Film Horor Thailand Tentang Janji dan Persahabatan

Tadi, kata dokter aku harus menahan untuk enggak mengkonsumsi yang manis-manis dulu biar batuknya cepat sembuh. Nah, makanya kujadi nonton film horor daripada film komedi romantis muahaha. Padahal yang disuruh dokter itu maksudnya mengkonsumsi makanan bukan yang lain. Ya udah, ini enggak penting, mari sekip dan langsung ke intinya.

Jadi, kubalik ke kebiasaan lama. Mencari film dari negeri gajah putih. Selain faktor aktor sama aktrisnya yang bikin betah cuci mata, penggarapannya yang oke dan suka ada pembelajaran yang bisa diambil gitu sekalipun filmnya horor. Iya, sambil nonton sambil sesekali tengok sekeliling. Takut ada hmm. Eh jangan, takut mah sama Allah aja. Dan film-film horor di bawah ini ada kaitannya sama berjanji dan persahabatan

1. Dorm (2006)
Adudu, ini film udah lama ya, tapi kubaru tahu, baru nonton juga kemarin di Viu. Dengan durasi hampir dua jam, Dorm menawarkan kisah persahabatan dua dunia. Satu manusia, satu arwah yang belum bisa pergi karena suatu hal dan hubungan ayah dan anak yang sempat renggang. Enggak cuma itu juga sih, ada tentang supaya kita jangan egois. Jangan cuma mau dipedulikan tapi enggak peduli sama perasaan orang lain alias enggak peka.

Sumber gambar : wikipedia.id
Dimulai dari Ton yang dipaksa pindah sekolah ke luar kota yang khusus cowok, di asrama pula tinggalnya. Udah gitu ibuk asramanya agak aneh, terus asramanya macam barak tentara, yang mana kasurnya hadapan-hadapan dan seruangan isinya banyak. Tempat mandinya pun barengan juga. Tempat jemurnya apalagi, kudu punya keahlian katanya kalau mau jemurannya enggak berakhir di lantai.

Ton, yang anak baru diisengi sama empat anak penghuni asrama. Diceritakan soal kejadian horor yang terjadi di asrama mereka. Termasuk tentang murid yang katanya bunuh diri di kolam terus ibuk asrama yang suka dengar lagu romantis pake piringan item sambil nangis pas lihat laci di meja kerjanya. Ton pun akhirnya jadi kepikiran pas kepengin pipis. Jadilah ngompol di kasur. Besoknya beraniin diri ke toilet. Eh ada suara keran kebuka, pas nutup keran ada yang ngunciin. Kan asem ya. Udah gitu ada yang ngebukain enggak kasat mata. Dan dia jadi bangun kesiangan. Disitulah awal pertemuannya dengan Vichien. Yang mana ternyata arwah dari murid yang tenggelam di kolam.

Sumber gambar : http://hanyaspik.blogspot.com/2014/03/sirachuch-michael-chienthaworn-mhog-di.html
Untuk horornya sendiri enggak terlalu mencekam kalau menurut aku, kalau bikin kaget sih iya. Terus ada bagian yang kata aku sih mohon maaf jijay, soal kebiasaan cowok yang baru beranjak ABG. Yang pasti keputusan Ton buat sahabatan sama Vichien, terus nekad bantu Vichien supaya enggak mengulang tenggelam di kolam setiap jam enam sore sungguh amat berani. Dan akhirnya ku pun tersentuh sama empat orang yang juga ternyata peduli sama Ton. Dan, Babang Michael yang jadi Mhog di Hormones the Series dan The Hormones (di sini jadi Vichien) udah tjakep dari abegehnya juga, manis lebih tepatnya.

2. The Swimmers (2014)
Nonton film ini di HOOQ berasa lagi nonton Hormones the Series season 1 deh. Soalnya tiga pemeran utamanya familiar di Hormones the Series. Buat yang suka lihat roti sobek alias badan six pack, di sini ada hahaha. Di sini diceritakan dua orang sahabat yang sama-sama perenang yang punya prestasi. Bedanya, kalau Tan setia sama Ice, pacarnya. Sayangnya Tan terlalu sibuk, kurang perhatian. Sementara Perth, dia sukanya mainin perempuan. Cowok enggak bertanggungjawab, cuma pengin tidur barengnya doang.

Perth yang sahabat sekaligus saingannya Tan, tertarik sama Ice. Ice pun begitu, dan mereka sering menghabiskan waktu bersama, terutama di kolam renang. Modus awalnya mengajari Ice berenang. Sampai akhirnya Ice sama Tan putus. Dan diam-diam Ice menjalin hubungan sama Perth. Sebelum berhubungan di luar nikah, Perth janji sama Ice bakal tanggungjawab, menikahi dia kalau sampai Ice hamil. Nyatanya waktu Ice hamil dia malah mati-matian supaya Ice mengugurkan kandungannya.

