan kita jodoh. Kalau suka juga, dan penasaran sama biskuit Julie's Peanut Butter Sandwich ini, kamu bisa mendapatkan keduanya sekaligus. Karena Julie's sedang mengadakan lomba foto #PenuhCintaDariJulies berhadiah microwave, alat masak, dan vouher belanja senilai total jutaan rupiah dari tanggal 19 maret sampai 30 April 2018. Nah masih ada waktu buat ikutan. Aku juga mau ikutan. Lombanya bisa kamu ikuti melalui facebook atau instagram Julie's yang kutulis di atas ya. Syaratnya nggak susah kok. Cukup ambil foto julie's bersama benda pendukung aktivitasmu dan ceritakan di caption, mau dibagi atau diberikan sama siapa julie's nya.  Info selengkapnya ada di http://bit.ly/BuahTanganPenuhCintaDariJulies


Selamat mengatur waktu buat me time, selamat berburu Julie's Peanut Butter Sandwich dan jangan lupa ikutan lombanya ya, good luck. Sampai ketemu di blogpost selanjutnya. 

4/17/2018

Waktos Ngawitan Kenal Media Sosial

Wilujeung wengi, ayeuna abi bade nyarioskeun waktos abi ngawitan kenal media sosial pesbuk (facebook), twitter, sareng instagram. Pokokna mah janten hoyong seuri sareng nutupan raray nganggo bantal. Ngisinkeun seseurna mah. Komo lamun pesbuk ngemutan kenangan, sok sagala karaos kadang mah. Karaos isin, karaos nyeri hate, karaos kaduhung, karaos hoyong seuri deuih. Karaos kaos kaos, muhun da icalan kaos.

Sumber gambarna ti pixabay
2009, waktos kelas sapuluh (SMK) ngawitan abi kenal pesbuk teh. Da abi mah teu kenalan heula sareng prenster (friendster) kumargi nuju SMP mah terangna ka warnet teh kanggo ngerjakeun tugas sareng ngirim imel (e-mail) ka guru komputer.

Ti ngawitan nganggo nami asli dugikeun ka nami anu nya kitu tea : giechengenkzmandjhannyebelindtz, gieingindichayank, sareng sajabana. Tapi nu pang ngisinkeun sareng kaduhung mah digentos ku nami kabogoh. Mun diemutan ayeuna mah asa teu kedah kitu *nyengir.

Tah, bakatkeun ku kagegeloan ngangge pesbuk teh, dugikeun ka ngahaja ka warnet kanggo pesbukan. Sajam, dua jam, tilu jam. Ti warnet A, dugi ka warnet E caket sakola dicobian sadayana. Padahal ngan chat sareng babaturan gigireun, benten biling hungkul, ngadamel album foto dugika puluhan, eusina foto nu gayana kitu-kitu keneh, ngadamel status galau, ambek-ambekan, ngeluh, pokona mah teu penting. Jabaning kata-kata na teh nganggo huruf alit ageung, disingkat-singkat deuih.

Sok ngangge fitur colek oge. Teras sok tebar-tebar jempol ameh statusna seueur jempolan oge. Dugikeun aya fanpage na pan, jempolers mania. 

Jaba gaduh pesbuk teh sanes hiji, tapi tilu. Akhirna mah nu dua tutup akun, janten kantun hiji nu ayeuna. Teras tipayun mah paseueur-seueur jumlah rerencangan di pesbuk teh. Dugikeun ka teu tiasa nampi deui (maksimal 5000). Ayeuna mah lebih sakedik da dikirangan nu teu kenal sareng teu pararuguh, komo nu nyebarkeun rasa ngewa ka batur mah.

Tah, tos ti pesbuk teh, 2010 ngiringan ngadamel twitter da katinggalna rame nganggo RT. Dugikeun ja atoh pisan da pami nyerat RT teh. Bari teu apal ngawitanana mah pami RT teh singkatan tinu retweet. Dipangadamelkeuna ku saha cik? Ku mantan *dzig. Hilap da nami kahijina naon, tapi sateuacan janten @gemaulani teh pernah nganggo nami @GeMaulani, @giegilang sareng @suckied_giegie. Rame pisan mah dianggona sareng rerencangan mah waktos 2011-2012. Ayeuna ge rame deui sih sareng para bloger tapina.

