Ini Tentang SOBATKU dan Pengundian Grand Prize Ke-5 di Bandung

Hari itu, 20 Oktober 2018, aku slow respon sama chat dari siapapun termasuk abang. Karena hari itu aku datang ke pelataran Cihampelas Walk (Ciwalk) Mall Bandung, untuk menyaksikan acara Pengundian Grand Prize SOBATKU persembahan dari Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati (SMS) yang kelima sejak awal kemunculannya di bulan Juli 2017 lalu. Pengundian grand prize yang kelima ini adalah pengundian pengumpulan poin pengguna SOBATKU yang merupakan akumulasi poin selama 3 bulan. Dari Juli, Agustus dan September. Sungguh aku kepo siapa yang akan mendapatkan grand prize undian 100 juta rupiah dan paket umroh untuk 4 orang, dan juga total uang puluhan juta lainnya. Dan pengin lihat Marion Jola dari dekat, maka dari itu aku antusias banget buat datang.

pas lagi break sholat dzuhur
Acara yang dimulai sejak jam 10.00 WIB hingga jam 17.00 WIB itu sungguh ramai lho, bang. Meskipun terik matahari menyengat, tapi semua orang begitu antusias untuk mendaftar akun SOBATKU dan melakukan top-up sebesar 1 juta rupiah agar mendapatkan kupon undian jutawan Jabar. Yang mana hari itu khusus warga Jabar (Jawa Barat) ada undian khusus dengan grand prize satu paket umroh, kemudian dua hadiah senilai 4 juta rupiah, empat hadiah senilai 2 juta rupiah dan 20 hadiah senilai 1,234 juta rupiah.
kerumunan calon jutawan Jabar yang mau topup saldo - sumber gambar : tim SOBATKU
Sebelum aku berbagi keseruan acara pengundian grand prize yang kelima, kemarin. Ngomong-ngomong, abang udah tahu belum apa itu SOBATKU? Kok banyak hadiahnya, ya? Belum tahu, belum kenal? Hayu atuh kenalan dulu. Masa kalah sama aku yang udah kenalan sejak tahun 2017 tapi jarang nabungnya*haish missqueen tapi sombong.

Sekilas Tentang SOBATKU
SOBATKU adalah singkatan dari Simpanan Online Sahabatku. Simpanan di sini artinya berupa tabungan ya, bang. Tolong abang jangan mikir yang lain-lain. Ya, SOBATKU adalah tabungan online berbasis aplikasi persembahan dari KSP Sahabat Mitra Sejati (SMS), yang dikenal juga sebagai Sahabat UKM (www.sahabat-ukm.com). Kantor pusatnya ada di Gedung Sampoerna Strategic  Square. KSP SMS ini merupakan Institusi keuangan yang dipimpin oleh pengurus profesional, terpercaya serta didukung penuh oleh Bank Sahabat Sampoerna. Dan juga terus di coaching oleh Bank Sahabat Sampoerna supaya standarnya seperti Bank.

Aplikasinya bisa abang unduh di playstore maupun appstore.


Tujuan dari SOBATKU dan cara daftarnya 
SOBATKU ini dikembangkan untuk menjawab perkembangan financial technology (fintech). Yang mana aplikasi SOBATKU ini ditujukan buat orang-orang yang pengin punya rekening tabungan tapi enggak sempat ke Bank, termasuk abang, mungkin salah satunya. Jadi, dengan mengunduh aplikasi SOBATKU ini, abang bisa membuka rekening tabungan dan menikmati layanan perbankan pada umumnya hanya dengan bermodalkan smartphone.
Tujuan lainnya tentunya untuk membantu masyarakat luas, termasuk abang untuk mewujudkan impian enggak hanya dengan menabung, tapi juga bisa mengikuti program undian. Baik bulanan maupun grand prize pertiga bulan. Selain itu, dengan menjadi pengguna SOBATKU, abang pun bisa memanfaatkan aplikasinya untuk menjadi pengusaha Payment Point Online Bank (PPOB). Tapi, pastikan smartphone abang enggak di root ya. Karena abang enggak akan bisa daftar meskipun bisa memasang aplikasinya.

Cara mendaftarnya pun mudah, abang hanya perlu menyiapkan nomor handphone, dan KTP. Isi deh data-data yang ada di form pendaftarannya. Dan tunggu SMS konfirmasi dan verifikasi bahwa akun abang udah siap digunakan untuk menabung. 

