Ubah Krisis Jadi Bisnis - Eugenia Rakhma & Monica Anggen

"Hidup anda dapat berubah dengan dua cara : melalui orang yang anda jumpai dan melalui buku yang anda baca." 
-Harvey Mackay-


Judul : Ubah Krisis Jadi Bisnis
Penulis : Eugenia Rakhma & Monica Anggen
Penyunting : Deesis Edith Mesiani
Desain cover : Amanda M. T. Castilani
Penata Letak : Mariana Martha
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer
Tahun terbit : 2017
ISBN : 978-602-455-183-4
Tebal halaman : ix + 186

Blurb :
Pepatah mengatakan, "bukan jatuhmu yang penting, tapi bangkitmu."

Di dunia ini, segala hal dapat terjadi, salah mengambil keputusan, kurang perencanaan, krisis ekonomi, pemutusan hubungan kerja (PHK), sampai masuknya tenaga kerja asing yang membuat persaingan di dunia kerja menjadi semakin ketat. Namun, ini bukan berarti dunia telah berakhir.

Kenyataannya, banyak orang sukses karena berhasil mengubah krisis dalam hidup mereka. Alih-alih menyerah, mereka mampu melihat peluang dan membalikkan keadaan. Dalam buku ini, kita akan melihat dan mempelajari bagaimana orang-orang sukses mengatasi krisis yang terjadi dalam hidup :

- Bagaimana cara menemukan ide dan mendapatkan peluang?
- Apa yang perlu dilakukan agar dapat keluar dari masa krisis?
- Cara apa saja yang perlu ditempuh sehingga mampu mengubah hidup yang terpuruk jadi berhasil meraih sukses?
- Bagaimana cara menemukan peluang untuk menciptakan bisnis baru yang mampu mengubah hidup?

Mulailah sekarang juga, ubahlah krisis dalam hidup menjadi kisah sukses Anda!

***
Buku motivasi bisnis ini terdiri dari 33 Bab yang pembahasannya terdiri gabungan mengatasi krisis dan meraih sukses. Diantaranya ada Ide-ide yang Bertebaran, Ubah Krisis Jadi Bisnis, Hubungan Erat Antara Pola Pikir dan Perubahan, Strategi ATM, Inovasi Kunci Perubahan dan Fix, Close,  Sell.  Nah, uniknya, ada tata cara sebelum membaca buku ini. Kamu harus menyiapkan kertas dan pulpen/pensil. Karena, tak hanya sekadar membaca, kamu pun diminta untuk mengisi semacam worksheet sesuai dengan petunjuk yang tersedia.

"Ketika ide muncul, tangkaplah dengan cepat dan cobalah wujudkan. Kita tidak akan pernah tahu hasilnya kalau tidak mencobanya terlebih dahulu."
Hal 13

Nah itu dia salah satu manfaat dari worksheetnya. Untuk menangkap, menuliskan ide-ide yang bertebaran ataupun berkelebatan di kepala kamu. Biar nggak lupa, dan bisa dipilah mana yang bisa direalisasikan, mana yang harus dipadukan biar jadi ide baru yang cetar membahana, dan lainnya. Karena ide itu langkah pertama untuk memulai bisnis.

"Pikiran yang diisi dengan hal-hal baik akan menghasilkan hal yang baik."
Hal 69

Pun sebaliknya. Selalu ada kekhawatiran, lebih tepatnya khawatir berlebihan karena memikirkan hal-hal yang bikin takut untuk memulai sebuah bisnis. Jadi mulailah dengan memikirkan hal-hal yang baik dan jangan takut sebelum memulai.

Sesuai dengan blurbnya, dalam buku ini kamu akan melihat dan mempelajari cara orang sukses mengatasi krisis yang terjadi dalam hidup mereka. Jatuh bangunnya mereka. Dari mulai yang sukses di perusahaan bidang teknologi sampai makanan sehat ada di sini. Dari yang Barat sampai Asia. Yang akan mengugah sekaligus membuka pemikiranmu.
Dalam buku ini juga ada banyak infografik termasuk tentang mengatasi krisis. Ada empat caranya, salah satunya berinovasi. Sisanya kamu harus baca sendiri deh di buku ini. Inovasi ini masuk ke dalam strategi ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Sah-sah aja meniru bisnis yang sudah ada. Tapi lakukan modifikasi supaya bisa lebih maju.

"Ketika kreativitas sudah dianggap tidak cukup memadai karena mudah ditiru. Inovasi menjadi kunci terbaik untuk melakukan perubahan."

Bukan hanya ATM aja dong pastinya, ada strategi lainnya dalam buku ini termasuk Fix, Close, Sell. Kalau pengin tahu lebih jelas ya dibeli bukunya, lalu dibaca, diisi worksheetnya sampai akhir dan dipraktekan.

***
Aku itu lebih suka baca novel romance daripada nonfiksi. Tapi, ada beberapa nonfiksi yang memang menarik perhatian, salah satunya buku "Ubah Krisis Jadi Bisnis," duet kak Eugenia Rakhma & kak Monica Anggen. 

Dan hepi deh habis baca buku ini ditambah ngisi semacam worksheetnya sampai akhir. Tenang, nggak di semua bab ada kok. Tapi, kubisikin kamu ya, kalau baca buku ini sambil ngisi worksheetnya tolong fokus dan serius, jangan ada yang dilewatin, karena penting buat hasil akhirnya. Ditagih kamu nanti di halaman 178. Tapi berguna banget lho, aku jadi tahu ide yang harus dieksekusi duluan. Dan udah mulai dipraktekan juga.

Nggak cuma ada semacam worksheetnya, setiap bab dalam buku ini dimulai dengan kutipan keren dari tokoh-tokoh dunia. Salah satunya yang kutulis paling awal di blogpost ini.

Eits, nggak cuma itu, dalam buku ini juga ada infografiknya. Jadi nggak ngebosenin.

Dan tentunya, selain membuka pikiran, buku ini jadi memberikanku banyak pengetahuan. Baru tahu lho aku kalau mesin pencarian pertama itu Altavista. Iya aku ngiranya MSN dong #tutupmuka. Terus jadi tahu juga Jack Welch siapa. Buku ini tuh kayak merangkum tokoh-tokoh sukses dalam bisnis, termasuk awal mulanya mereka itu gimana sih bisa sampai di puncak tapi dengan kalimat yang mampu menghipnotisku untuk terus membaca tanpa merasa bosan ataupun pengin nyekip.

ge maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

1 comment:

  1. eh beneran aku baru tahu loh tentang Altavista :p mau ah baca bukunyaa :*

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)