Kecepatan dan Kemudahan Dari PAXEL Bisa Menciptakan Kebahagiaan Dua Arah

Dulu, enggak pernah terpikir sedikitpun dalam benakku untuk menjual barang secara online. Yang mana aku anaknya enggak mau dibuat pusing oleh pembeli dan juga suka males aja kalau harus bungkus-bungkus alias packing. Apalagi di musim hujan kayak sekarang ini, packingnya harus ekstra supaya kalaupun kehujanan paketnya baik-baik aja. Tapi ya akhirnya aku mencoba jualan online juga.

Bapak Johari Zein - Pendiri GBMI, Co-Founder Paxel
Karena dari jualan online ini ku jadi belajar yang namanya ekstra sabar dalam menghadapi pembeli. Dari mulai yang nanya ini itu banyak sekali tapi enggak jadi beli. Sampai yang paketnya udah dikirim tapi pembeli enggak sabar menunggu sementara jasa pengirimannya salah memasukkan area tujuan. Tujuan Bekasi masuknya Bogor, harusnya dua hari malah jadi lima hari dan tokoku pun kena pengurangan bintang di aplikasi tempat aku jualan. Hiks, sedih aku tuh, karena bintang ngaruh buat reputasi toko aku.

Ada quotesnya lho di packaging plastik
Nah, kemarin itu aku mendengar ada jasa pengiriman yang cepat banget dalam mengirim paketnya gaes. Sameday delivery gitu dengan maksimal waktu pengirimannya 8 jam. Baik untuk dalam kota maupun luar kota. Asalkan paketnya dikirim sebelum jam 13.00 WIB untuk luar kota dan sebelum 15.00 WIB untuk dalam kota. Di luar waktu tersebut dikirim besok. Bisa banget deh kalau mau kirim Frozen Food. Selain itu disediakan gratis packing gaes. Duh, memudahkan banget kan buat aku yang males bungkus-bungkus. Udah gitu tarifnya flat. Dihitungnya dari ukuran paket yang pilihannya small, medium, large dan custom dengan berat maksimal 10 kilogram untuk semua ukuran. Dan, perusahaan jasa pengiriman logistik berbasis aplikasi itu bernama Paxel.
tarif flat Paxel dari Bandung
Karena ke kepoan tingkat tinggi dan rasa penasaran yang menjadi-jadi, ku akhirnya mencoba kirim paket pake Paxel buat teman di Jakarta. Isinya bunga-bungaan kertas. Dan kubungkus alakadarnya karena enggak sempat packing dan ku yakin paket ini akan baik-baik saja hingga ke tempat tujuan. Jadi, aku itu kirim pada jam 14.06 pada tanggal 12 November 2018 yang masuk estimasi dijemput happiness heronya jam 14.00 - 16.00 dan akan tiba besok pada jam 08.00 - 10.00. Sebagai informasi, kurir di Paxel ini punya panggilan khusus, yaitu happiness hero. Enggak heran sih kenapa dipanggil happiness hero. Soalnya pas hujan deras aja order aku tetap dijemput tepat waktu dan happiness heronya tetap ramah juga tebar senyuman. Hero banget kan. Duh ku jadi baper. Dan paket akupun tiba di tempat tujuan sebelum jam 9 pagi. Nah, kalau begini kan yang ngirim hepi yang nerima juga hepi.


Cara kirim paket pake Paxel
Untuk kamu yang pengin mencoba mengirim paket melalui Paxel bisa langsung download aplikasinya di Playstore maupun App store. Daftarnya bisa menggunakan akun facebook, akun google maupun manual menggunakan nomor ponsel kamu. Isi data yang diminta dan jangan lupa masukan kode referal : gemaulani biar kamu mendapatkan saldo Paxel senilai 100k. Kece kan, baru daftar aja udah dikasih saldo buat kirim-kirim paket.


Setelah itu, pilih lokasi penjemputan paket dan juga lokasi tujuannya. Jangan lupa hidupkan GPS ponselnya ya gaes. Untuk sementara ini cakupan wilayah ekspedisi Paxel ini baru di JABODETABEK, Bandung, Solo, Semarang dan Jogja. Untuk Bandung sendiri baru di kotanya aja gaes dan beberapa wilayah yang kode posnya terdeteksi saat dimasukkan di aplikasinya. Aku yang tinggal di Nagreg jelas belum bisa kirim langsung dari rumah. Tapi tenang aja, kamu bisa kirim dari mana aja, kapan aja dan pengin seperti apa itu kamu sendiri yang tentukan. Aku sendiri kemarin mencoba mengirim dari Stasiun Bandung. Dan ke depannya, hingga akhir tahun 2019, Paxel akan memperluas jangkauannya hingga ke 20 kota di Indonesia lho. Jadi, kalau kota kamu belum termasuk, tungguin aja.

