18 Mar 2019

Belum Menikah, Dilema Jatuh Cinta (Film)

Belum menikah atau tidak punya pasangan yang sah, lalu berada di rentang usia yang bisa dibilang usia sudah cukup untuk menikah itu memang enggak enak. Apalagi kalau teman sekolah dan juga adik sepupu sudah menikah bahkan beranak-pinak. Pertanyaan kapan nikah dan kapan menyusul makin menggema ke seantero gendang telinga. *eh.

Pertanyaan itu saja sudah cukup menyebalkan jika diulang-ulang macam kaset radio yang kusut. Siapa juga sih yang ingin menunda-nunda pernikahan padahal udah ingin melangsungkannya sejak lama. Tapi pacar malah banyak alasan. Akhirnya menjomblo, dijodoh-jodohkan dan malah mengalami dilema jatuh cinta pada pria yang lebih muda usianya. Yang mana masih dianggap aneh gitu kan sama sebagian orang kalau wanita yang lebih dewasa atau tua umurnya jatuh cinta pada pria yang lebuh mida. Rumit ya memang kalau urusan hati. Tambah rumit kalau orang lain ikut campur.

Eh ya, tunggu kamu jangan salah paham dulu. Ini bukan tentang aku lho. Iya sih, aku emang sudah sering ditanya kapan nikah, kapan nyusul. Tapi aku mah jomblo yang enggak dijodoh-jodohkan #apasih. Kedua paragraf pembuka di atas itu aku tulis karena mau bahas soal film 4 film Thailand dan 1 Film China soal perempuan di usia rata-rata 30 an yang dituntut untuk menikah. Tapi mereka mah perempuan sukses, aiih, aku mah apa atuh, hanya remah-remah rengginang yang udah kelindas truk tronton. Oke sekip, mari aku mulai bahas film-filmnya.

1. First Kiss Thailand (2012)
Film ini sih sebenarnya enggak terlalu berhubungan sama ditanya kapan nikah. Cuma ibunya menghkawatirkan Sa yang tinggal sendirian di ibu kota, dan Sa nya sendiri emang udah pengen punya pasangan. Lalu, ada hubungannya dengan jatuh cinta pada cowok yang lebih muda. Adalah Sa, wanita berusia 25 tahun. Lha dia seusia aku. Yang belum pernah pacaran. Sebenarnya, dia itu naksir berat sama cowok bernama Ohm. Ohm ini merupakan kakak kelasnya, atau kalau anak-anak zaman sekarang di twitter bilangnya kakel. Tapi ya gitu, Ohmnya malah udah punya pacar dan terkuburlah harapan dia untuk bersamanya. Gara-gara patah hati Sa pun melanjutkan kuliahnya di Bangkok dan lanjut bekerja di sana.

belum menikah first kiss thailand

Beberapa tahun kemudian, bertemulah dia kembali dengan Ohm itu sampai-sampai terbawa ke dalam mimpi saat dia tidur di bus. Mimpi ciuman pertama yang mana malah enggak sengaja bibirnya bersentuhan dengan anak SMA bernama Bass karena busnya berhenti mendadak. Dari situlah kepelikan hubungan Sa dan Bass dimulai. Banyak pengorbanan dari kedua belah pihak yang rentang usianya cukup jauh ini. Tapi, ku suka sih sama endingnya. Lucu, gemesnya juga membuatku geregetan.

Baca Juga : Surga yang Tak Dirindukan

2. Fabulous 30 Thailand (2011) 

Sakit banget ya, di hari ulang tahun yang ke 30 dan merayakannya bersama pacar lalu bilang keinginan untuk segera menikah malah si pacar bilang belum bisa menikah. Sementara hubungannya udah bertahun-tahun. Sakitnya berlipat-lipat deh mbak Ja ini. Untungnya Ja punya banyak sahabat yang peduli sama dia. Jadi hidupnya enggak sepi-sepi amat meskipun statusnya masih single.

