Lakukan 6 Hal Ini Untuk Mengatasi Rambut Kering dan Menghilangkan Ketombe

Memiliki rambut yang indah tentunya menjadi dambaan banyak orang. Tidak hanya untuk wanita, rambut tentunya penting juga untuk para pria dalam hal menunjang penampilan. Iya enggak? Dan jujur aja, aku suka iri lho kalau ada mas-mas yang rambutnya lebat, jatuh dan terawat. Boro-boro ketombe, kutu aja sepertinya akan minder untuk tinggal di sana. Kemudian berakhir dengan melirik rambut sendiri yang suka pengin membuatku menangis dipojokkan.

Ya, efek dulu beberapa kali meluruskan rambut alias rebonding. Kemudian catokan sekali dalam seminggu, terasanya sekarang. Di mana rambut jadi menipis, kering dan kusam. Iya lho, dulu kan rambutku tebal, dan hitam legam. Enggak beda jauhlah sama rambut di iklan sampo.

Mas-mas berambut indah. Sumber gambar : pixabay.com
Tapi, bukan hanya itu sih. Ternyata baru kusadari kalau dulu aku keramas setiap hari, habis keramas langsung dikuncir rambutnya. Dan itu kurang bagus ke rambut, karena bisa menghilangkan minyak alami rambut. Membuat rambut jadi kering yang berujung kerontokan, bercabang, kaku dan kusam.

Selain itu aku juga suka gonta-ganti sampo yang berbahan kimia. Yang mana akhirnya menimbulkan masalah ketombean. Lalu terjebak pada posisi kalau digaruk malu, dan serpihan ketombenya berjatuhan ke baju, apalagi kalau bajunya hitam atau warna gelap lainnya. Tapi kalau enggak digaruk, gatalnya enggak tertahankan.

Dari ketiga masalah itulah, aku jadi rajin mencari tahu tentang solusi, cara mengatasi rambut kering dan menghilangkan ketombe. Yang kemudian kupraktekkan di rumah, dan Alhamdulillah sekarang rambutku lebih baik. Nah, untuk kamu yang mungkin memiliki masalah rambut yang sama sepertiku. Bisa mencoba enam cara ini :

1. Rutin menyisir rambut
Rutin menyisir rambut adalah langkah awal untuk mengatasi rambut kering dan cara menghilangkan ketombe. Karena dengan rutin menyisir rambut, apalagi sebelum keramas. Maka, akan mengurangi kerontokan karena rambutnya enggak kusut. Rutin menyisir rambut pun berguna buat mengangkat sel-sel kulit mati penyebab ketombe lho. 

2. Rutin keramas 2 hari sekali atau 3 kali dalam seminggu.
Seperti yang kuutarakan di atas. Dulu aku melakukan kesalahan karena rutin keramas setiap hari. Yang mana bisa menghilangkan minyak alami rambut dan membuatnya menjadi kering. Rutin keramas dengan ada jeda waktu sebelum keramas berikutnya pun berguna untuk menghilangkan ketombe. Karena kulit kepala menjadi bersih.

3. Pilih sampo yang tepat dan berbahan alami
Untuk membersihkan kulit kepala juga rambut dengan baik, tentunya sampo yang digunakan harus disesuaikan dengan permasalahan rambut yang kamu derita. Rambut rontok atau berketombe? Bahkan ada yang bisa mengatasi keduanya permasalahan tersebut lho. Dan tentunya pilihlah sampo yang berbahan alami.

4. Pakai Kondisioner, Serum dan juga Masker rambut
Selain dibersihkan, rambut juga perlu dinutrisi dari helai dan juga akarnya. Nah, untuk itu perlu penggunaan Kondisioner untuk menguatkan helai rambut dari pertengahan hingga ke ujung rambut, menutrisinya supaya tidak kering dan kusam. Sementara serum menguatkan dari akar rambut. Atau gunakanlah masker rambut 1-2 kali dalam seminggu. Baik maskeran di salon maupun di rumah.

5. Hindari mengeringkan rambut dengan cara menggosok dengan handuk dan juga penggunaan hair dryer juga catokan
Ternyata, enggak cuma pemakaian hair dryer dan catokan aja yang membuat rambut rusak, tapi menggosok rambut dengan handuk pun bisa menjadi penyebab rambut kusut dan mengalami kerusakan tentunya. Jadi, sebisa mungkin hindari ketiga kebiasaan tersebut ya gaes.

6. Menerapkan gaya hidup sehat
Nah, ini penting sekali lho gaes. Jadi, untuk memiliki rambut yang indah. Terhindar dari kering dan juga ketombe. Sebenarnya bisa dimulai dengan gaya hidup sehat. Seperti tidur malam yang cukup, mengkonsumsi sayur dan buah, juga minum air putih sesuai kebutuhan harian. Karena dengan gaya hidup sehat, bukan hanya kulit yang ternutrisi, rambut pun sama. Udah gitu bisa terhindar atau meminimalisir yang namanya stress.

Itulah enam hal yang harus dilakukan dan diperhatikan untuk mengatasi rambut kering dan menghilangkan ketombe gaes. Sampai bertemu lagi blogpost selanjutnya!

ge maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

1 comment:

  1. Aku ga ketombean tp rambutku kering bgt beb, padahal tiap keramas pake kondisioner & rajin crembath tiap minggu, nah kebiasan buruk pakai hairdryer yg belum bisa dikurangi nih, pengennya rambut kering instan hahaha, parah

    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)