Sumber gambar :cosmogirl.co.id
Sampai akhirnya Ice minta putus, Perth enggak terima dan berakhir dengan tewas di kolam yang enggak ada airnya. Lagi di renovasi. Dan Tan menolak percaya kalau mantannya bunuh diri. Dia berusaha nyari pelakunya. Perth pun mengkambinghitamkan seseorang.

Yang menarik di sini adalah Perth semacam jadi kena karma, perutnya yang six pack mulai buncit, udah gitu jadi doyan makan telur mentah kayak ibu-ibu hamil pada umumnya, sesuai dengan penuturan ibunya Perth yang juga lagi hamil. Makin hari perutnya makin buncit dan dia pun penasaran, ngetest pake test pack hasilnya positif, terus nekad usg sendiri, dia bisa melihat ada janin di dalam perutnya dan juga bisa dengar detak jantungnya. Aneh sih, tapi kujadi puas melihat Perth menderita.

Sebagai film horor dan ada thillernya, film The Swimmers ini bikin aku tegang di beberapa scene. Dan saat kutahu penyebab kematian Ice yang sebenarnya, kumurka banget sama Perth. Belum lagi scene di kamar Ice sama di rumah Perth, ngeri-ngeri sedap lah. Dan di endingnya, kumakin sebel sama Perth, jahara ih. Ya, dia jadi juara karena enggak ada Tan sebagai saingannya.

3. The Promise (2017)
Ada yang udah nonton juga kah? Ada di HOOQ lho. Sebelumnya bahas soal filmnya, ada ponsel oppo yang entah tipe berapa dan aku penasaran. Flash belakangnya bisa kedap-kedip. Lutu eh lucu di film ini.

Jadi film ini tuh menceritakan tentang dua orang remaja, bersahabat, sama-sama anak orang kaya dulunya. Mereka berjanji untuk selalu bersama-sama, bahkan tinggal di lantai teratas gedung yang sedang di bangun oleh ayah mereka yang sedang bekerjasama. Namun, krisis keuangan Asia di tahun 1997, pun turut dirasakan kedua sahabat tersebut. Kekayaan atau aset keluarga mereka habis dijual dalam semalam untuk melunasi hutang.

Boum harus pindah sekolah, sementara Ib tetap di sekolahnya yang lama namun dia terlihat lebih terpuruk dibanding Boum. Namun, setelah Boum tahu ayahnya berbohong soal mendapatkan partner baru dan akan kaya lagi, Boum merasa malu dan frustrasi hingga mengajak Ib untuk bunuh diri dan membawa pistol ayahnya ke bangunan terbengkalai itu.

Sumber gambar : wikipedia.org
Saat itulah, saat Ib lebih dulu menembak kepalanya, Boum justru ketakutan dan memilih untuk pergi, enggak jadi bunuh diri. Dan 20 tahun kemudian, di mana Boum sudah menjadi pengusaha real estate dan punya anak gadis bernama Bell. Ib menagih janjinya, saat Boum berniat meneruskan pembangunan gedung tersebut. Teror demi teror terus menghampirinya melalui Bell.

Yang bikin aku takjub sama film ini adalah visualisasi gedung yang tadinya sedang di bangun, menjadi gedung yang berlumut, terbengkalai dan seram. Kemudian lagu terakhir yang didengarkan Ib sebelum bunuh diri ditambah pager saku yang bikin tambah ngeri-ngeri sedap. Yang aku salut sih penggambaran kasih sayang antara ibu dan anak, Boum dan Bell, perjuangan mereka untuk lepas dari teror Ib.

4. Take Me Home (2016)
Akhirnya kumenemukan film yang ada babang tamvan Mario Maurernya. Horor yang ada thillernya. Di sini babang Mario berperan sebagai Tan (pria yang kehilangan ingatan) hingga akhrinya menemukan jati dirinya dan juga alamat rumahnya. Dan saat dia pulang, di rumahnya Tubtim (saudara kembar Tan) sudah menikah dengan duda dua anak. Sementara kedua orangtua mereka sudah meninggal. Tapi pembantu mereka masih ada.

Sumber gambar : kaskus
Tubtim sikapnya aneh banget. Dan kedua anak tirinya pun ketakutan sama Tubtim. Dengan alur flashback, ku dibuat jadi agak bingung tapi juga ngeri sih apalagi pas cerita kelahiran mereka di rumah baru yang dibeli dengan harga murah itu yang dikutuk sama yang punyanya, yang enggak rela itu rumah dijual. Akhrinya Tubtim lahir dengan wajah yang enggak sempurna dan disembunyikan dari dunia luar. Tapi Tan berjanji untuk terus menemaninya. Sampai suatu kejadian membuat Tan lari dari rumah, dan tertabrak, lalu hilang ingatan tadi.