Tah, tidinya teh ngalih kanu instagram. Padahal teu acan gaduh hape android. Janten nganggo aplikasi bluestacks taun 2012-2013 awal. Akun kahiji nateh sanes nu ayeuna @gemaulani da. Tapi hilap konci sareng imelna. Janten weh ngadamel deui taun 2013. Ari tos ngadamel deui imelna emut. Janten weh gaduh dua eh tilu sareng akun kanggo dagang kembang-kembangan kertas. Tipayun foto nage seueur nu rumeuk, ayeuna sami we ketang wkwkwk #ngabodortiditunamah.

Tah kitu pokokna mah ngawitan kenal media sosial teh, ayeuna pesbuk paling dianggo ngabagikeun alamat situs produk gratisan, ngabagikeun alamat blogpost, ninggalan grup nu menghasilkan sareng sakapeung ninggal kenangan. Nu akhirna sok rada nyeredet hate tea. 

Ngawitan mah sok sagala hoyong dicobian ciga messengger. Tinu Kakao, Line, Whatsapp, BBM, sadayana dicobian. Ayeuna mah nyakitu tea we.

4/15/2018

Buku Motivasi Ubah Krisis Jadi Bisnis

"Hidup anda dapat berubah dengan dua cara : melalui orang yang anda jumpai dan melalui buku yang anda baca." 
-Harvey Mackay-

buku motivasi ubah krisis jadi bisnis

Judul : Ubah Krisis Jadi Bisnis
Penulis : Eugenia Rakhma & Monica Anggen
Penyunting : Deesis Edith Mesiani
Desain cover : Amanda M. T. Castilani
Penata Letak : Mariana Martha
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer
Tahun terbit : 2017
ISBN : 978-602-455-183-4
Tebal halaman : ix + 186

Blurb :
Pepatah mengatakan, "bukan jatuhmu yang penting, tapi bangkitmu."

Di dunia ini, segala hal dapat terjadi, salah mengambil keputusan, kurang perencanaan, krisis ekonomi, pemutusan hubungan kerja (PHK), sampai masuknya tenaga kerja asing yang membuat persaingan di dunia kerja menjadi semakin ketat. Namun, ini bukan berarti dunia telah berakhir.

Kenyataannya, banyak orang sukses karena berhasil mengubah krisis dalam hidup mereka. Alih-alih menyerah, mereka mampu melihat peluang dan membalikkan keadaan. Dalam buku ini, kita akan melihat dan mempelajari bagaimana orang-orang sukses mengatasi krisis yang terjadi dalam hidup :

- Bagaimana cara menemukan ide dan mendapatkan peluang?
- Apa yang perlu dilakukan agar dapat keluar dari masa krisis?
- Cara apa saja yang perlu ditempuh sehingga mampu mengubah hidup yang terpuruk jadi berhasil meraih sukses?
- Bagaimana cara menemukan peluang untuk menciptakan bisnis baru yang mampu mengubah hidup?

Mulailah sekarang juga, ubahlah krisis dalam hidup menjadi kisah sukses Anda!

***
Buku motivasi bisnis ini terdiri dari 33 Bab yang pembahasannya terdiri gabungan mengatasi krisis dan meraih sukses. Diantaranya ada Ide-ide yang Bertebaran, Ubah Krisis Jadi Bisnis, Hubungan Erat Antara Pola Pikir dan Perubahan, Strategi ATM, Inovasi Kunci Perubahan dan Fix, Close,  Sell.  Nah, uniknya, ada tata cara sebelum membaca buku ini. Kamu harus menyiapkan kertas dan pulpen/pensil. Karena, tak hanya sekadar membaca, kamu pun diminta untuk mengisi semacam worksheet sesuai dengan petunjuk yang tersedia.

