Tiga Aktivitas Seru Dalam Satu Paket Faber-Castell Colour to Life

Sejak diperkenalkan pada pensil warna dan spidol, sejak saat itu pula aku menyukai kegiatan menggambar sebisanya dan mewarnai. Sampai-sampai dinding kamar pun kugambari dan kuwarnai pada saat itu. Dan kebiasaan ini pun berlangsung sampai sekarang. Karena bagiku, kegiatan ini, terutama mewarnai, jadi semacam terapi untuk meredam emosi, mengurangi kegundahan maupun rasa stres berlebih. Asyik aja gitu melihat warna-warni yang tergores di atas kertas bergambar.
Selain menggambar dan mewarnai, setelah beranjak remaja, akupun jadi suka bermain games digital di komputer dan ponsel. Terutama games yang bisa dimainkan tanpa koneksi internet. Biar hemat kouta. Dan, yang terbaru, aplikasi yang kuunduh dari playstore adalah Faber-Castell Colour to Life. Pertama kali menemukan informasi seputar aplikasi ini dari salah satu blog, dan ku langsung tertarik pengin mencobanya juga. Selain di playstore, aplikasi Colour to Life ini bisa diunduh juga di appstore atau langsung scan barcode yang ada di kotaknya.

Unduh di playstore
Lha, kok ada kotaknya? Iya dong, karena Colour to Life ini adalah inovasi terbaru dari Faber-Castell yang memadukan menggambar dan mewarnai sebagaimana umumnya dengan penggunaan teknologi Augemented Reality. Di mana gambar akan menjadi lebih hidup setelah selesai diwarnai dan di scan melalui aplikasi tentunya. Jadi tiga dimensi gitu.

Selfie kamera belakang, karakter giddy up 3D
Dan, enggak hanya gambarnya yang jadi tiga dimensi, dalam aplikasi ini tentunya kita bisa bermain games dan selfie. Inilah kenapa kusebut tiga aktivitas seru dalam satu paket. Mulai dari mewarnai, bermain games dan selfie dengan karakter tiga dimensi. Padahal waktu SMP-SMK aku paling anti sama selfie. Sebelum mengunduh aplikasinya, yang pertama kali harus dilakukan adalah membeli paket Faber-Castell Colour to Life ini. Bisa melalui Tokopedia, Gramedia, maupun toko buku lainnya.

Isi kotak Colour to Life
Di dalam satu paketnya terdiri atas buku mewarnai berjumlah lima belas halaman dengan lima karakter berbeda. Setiap karakter terdiri dari tiga lembar, posisi gambar berbeda. Kemudian dilengkapi connector pens Faber-Castell dengan pilihan dua puluh warna, juga ada panduan kecil tentang pilihan beberapa teknik mewarnai menggunakan connector pensnya. Dan ternyata setelah kupraktikkan,walau enggak sama-sama amat seperti contohnya, minimal jadi tahu teknik mewarnai supaya tetap full, sedap dipandang tapi enggak boros connetor pensnya.

Jika sudah memiliki paket Colour to Life, kemudian menginstal aplikasinya, langkah ketiga adalah mewarnai karakter yang ada di bukunya. Bebas pilih yang manapun. Bebas mau warna-warni atau satu warna. Pokoknya sesuai imajinasi masing-masing aja. Asal, jangan terlalu ditekan supaya enggak tembus ke bagian belakangnya dan bingkainya jangan ikut diwarnai. Karena bisa menghalangi proses scan gambarnya nanti. Nah, kalau kegiatan mewarnai ini dilakukan bersama anak-anak, emak wajib memperhatikan hal ini. Biasanya ada anak yang sampai bingkainya suka diwarnai gitu kan.


Kegiatan mewarnai sendiri bagus untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak-anak, membantu mengenalkan berbagai jenis warna, melatih kemampuan koordinasi, meningkatkan konsentrasi, dan wadah untuk berimajinasi.


Jika sudah selesai mewarnai, langkah keempat adalah buka aplikasinya, pilih salah satu games yang akan dimainkan, kemudian scan. Ada lima games yang bisa dipilih. Giddy Up, Pogo Boy, Dress-Up Challenge, Balance Your Brain dan Safe Flight. Jarak minimal untuk scannya ini adalah 30 cm, dan pastikan posisinya lurus. Jika sesuai, nanti bidangnya akan menjadi hijau, kemudian muncul deh karakternya jadi tiga dimensi. Kalau tidak terdeteksi, bisa alihkan dulu kameranya ke arah lain sampai pointer scannya muncul lagi, baru arahkan kembali ke gambarnya.


Karakternya bisa bergerak ke kanan, kiri, atas, bawah bahkan berputar disertai suara khas masing-masing karakter. Jika menginginkan warna yang akurat (sama persis dengan warna dalam buku), scanlah di tempat yang pencahayaannya baik. Soalnya kalau pencahayaannya kurang baik, warnanya bisa agak berbeda.