Kalau lokasi penjemputan dan pengiriman udah fix, lanjut deh ke pilihan ukuran paket. Lanjut lagi deh ke pengisian pengirim dan penerima paket. Dari mulai nama, nomor ponsel dan email. Email enggak wajib sih. Lalu pilih kategori isi dari paket kiriman kamu, dan centang keterangan barang pecah belah juga kalau kiriman kamu memang perlu penanganan khusus. Bisa tambah keterangan khusus juga kalau memang diperlukan. Pilih terapkan, lalu lanjut. Dan pastikan isi kiriman tidak termasuk ke dalam benda yang dilarang untuk dikirim seperti : barang yang beracun, mudah terbakar, senjata berbahaya, cairan, makanan yang mudah basi atau rusak, hewan dan juga tanaman.

Nah, selanjutnya, kamu bisa pilih waktu penjemputan paket dan waktu penerimaan paket. Dimulai jam 08.00 sampai 22.00 setiap harinya. Dan bisa menjadwalkan dengan pilihan sampai enam hari ke depan lho di aplikasinya. Bisa jadi solusi anti lupa mau kirim paket ini mah. Ini dia kelebihan lainnya dari Paxel selain sameday delivery, ongkir flat, dan gratis packaging. Iya, layanannya tujuh hari dalam seminggu termasuk hari libur. Berikutnya, kalau udah yakin dengan jadwal yang dipilih, dan pengin pake asuransi kalau diperlukan, tinggal tekan buat kiriman. Tapi kalau belum yakin bisa tekan simpan. Nanti di halaman depan atau awal bisa dilihat drafnya dan diedit yang perlu kamu edit.


Kalau udah dibuat pengirimannya dengan status kiriman berhasil dibuat, tinggal tunggu deh happiness heronya datang menjemput kiriman kamu. Nanti pas happiness heronya tiba, kamu akan ditanya isi paketnya apa, terus diminta tanda tangan digital, difoto juga bersama paket kirimannya dan ditanya pengirimnya siapa. Selesai deh. 

Happiness Heroku di tanggal 12 November 2018 :D
Kiriman bisa ditracking di aplikasinya udah sampai mana prosesnya dan akan ada notifikasi kalau paketnya udah tiba di tempat tujuan. Lengkap dengan penerimanya siapa, fotonya dan tanda tangannya. Jadi enggak ribet harus cek sendiri dan memasukkan nomor resi secara manual. Katakan selamat tinggal pada paket yang terlambat dan pembeli ngomel-ngomel juga paket yang diterima orang enggak dikenal alias tersesat :)


Di Paxel ini kamu juga bisa ubah waktu pengiriman lho. Terus enggak akan dicancel juga, kecuali kamu yang cancel, kayak aku kemarin yang enggak sengaja menekan buat kiriman. Terus ada garansi uang kembali jika happiness hero terlambat mengirimkan atau gagal antar. Sementara kalau sampai paketnya hilang akan diganti asuransi hingga 10 juta, tergantung barang yang dikirim dan tentunya kalau kamu menggunakan asuransi saat pengiriman. Jangan khawatir kalau enggak sempat isi ulang saldo Paxel, karena bisa bayar tunai juga.


Paxel Blogger Gathering Bandung - 09 November 2018
Adakah yang berpikiran sama denganku ketika tahu Paxel memberikan saldo 100k untuk pengguna baru, ditambah gratis 50k untuk yang kode refferalnya dimasukkan oleh pengguna lain apakah enggak rugi? Dan pertanyaan itu terjawab ketika bapak Johari Zein membagikan pengalaman spiritualnya dalam membangun suatu bisnis termasuk Paxel ini. Pak Johari Zein ini adalah Pendiri Global Basket Mulia Investama (GBMI) yang mana di dalamnya terdiri atas Paxel, Kolase, Omiyago dan Gorila Sport.


Pak Johari bilang dalam membangun suatu bisnis itu harus ada manfaatnya, terus niatnya juga harus baik supaya bisnisnya terus maju dan membawa keberkahan. Karena perbuatan yang baik akan berbalik di waktu yang enggak tahu kapan dan juga akan dilipatgandakan. Beliau percaya bahwa memberikan 100k diawal enggak akan membuat Paxel rugi. Reminder banget ini buat aku.

Enggak cuma sampai disitu, Paxel juga berkontribusi nyata melalui aksi sosial lho. Kemarin Paxel turut membantu distribusi barang ke korban Gempa Lombok. Dan Paxel juga mensupport Rumah Harapan Indonesia (RHI). Jadi, di Paxel itu, setiap 25 pengiriman sama dengan membantu mendukung kehidupan sehari-hari anak-anak penderita kanker. Sesuai banget sama taglinenya yang "Make the First Move." Pertama untuk melayani, pertama untuk berkontribusi, pertama untuk memberikan solusi dan pertama untuk mengerti kebutuhan. 