Nah, di ulang tahunnya yang ke 31, Ja merayakannya bersama keempat sahabatnya di rumah kontrakannya. Saat lagi asyik nyanyi-nyanyi. Munculah sesosok pria ganteng berusia 24 tahun bernama Por. Yang merupakan cucu pemilik rumah kontrakan yang tinggalnya bersebelahan. Dia pun terpesona saat melihat Ja sedang joged-joged sambil tertawa. Tapi beberapa saat kemudian Ja ngamuk kepada cowok seusia Por bernama Zen sampai bawa baki untuk memukulinya. Yang mana malah kena ke jidatnya Por.

dilema jatuh cinta fabulous 30

Por yang udah terlanjur jatuh cinta pada Ja pun enggak pernah menyerah untuk meluluhkan hati Ja dan meyakinkan Ja untuk menerima cintanya. Film ini pakai metode kilasbalik. Yang mana sebenarnya Por ini udah naksir Ja sejak lama. Ja nya aja yang enggak sadar. Jadi saat bertemu kembali di posisi Por yang umurnya udah 20 an dan kebetulan ada pelatihan di Bangkok, jadi harus tinggal di tempat neneknya ya Por bahagia banget lha. Walaupun mulanya itu membuat persahabatannya dengan Zen pun agak kurang baik karena Zen juga naksir Ja. Belum lagi mantan Ja yang tiba-tiba muncul lagi.

Aku suka semua scene yang ada di film ini. Apalagi kalau Por udah menggoda Ja. Manisnya ampun deh. Belum lagi Ja yang malu-malu tapi ingin. Dan mulai cemburu kalau lihat temen sekolahnya Por datang. Paling romantis sih waktu perusahaan tempat Ja bekerja menggelar pameran gaun pernikahan dan Por datang pakai stelan jas putih dan maksa Ja buat foto ala-ala prawedding. Endingnya membuatku ingin garuk-garuk tembok.

3. 30+ Single On Sale Thailand (2011)
Hampir serupa dengan Ja di Fabulous 30, tokoh utamanya yang bernama Ing di sini pun mengalami cintanya kandas setelah 7 tahun pacaran. Lebih ngenesnya lagi, putusnya pas dia udah bela-belain menjemput sang pacar di bandara. Tapi pacarnya malah mengumumkan bahwa dia akan menikah dengan orang lain saat mereka di perjalanan pulang. Sedihnya lagi, si cowok ini masih aja salah menulis nama belakang Ing termasuk di undangan pernikahan untuk Ing.

30+ single on sale thailand

Ing yang patah hati dan kecewa berat pun dihibur oleh kedua sahabatnya. Dan kenalkan dengan berbagai jenis pria. Dalam proses move on yang begitu sulit. Ing pun akhirnya berusaha mencari seorang peramal untuk tahu nasib percintaannya. Eh tempatnya tutup dan dia malah ketemu Jeud penjual daging babi tapi di sisi lain dia juga seorang peramal. Awalnya sih Ing enggak percaya tapi lama-lama percaya juga. Hingga mereka sering bertemu dan pergi bersama.

Ing yang seorang fotografer akhirnya mendapatkan proyek besar dari seorang pengusaha sukses bernama Tan. Dan keduanya saling tertarik, namun di saat yang bersamaan, Jeud juga terlanjur mulai suka pada Ing. Dan Ing pun ikutan galau mau milih siapa.

Baca Juga : Sweet 20 VS Miss Granny

4. Single Lady Thailand (2015) Via VIU ataupun HOOQ
Bright, seorang pekerja wanita dengan karir cemerlang dan juga penulis sukses jungjunan para wanita single harus pergi untuk menyembuhkan rasa sakit hati seseorang di masa lalu jika tidak ingin mendapatkan nasib buruk yang dikatakan seorang peramal di pernikahan temannya. Dan Bright juga teman-temannya menganggap seseorang itu adalah salah satu mantan Bright.