"Ketika ide muncul, tangkaplah dengan cepat dan cobalah wujudkan. Kita tidak akan pernah tahu hasilnya kalau tidak mencobanya terlebih dahulu."
Hal 13

Nah itu dia salah satu manfaat dari worksheetnya. Untuk menangkap, menuliskan ide-ide yang bertebaran ataupun berkelebatan di kepala kamu. Biar nggak lupa, dan bisa dipilah mana yang bisa direalisasikan, mana yang harus dipadukan biar jadi ide baru yang cetar membahana, dan lainnya. Karena ide itu langkah pertama untuk memulai bisnis.

"Pikiran yang diisi dengan hal-hal baik akan menghasilkan hal yang baik."
Hal 69

Pun sebaliknya. Selalu ada kekhawatiran, lebih tepatnya khawatir berlebihan karena memikirkan hal-hal yang bikin takut untuk memulai sebuah bisnis. Jadi mulailah dengan memikirkan hal-hal yang baik dan jangan takut sebelum memulai.

Sesuai dengan blurbnya, dalam buku ini kamu akan melihat dan mempelajari cara orang sukses mengatasi krisis yang terjadi dalam hidup mereka. Jatuh bangunnya mereka. Dari mulai yang sukses di perusahaan bidang teknologi sampai makanan sehat ada di sini. Dari yang Barat sampai Asia. Yang akan mengugah sekaligus membuka pemikiranmu.
Dalam buku ini juga ada banyak infografik termasuk tentang mengatasi krisis. Ada empat caranya, salah satunya berinovasi. Sisanya kamu harus baca sendiri deh di buku ini. Inovasi ini masuk ke dalam strategi ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Sah-sah aja meniru bisnis yang sudah ada. Tapi lakukan modifikasi supaya bisa lebih maju.

"Ketika kreativitas sudah dianggap tidak cukup memadai karena mudah ditiru. Inovasi menjadi kunci terbaik untuk melakukan perubahan."

Bukan hanya ATM aja dong pastinya, ada strategi lainnya dalam buku ini termasuk Fix, Close, Sell. Kalau pengin tahu lebih jelas ya dibeli bukunya, lalu dibaca, diisi worksheetnya sampai akhir dan dipraktekan.

***
Aku itu lebih suka baca novel romance daripada nonfiksi. Tapi, ada beberapa nonfiksi yang memang menarik perhatian, salah satunya buku "Ubah Krisis Jadi Bisnis," duet kak Eugenia Rakhma & kak Monica Anggen. 

Dan hepi deh habis baca buku ini ditambah ngisi semacam worksheetnya sampai akhir. Tenang, nggak di semua bab ada kok. Tapi, kubisikin kamu ya, kalau baca buku ini sambil ngisi worksheetnya tolong fokus dan serius, jangan ada yang dilewatin, karena penting buat hasil akhirnya. Ditagih kamu nanti di halaman 178. Tapi berguna banget lho, aku jadi tahu ide yang harus dieksekusi duluan. Dan udah mulai dipraktekan juga.

Nggak cuma ada semacam worksheetnya, setiap bab dalam buku ini dimulai dengan kutipan keren dari tokoh-tokoh dunia. Salah satunya yang kutulis paling awal di blogpost ini.

Eits, nggak cuma itu, dalam buku ini juga ada infografiknya. Jadi nggak ngebosenin.

Dan tentunya, selain membuka pikiran, buku ini jadi memberikanku banyak pengetahuan. Baru tahu lho aku kalau mesin pencarian pertama itu Altavista. Iya aku ngiranya MSN dong #tutupmuka. Terus jadi tahu juga Jack Welch siapa. Buku ini tuh kayak merangkum tokoh-tokoh sukses dalam bisnis, termasuk awal mulanya mereka itu gimana sih bisa sampai di puncak tapi dengan kalimat yang mampu menghipnotisku untuk terus membaca tanpa merasa bosan ataupun pengin nyekip.

