Game BEARUANG, Tak Sekadar main-main Dapat Uang

Salah satu sifat jelek yang masih sulit kukendalikan adalah memendam rasa kecewa dan sedih lebih lama dari yang seharusnya. Dan di saat itu biasanya aku memilih untuk mencari hiburan. Yang mana mempertemukanku dengan game Bearuang di playstore. Dengan pencarian kata kunci game berhadiah.


Jadi, Bearuang ini adalah kuis trivia yang terdiri dari 12 pertanyaan di sesi livenya. Bentuknya audio dengan soal-soal yang muncul macem pop up gitu. Hadiahnya 10 juta di setiap sesi. Dibagi rata dengan total jumlah pemenang yang berhasil menyelesaikan sampai pertanyaan ke 12.

Pertanyaannya beragam, dari yang mudah tapi mengecoh, sampai yang luas (susah buat aku yang kurang update informasi dan upgrade pengetahuan). Tapi kalau lagi rejeki sih biasanya asal pilih tapi ternyata jawabannya tepat. Waktu menjawabnya cuma sepuluh detik, dan jawaban enggak bisa diubah kalau udah di klik. Dan aku sering banget salah di pertanyaan 10, 11 juga 12.
Kadang nih walaupun terselamatkan ekstralive dipertanyaan ke 11 yang bisa didapatkan dari nonton video iklan (satu doang sehari) dan cuma bisa pake satu ekstralive persatu sesi, belum tentu nomor 12 jawabanku benar. Tapi kalau salah di nomor 12 dan ekstralive belum terpakai, ya otomatis kamu menang. Tenang, kalau enggak punya ekstralive pun tetep bisa main cuma kalau salah ya langsung tereliminasi. 

Game Bearuang ini udah ada sejak Februari 2018 dan aku baru memainkannya di Maret akhir 2018. Taglinenya "main-main dapat uang." Yang punyanya dipanggil uncle bear, yang sampai sekarang ku belum tahu siapakah uncle ini. Sementara para pemainnya dipanggil papa dan mama bear. Tapi papa bear enggak cuma panggilan buat pemain laki-laki, tapi jadi singkatan untuk peraturan permainan livenya

Pa yang pertama, pastikan koneksi internet kamu stabil, apalagi buat yang memakai paket data dengan jaringan 3G dan 4G. 

Pa yang kedua, pastikan baterai handphone mencukupi.
Yang ketiga, bagikan aplikasi Bearuang ke teman-teman kamu supaya mereka memasukan kode undangan kamu. Jadi bisa sama-sama mendapatkan satu ekstralive. Dan cuma bisa isi ekstralive sekali seumur hidup. Andai bisa berkali-kali dengan kode berbeda tentu lebih asyik *maunya. Coba kalau kamu baru main masukan kode L8W51 biar sama-sama dapat satu ekstralive. Itu tuh yang bentuknya hati. 

Lalu dilarang mengirimkan komentar bebau SARA, politik, pake kata-kata kasar (kebun binatang, perabotan). Tapi ya gitu masih ada aja yang berkata-kata kasar. Konsekuensinya dia di blok tapi bloknya bukan enggak bisa main, melainkan kalau punya saldo jadi balik ke nol lagi. Dimiskinkan kalau kata hostnya.
Setiap sesi live kuisnya dipandu oleh host-host yang berbeda. Sehari kalau normalnya ada empat sesi. Dulu pernah sampai lima sesi. Senin s/d Sabtu kecuali jumat jam 12.30 WIB, 19.00, 20.00, dan 21.00. Khusus jumat sesi satunya jam 13.00. Nah kalau hari minggu biasanya cuma sekali. Malam. Jam 21.00. Nah kalau minggu kemarin sih lagi tiga sesi dan hari minggu adanya jam 19.00. Setiap sesinya kurang lebih 30 menit.

Eh tadi sampai mana, hostnya ya?  Hostnya ada banyak, dari mulai yang suara dan cara ngehostnya bikin terkecoh karena asyik dengar suaranya sampai yang mohon maaf, bikin ngantuk juga ada. Dari mulai kak Aji yang spesialis di weekend dan hari libur. Terus Dina, Fado, Chika, Mawar, Lily, kak Rei dan dulu ada kak Nando.
Dari Bearuang ini, aku sendiri udah mendapatkan sekitar 291 ribu yang sudah kuterima dalam bentuk pencairan ke rekening yang diprosesnya 7 hari kerja (gak termasuk weekend dan hari libur ya gaes). Waktu itu (5 hari juga udah masuk sih dan sekarang itu udah ada laporan sedang diproses atau sudah terkirim gitu di aplikasinya). Kalau sekarang jadi 14 hari kerja pencairan ke rekeningnya. Minimal saldo yang ditarik 150 ribu. 