Paxel ini hadir untuk memberikan kemudahan, kebahagiaan dan mengantarkan kebaikan dengan memanfaatkan teknologi. Dengan memiliki empat model bisnis : door to door, door to locker, locker to home dan locker to locker. Sementara ini sih baru yang door to door, namun ke depannya akan ada smart locker yang disebar dititik-titik tertentu. Jadi memudahkan untuk pengiriman dan penerimaan paket. Misalkan enggak ada orang yang bisa menerima paket. Happiness heronya bisa request untuk menyimpan paket di smart locker terdekat. Jadi bisa kamu ambil karena nanti akan ada kode QR yang kamu terima dan berfungsi untuk membuka lokernya. Sementara ini baru digunakan di lingkungan internal perusahaannya aja, masih dalam tahap pengembangan.

Blogger Bandung - sumber : @putracikeusik (instagram)
Oke, sebegitulah yang bisa kubagikan gaes. Sampai bertemu di blogpost selanjutnya dan selamat mencoba aplikasi Paxelnya ya! Jangan lupa masukkan kode referal : gemaulani

ge maulani

Perempuan | Lebih senang berbicara dan bercerita melalui tulisan | Penyuka kucing, novel, es krim, coklat panas, teh susu, kopi | Pemalu walau seringnya malu-maluin | Terbiasa jika terlupakan dan dilupakan |

36 comments:

  1. Oh, jadi kemarin ugiw ke Bandung teh ngirim paket lewat paxel. Coba kalau areanya sudah luas ya, mama nanti bisa sering kirim paket ke teman.

    ReplyDelete
  2. Nanti teteh mau cobain kalau sudah ada di Karawang 😁

    ReplyDelete
  3. Wah aku gagalpokus ke bunganya nih, hiihihi... tapi seneng juga dapet info baru, mayan buat referensi pengiriman :)

    ReplyDelete
  4. satu lagi aplikasi pengiriman yang memudahkan usaha personal ataupun berbadan hukum buat kirim2 barang atau dokumen ya.

    ReplyDelete
  5. Aiiih semoga di SUrabaya nanti juga uda banyak ya :) Biar makin banyak pilihan kalau mau paketin barang :)

    ReplyDelete
  6. Suka banget sama judulnya mba, kabahagiaan dua arah.. aku termasuk yang pakai paxel, dan kebahagiaan dua arah memang bener banget, saya sebagai customer happy karena barang cepat sampai dan teman saya sebagai penjual juga senang, tambah banyak yang order karena ada fasilitas sameday dari paxel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya mba. Costumer happy, penjual kebanjiran order :)

      Delete
  7. Happiness heronya muda banget ya, ganteng pula, hehe...
    Saya sih nunggu layanan Paxel masuk di Makassar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya mba masih muda dan ganteng, ku aja kaget pas babang happiness heronya muncul

      Delete
  8. Tarif flat-nya membantu banget ya Teh buat online shopper..

    ReplyDelete
  9. hai kak salam kenal, aku pun jadi langganan nih pake paxel. semoga ongkir nya gak naik ya, flat terus hehehe

    ReplyDelete
  10. aku mau ikutan blogger gatherinya paxel juga nih tanggal 25 besok..pengen tahu juga soal tarif2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat gathering mba. Eh udah ya kemarin hehe

      Delete
  11. Aku sempet underestimate sama paxel, begitu nyobain malah ketagihan hehehe. Suka dengan ketepatan waktunya. Belum pernah nyobain luar kota selain Bogor dan Depok sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah pertama nyobain langsung ke luar kota

      Delete
  12. kalo saldo credit Paxel nya udah abis, bakal isi ulang creditnya dan pake jasanya lagi gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah, kalau paxelnya udah masuk ke kabupaten Bandung juga :))

      Delete
  13. Banyak keuntungan pake Paxel ya... Aku berharap ada juga di kota2 lain kyk Tegal & Kuningan. Btw asik bgt kurirnya dipanggil Happiness Hero. Udh gitu ada quote dari tokoh favoritku pula ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh. Aamiin semoga segera meluas nih area jangkauan paxelnya.

      Delete
  14. kenapa paxel baru ada skrg ya coba 3 tahun lalu hiks pasti mudah banget waktu aku mau pindahan dari jkt ke mks hehe

    ReplyDelete
  15. Paxel solusi banget nih buat yang mau kirim-kirim barang dan pengen cepet sampe

    ReplyDelete
  16. CLBK itu bagian dari jualan online ya. chat lama beli kagak :D
    Kadang gak jadi belinya gara2 urusan ekspedisi yang nggak cocok. Sekarang ada 1 pilihan lagi deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya teh ya ampunm udah chat banyak belinya malah enggak. Kan ...

      Delete
  17. Iyaa, bahagiaa bangeet waktu pertama kali ngirim paket, trus iambil pula barangnya, ga capee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, apalagi dibonusin happiness heronya guanteng :D

      Delete
  18. kusudah nyobain kirim2 pake paxel juga loh beeeeb, emang cepet banget ya nyampenya <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beb ke jakarta aja pagi-pagi udah sampe. Padahal ngirimnya jam 4 sore

      Delete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)