Maksimal saldo tabungan abang di akun SOBATKU adalah 20 juta rupiah. Namun, abang bisa membuat sampai dengan 5 akun SOBATKU dengan nomor handphone berbeda, namun KTP dan data diri sama. Jadi, abang bisa nabung sampai 100 juta. Dan kelima akun tersebut berhak ikut undian selama memenuhi persyaratan undian poin. Bisa menang berkali-kali kalau beruntung.



Keunggulan dan manfaat nabung di SOBATKU
Dear abang, ada banyak manfaat yang bisa abang dapatkan dengan memiliki akun SOBATKU. Karena SOBATKU punya berbagai keunggulan yang akan memudahkan abang dalam hal menabung dan transaksi lainnya. Dari mulai abang mempunyai nomor rekening yang merupakan nomor handphone abang sendiri. Jadi mudah diingat dong. Abang juga ingat dong nomorku berapa? Kalau abang enggak mau nabung, ya abang isiin tabungan aku aja. Lalu, abang juga bisa bertransaksi layaknya layanan perbankan pada umumnya. Iya, bisa transfer ke sesama pengguna SOBATKU tanpa biaya admin alias gratis.
Kemudian transfer ke bank lain dengan biaya admin yang lebih murah dibandingkan abang nransfer di ATM. Serius aku udah mencobanya, bang! Dan yang paling penting nabung di SOBATKU ini bebas biaya bulanan dan enggak ada saldo minimum. Malahan abang dapat bunga tahunan yang diberikan bulanan lho oleh SOBATKU. Psst, kalau abang enggak suka sama bunganya, ya enggak usah abang ambil, atau bisa abang sumbangkan untuk yang membutuhkan. Berbagi rezeki gitu lho, bang. Dan ke depannya SOBATKU mempertimbangkan untuk memisahkan antara saldo dan saldo bunga demi membuat penggunanya semakin nyaman.
Enggak hanya soal transfer. Di SOBATKU ini abang bisa melakukan transaksi lainnya. Yuhu, transaksi PPOB, bang. Dari mulai beli pulsa, bayar listrik, beli token listrik, bayar PDAM,bayar langganan TV, bayar tagihan internet, bayar tagihan telepon, bayar tagihan handphone pasca bayar, dan kerennya lagi bisa menjadwalkan transaksinya lho bang. Jadi enggak akan kelupaan buat bayar listrik dan lainnya. Karena selain menabung, SOBATKU ini juga merupakan aplikasi pembayaran online.


Fitur baru di SOBATKU
Selain fitur-fitur unggulan di atas. SOBATKU pun udah mengembangkan aplikasinya, baik dari segi tampilan maupun fitur yang ada di dalamnya. Iyes, sekarang sobatku sudah dilengkapi dengan fitur-fitur seperti : fungsi transfer dan pembayaran dengan fitur QR Code, Top Up Gopay baik untuk driver maupun customer, ada menu favorit untuk transaksi yang rutin dilakukan, pembayaran di merchant-merchant ternama seperti KFC dan elevenia. Anak kaepsi mana suaranya. Duh, kubisa jajan KFC bayarnya via SOBATKU. Dan yang terakhir adalah bisa belanja di Alfamart dengan SOBATKU.


Cara nabung dan tarik tunai di SOBATKU
Untuk menabung di SOBATKU, abang punya tiga pilihan. Bisa via bank Transfer, kemudian via setor tunai di Alfamart dan Alfamidi seluruh Indonesia tanpa biaya admin. Namun, minimum setor pertransaksinya 50 ribu rupiah dan maksimal setor pertransaksinya 2 juta rupiah dan maksimal frekuensi menabung dalam seharinya adalah 10. Selengkapnya bisa abang lihat di aplikasinya langsung. Untuk cara nabung yang ketiga itu dengan setor tunai di Cabang Sahabat UKM (KSP SMS). Nah, bisa sekalian kan kalau abang jajan di Alfamart atau Alfamidi, sisanya ditabung.

Untuk tarik tunai tabungan, kalau abang kepepet butuh uang di tanggal tua macam sekarang ini. Abang bisa tarik tunai di Alfamart dan Alfamidi dengan minimal penarikan 50 ribu rupiah pertransaksi dan maksimal 500 ribu* rupiah pertransaksi dan tanpa biaya admin. Dan maksimal 10 kali tarik tunai perhari ya, bang! Selain itu, abang bisa tarik tunai di Cabang Sahabat UKM. Syarat dan ketentuan lebih lengkap, cek di aplikasinya dong, bang!