Pilih selfie atau main game duluan? 
Setelah karakternya berubah jadi tiga dimensi, akan ada tiga tombol pilihan yang muncul. Ada pilihan mainkan game, bantuan dan tombol photo mode. Bebas mau yang mana duluan. Kalau aku sih, untuk langkah kelima ini memilih selfie terlebih dahulu. Narsisnya kumat, apalagi karakter yang diajak foto barengnya lucu-lucu. 

Akhirnya berani ngelus kuda
Untuk berselfie, tata caranya mudah kok, tinggal pilih saja mau menggunakan kamera depan atau kamera belakang. Kemudian bergaya dan tekan deh tombol pengambil gambarnya. Enggak langsung cekrek, tapi ada waktu tiga detik hitungan mundur dulu. Jadi bisalah foto sendiri dari jarak sekian senti menggunakan tripod atau pengganjal lainnya.

Mewawancarai sambil mengipasi mba princess
Jika ingin mengambil foto dalam jumlah banyak (diulang lagi dan lagi), tinggal pilih tombol retake saja. Foto yang sebelumnya langsung tersimpan kok. Karena kalau pilih tombol save, aplikasi akan menyimpan gambar terakhir dan kembali ke proses scan gambar.

Katanya aku mau dibuatkan alis oleh mas kucing
Sudah puas selfie? Langkah terakhir ya tentu saja mainkan gamesnya. Dari lima games yang aku coba semua karena aku penasaran. Kelima games ini punya satu fungsi yang sama, meningkatkan fokus dan konsentrasi. Sesuai dengan yang dipaparkan di bagian belakang kotak/kemasannya. Sementara fungsi lainnya adalah :

- Giddy Up, Pogo Boy dan Safe Flight


Memperkuat koordinasi antara tangan dan mata, karena di game ini (kecuali Safe Flight), baik tangan kanan maupun kiri harus siap, supaya bisa melewati rintangan yang ada. Selain itu, ketiga game ini bisa melatih kemampuan motorik halus dan melatih refleks. Favoritku yang loncat-loncat dong. Iya, Pogo Boy.

- Dress-Up Challenge


Aku sendiri sudah mulai sering lupa kalau menyimpan sebuah benda, lupa hari dan tanggal, dan lupa lupa lainnya. Nah, game yang ini bisa membantu menajamkan ingatan lho. Karena diajak untuk mengingat dress yang digunakan manekin kemudian diminta untuk memasangkan kembali sama persis.

- Balance Your Brain

Namanya aja udah balance your brain alias menyeimbangkan fungsi otak. Ya fungsinya untuk menstimulasi koordinasi antara otak kiri dan kanan dan meningkatkan kecepatan kinerja otak, kemampuan berpikir. Di sini mencocokkan antara warna dan katanya. Kalau sesuai tekan tanda centang, kalau tidak tekan tanda silang.

Bermain dengan sepaket Colour to Life ini untukku sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, tiga aktivitas favoritku jadi satu dalam aplikasi ini. Dari mulai mewarnai dengan connector pens yang mudah digenggam dan tidak perlu bertenaga untuk menggoreskannya. Kemudian selfie dengan karakter tiga dimensi dan juga bermain games yang cara penggunaannya pun mudah dan juga tidak memerlukan koneksi internet. Jadi bisa meningkatkan mood dan berkreativitas sesuai dengan imajinasi. Colour to Life ini pun tetap asyik dan seru  saat dimainkan sendirian. 

Lebih seru lagi tentunya kalau dimainkan bersama si buah hati. Gamesnya aman dan bagus untuk meningkatkan kemampuan anak. Karena kalau main bareng anak-anak itu ada rasa geregetannya sendiri dan bisa lebih akrab, lebih banyak menghabiskan waktu bersama. Mendadak jadi pengin segera menikah kemudian punya anak, dan anaknya bisa diajak mewarnai dan main Colour to Life. Karena melihat anak-anak tersenyum itu bisa menambah kebahagiaan tersendiri. Ya enggak sih? Walaupun posisinya hanya ponakan atau yang enggak sengaja bertemu di angkutan umum.
Untuk informasi lebih lanjut, teman-teman bisa cek di sosial media Faber-Castell :

Youtube : Faber-Castell Creative Kids
Facebook : Faber-Castell Creative Kids
Instagram : fabercastell_id

ge maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

40 comments:

  1. Apikasi ajaib namanya ini ...
    Gambar yang kita warnai, bisa muncul jadi tampilan 3 dimensi 😁
    Keren yaa ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih keren aplikasi colour to life dari Faber-Castellnya