4/12/2018

Film Dan Lakorn Horor Yang Bikin Meleleh

Kupikir Pee Mak dengan babang Mario Maurer sebagai pemeran utamanya yang didandanin dan bertingkah boloho sekaligus romantis sudah cukup membuatku meleleh. Eh ternyata masih ada film horor dan lakorn horor yang bikin aku meleleh lagi meskipun ada serem-seremnya. Ya iya, namanya juga horor, walaupun ada komedi dan romantisnya tetep aja unsur utamanya horor. Kamu mau tahu juga nggak? Sini kukasih tahu eh adanya tempe #mencobangelawak. Nggak serius ayeuna mah. Ini dia 2 film dan 1 lakorn yang bikin aku meleleh :

Spellbound Korea (2011)
Filmnya 2011 dan aku baru nonton 2018 di VIU. Biarin aja ya, yang penting kubahagia. Di film ini menceritakan seorang perempuan (Kang Yeo-ri) yang sering menyaksikan pria pesulap (Ma Joo-go) tapi nggak pernah tersenyum. Yang akhirnya mereka jadi kerjasama. Yeo-ri punya kemampuan melihat hantu. Terus ada satu hantu pendendam yang bikin dia hidup sendirian. Tanpa teman, tanpa keluarga (keluarga disuruh pindah sama dia) soalnya kalau deket Yeo-ri bakal kena sial. Jadi cuma bisa telponan. 

Sehabis nolongin hantu anak kecil
Tapi ada kilasbaliknya sih kenapa itu hantu dendam banget & masih gentayangan. Dan Ma Joo-go yang akhirnya sayang Yeo-ri rela menanggung segala resiko kesialan & marabahaya. Tapi tentu nggak mudah untuk tetap bersama. 

Di film banyak adegan romantis dibumbui komedi yang bikin geli, bikin degdegan mah udah pasti ada.

I See You Thailand Lakorn (2016)
Lakorn itu drama dalam bahasa Thailand. Dan kuketagihan nonton lakorn sejak nunggu Hormones The Series 1 tayang di Ko***s TV sekitar beberapa tahun lalu. Dan setelah film Thailand di VIU udah kutonton, aku lanjut ke lakornnya, termasuk I See You yang jumlah episodenya cuma 12 aja.

Dibuka dengan adegan pasien dan satu anggota keluarganya yang dihantui malem-malem. Dan ini pembukaan yang asyem dah. Hantunya euy, tonton aja dah sendiri. Gegara itu rumah sakit Karunarak tiba-tiba ramai didatangi awak media dan pak bapak yang punya alat untuk mendeteksi keberadaan hantu. Dan itu terjadi di hari pertama Pairin bekerja di sana sebagai perawat.

Pairin
Pairin & Chaba ini tokoh sentralnya. Benang merahnya di mereka. Ngomong-ngomong liat Pairin sekilas kalau nggak pake baju perawat mah agak mirip Agatha Chelsea. Pairin bisa melihat hantu sejak kecil. Dan sejak itu pula sering dikira ngomong sendiri dan dijauhi teman-temannya. Soalnya dia susah bedain mana hantu mana bukan. Dikiranya ngomong sama manusia padahal hantu. Nah, ibunya ngasih tips ke Pairin biar bisa bedain, caranya lihat pake cermin ada pantulannya nggak dan pake kipas angin kecil juga. Sayangnya itu nggak berlaku ke hantu yang udah mama bergentayangan (skillnya udah dewa).
New - si cantik yang naksir dokter M kemudian patah hati, jatuh cinta ke dokter Men dan ....
Di hari pertama itu dia bertemu New (salah satu suster yang masih muda di sana) terus ketemu dokter Men (dokter muda yang ramah), dll. Dan ketemu hantu bernama Chaba. Chaba kalau dilihat sekilas kayak Widi Vierratale dah. Selain itu dia ketemu rohnya dokter M (dokter muda yang judes eh serius) pas panik pasiennya kejang-kejang. Di hari itu juga dokter M lagi koma, kena serangan jantung.