Selfie with Kribi yang mau umroh
Amankah nabung dan transaksi di SOBATKU?
Dalam press conference kemarin, selain aku lebih tahu tentang aplikasi SOBATKU. Aku juga jadi tahu kalau SOBATKU ini dikembangkan dengan sistem keamanan yang sangat baik. Jadi menjamin seluruh penggunanya aman dan nyaman dalam bertransaksi di SOBATKU. Yang kini mencapai 70 ribu pengguna. Jadi, setiap kali transaksi apa pun akan dimintai pin atau password dan juga dikirimkan kode OTP (One Time Password) ke nomor handphone yang terdaftar. 

Dan SOBATKU pun selalu menghimbau para penggunanya untuk mengenali dan waspada terhadap beragam tindakan kejahatan yang menyasar transaksi perbankan secara online. Kalau ada yang nelpon nih misalnya, nanya password, minta kode OTP, jangan dikasih! Pastikan juga membuat password yang enggak mudah ditebak orang lain. Eh ya, di handphone aku nih, udah total tiga kali ganti, dan setiap kali buka aplikasi SOBATKU. Akun akan keluar dengan sendirinya kalau enggak digunakan selama beberapa menit dan password enggak tersimpan meskipun mencentang kolom ingat saya.

SOBATKU ini di bawah pengawasan Kementerian Koperasi. Dan sudah mendapat izin dari BI maupun OJK. Selain itu yang mengelola uang koperasinya pun adalah Bank Sahabat Sampoerna. Jadi, data aman, uang juga aman, bang! Yuk nabung!

Kemeriahan pengundian Grand Prize SOBATKU ke-5 di Cihampelas Walk Bandung
Abang pasti penasaran semeriah apa sih acara pengundiannya sampai aku slow respon chat. Ya kan? udah ngaku aja! Jadi, dari jam 10.00 WIB acara SOBATKU ini dibuka oleh pihak yang berwenang atau para pemangku jabatan. Dilanjut dengan registrasi akun dan top up saldo untuk calon jutawan Jabar. Selain itu, ada dance competition dari pelajar SMP dan SMA yang membuat acara semakin meriah. Gila sih penampilan mereka keren-keren ngedancenya. Termasuk saat battle satu lawan satu.

Salah satu peserta dance competition
Selain menyaksikan dance competition, kalau kelaparan dan kehausan, bisa melipir jajan di booth yang ada di sekitar pelataran Ciwalk. Dari mulai manggo thai, kemudian aneka minuman manis di booth cemilan Uti. Ada juga warung talaga, baco aci endolita, sampai aksesoris macam gelang dan booth kredit motor pun dengan uang muka terjangkau pun ada lho.


Setelah semua peserta dance competition tampil, acara dilanjutkan dengan press conference, hiburan dari band A Project yang mana memanjakan aku banget bang. Iya, lagu-lagu yang dinyanyikan banyaknya yang lawas tapi populer. Macam 'Dan,' 'Cantik,' dan masih banyak lagi yang lainnya. Setelah itu lanjut deh ke pengundian grand prize untuk Jutawan Jabar dan grand prize secara keseluruhan.



Di jutawan Jabar sendiri ada Aa-aa yang memenangkan dua undian lho dengan nominal yang sama dan teteh-teteh yang memenangkan dua undian dengan nominal hadiah yang berbeda. Duh rezeki mah enggak ke mana ya! Pengundiannya sendiri selang-seling. Jadi pertama Jutawan Jabar, terus ke grand prize yang biasa, balik lagi ke jutawan Jabar, dan seterusnya.


pemenang Jutawan Jabar senilai 2 juta rupiah. Sumber gambar : tim SOBATKU
Pengundiannya sendiri dihadiri oleh para stakeholder berikut ini :


Untuk pemenang grand prize paket umroh dari jutawan Jabar adalah Bapak Thomas. Yang mana beliau berniat jika mendapatkan paket umroh akan memberangkatkan ibunya. Duh mulia banget kan, bang. Sementara untuk empat pemenang grand prize umroh berasal dari luar Jawa Barat.