      Delete
    2. Kemarin keponakanku yang tinggal diluar kota udah kutanyain, ternyata mereka udah punya faber-castell ini, loh ..
      Ntar kalo mereka pulkam, akan kupraktekin mewarnainya.
      Penasaran soalnya 😁

      Delete
  2. seru ya teh aku mah paling ga bisa main pogo boy anclup wae hahaha ni skrg sudah dikuasai neyna deh bikin nagih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh seru. Aku mah paling favorit Pogo Boy nya :D
      Hahaha jadi miliknya Neyna dong teh :D

      Delete
  3. Selfi jadi lebih asik ya, ada gambar yg nemenin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ku tidak lagi selfie sendiri hehehe

      Delete
  4. Pinter amat mba milih warna dan pake teknik segala. Aku ga bisa hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak kok mba, cuma sesukanya aja ini pilih warnanya dan penasaran sama teknik yang ada di panduan kecilnya, jadi dicobain deh hehe

      Delete
  5. Dikau mewarnainya bagus amat. Aku mah bukunya udah dikuasai sama Dhia. Hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muehehe jadi miliknya Dhia ya teh Wien. Punyaku masih kuumpetin dari para ponakan sepupu :D

      Delete
  6. Ciyee gara-gara gambarnya bisa 3D, difotonya jadi ada temen yah jadi nggak sendiri lagi #egimana :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Auto nyanyi aku punya teman, teman sepermainan ...

      Iya nih teh, jadi aku tak lagi selfie sendiri judulnya atau teman tapi gambar 3D :D

      Delete
  7. ku penasaran kenapa waktu SMK anti selfiii??? hahahahha
    aku kemaren norak waktu poto2 sama gambar 3Dnya, maklum lah biasanya kalau main gini2an bareng anak sekarang nyobain sendiri di kantor hahahhaha XD aku suka invoasi faber castell colour to life ini, main gadget jadi ada nilai plusnya, anak2 hepi, yg dewasa pun ikutan hepi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak pede kalau selfie hahaha. Sukanya rame-rame. Paling selfie buat jadi foto profil facebook aja :D

      Kujuga hepi dan norak waktu selfie selfie sama karakter 3D nya *baru nyoba yang beginian soalnya muehehe.

      Delete
  8. seru banget lah pokoknya main ini

    ReplyDelete
  9. Wuih Gilang anteng banget mewarnainya, hehehe..seneng ya ada aktivitas seru dan man games menyenangkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, tenggelam kalau udah disuruh mewarnai mah hehe. Betul, senang sekali bisa kenalan sama CTL ini yang menggabungkan tiga aktivitas sekaligus

      Delete
  10. Favorit Al yg Safe Flight nih, sampe ibunya nggak dikasih pinjem xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah nyerah sama safe flight muehehe. Dikuasai Al ya teh xixixi

      Delete
  11. Aku paling suka mewarnainya. Walopun belepotan, tapi aku enjoooy. Berasa jadi anak SD lagi. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka teh, mewarnainya, apalagi connector pensnya enakeun :))

      Delete
  12. Canggih ya Ge inovasi dari Faber Castell ini. Btw, aku paling suka games prajurit berkuda. Gemes aja loh pengen ngumpulin poin sebanyak-banyaknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ntan, canggih nih Faber-Castell,selalu berinovasi.

      Delete
  13. Apa cuma aku yang pusing main dreas up challenge? (╥﹏╥)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari kita tos teh Amy :D aku juga agak puyeng main sama mba princess. Suka salah pilih sepatu sama headband 😆

      Delete
  14. Aplikasinya ringan dan ga butuh koneksi internet ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, jadi gak loading saat dibuka. Dan gak galau kalau internetnya down, da enggak ngaruh hehehe

      Delete
  15. Saya juga jadi asyik mewarnai sendiri,hehehe mewarnai emang bisa buat me time lebih berkualitas ya..

    ReplyDelete
  16. aplikasi dan alat2nya cucok buat me time ya, apalagi buat aku yang jadi pekerja di 8 to 5.

    ReplyDelete
  17. Kece banget game dan selfienya teh hehe...

    ReplyDelete
  18. Aku mau main juga atuh. Kayaknya seru!

    ReplyDelete
  19. Wah hebat.. Teteh beranian elus-elus kudanya. Hehe. Btw, saya juga suka produk CTL ini

    ReplyDelete
  20. Samaan, aku juga suka game yg bisa offline. Demi hemat kuota, hehe... Cantik amat selfienya... Main SM CTL ini emang bikin asyik sendiri ya...

    ReplyDelete
  21. Keren nih bisa foto selfie 3D kemudian bisa dimainkan juga selain itu bagus juga mewarnai baik untuk anak anak dalam mengasah kemampuan motorik

    ReplyDelete
  22. Liat foto-fotonya Teteh pas selfie sama karakter Colour to Life tampak terniat. Suka! 😍😍😍

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)