Yang bikin aku ngeri dan gereget adalah ketika Tan berusaha pergi dari rumah itu, tapinya pas sampai di luar gerbang malah balik lagi-balik lagi ke awal kedatangan dia ke rumah itu. Kalau aku diposisi Tan pasti udahlah nyerah aja, hehehe. 


5. Midnight University (2016)
Adalah Star, seorang mahasiswi yang populer, modis dan kaya di kampusnya. Punya geng yang juga di puja-puja di kampusnya. Hanya saja, dia mempunyai nilai Bahasa Inggris yang parah, hingga harus mengikuti kelas malam yang diadakan oleh dosen yang dilakukan di kelas yang dulunya sempat ditutup karena kebakaran hebat yang terjadi di gedung tersebut. Dan perkuliahan selalu selesai jam duabelas kurang lima belas di mana harus udah pada pergi dari gedung sebelum jam berdentang tepat jam duabelas malam.


Sumber gambar : kompasiana.com
Star akhirnya mengikuti kelas bersama beberapa seorang mahasiswi yang pengin banget jadi temannya dan beberapa mahasiswa yang rela ikut kelas juga namun dengan perjanjian gitu. Meskipun alurnya flashback, Midnight University enggak cuma menawarkan horor, tapi juga komedi. Yang mana bikin ngakak sekaligus ada yang malesin juga. Ada juga romantis, bahagia dan bikin terharu dengan persahabatan mereka yang mana bahu membahu supaya semua lulus ujian, termasuk pria tamvan yang pertama kali ditemui Star di kelas yang ternyata salah satu arwah penasaran. Pas mereka ujian dikelilingi arwah yang pengin ujian juga, di sinilah ku ikut deg-degan parah. Aku nontonnya di HOOQ.

6. School Tales (2016)
Gara-gara mengobrol dan enggak fokus saat latihan Marching band, mereka di hukum untuk membersihkan alat-alat marching band di malam hari. Dan, sebagai ketua, Ohm pun ikut membantu mereka yang di hukum. Tapi, setelah selesai, bukannya langsung pulang, mereka malah menceritakan kisah hantu-hantu yang ada di sekolah mereka. Dari mulai hantu yang suka dorong orang di tangga, hantu perpustakaan sampai hantu Pawadee.

Dan setelah saling bercerita, mereka malah nekad untuk menantang hantunya keluar. Dari kejadian demi kejadian horor pun dimulai. Dengan bantuan Pun, cewek yang suka menghabiskan waktu di lab sekolah. Ohm dan Pun membantu teman-teman marching bandnya untuk keluar dari teror para hantu. Dan Pun punya satu permintaan pada Ohm, untuk memainkan saxophone untuknya.

Sumber gambar : movieden.net
Satu persatu misteri tentang hantu di sekolah merekapun terkuak. Termasuk ada kaitannya dengan masa lalu Ohm. Film horor ini termasuk membuatku jadi kaget gregetan sekaligus nyeri hate sama endingnya atuhlah. Film horor yang mengisahkan persahabatan juga soal menepati janji meskipun orangnya udah enggak ada. Dan harus lebih peka sama keberadaan seseorang, meskipun dia enggak punya sesuatu yang spesial. Khusus yang ini ku menonton dari youtube.

Jadi gaes, kamu yang enggak sengaja terdampar di sini. Udah pernah menonton salah satunya belum? Atau punya rekomendasi film horor lainnya dari Thailand?

ge maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

6 comments:

  1. Baru kmaren aku nonton the promise, tp baru nyampe tengah2 doang, panjang bgt durasinya hihi

    Kesian yg ib ya, tp salah sendiri dia suicide pas lg krismon gitu, boum mana ga nemenin nembak pke pistol pula, sekarang karma nimpa ke bell ansknya boum

    ReplyDelete
  2. Paling serem pas bell mulai suka jalan waktu tidur trus tau2 mau gantung diri abis nemu pager ib yg ada lirik perpisahan gitu, merinding diskoo bunyi liriknya

    ReplyDelete
  3. Boleh juga nih rekomendasinyaa 😀 pingin nonton yg the promise 😁

    ReplyDelete
  4. belum nonton semuanya tapi pas ada si ganteng pujaan emak2 Mario jadi pgn nonton itu dulu hahhaa

    ReplyDelete
  5. Film horos Thailand emang keren2 banget, aku termasuk penggila film horor Thailand. Yg blm aku tonton cuma School Tales, entah kenapa ga tertarik nonton gara2 liat posternya hahaha.
    Udah nonton Pee Mak blm say? komedi horor, tp g ada hubungannya sm janji & persahabatan, lucu aja

    ReplyDelete
  6. Aku penakut, tapi penasaran wkwkwkwk.. Pgn nonton, tp ga mau kalo sendirian :p. Trakhir npnton film horror thailand, pas msh ngekos, blm nikah, dan aku sempet triak kenceng pas liat hantunya ngagetin. Wkwkwkwk sampe heboh anak kos lain :p. Jd rada masih trauma :D

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)