Bpk. Thomas Jutawan Jabar Grand Prize Umroh dan Bpk. Ceppy Yana Mulyana. Sumber gambar : tim SOBATKU
Dan yang paling deg-degan, iya serius dari awal pengumuman aku udah ikut deg-degan menanti siapa saja yang menang. Apalagi yang grand prize 100 juta rupiah. Dan pemenangnya adalah ibu Melinda Riana Ariandy yang berasal dari Jakarta Pusat. Ibu Melinda saat dihubungi via telpon terdengar enggak percaya kalau dia menang. Di mana ibu Melinda ini punya poin SOBATKU sebanyak 40 ribu poin dan saldo SOBATKU sebesar 1 juta rupiah. Deuh langsung bertambah 100 juta rupiah coba. Abang mau kayak bu Melinda? Cus yuk nabung mulai sekarang, nanti akan diundi grand prizenya di bulan Januari 2019.



Para pemenang undian baik bulanan maupun grand prize ini hadiah yang diterimanya utuh lho. Karena pajak hadiah ditanggung oleh SOBATKU. Baik banget kan ya. Nah, untuk yang enggak kebagian grand prize 100 juta rupiah dan juga 4 paket umroh. Masih berkesempatan mendapatkan hadiah bulanan senilai 10 juta untuk satu orang pemenang. 5 juta untuk masing-masing tiga pemenang. 1 juta untuk masing-masing dua belas pemenang. 500 ribu untuk masing-masing tiga puluh lima pemenang. Dan 100 ribu untuk masing-masing lima puluh lima orang pemenang. Dan kesempatan menangnya berkali-kali karena poin diakumulasikan setiap bulannya sepanjang tahun. Apalagi kalau ternak akun sampai lima dong. Kalau menang semua kan rezeki banget ya.

Setelah pengundian selesai, diumumkanlah juara-juara dance competition. Dan ditutup dengan penampilan bintang tamu yang udah aku tunggu-tunggu sejak awal. Yup, Marion Jola. Akhirnya bisa mendengar dan melihat Lala secara langsung nih menyanyikan lagu Jangan dan single terbarunya So In Love. Iya, So In Love deh sama SOBATKU. Ku mau mulai nabung lagi.



Untuk informasi lebih lanjut, abang bisa cek situs SOBATKU : http://www.sobatku.co.id. kemudian instagram SOBATKU di @sobatku_id.

ge maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

10 comments:

  1. Ternyata lebih sedikit biaya transfer antar bank di Sobatku ya mba dan bisa buat beli pulsa dan bayar-bayar pakai aplikasinya :) Ilang fokus sama si kribi yang mau pergi umroh, hihi tinggi banget ya dia :D

    ReplyDelete
  2. MasyaALLAH nabung untung dapet umroh, manfaatnya ganda. saya juga pengguna sobatku mba dulu instal ini gara gara mau ikut lomba blog sobatku bareng BPN tapi ternyata menguntungkan yasudah diteruskan aja hehe

    ReplyDelete
  3. Zaman semakin canggih, nabung oun gak perlu bank, cukuo dengan aplikasi aja.
    SOBATKU ini memudahkan banget ya, untuj tarik tunai pun bisa dilakukan di minimarket.

    ReplyDelete
  4. ya ampun mimpi apa itu yg dapet hadiah umrah hihihi...
    sekarang apa2 dimudahkan banget ya kak, ga perlu repot2 ke bank tinggal pake hp :D

    ReplyDelete
  5. Waktu itu aku mau ikut dateng ke acara ini, cuma sayangnya pas bentrok sama acara lain.
    Ternyata seru banget acaranya. Btw aku udah punya Sobatku juga jadi penasaran kalau misal tahun depan siapa tau menang kan gitu

    ReplyDelete
  6. rejeki banget tuh yang dapat hadiah umroh, masha Allah, akutu kalo undian-undian begini jarang dah dapet.

    ReplyDelete
  7. Hai anak Bandung hihihi, salam kenal ya. Sebentar lagi aku juga jadi warga bandung hahahhaha. Aduhhh seneng banget bagi - bagi hadiah begini. Hadiahnya dasyattt. Rejeki bapaknya bagus banget. Aku ikut seneng si bapak dapet umroh :))

    ReplyDelete
  8. Aku nabung di SOBATKU juga loh, mudah2an bisa dapet 100juta aamiin hehehe.

    ReplyDelete
  9. Acaranya selalu meriah dan seru ya. Kali ini kayanya lebih colorful deh si Sobatku :)

    ReplyDelete
  10. Demi Sobatku, abang pun diabaikan.... :D

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)