Lalu, kemarin, kujuga sudah mencoba mencairkan saldonya dalam bentuk pulsa. Nah, kalau pulsa, 100 ribu udah bisa kamu cairkan. Dan prosesnya memakan waktu 1 x 24 jam. Aku sendiri mencoba mencairkannya di jam 20.33, paginya jam 07.49 udah masuk.
Selain mendapatkan saldo yang bisa ditukarkan dengan pulsa atau uang yang ditarik ke rekening, dari Bearuang ini aku juga kayak diajak mengingat pelajaran-pelajaran waktu sekolah. Dikenalkan juga ke pengetahuan lain yang sebelumnya enggak tahu karena enggak ada niatan buat mempelajari itu. Kayak misal nama-nama kota tertentu di zaman kolonial. 

Ada juga soal baju adat, tari-tarian, lagu daerah, nama-nama ibu kota, pancasila,  burung garuda, bahas teknologi juga, nama-nama ilmuwan, pahlawan, penulisan yang benar dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris, sampai dunia perfilman, musik dan game juga ada. Pernah tuh dulu ada sesi bahasa dunia game yang bikin aku sesak nafas tapi karena rejeki jadinya berhasil sampai akhir. 

Dari situ udah ketebak kan, walaupun kadang ngenes nyesek gimana gitu pas salah jawab dipertanyaan sebelas, duabelas. Aku jadi mendapatkan tambahan informasi dan pengetahuan. Karena kadang disertai side info yang lengkap dan dibacakan oleh hostnya. Jadi enggak sekadar dapat uang aja. 

Selain itu, main Bearuang ini juga bisa menguji kesabaran. Serius deh, bukan cuma soal salah di pertanyaan akhir, atau terkena pertanyaan yang mengecoh. Tapi juga soal koneksi nih. Apalagi waktu aku numpang di ponselnya ibu. Kan masih 3G tuh, beuh suka timbul tenggelam suara hostnya, bahkan tiba-tiba sinyal hilang dan tereliminasilah aku.

Bukan cuma perkara sinyal juga sih. Ini kan yang ikut livenya banyak, kadang aplikasinya sendiri yang error, jadi semacam kita jawab bener tapi disalahkan, atau mandet di pertanyaan sekian, bisa juga enggak jawab salah tapi ekstralive terpakai. Tapi biasanya juga ada kebijakan tersendiri, kadang diulang. Kadang dikasih kompensasi berapa ekstralive gitu buat yang main di sesi eror tersebut.

Makanya waktu bulan puasa kemarin aku nyaris banyak enggak main Bearuang karena takut batal puasa #mudahemosi. Misuh-misuh sendiri biasanya. Tapi kadang pengguna yang enggak sabaran suka ngamuk-ngamuk di kolom komentar. Padahal sih ya kalau menurut aku enggak usah ngamuk di komentar live ataupun kolom komentar sosial medianya beruang. IG : bearuang.id , facebook : bearuang.id. Karena toh main ini kan enggak bayar, cuma ngeluarin kuota sekitar 30 Mb an kalau di aku tiap main ini. Dan ya namanya juga aplikasi. Kadang ada erornya. Sabar aja udah sabar. Dan sekarang kalau eror pun pengaduannya udah ada form nya di situs bearuang.id. Di sana bisa ngisi form buat titip salam atau titip soal. 
Enggak cuma kuis live aja, di Bearuang ini juga ada yang namanya Bearadu (tebak skor piala dunia), Liga Bearuang (jawab lima pertanyaan dengan waktu sama sepuluh detik), lawannya pengguna lain. Ini dapatnya koin yang bisa dipake buat Bearadu dan beli Bearpet. Dan kadang soal dari Liga Bearuang pun muncul di live kuisnya. 

Eh ya, Bearuang ini bisa dimainkan di android dan juga ios. Gak tau yang bisa dari versi berapa. Yang pasti aku bisa main di android kit kat. Cuman karena layarnya kecil. Jadi tampilannya agak pendek gitu, jatuhnya kalau di liga bearuang kadang bagian pertanyaannya kepotong gitu. Tapi selebihnya seru sih. Cobaih deh jadi pejuang receh yang dapetnya dari ratusan perak sampai dulu paling gede ada yang sampai 33 ribu dan aku enggak kebagian. Paling gede aku pernah hampir 10 ribu satu sesi. Dan masukin kode undangan L8W51 biar kamu dapat satu ekstralive dan akupun begitu.
Secara keseluruhan aku suka tampilan versi terbarunya. Cuma pas bagian pemenang aja sih, lebih suka pop up nya selamat anda mendapatkan sekian gitu daripada yakin anda menang aja. Kalau masih bingung cara mainnya. Coba ke youtubenya bearuang id deh.

Sampai jumpa di blogpost selanjutnya. Dan selamat mencoba kalau kamu penasaran. 
Ket : semua gambar merupakan hasil tangkapan layar pribadi. Yang dikolase. 

ge maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

3 comments:

  1. Jadi pengen ikutan main nih, mumpung nggak ada yang dimainin ckck #ngupil hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk dicobain main.
      Hahaha, upilnya lagi seret yak? 😂

      Delete
  2. Game nya menghilang dr peredaran.. Why. ??

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)