Dan mantannya enggak cuma satu tapi ada lima rupa-rupa warnanya. Dan enggak tahu mana yang paling sakit hati dan sikapnya berubah gara-gara Bright. Dari yang dia masih SD sampai pacar terakhirnya. Dari yang jadi preman menyebalkan, ada yang jadi seperti perempuan dan suka dimanfaatkan oleh pasangan sesama jenisnya padahal dulunya idola di sekolah. Ada yang dijodohkan oleh orang tuanya sama keturuanan China tapi malah suka gadis Thailand.

tidak punya pasangan single lady movie

Ada juga yang grup bandnya hancur kemudian berantem juga sama anaknya. Malah ada mantan yang paling dia benci dan Bright hampir menghancurkan pernikahan sang mantan. Jadi perjuangan Bright buat minta maaf dan memperbaiki kesalahan sama mantan-mantannya ini enggak mudah, lebih sulit dari goreng ikan yang minyaknya meletup-meletup *naon.

Bright yang pusing akhirnya cerita ke temannya yang udah menikah. Dan mereka setuju menemani Bright dalam perjuangannya untuk minta maaf dan memperbaiki kehidupan dari barisan para mantannya. Nyatanya Bright dibohongi temannya dan disuruh pergi berdua dengan Khem (pria menyebalkan bagi Bright yang bertemu di pernikahan temannya).

Seru deh mengikuti perjalanan Bright menyelesaikan permasalahan hidup para mantannya sekaligus minta maaf. Dan si Khem ini juga ternyata bukan orang baru di kehidupan Bright. Brightnya aja yang enggak sadar gitu. Endingnya, sempat deg-degan parah dong. Tapi akhirnya aku suka.

5. The Last Women Standing China (2015) Via VIU
Sheng Ruxi pusing bukan main dengan permintaan ibunya supaya dia cepat menikah. Padahal dia sendiri juga sebenarnya ingin cuma belum menemukan yang pas sejak dia diputuskan oleh pacarnya karena Ruxi begitu sibuk dengan karirnya. Sampai ibunya nekad menjodohkan Ruxi dengan dokter di sebuah rumah sakit.

Di suatu hari saat masuk kantor dan tap kartu pegawainya supaya bisa melewati pintu macem di bus way itu apaan ya namanya. Maafkeun aku teu apal. Sialnya itu kartu tanda pengenal dia malah kelempar jauh. Enggak bisa diambil dan enggak bisa masuk. Sempat menyuruh staffnya turun tapi karena lama dia nekad mau melewatinya dengan manjat. Eh tahunya ada sesosok pria ganteng yang membantu membukakan jalan untuknya. Dia adalah Ma Sai, pegawai baru, sekretaris bosnya. Dan adegan ini itu paling romantis parah.

the last women standing china movie

Suatu hari Ma Sai harus menemani Ruxi untuk tugas keluar kota. Tapi pesawat mereka delay, akhirnya jadi menginap di hotel yang disediakan pihak penerbangan. Mereka sekamar meski Ruxi sempat keberatan. Soalnya kamar tinggal 1. Tapi ranjangnya misah dong, ada dua. Hahaha. Mereka malah asyik bercerita sampai larut malam. Terus pas ke bangun Ma Sai yang tidur di bawah ketiban Ruxi yang jatuh dari kasurnya. Berdarahlah hidung Ma Sai. Bagian ini aku ngakak dong, itu hidung Ma Sai disumpel sama kapas dari pembalut.

Sejak saat itulah benih-benih cinta semakin tumbuh di antara mereka. Tapi banyak rintangan dong tentunya, selain usia yang terpaut jauh, Ma Sai masih ingin mengejar karirnya, sementara ibu Ruxi menderita alzheimer dan itu membuat Ruxi ingin cepat-cepat menikah. Bagian Ruxi mencoba gaun pengantin itu sedih parah. Sementara Ma Sai pergi pelatihan ke luar negeri.

Dan saat Ruxi ingin mengorbankan dirinya demi membahagiakan ibunya. Dia memilih untuk dekat dengan dokter pilihan ibunya. Bagian ini juga sedih banget gila. Seorang bapak yang begitu sayang sama putrinya dan ingin putrinya bahagia juga menikah dengan orang yang dicintainya bukan karena terpaksa dan jadi mengorbankan dirinya juga kebahagiannya. Film ini itu membuat emosiku naik turun, kebawa perasaannya jadinya. 

