Mudahnya Memperpanjang SKCK Melalui SKCK Delivery Polres Bandung

by - 2:03 PM

Hai, adakah yang rindu aku? Enggak ada ya? Ya udah aku enggak jadi posting. Eh tapi bohong. Biarlah jika enggak ada yang rindu aku, biar kalau aku hilang dari muka bumi ini kamu enggak kehilangan. Hahaha. *naon

Kali ini aku akan curhat seputar mudahnya memperpanjang SKCK Polres bagi warga kabupaten Bandung. Ya da kalau SKCK Polsek mah deket dong di kecamatan masing-masing ada. Tapi kan, kadang untuk melamar ke perusahaan atau instansi tertentu butuh yang SKCK Polres.


Nah, jadi, kemarin aku mau memperpanjang SKCK lagi ceritanya. Dan sebelumnya udah pernah dengar ada SKCK online gitu kan. Cuma enggak dicari tahu lebih lanjut. Karena belum butuh (kebiasaan buruk).

Berselancarlah aku di mesin telusur. Ketemu tuh, link SKCK online POLRI. Tapi di situ ada keterangan kalau memperpanjang maksimal habis masa berlakunya baru setahun. Lha, yang aku kan udah menahun. Terakhir akhir tahun 2015 an gitu lha buat SKCK Polres. Pas mau daftar baru eh bingung rumus sidik jari mana yang kanan dan kiri. Soalnya di SKCK lama rumusnya atas bawah gitu kan. Mana kartu sidik jari aku mah enggak ke fotokopi gitu waktu pertama kali membuat SKCK tahun 2013 pas mau daftar BUMN yang dari kampus. Karena buatnya bersamaan dengan zaman pendaftaran CPNS. Saking penuhnya jadi enggak ingat buat motokopi.

Pusing? Ya, akhirnya aku cari dengan kata kunci yang lain. skck polres bandung. Yang ada diurutan paling atas artikel dari blog orang, kemudian laman polrestabes Bandung dan yang ketiga ada SKCK POLRES BANDUNG - http://delivery.skckpolresbandung.com , dan jelas aku kunjungi lamannya.

Jadi di situs SKCK Polres Bandung ini ada dua jenis pelayanan SKCK Online :

1. Pembuatan SKCK baru dan perpanjangan SKCK lama online
Yang nantinya saat sampai di Polres Bandung tinggal memberikan persyaratan seperti FC KTP, KK, Akte Kelahiran, Foto 4x6 sama kartu Sidik Jari/ SKCK lama sementara formulirnya enggak perlu repot ngisi di sana. Seperti itu gengs. Syarat selengkapnya bisa cek di situsnya langsung ya!

2. Perpanjangan SKCK Online Delivery
Nah, yang ini menarik. Untuk kamu yang pernah membuat SKCK di Polres Bandung tentunya punya file SKCK lama yang ada sidik jarinya kan. Nah, selama KTP kamunya KTP Kabupaten Bandung. Kamu bisa melakukan perpanjangan SKCK dari tempatmu berada tanpa perlu datang ke Polres Bandung. Cukup dengan daftar di google form yang sudah disediakan. Sebelum masuk ke link google form, nanti ada syarat dan ketentuannya dulu, biayanya 30.000 sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan, kemudian kalau mau pakai legalisiran, diperhatikan juga biayanya berapa di situ.

Lanjut deh ke google form di mana ada pilihan di delivery pakai apa. Pilihannya ada J&T Express, Grab Express dan Go Send. Dan diminta unggah persyaratannya.

Ngakak aku baca ini, Jika anda Jomblo silahkan isi (-) dan berdoalah agar mendapatkan jodoh, jadi aku sambil ngedoa kemarin, bang :D
Unggah persyaratan seperti fotokopi KTP, foto 4x6 latar merah, fotokopi KK, fotokopi akte kelahiran dan SKCK lama yang dikeluarkan Polres Bandung/kartu sidik jari. Kecuali foto, semuanya wajib scan dan format PDF. Habis itu, lanjut deh form isian. Aku sarankan mengisinya melalui komputer atau laptop karena sampai 10 halaman google form dan pertanyaannya ya gitu panjang-panjang kayak formulir isian SKCK biasanya.

Sebelum tekan tombol kirim, harap pastikan lagi kalau nama, alamat, dan lainnya enggak salah ketik alias typo ya gaes. Kalau sudah selesai kirim deh, nanti akan ada ucapan terima kasih dan diminta menghubungi nomor pelayanan SKCK delivery yang tertera di sana melalui whatsapp aka WA.

Kemarin aku coba foto selesai mengisi google form langsung deh menghubungi via WA. Bilang habis daftar perpanjangan SKCK delivery atas nama aku dan menanyakan harus transfer biayanya ke mana. Dan respon adminnya cepat dan mengirim syarat dan ketentuan pengiriman dana SKCK juga kalau mau legalisir bayar buat fotokopinya beserta nomor rekeningnya.

Saat transfer, jangan lupa untuk menyimpan bukti transfernya, lalu kirim ke WA yang sama. Dan tunggu deh hari berikutnya kalau transfernya lewat jam 12 siang, tapi kalau sebelum jam 12, diproses di hari itu juga. Dan dikirimkan saat jam pelayanan SKCK berakhir.


Nah, sebelum proses cetak dan kirim, adminnya juga akan menghubungi kembali untuk memastikan data yang diisi enggak ada yang salah. Kalau udah ok, langsung cetak dan tunggu kabar pengiriman.

Untuk ongkos kirim sih enggak ditransfer. Jadi bayar ketika sampai, kan J&T Express (2-3 hari) ada layanan yang seperti itu kaan. Aku sempat iseng coba rute Grab Express dari Polres ke rumah, mahal pastinya. Cukup buat beli kuota. Tapi kalau kamu butuh banget ya, lakukanlah. Dan kepikiran juga, memangnya ada yang mau dari Soreang ke Nagreg.

Jadi, berapa lama SKCK deliverynya sampai ke rumah? Aku sih total 2,5 hari. Karena pertama daftarnya Kamis sore, jadi dibuatkannya hari Jum'at. Enggak langsung dikirim hari itu karena kebetulan adminnya rapat sampai malam. Karena penasaran Sabtu paginya aku tanya lagi. SKCK nya dibawa admin ke rumahnya, mau dikirim pagi itu lewat J&T. Kutanya lha rumah adminnya di mana. Ternyata di Cileunyi. Akhirnya aku mengubah pengiriman jadi pakai Grab Express ke Cicalengka. Dan keterima deh dalam waktu kurang dari satu jam.

Nah, untuk kamu yang rumahnya seperti aku jauh dari Polres Bandung (Soreang). Bisa banget deh memanfaatkan fasilitas SKCK delivery ini. Lebih mudah, cepat enggak pakai antri, hemat ongkos juga. Mengingat dari Nagreg ke Soreang teh lumayan, belum macetnya, apalagi untuk aku yang enggak punya kendaraan pribadi dan enggak bisa mengendarai sepeda motor juga. Sekian!

Untuk info lebih lanjut bisa langsung cek situsnya ya gaes. Atau kepo ke instagramnya @sksckonline_polresbandung


You May Also Like

1 komentar

  1. Wah sekarang ngurus apapun lebih praktis ya beb, aku dulu bikin SKCK thn 2007 ribetnya minta ampun.

    ReplyDelete

Yakin nggak mau meninggalkan komentar? Nanti aku nggak bisa main ke blog kamu kalau kamu nggak meninggalkan komentar. Kritik dan saran diterima kok :)