Chaba, hantu baik tapi suka iseng
Bentar, mau bahas dokter M dulu, dua episode awal aku merasa kenal sama mukanya. Bhahaha ternyata Pae Arak versi rambut pendek & rapi. Lebih cakep sih dibanding di film The Name Of Love. Tapi tetep aktor Thailand nomor satu di hatiku masih babang Mario Maurer.

Dokter M
Pokoknya di setiap episodenya lakorn ini menawarkan tontonan yang nggak ngebosenin *menurut aku. Banyak kejutan, horor, romantis, komedi jadi satu. Paling romantis waktu Dokter Men ngajak Pairin menyaksikan bintang-bintang dari atap rumah sakit. Paling nyesek waktu kilasbalik Pairin habis ketembak, New jadi nyebelin setelah dua dokter itu naksir Pairin. Paling bikin nangis waktu kilasbalik masa lalu Chaba. Chaba hantu yang sungguh tabah. Paling serem itu waktu Pairin diminta merias jenazah.


Dan satu lagi yang kusuka dari lakorn ini. Ada sisipan iklan tapi secara halus. Dari mulai susu, deterjen, es krim kit kat (aku ngiler lha liat ini es krim, di sini gak ada yhaaaa), sampai ciki-cikian ge ada.

Dokter Men
Runpee / Senior Thailand (2015)
Ini dia yang terakhir bikin aku meleleh baru-baru ini. Eh ya, film ini pernah masuk bioskop Indonesia diawal tahun 2016. Yang ini belum ada di Viu ya gaes. Aku nontonnya di youtube dalam rangka ngabisin bonus kuota.

Mon, seorang siswi di SMA khusus perempuan, di mana dulunya adalah sekolah untuk laki-laki dan dulunya lagi bekas istana kerajaan. Mon ini termasuk siswi penyendiri yang punya kemampuan mencium bau makhluk halus. Gegara itulah dia ketemu sang senior yang minta bantuan untuk menyelidiki kenapa dia meninggal dan siapa pembunuh putri raja. Jadi detektif gitu lha dia sama si senior.

Hidup Mon berubah sejak ketemu si senior dan mulai temenan sama Ant (Anak orang kaya yang sering dibully secara mental & fisik, dianggap murahan, naksir berat sama pak guru Kimia yang pikalucueun pereup). Film ini asyik dinikmati dari awal sampai akhir. Banyak kejutan dan ketegangan yang terjadi. Sangat mengancam keselamatan Mon sih.

Senior & Mon, waktu Mon di hukum. Sumber gambar : thailfilmjournal.blogspot.com
Yang romantis waktu Mon membaui senior di toilet. Deuh dia pengin tahu hantu bisa diraba nggak sih. Udah deket banget itu sama senior. Hidung aja hampir nempel. Pas mau ngeraba wajah, eh seniornya mundur. Yang sedih waktu Ant bunuh diri. Yang jijay sama gila waktu Mon minta bantuan senior buat nakut-nakutin guru Kimia. 

Di film ini tuh dijelaskan kenapa hantu gentayangan, kenapa bisa nembus dinding, dll. Jadi bukan karena mereka jadi sakti. Tapi karena ketika meninggal, gambaran tempat itu bagi mereka berhenti di sana. Jadi meskipun ada di masa kini, mereka tahunya ya yang sekarang jadi dinding itu dulunya pintu, dll. Dan nggak tahu penyebab mereka meninggal juga lho ternyata. Dan kalau urusannya di dunia udah selesai, ya udah. Waktu mereka cuma sampai situ. Mereka juga bisa gentayangan siang hari, & yang bisa melihat mereka adalah orang yang nggak lama lagi bakal meninggal. Kayak waktu Mon di hukum, terus Senior duduk ngeliatin dia, Ant bilang ke Mon kalau pacar Mon cakep.

Nah, kamu udah nonton film dan lakorn ini juga belum?

Ket : terkecuali yang diberikan keterangan sumber gambar, gambar pendukung lainnya merupakan hasil tangkapan layar pribadi dari Viu.