Hah, baiklah, itulah beberapa film yang mengisahkan tentang para wanita yang dilema karena  belum bertemu jodohnya sementara keluarga sudah bertanya dan juga dilema karena jatuh cinta pada pria yang umurnya jauh lebih muda. Padahal yang usianya muda juga banyak yang pemikiran, sifat dan tanggung jawabnya lebih dewasa, kan. Ada yang udah nonton juga belum? Atau punya rekomendasi film soal jodoh-jodohan yang lainnya?

Sumber gambar :
1,2,3 - http://postinganbiasa.blogspot.com/
4,5 - tangkapan layar di VIU

18 comments

  1. First Kiss Thailand itu yang nomer 1 aku udah nonton udah lama banget, sedih juga mb Gi pas harus dipisahin dijemput paksa sama bokapnya ya kan?si ceweknya kejar2 duh aku nyesek wkwkwk...untunglah hepi ending kalau ga bah kuhina2 itu film *esmosiiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener teh, bagian jemput paksa itu nyesek banget. Hahaha, kebawa emosi ya teh

      Delete
  2. Sepertinya menarik nih ditonton emak2 pas anak2 tidur hahahaha,lumayan jadi koleksin nonton di malam hari. Makasih sharingnya mbak Gilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat nonton mba, eh ya ampun aku bales komentar setahun kemudian :(

      Delete
  3. Wah menarik sekali rekomendasinya. Urusan menikah ini kayaknya jadi urusan nusa bangsa yaa, kalau ada yang belum nikah itu kenapa orang suka pada sibuk mulai dari nanya2, kepo sampai nyinyir. Bentuk perhatian yang kurang pas, kalau menurut aku yaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, yang belum nikahnya satu orang, yang repot nanya-nanyanya banyak :D

      Delete
  4. film Thailand ya? Duh judulnya bikin baper seantero gadis-gadis cantik di Indonesia yang belum menemukan pujaan hatinya nih. Jadi inget dulu sebelum nikah, pas usia 25 udah mulai dinyinyirin keluarga sih terutama tentang pasangan hidup. Aku mah cuekin aja hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, film Thailand, yang satunya film China.

      Delete
  5. Belum pernah nonton semua film diatas hehe.. tapi ya memang jodoh kan ngga ada yang tahu ya.. ada yang telat nikah ada yang masih mudah udah nikah. Adikku perempuan nikah sama pria yang 2 tahun lebih muda.. Alhamdulillah baik baik saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, jodoh mah nggak ada yang tahu. hihi, alhamdulillah, turut bahagia. Kalau udah klop dan berjodoh, usia gak jadi penghalang ya kan dan baik-baik aja. Yang pasangan artis kan ada, malah tambah sukses juga.

      Delete
  6. Makasih rekomendasi filmnya mbak. Kayaknya saya bakal nonton beberapa. Reviewnya seru-seru, bikin baper heheh...

    ReplyDelete
  7. Sudah nonton Waen Dok Mai belum kak? Ini juga bagus loh, tentang cwo ma cwe yang gak percaya tentang pernikahan terus juga uda ditanyain mulu kapan kawin sampai memutuskan gak mau nikah tapi akhirnya..... ah tonton aja sendiri deh :D

    Yang main DJ Push, ganteng HAHAHHA... *apasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum kak, waaah DJ Push yang mainnya ya, ah aku mau kepoin deh kalau gitu. Emang iya sih bener, DJ Push ganteng hahaha

      Delete
  8. Jodoh ga kenal usai kyknya wkwlwkkw. Buat ak ga masalah ttg siapa lbh muda n tua. Yg pntng bs kerjasama n saling mengasihi n menghormati. Btw liat film Thailand, jd inget tom yum hihihihi

    ReplyDelete
  9. Padahal nikah bukan balapan ya, urusan jodoh kan rahasia ilahi ^^ btw jadi penasaran pengen nonton rekomendasi film2nya deh, topiknya seru juga... udah lama ga nontooonn...

    ReplyDelete

Tinggalkan komentar ya, supaya aku bisa mengujungi situs milikmu. Diharapkan jangan menyimpan link hidup di kolom komentar karena otomatis akan dihapus. Terima kasih :)
EmoticonEmoticon