4 Tahun Indonesia Kreatif : Generasi Muda yang Kreatif Salah Satu Kunci Kemajuan Perekonomian Bangsa


Kamu pengin jadi apa? Pertanyaan itu ada dalam paparan Flash Blogging 4 Tahun Indonesia Kreatif yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo RI). Tepat pada hari ini, 23 November 2018 di Hotel Aryaduta, Bandung. Karena sebagai anak muda atau generasi milenial yang kreatif dan inovatif, kamu bisa memilih menjadi apa pun yang kamu mau. Seperti yang tadi dipaparkan oleh pak Andoko Darta. Ada enam pilihannya. Menjadi seorang kreator, seseorang yang peduli, orang biasa, pahlawan, cendikiawan, atau eksplorer.

Bapak Andoko Darta
Kreator

Kamu bisa menjadi seorang kreator dalam bidang apa pun, baik sebagai musisi, membuka suatu bisnis/berdagang, ataupun membuat StartUp. Nah untuk yang pengin mendirikan atau membuat sebuah StartUp. Pemerintah udah membuat Go StartUp Indonesia lho. Sebuah platform untuk mempertemukan antara StartUp dan investor. Selain itu, pemerintah juga menyalurkan Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) 2018 untuk pelaku Ekraf (Ekonomi Kreatif) dan StartUp lho. Subsektornya meliputi kuliner, Fashion, Kriya, juga aplikasi digital dan pengembangan permainan (game).


Tapi jangan khawatir, untuk kamu yang pengin membuka sebuah bisnis kecil-kecilan dengan modal maksimal 10 juta rupiah dan enggak terjangkau perbankan, sekarang ada yang namanya Program Ultra Mikro (UMi). Untuk individu atau perseorangan bisa didapatkan melalui Pegadaian atau PNM (Permodalan Nasional Madani). Sementara untuk anggota bisa ke Koperasi atau lembaga keuangan lain ataupun BAHANA. Tapi, sebelum meminjam modal, pastikan ide usaha kamu udah matang. Jangan sampai uangnya malah dipakai untuk hal-hal lain yang enggak penting, malah terbilang pemborosan.

Ngomong-ngomong soal StartUp, empat dari delapan StartUp yang termasuk ke dalam ASEAN UNICORN berasal dari Indonesia lho. StartUp dengan valuasi lebih dari US $ 1 Miliar. Bahkan Go-Jek ada diurutan kedua. Keren ya. Yuk bergerak dan menjadi kreator yang turut memajukan perekonomian bangsa Indonesia.

Cendikiawan

Cendikiawan ini adalah kamu yang senang sekali menuntut ilmu dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi dan lagi. Ngomong-ngomong tentang melanjutkan pendidikan, anggaran beasiswa dari pemerintah setiap tahunnya terus meningkat. Apalagi dari tahun 2014 ke 2015, jumlah beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU) meningkat pesat lho. Pun untuk Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) dari tahun 2014 ke 2017 juga sama meningkatnya. Dan masih banyak juga pilihan beasiswa lainnya termasuk LPDP. Untuk lengkapnya cek digambar ya gaes!


Orang biasa 

Eits jangan salah, menjadi orang biasa di sini bukan berarti kamu enggak ngapa-ngapain lho ya. Karena banyak kok orang biasa yang bekerja luar biasa untuk kemajuan bangsa. Orang biasa di sini adalah para pekerja, kemudian bisa juga menjadi fans atau pengikut seorang artis ataupun tokoh lainnya. Jangan salah, seorang fans juga kalau punya passion malah bisa lebih populer dan maju dari yang dia ikuti. Ngomong-ngomong, tingkat pengangguran di Indonesia udah berkurang lho setiap tahunnya dari rentang waktu tahun 2014 sampai dengan 2018. Karena apa? karena lapangan kerja di negeri ini pun meningkat dalam rentang waktu tahun tersebut.

Peduli

Karena sekecil apa pun kepedulian kita, tentu akan berarti ataupun berdampak besar terhadap sesama. Iya enggak? Iyain aja ya. Untuk menjadi anak muda yang peduli, kamu bisa menjadi seorang relawan, ataupun seseorang yang membantu orang lain. Membantu untuk memeratkan aliran listrik misalnya, supaya semakin banyak pedesaan atau perkampungan yang terang. Yang mana bisa mengubah seseorang yang tadinya berprofesi kurang baik di dalam kegelapan, beralih jadi berprofesi yang baik ketika malam harinya udah terang. 


Pahlawan

Untuk menjadi seorang pahlawan di zaman sekarang ini, kamu bisa menjadi seorang atlit yang turut mengharumkan nama bangsa di mata dunia dan juga menjadi relawan Tim SAR. Ngomong-ngomong soal atlit, perolehan medali Indonesia di ajang ASIAN Games dan juga ASIAN Para Games tahun ini mengingkat banget lho. Jadi para atlit peraih medalinya memang pantas banget untuk diapresiasi dengan berbagai bonus dari pemerintah. Kamu enggak boleh ngiri, kalau pengin juga, siapkanlah diri untuk menjadi atlit di ASIAN Games berikutnya dan jadi juara tentunya. Karena para atlit juga enggak mendapatkan keahliannya di bidang olahraga tertentu dalam sekedip mata. Prosesnya panjang gaes.

Eksplorer

Suka jalan-jalan atau kamu seorang pencinta alam? Atau kamu travel blogger jangan-jangan? Dengan mengeksplor pariwisata Indonesia, kamu udah turut memajukan perekonomian bangsa lho. Apalagi untuk jalan-jalan sekarang ini sangat dimudahkan banget fasilitas transportasinya, termasuk transportasi udara. Yang mana sekarang semakin banyak dibangun bandara yang fasilitasnya enggak kalah dari bandara di luaran sana.

Jadi gimana, kamu udah tahu kamu termasuk anak muda kreatif atau generasi milenial yang mana? Yang manapun itu baiknya ditekuni sepenuh hati dan juga bertanggung jawab. Karena sesuai sambutan dari ibu Dra. Siti Meiningsih, M.Sc. selaku Direktur Pengolahan dan Penyediaan Informasi Kemkominfo, generasi muda adalah tulang punggung bagi kemajuan suatu bangsa. Yang mana dengan kemampuannya dalam berinovasi dan berkreativitas dapat mendukung percepatan pembangunan dan perkembangan industri kreatif di negeri ini. Dan jangan lupa, jadilah generasi milenial yang Posting alias positif thinking, juga bertanggung jawab dengan apa yang dibagikan di media sosial. Harus jelas sumbernya, jangan sampai mudah termakan hoax.

Ibu Dra Siti Meiningsih, M.Sc.
Ngomong-ngomong, ini pertama kalinya aku ikut Flash Blogging. Deg-degan parah karena enggak biasa nulis dalam hitungan kurang lebih dua jam aja. Tapi akhirnya selesai juga sih. Tadi, sebelum acara Flash Blogging ini dimulai, semua yang hadir dalam acara ini menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan nantinya akan dilanjutkan #DongengRecehCakKardi. Duh, ku udah enggak sabar, pasti makin seru. Semoga informasi yang kutulis dalam waktu singkat ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Sampai jumpa di blogpost selanjutnya!

GE MAULANI

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

No comments:

Post a Comment

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)